Islam: Agama Kristen Buatan Paulus!?

Islam adalah agama yang dibawa oleh Muhammad. Buddha dibawa oleh Siddharta Gautama. Bagaimana dengan Kristen? Umat Islam pada umumnya meyakini bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen. Benarkah demikian?

Terdapatnya beberapa surat dalam Kitab Suci Injil yang ditulis oleh Paulus lewat pimpinan dari Roh Kudus, membuat Muslim sering mempertanyakan peranan Paulus dalam kekristenan. Bahkan tidak sedikit Muslim yang mengemail kami berkata bahwa ajaran Paulus bertentangan dengan ajaran Isa Al-Masih.

Video berikut menjelaskan kepada Anda tentang kesalah-pahaman umat Islam yang mengira bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen. Silakan simak video berikut.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pandangan lain, silakan mengemail ke staff kami atau kirimkan pertanyaan singkat Anda lewat SMS ke 0812-81000-718.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Anda, apa alasan utama umat Islam mengira bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen?
  2. Jika Anda seorang Muslim, apakah Anda percaya bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen? Jelaskan alasan Anda!
  3. Apakah seorang “pendiri” agama dapat memberi jaminan keselamatan bagi pengikutnya? Jelaskan alasan Anda!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (260)

  • Avatar

    Syahrifuddin

    |

    ~
    Puji syukur pada Allah yang telah membuka hati kami untuk murtad, sekarang kami telah bebas dari ikatan kebencian terhadap sesama dan tidak boleh mengharamkan ciptaan Tuhan.

    Karena semua makhluk ciptaan Tuhan tidak boleh dibenci atau dijijikan, maka secara logika kita telah benci padai Allah Sang Pencipta. Oleh sebab itu seluruh keluarga kami telah merasakan hidup yang tentram dalam nama Yesus Kristus yang tidak pernah berdosa. Terutama pada kaum wanita, dengan tidak boleh cerai atau berpoligami.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Syahrifuddin,

      Terimakasih untuk kesaksian iman yang sudah Anda berikan. Kami berdoa kiranya iman Anda semakin bertumbuh seiring dengan pengenalan Anda akan kebenaran firman Allah.

      Ijinkan saya membagikan satu ayat yang mungkin dapat memberkati Anda. “Supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita” (Injil, Surat Titus 3:7).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Murtadin

    |

    ~
    Bagaimana kenabian Muhammad yang terinspirasi dari Gua Hira. Ismael tidak pernah datang ke Mekah karena Ismael hidup di Gurun Paran dan dimakamkan di Yerusalem. Sementara nabi terdahulu tertulis dan dapat dibuktikan secara arkeologis. Sementara tidak pernah ditulis membangun Ka’bah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Memang, teman-teman Muslim mempunyai kepercayaan bahwa yang membangun Ka’bah adalah Ibrahim bersama anaknya Ismail. Mereka mempercayai hal ini sekalipun tidak tertulis dalam Al-Quran secara jelas.

      Sebaliknya, bila Kitab membaca Kitab Taurat, Zabur, Kitab Para Nabi, tidak pernah dikatakan bahwa Ismael tumbuh besar di rumah ayahnya, Ibrahim. Sehingga, bagaimana mungkin Ibrahim dan Ismael dapat pergi bersama-sama ke Mekkah untuk membangun Ka’bah? Dan lagi, bila kita melihat pada sejarah, kota Mekkah belum ada pada zaman Ibrahim.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Bubeng

    |

    *****
    1. Paulus seperti kata sahabi Barnabas, “dia tidak termasuk golongan kami.”

    2. Paulus memang benar pendiri agama Kristen yang sesat seperti yang kita kenal sekarang.

    3. Pendiri agama yang benar seharusnya bisa menjamin keselamatan penganutnya. Kecuali yang diajarkan adalah agama sesat. Jangan kata mau menjamin orang banyak, menjamin keselamatan dirinya sendiri saja tidak bisa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      *****
      Terimakasih Sdr. Bubeng sudah berusaha menjawab tiga pertanyaan yang disediakan. Berikut tanggapan dari saya.

      1. Memang benar, Paulus tidak termasuk dalam golongan sahabi Anda. Karena Paulus adalah golongan orang-orang yang dibenarkan atas imannya kepada Isa Al-Masih.

      2. Anda salah. Paulus bukan pendiri agama Kristen. Untuk lebih jelasnya siapa pendiri agama Kristen, Anda dapat membaca pada artikel ini: https://tinyurl.com/y9z4ogfh.

      3. Saya setuju dengan pandangan Anda bahwa pendiri agama yang tidak dapat menjamin keselamatan umatnya, sama saja mengajarkan ajaran sesat.

