Muslim dan Nasrani: Kekerasan Dalam Agama, Boleh Atau Tidak? – Episode 27.3

“Kasihilah sesamamu manusia seperti mengasihi dirimu sendiri” (Injil, Rasul Besar Matius 22:39). Inilah yang menjadi alasan dan Hukum Kedua dari perkembangan ajaran Isa Al-Masih. Semasa hidup-Nya di dunia, Isa Al-Masih juga meneladani hukum tersebut.

Sekarang Anda sedang melihat Video “Lika-Liku Keluarga Ahmad Soeparno” episode ketiga. Tema yang diangkat pada episode ini mengenai “Kekerasan Dalam Agama, Boleh Atau Tidak?” Ilustrasi dalam video ini menjelaskan bagaimana cara dua agama besar di dunia, Islam dan Nasrani berkembang dan tersebar ke seluruh dunia.

Untuk melihat episode sebelumnya, silakan klik di sini.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Dalam 100 tahun pertama perkembangan agama Islam, dilakukan dengan cara berperang. Menurut Anda, apakah hal ini menjadi dasar munculnya ayat-ayat jihad dalam Al-Quran?
  2. Berdasarkan cerita dalam video di atas, dengan cara apakah Isa Al-Masih menyebarkan ajaran-Nya?
  3. Di antara dua cara penyebaran agama tersebut, menurut Anda cara manakah yang layak untuk diikuti? Jelaskan alasannya!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (6)

  • Avatar

    Enda

    |

    ~
    1. Islam masuk ke Indonesia tidak ada peperangan dan agama Kristen yang bawa ke Indonesia, siapa? Tujuan utamanya apa? Penjajah. Tidak ada agama Islam menjajah suatu negara dan memaksa pindah agama
    2. Isa belum sempat menyebarkan ajaran seutuhnya. Sudah disalib. Jangankan buat kita, buat rumah ibadah saja GK belum sempat. Bisa anda bayangkan siapa yang mengarang semuanya
    3. Kalau mau belajar agama, sejarah, lokasinya. Seandainya anda nabi? Utusan Tuhan apa yang anda lakukan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Enda,

      Memang menarik mencermati klaim yang disampaikan oleh Anda. Memang benar bahwa Islam masuk ke Indonesia tidak dengan peperangan. Tetapi apakah hal yang sama terjadi di negara-negara lain? Silakan Anda mempelajari sejarah bahwa Islam disebarkan dengan kekerasan. Setidaknya, ayat-ayat Al-Quran memberikan ruang dan bukti untuk itu. Al-Quran menyatakan, “Ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: ‘Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan orang-orang yang telah beriman.’ Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka'” (Qs 8:12).

      Saya bertanya kepada Anda. Mengapa Allah SWT mengajarkan dan memerintahkan untuk memenggal kepala seperti yang dilakukan terorisme itu?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    azril

    |

    ~
    Admin,

    Perkataan/kalimat anda di atas mencerminkan bahwa anda orang yang dangkal akan ilmu agama. Maka kalau berucap atau berkata seperti itu pelajari dulu agama Islam secara menyeluruh serta tabayun ke alim ulama yang ilmu agamanya lebih mempuni. Tanya ke alim ulama maksudnya ini bagaimana?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Azril,

      Tatkala saya membaca komentar Anda di atas, maka timbul rasa senang dalam diri saya karena saya dapat belajar dari Anda. Tetapi mengapa Anda meminta saya belajar kepada ulama? Bukankah ketika Anda memberikan penilaian, maka Anda memiliki standar mengapa Anda menyatakan ilmu agama saya dangkal? Pernyataan Anda di atas menandakan Anda tidak memiliki ilmu yang memadai untuk menjelaskan tentang Islam itu sendiri.

      Karena itu, mari kita kembali kepada sejarah dan vidoe di atas. Saya bertanya kepada Anda. Dalam 100 tahun pertama perkembangan agama Islam, dilakukan dengan cara berperang. Menurut Anda, apakah hal ini menjadi dasar munculnya ayat-ayat jihad dalam Al-Quran?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    yadi

    |

    ~
    Video ngawur. Jangan menyebarkan agama pada orang yang sudah beragama. Lakum dinukum waliyadin. Urus agama saja masing-masing.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Yadi,

      Saya tidak menyebarkan agama apapun pada siapapun. Saya mencoba membagikan Isa Al-Masih kepada semua orang. Apakah membagikan Isa Al-Masih adalah membagikan agama? Bukankah Isa Al-Masih pun ditulis dalam Al-Quran? Bila Isa Al-Masih ditulis dalam Al-Quran, maka apakah itu membagikan agama? Itu sebabnya, forum ini bukan forum agama tertentu, melainkan forum untuk memperkenalkan Isa Al-Masih kepada semua orang, termasuk Islam dan Kristen.

      Saya bertanya kepada saudara. Bila saudara menyatakan bahwa video di atas ngawur, maka bagian mana yang ngawur?
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Apakah Allah hanya mengasihi orang taat/ saleh saja? Bagaimana pendapat Saudara/i? bit.ly/3dbfsns