      Kalau begitu, bagaimana tanggapan Anda dengan hadist ini: “Demi Allah, walaupun saya Rasul Allah, saya tidak tahu apa yang Allah akan berbuat dengan saya” (Hadits, 5:266)?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Abcd

    |

    ~
    Mau tanya. Mengapa pastor dilarang menikah? Tapi Allah malah mempunyai anak dan isteri menurut Kristen?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Pertama-tama, saya perlu klarifikasi kepada Anda bahwa Kekristenan tidak pernah mengajarkan Allah mempunyai anak dan isteri. Kekristenan tidak pernah memberi ajaran yang menyesatkan seperti itu. Saya tidak tahu darimana Anda mempunyai pandangan tersebut.

      Juga, tidak ada larangan bahwa pastor/pendeta dilarang menikah. Di gereja saya, semua pastornya menikah.

      Jika Anda ingin tahu tentang ajaran Kristen, saran saya ujilah setiap informasi yang Anda dengar, apakah informasi itu benar atau salah. Jangan hanya menerimanya begitu saja.

      Bila ada hal-hal lain yang ingin Anda ketahui tentang agama Kristen, Anda juga dapat bertanya lewat email langsung kepada saya. Ini email saya: saodah@idionline.inf. Atau boleh juga lewat WA/SMS di: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hafizqi Kevin

    |

    ~
    Saya adalah seorang Muslim, tapi mohon maaf sebelumnya apabila ada kesalahan. Sejak dahulu saya telah berpendapat tiga tentang agama Kristen:

    1. Ajaran/agama Nabi Isa As. Nabi Isa As telah menyampaikan wahyu Tuhan yang berisi Kitab Injil kepada bangsa Ibrani yang kafir saat itu, agar kembali ke jalan yang benar dan telah disempurnakan oleh Nabi Muhammad saw melalui Kitab Al-Quran.

    2. Ajaran/agama yang telah diubah oleh para kaum Barat, sehingga terdapat beberapa golongan Kristen dan Katholik.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Hafizqi,

      Terimakasih untuk pendapat yang sudah Anda sampaikan. Walaupun Anda hanya menuliskan dua dari tiga pandangan Anda. Berikut tanggapan dari saya:

      1. Anda mengatakan bahwa Isa Al-Masih menyampaikan wahyu Tuhan lewat Kitab Suci Injil. Kemudian, Anda mengatakan wahyu tersebut disempurnakan oleh Nabi Muhammad melalui Al-Quran.

      Pertanyaan saya: Mungkinkah Allah yang maha sempurna itu wahyu-Nya tidak sempurna, sehingga perlu ada seorang nabi menyempurnakannya?

      2. “Agama” hanyalah sebuah kepercayaan yang mengatur bagaimana cara seseorang mengenal Tuhannya dan bagaimana cara ia beribadah kepada-Nya. “Agama” bukan ‘hal’ yang dapat menjamin Anda bersih dari dosa-dosa Anda.

      Dan lagi, Allah tidak perduli bagaimana cara Anda menyembah Dia. Karena yang Ia lihat adalah kondisi hati Anda, apakah bersih dari dosa atau tidak.

      Kiranya Sdr. Hafizqi dapat merenungkan penjelasan di atas dan bertanya kepada diri sendiri, sudahkah Anda berkenan di hadapan Allah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    SUKARDJI

    |

    ~
    Kebanyakan umat Muslim meyakini Muhammad meneruskan Ketuhanan Ibrahim. Lantas sebutan Tuhan dari Ibrahim benarkah seperti yang disebut umat Muslim pengikut Muhammad seperti sekarang ini?

    Bagi saudara-saudaraku sebangsa setanah air, marilah mencari tahu kebenaran kepada yang kita maksudkan dengan kesucian hati, roh, dan nyawa tanpa hawa nafsu dunia semata. Bukan keinginan duniawi yang hanya mencari keuntungan pribadi/kelompok tertentu. Niscaya dengan hati tulus untuk memperoleh hikmat dari Sang Khalik Yang Benar, sebenarnya akan hadir untuk Anda semua. Amin.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Orang Islam menyebut sesembahannya dengan sebutan “Allah.” Terdapat sebanyak 2,679 kata ‘Allah’ dalam Al-Quran. Nama Allah terdiri dari Al (the, itu) dan Ilah (Deity, God). Artinya: Ilahi yang satu. Kata “Allah” berasal dari bahasa Semitik, yang merujuk kepada Sem, putra nabi Nuh. Bahasa Semitik juga merupakan kelompok bahasa yang terdiri dari bahasa Arab, Amhar, dan Ibrani.

      Kata lain dari Allah dalam bahasa Ibrani yang berasal dari bahasa Semitik yaitu: Elohim, El, Elyon dan Eloah. Dalam Alkitab terdapat 2,500 kata ‘Elohim’ dimulai dari ayat pertama dari Alkitab. Dan Elohim adalah nama pertama yang diberi bagi Sang Pencipta dalam Kitab Suci.

      Untuk lebih jelasnya Sdr. Sukardji dapat membaca di artikel ini: https://tinyurl.com/y96qhrzs.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    komerat parewa

    |

    ~
    Sudah pasti agama Kristen diciptakan Paulus karena Yesus tidak pernah menyebut ajaran yang Dia bawa adalah Kristen.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan bahwa Yesus tidak pernah menyebut ajaran yang Dia bawa adalah Kristen. Karena memang tujuan kedatangan Yesus ke dunia bukan untuk menyebarkan satu agama tertentu.

      Tapi adalah salah bila Anda berpendapat Paulus pencipta agama Kristen. Tidak satupun ayat dalam Kitab Suci Injil yang mengatakan bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen.

      Terlepas dari siapa pendiri agama Kristen, yang pasti ‘agama’ tidak dapat menyelamatkan penganutnya. ‘Agama’ hanya satu lembaga yang bertujuan menolong manusia mengenal Sesembahannya.

      Lalu, dengan cara apakah seseorang dapat yakin selamat dunia akhirat? Firman Allah berkata, “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia [Isa Al-Masih], sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injl, Kitab Para Rasul 4:12).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    SUKARDJI

    |

    ~
    Biar apapun pendapat orang “Kristus”lah yang menggembalakan umat Kristiani. Dia tidak akan merelakan umat-Nya dianiaya lagi, tempat yang indah di surga.

    Bagi semua domba-domba-Nya jangan takut sedikitpun. Saya yakin dan percaya, sebab Dia pernah menghampiri saya secara pribadi dalam wujud Sinar Terang Benderang pada tahun 1976.

    Demikian kesaksian saya semoga menjadi kekuatan bagi kita semua. Amin.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Sukardji untuk kesaksian yang sudah Anda bagikan. Sungguh satu pengalaman yang indah dimana Anda dapat melihat Isa Al-Masih dalam wujud Sinar Terang Benderang. Tentu tidak semua orang bisa mengalaminya.

      Semoga kesaksian Anda bisa menjadi berkat dan kekuatan bagi teman-teman yang membacanya dan mendorong mereka untuk lebih mengenal Pribadi Isa Al-Masih yang sebenarnya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Linda

    |

    ~
    Jelas-jelas yang saya ketahui bahwa Isa Al-Masih tidak pernah mengakui bahwa Dia adalah “Tuhan” dan mengatakan “sembahlah Aku” tapi mengapa Anda menganggap Isa Al-Masih adalah Tuhan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Linda,

      Apa yang kita ketahui belum tentu semuanya 100% benar. Apalagi informasi itu hanya kita dengar dari orang lain, atau hanya sebagian kita dengar. Bisa-bisa informasi yang kita terima salah.

      Misalnya hoax yang sering kita dengar atau terima lewat media. Begitu mendengarnya, kita langsung percaya tanpa terlebih dahulu mencari tahu kebenarannya. Dan lebih parahnya, kita ikut menyebarkan informasi tersebut ke orang lain.

      Mungkin, hal itu pula yang terjadi pada Anda tentang pengetahuan Anda akan Isa Al-Masih. Ada dua kemungkinan: 1) Informasi yang Anda dapat adalah hoax; atau 2) informasi tersebut hanya sebagian.

      Jika Anda ingin mencari kebenaran tentang Isa Al-Masih, saran saya Anda perlu membaca Kitab Suci Injil. Karena hanya Kitab ini yang memuat tentang Isa secara lengkap dan benar.

      Bukankah Kitab Suci Anda mengatakan bahwa dalam Injil ada “petunjuk dan cahaya bagi orang bertaqwa?”
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Moneristo

    |

    ~
    Menurut saya Yesus dalam Alkitab tidak sama dengan Nabi Isa dalam Al-Quran. Mengapa diperdebatkan, tidak akan ketemu.

    Demikian juga isi Al-Quran dengan Alkitab sangat banyak perbedaannya, jadi tidak perlu dipertentangkan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan, Yesus dalam Alkitab tidak sama 100% dengan Isa dalam Al-Quran. Walau keduanya mempunyai persamaan.

      Itulah sebabnya situs ini kami buat. Untuk mempelajari atau mencaritahu siapakah sebenarnya Isa Al-Masih atau Yesus Kristus itu? Apakah Dia hanya manusia biasa yang kebetulan diangkat sebagai nabi? Atau, lebih dari sekedar itu sebagaimana yang diyakini para pengikut Yesus?

      Mengenai isi Al-Quran dan Alkitab yang sangat berbeda, ini juga merupakan pertanyaan yang harus dicari-tahu. Mengapa ‘kitab penyempurna’ isinya sangat berbeda dengan Kitab-Kitab Allah sebelumnya? Mungkinkah Allah mengingkari perkataan-Nya yang Ia telah sampaikan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ryzy

    |

    ~
    Siapa pencipta dunia ini? Setelah mati kemana kita pergi?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Pencipta dunia adalah Tuhan Sang Khalik. Tuhan yang hidup, Tuhan yang sungguh mengasihi umat-Nya. Tuhan yang tidak ingin umat-Nya binasa di neraka sekalipun mereka adalah makhluk berdosa.

      Firman-Nya berkata, “Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya” (Taurat, Kitab Mazmur 25:10).

      Manusia tidak dapat menyingkapkan seutuhnya misteri mengenai kematian, dan apa yang pasti terjadi dibalik tabir kematian itu. Namun satu hal yang pasti, manusia akan berakhir di neraka atau sorga.

      Jelas tidak seorang pun ingin berakhir di neraka. Setiap orang ingin ke sorga. Sayangnya, sorga bukanlah tempat yang dapat ‘dibeli’ dengan amal ibadah.

      Satu penawaran yang indah dari Isa, “Akulah Kebangkitan dan Hidup; barang-siapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun Ia sudah mati” (Injil, Rasul Besar Yohanes 11:25). Tidakkah Anda ingin menerima tawaran itu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Richard

    |

    ~
    Apakah iman yang menyelamatkan itu, apakah orang yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus setelah itu ia hidup dalam dosa bahkan menikmati dosa lalu klaim mati pasti masuk sorga?

    Anugerah memang kemurahan Tuhan tetapi bukan murahan. Karena ada yang mengatakan buat dosa apa saja, percaya Tuhan Yesus pasti selamat.

    Bagaimana dengan Titus 2:12? Mohon dijelaskan. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dalam iman kekristenan diajarkan bahwa keselamatan diperoleh karena kasih karunia Tuhan melalui iman kepada Yesus Kristus. Tapi, kehidupan kekristenan tidak berhenti sampai di situ saja. Sebagai wujud dari pengakuan bahwa Yesus adalah Juruselamat, seseorang harus menyerahkan hidup sepenuhnya dalam kehendak-Nya. Dengan kata lain, hidup sesuai kebenaran firman Allah. Inilah yang disebut buah dari pertobatan.

      “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” (Injil, Surat 2 Korintus 5:17).

      Bagaimana dengan orang Kristen yang hidupnya tidak sesuai dengan firman Tuhan atau masih berdosa? Firman Allah mengatakan “Sebab upah dosa ialah maut . . . ” (Injil, Surat Roma 6:23).

      Seseorang yang ingin mendapatkan hidup kekal, pertama yang harus dilakukan adalah menerima dan mengimani Yesus Kristus sebagai satu-satunya Juruselamat dalam dirinya. Setelah itu, hidup dalam pertobatan atau hidup sesuai kebenaran firman Allah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Lambertus Mite

    |

    ~
    Terima kasih atas situs ini sehingga membuka wawasan iman Kristenku dan berdialog dan memberikan pendapat sesuai dengan posisi iman kita masing-masing. Alangkah baiknya kalau kita memiliki kitab suci dari berbagai agama, paling tidak dari Kristen (Alkitab) dari Islam (Al-Quran) yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga kita dapat mengetahui tentang isi kitab suci dari agama lain dan kita dapat bertanya untuk hal-hal yang tidak kita pahami. Tuhan berserta kita.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Lambertus,

      Saya senang bahwa situs ini menambah wawasan bagi Anda. Memang akan lebih baik bila membandingkan kedua kitab yang ada untuk mengetahui kebenaran sesungguhnya. Setidaknya, setiap orang dapat mengetahui bahwa agama Kristen bukan buatan Paulus. Terima kasih.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Stefanus

    |

    ~
    Apakah anak Abraham dari Sarai adalah Ishak yang merupakan keturunan Kristus Yesus sedangkan anak Abraham/Ibrahim dari Hagar adalah Ismail yang merupakan keturunan nabi Muhammad SAW?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Barangkali lebih tepat bila Ishak yang menurunkan generasi yang melahirkan Isa Al-Masih. Tetapi tidak ada bukti atau catatan sejarah yang menjelaskan bahwa nabi Islam merupakan keturunan Ismail. Tentu kita perlu berbicara sesuai dengan data dan fakta, bukan?

      Bila tidak ada catatan sejarah mengenai riwayat keturunan nabi Islam, mengapa ada klaim bahwa nabi Islam berasal dari keturunan Ismail? Kami berharap Anda dapat menjelaskan hal ini.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    zuraida

    |

    ~
    Semua jawaban anda tidak menjawab pertanyaan dari saudari Linda. Kenapa Kristen menuhankan Yesus sedangkan Yesus tidak pernah berkata secara spesifik kalau dirinya Tuhan dan ia berkata sembahlah aku dan di dalam Injil juga tidak pernah Yesus berkata spesifik dirinya adalah Tuhan dan sembahlah aku.

    Malah berkali-kali Yesus berkata dia adalah utusan Allah. Dia tidak bisa berbuat apa-apa tanpa izin Allah karena dia seorang manusia yang diutus Allah untuk mengajarkan kebenaran. Dia bukan Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Injil telah menjelaskan secara jelas dan gamblang bahwa Isa Al-Masih adalah Tuhan. Itu sebabnya, saya tidak bisa mengabaikan fakta yang terungkap dalam Injil. Bila Isa Al-Masih adalah Tuhan, bukankah seyogianya manusia menyembah-Nya?

      Inilah yang dilakukan para murid. Mereka menyembah Isa Al-Masih (Injil, Rasul Besar Matius 28:9, 17). Pertanyaannya, mengapa Isa Al-Masih menerima penyembahan para murid? Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Malika

    |

    ~
    Sebelum lahir Yesus, siapa Tuhannya orang Nasrani?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebutan Kristen atau Nasrani disampaikan setelah Isa Al-Masih naik ke sorga. Ini berarti Isa Al-Masih tidak pernah membawa agama Nasrani atau Kristen. Sebab Isa Al-Masih datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari dosa, bukan membawa agama.

      Allah adalah esa sehingga setiap orang harus menyembah-Nya baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan sebagainya. Jika demikian, mengapa Anda menanyakan tentang siapa Tuhan orang Nasrani sebelum Isa lahir?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    julfan

    |

    ~
    Kenapa agama itu ada banyak? Kenapa tidak ada satu saja di dunia supaya mereka tidak berdebat tentang masalah agama?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anda memberikan pertanyaan yang bagus sekali. Pertanyaan mendasar adalah apakah Allah yang menciptakan agama? Bila Allah yang menciptakan agama, maka ini menjadi pertanyaan besar. Mengapa Allah menciptakan agama?

      Jika hal ini telah terjawab, maka pertanyaan Anda pun dapat dijawab. Bukankah demikian? Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Pradjanto, SH. MSi

    |

    ~
    Saya mau bertanya, kenapa Umat Kristiani menggunakan kata ‘Ällah dalam Bibel berbahasa Indonesia? Padahal kata ‘Allah itu secara autentik hanya ada dalam Al-Quran?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya senang Anda menanyakan hal ini. Apakah Anda pernah membaca sejarah praIslam dan masyarakat pada masa itu? Bagaimana kehidupan sosial dan keagamaan pada masa itu? Saya kira sangat baik bila Anda membaca hal itu untuk mengetahui apakah kata ‘Allah’ adalah eksklusif milik bangsa Arab.

      Sebab kata ‘Allah’ sesungguhnya sudah ada sebelum Islam muncul (praIslam). Nabi Anda malah menyebut Allah dengan sebutan Rabb di awal kemunculannya sebagai nabi. Pertanyaannya, dari manakah nabi Anda mengambil kata ‘Allah’ dan menyematkan itu dalam Al-Quran? Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Halim

    |

    ~
    Sesuai dengan jawaban yang anda berikan kepada saudara Hafizqi Kevin: Jika benar Allah tidak melihat cara kita beribadah melainkan Ia melihat pada hati kita apakah telah bersih dari dosa atau belum, lalu mengapa ada gereja yang dijuluki sebagai “Gereja Sesat” sedangkan tujuan mereka pada dasarnya sama, yaitu beribadah kepada-Nya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dalam hal ini, saya tidak kompeten untuk memberikan tanggapan. Sebab saya tidak tahu gereja mana yang dimaksud. Lagi pula, bila Anda mencermati kalimat yang disampaikan kepada Hafizqi, maka di sana disebutkan bahwa apakah hati manusia telah bersih dari dosa atau belum.

      Saya bertanya kepada Anda. Apakah Anda dapat menjamin setiap orang yang beribadah memiliki hati yang bersih dari dosa? Lalu, apakah agama dapat membersihkan hati seseorang dari dosa? Mengapa demikian? Bisakah Anda menjelaskannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Rohman

    |

    ~
    Bisakah anda sebutkan di dalam bibel mana Yesus menyebutkan bahwa dia Tuhan dan memerintah kaumnya untuk menyembah-Nya? Terima kasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya amat senang bila Anda berkenan membaca Injil secara menyeluruh untuk mengetahui Ketuhanan Isa Al-Masih. Kemudian Anda dapat merenungkan firman yang diberikan Isa Al-Masih. Isa Al-Masih berfirman, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

      Isa Al-Masih tidak pernah memerintahkan untuk menyembah-Nya. Tetapi manusia menyembah-Nya (Injil, Rasul Besar Matius 28:9, 17). Mencermati fakta ini, maka kita tahu bahwa hanya Isa Al-Masih yang dapat menolong Anda masuk sorga. Saya bertanya kepada Anda. Apakah agama Islam dapat menolong Anda masuk sorga? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Purba

    |

    ~
    Siapa yang buat agama Islam, apakah Muhammad? Terus apakah ada ayat di Al-Quran yang menyuruh solat lima waktu? Mengapa Islam sholat hari Jumat? Apakah ada ayat yang menjelaskan Muhammad menjamin pengikutnya masuk surga?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Memang asal usul agama Islam perlu ditelusuri lebih lanjut agar setiap orang mengetahui kebenaran sesungguhnya. Sebab Al-Quran menyatakan bahwa Allah SWT meridhoi dengan Islam. Tentu ini perlu diperiksa kebenarannya. Benarkah Allah menciptakan agama Islam sehingga manusia hanya berharap pada Islam? Jika benar, mengapa Allah SWT baru menciptakannya di abad ke-7? Bagaimana dengan manusia-manusia sebelum munculnya Islam? Apakah mereka tidak diridhoi Allah karena Islam belum muncul? Saya harap ini dipikirkan lebih lanjut.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Argenius

    |

    ~
    Saya ingin bertanya:
    1. Agama yang kamu tekuni sekarang agama apa?
    2. Bagaimana anda tahu bahwa sejak anda lahir anda sudah menjadi bagian agama tersebut?
    3. Jika anda menjawab “karena dari orang tua dan nenek moyang” berarti anda salah, karena nenek moyang Indonesia dulu kepercayaannya adalah animisme dan dinamisme. Terima kasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Argenius,

      1. Menurut saya, agama saya tidak penting. Sebab agama tidak bisa menyelamatkan seseorang dari dosa. Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan sebagainya tidak bisa memberikan jaminan pasti masuk sorga. Apa Anda berpikir bahwa agama bisa menjamin masuk sorga? Kenapa?
      2. Saya tidak tahu tentang agama saya pada waktu dilahirkan. Saya hanya tahu bahwa ada orang-orang yang menyayangi saya. Sebab agama tidak bisa menyelamatkan seseorang. Hanya Isa Al-Masih yang dapat menyelamatkan manusia dari dosa. Pertanyaannya adalah apakah Anda yakin dan pasti masuk sorga dengan beragama Islam? Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Argenius

    |

    ~
    Saya akan menjawab pertanyaan nomor 1 dan 2.

    Ya, agama menjamin seseorang masuk sorga, karena agama mengajarkan kita untuk percaya dan meyakini siapa pencipta kita ini. Di agama Islam, Nabi Muhammad mengatakan bahwa ia menjamin orang Muslim akan masuk surga.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya setuju dengan Anda. Memang sudah seharusnya umat mendapat jaminan akan sorga.

      Bila apa yang kita imani tidak dapat menjamin keselamatan sorgawi kita, lantas bagaimana nasib kita kelak saat penghakiman Allah tiba? Akankah kita pasrah, dan binasa di neraka jahanam? Tentu Sdr. Argenius tidak menginginkannya, bukan?

      Anda mengatakan Muhammad menjamin Muslim akan masuk sorga. Benarkah?

      Lantas, bagaimana dengan perkataan Muhammad ini: “Demi Allah, walaupun saya Rasul Allah, saya tidak tahu apa yang Allah akan berbuat dengan saya” (Hadits, 5:266). Mungkin seseorang yang tidak tahu bagaimana nasibnya di akhirat, dapat menjamin seseorang masuk sorga?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Raihan

    |

    ~
    Mengapa orang Kristen menyebut Nabi Isa anak Tuhan dan ibu-Nya, Maryam itu isteri Tuhan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Raihan, ijinkanlah saya meluruskan pandangan Anda di atas yang salah.

      Orang Kristen tidak pernah menyebut Isa Al-Masih anak biologis Tuhan dan Maryam, wanita yang melahirkan Isa sebagai isteri Tuhan. Kekristen tidak pernah memberi pengajaran terkutuk seperti itu.

      Memang, orang Kristen sering menyebut Isa Al-Masih dengan istilah “Anak Allah.” Tapi, kata “anak” yang dipakai dalam ungkapan tersebut bukan anak dalam artian biologis. Kata “Anak” di sini hanya sebagai metafora atau kata kiasan. Sama halnya ketika kita menyebut “anak kunci,” “anak pribumi,” dll.

      Lantas, mengapa Isa Al-Masih disebut sebagai “Anak Allah”? Apakah makna ungkapan tersebut? Anda dapat membaca penjelasan saya pada artikel ini: https://tinyurl.com/y99gyuz8.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Indah

    |

    ~
    Saya mau bertanya:
    1. Apa kalian menganggap bahwa Allah itu laki-laki? Karena Dia sendiri punya Putra yaitu Yesus?
    2. Kenapa umat Kristen memanggil Isa itu Yesus? Kenapa tidak Isa?
    3. Yesus itu menurut umat Kristen mati sebab menebus dosa manusia. Lalu dosa manusia yang manakah sampai Yesus rela mati untuk menebus dosa manusia? Jika manusia berdosa, harusnya manusia itu sendiri yang bertobat untuk mendapat ampunan-Nya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Indah,

      Pada video di atas kita membahas soal tuduhan umat Muslim yang mengatakan bahwa agama Kristen adalah buatan Paulus. Sementara tiga pertanyaan Anda di atas bertanya soal Isa Al-Masih atau Yesus. Artinya, pertanyaan Anda sudah out of topic.

      Untuk itu, saya tidak dapat menjawab pertanyaan Anda di atas. Jadi, saya hanya memberi link salah satu artikel kami yang memuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda tersebut. Silakan membacanya, bila ada pertanyaan, Anda dapat mengemail staff kami.

      Untuk lebih lanjut, silakan klik link ini: https://tinyurl.com/y99gyuz8.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    zaenal

    |

    ~
    Saya mau bertanya, kenapa waktu Yesus disalib, Dia berkata “Tuhan, Tuhan mengapa Engkau meninggalkan Aku.” Kepada Tuhan mana Yesus berdoa? Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Zaenal,

      Karena pertanyaan Anda tidak berhubungan dengan topik video di atas, jadi saya menjawab pertanyaan Anda dengan memberi link artikel yang memuat jawaban kami atas pertanyaan Anda tersebut. Silakan klik link ini: https://tinyurl.com/ybc59svb.

      Untuk selanjutnya, silakan memberi komentar yang berhubungan dengan topik video yang sedang dibahas. Atau setidaknya menjawab salah satu dari tiga pertanyaan yang Anda. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rere

    |

    ~
    Apa nubuat Isa tentang hari terakhir/akan terjadinya kiamat?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Rere,

      Saya kira pertanyaan Anda amat menarik. Jika Anda berani membaca Injil, maka sangat baik bila Anda membaca Injil, Rasul Besar Matius pasal 24-25 mengenai akhir zaman. Tentu saya tidak dapat menyebutkan satu persatu berkenaan dengan nubuat Isa Al-Masih mengenai akhir zaman. Dari hal ini kita mengetahui bahwa fokus utama Isa Al-Masih bukan membawa agama Kristen, melainkan untuk menyelamatkan manusia dari neraka.

      Saya bertanya kepada Anda. Apakah agama dapat menolong Anda lepas dari neraka? Kenapa? Lalu, bagaimana cara Anda bisa lepas dari neraka secara pasti dan tidak mudah-mudahan? Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Kata Kristen dalam Al-Kitab terdapat pada:
    1. Kisah Para Rasul 11:26
    2. Kisah Para Rasul 26:28
    3. Roma 16:7
    4. 1 Korintus 9:5
    5. 2 Korintus 12:2
    6. 1 Petrus 4:16

    Dari keenam ayat di atas tidak ada yang berasal dari Kitab Injil, artinya bukan dari Yesus. Ini jelas.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Memang benar bahwa Kristen terdapat dalam Kisah Para Rasul 11:26. Jika saudara membaca ayat itu secara teliti dan cermat, maka saudara akan mengetahui bahwa Kristen tidak pernah dibuat oleh Paulus. Sebutan Kristen berasal dari masyarakat pada masa itu yang menyaksikan perbuatan pengikut Isa Al-Masih yang mencerminkan Isa Al-Masih. Karena itu, terlalu naif jika mengidentikan Kristen dengan Paulus.

      Saya bertanya kepada Anda. Tertulis dimanakah dalam Injil bahwa Paulus yang menciptakan agama Kristen? Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Fang Thien Ong

    |

    ~
    Sekarang saya bingung. Maaf saya bertanya. Agama apakah yang benar? Siapakah Tuhan yang benar, dan apakah agama yang sesungguhnya merupakan suatu kebenaran? Mohon kasih keterangan juga. Terimakasih sebelumnya. Dan maaf jika ada salah dalam kata, saya hanya ingin tahu kebenarannya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Fang Thien Ong,

      Agama adalah upaya manusia untuk dekat kepada Allah. Namun, manusia tidak mungkin bisa dekat kepada Allah jika Allah tidak memperkenalkan diri dan mendekatkan diri-Nya kepada manusia. Sebab Allah bersifat transenden (jauh), sehingga hanya Allah yang mampu mendekat kepada manusia sehingga Dia menjadi imanen (dekat). Mengacu pada hal ini, maka Allah yang transenden itu telah mendekat kepada manusia dan nuzul ke dunia menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia dari neraka.

      Karena itu, setiap orang yang percaya pada Isa Al-Masih diselamatkan. Isa Al-Masih berfirman, “Dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:28). Itu sebabnya, Isa Al-Masih berfirman, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6). Dengan demikian, kita mengetahui bahwa agama bukan kebenaran, melainkan Isa Al-Masih adalah kebenaran. Kami berharap hal ini jelas bagi saudara.

      Pertanyaannya, apakah Anda memercayai Isa Al-Masih? Dapatkah Anda menjelaskannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Asyer nugroho ctp

    |

    ~
    Bagi saya Yesus adalah satu-satu-Nya Juru selamat dan satu-satu-Nya Jembatan Emas penghubung antara manusia dengan Allah itu sendiri.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Asyer,

      Tepat sekali yang disampaikan Anda bahwa hanya Isa Al-Masih yang dapat menyelamatkan manusia dari neraka. Jika setiap orang di forum ini ingin lepas dari neraka, maka pertimbangkan untuk memercayai Isa Al-Masih sebagai penyelamat. Terima kasih untuk komentar Anda.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Fang Thien Ong yang kami hormati tidak usah bingung pilih agama. Silakan dalami kitab sucinya, baca sampai selesai, kamu akan mendapat petunjuk!

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Anda memberikan saran yang baik sekali. Mempelajari kitab suci adalah baik untuk mengetahui kebenaran sesungguhnya. Namun, bila kita mengkaji terminologi agama, maka agama tidak menyelamatkan manusia dari neraka. Itu sebabnya, Isa Al-Masih tidak pernah membawa agama, bahkan Isa Al-Masih tidak menciptakan agama Kristen. Sebutan Kristen merupakan sebutan yang berasal dari masyarakat pada masa itu.

      Saya bertanya kepada Anda. Tertulis dimanakah dalam Injil bahwa Paulus yang menciptakan agama Kristen? Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ryo

    |

    ~
    Dari semua literatur serta sejarah yang pernah saya baca secara objektif dan dikuatkan dalam penelitian oleh banyak pakar-pakar Injil dan sarjana Kristen sendiri serta isi dari Alkitab Kristen jelaslah Agama Kristen agama buatan yang bukan dari Yesus sendiri. Kemungkinan besar memang dari Paulus yang menyesatkan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ryo,

      Mendasarkan kesimpulan pada asumsi jelas-jelas tuduhan yang kurang bijak. Apalagi Anda tidak yakin dengan pernyataan bahwa Paulus yang menciptakan agama Kristen. Hal ini terlihat dari kata-kata Anda sendiri yang menyatakan, “Kemungkinan besar memang dari Paulus”. Jelas, Anda pun tidak yakin mengenai pendapat Anda tersebut.

      Untuk lebih jelas, maka saya bertanya kepada Anda. Tertulis dimanakah dalam Injil bahwa Paulus yang menciptakan agama Kristen? Lalu, apakah agama dapat menolong Anda lepas dari neraka? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Dindin

    |

    ~
    Maafkan saya, mengapa anda memakai nama palsu Solihin, Saodah? Mengapa anda memakai nama-nama yang berhubungan dengan Islam? Kalau anda benar, anda tidak akan berbohong. Nama saja anda bisa bohong, bisa saja semua omongan anda dusta.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dindin,

      Anda memberikan pertanyaan yang baik sekali. Saya memiliki latar belakang sebagai orang yang pernah menjalankan ritual Islam. Saya tidak berdusta. Untuk apa berdusta? Bukankah itu membuat dosa bagi diri saya sendiri? Karena itu, apa yang disampaikan pada Anda adalah benar dan tidak dusta. Jika Anda berkenan, maka Anda dapat memeriksa setiap tanggapan dan jawaban yang diberikan oleh saya, termasuk dalil-dalil yang diberikan. Saya senang jikalau Anda mau memeriksanya.

      Nah, saya bertanya kepada Anda. Apakah menurut Anda agama dapat menolong Anda lepas dari neraka? Bagaimana Anda menjelaskan hal ini?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Menjawab Staf Redaksi. “Saya bertanya kepada Anda. Tertulis dimanakah dalam Injil bahwa Paulus yang menciptakan agama Kristen? Bagaimana menurut Anda?”

    Injil adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Isa. Paulus muncul 30 tahun setelah kenaikan Nabi Isa. Ya tidak mungkinlah kisah Paulus dalam Kitab Injil.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Jika Anda tidak dapat membuktikan dari Injil, maka silakan Anda menggunakan literatur sejarah yang menyatakan bahwa Paulus yang menciptakan agama Kristen. Saya senang bila Anda bisa membuktikan bahwa Paulus yang menciptakan agama Kristen sehingga kebenaran akan terungkap. Saya mempersilakan Anda membuktikan pernyataan Anda tersebut. Sekalipun bukti konkret seharusnya dari Injil karena Injil telah menyatakan nama Kristen untuk pertama kali. Saya mempersilakan Anda menjawabnya.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Injil adalah kitab suci anda. Injillah yang kalian imani, masih kurang kuatkah dengan fakta dari kitab suci anda dan masih harus mencari literatur sejarah? Sudah seharusnya pokok-pokok dari agama didukung oleh kitab sucinya termasuk nama agama tapi jelas di Injil tidak menyebutkan Kristen. Atau mungkin Injilnya Paulus. Mana Injil Paulus seperti yang disebutkan pada Galatia 1:8?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Saya menghargai pendapat Anda di atas. Hal itu tidak mengherankan bagi saya, karena Anda tidak pernah membaca Injil. Injil menyebutkan tentang nama Kristen. Silakan Anda membaca Injil, Kisah Para Rasul 11:26. Ini berarti nama Kristen bukan berasal dari Paulus. Sebaliknya, karena masyarakat pada masa itu melihat kehidupan pengikut Isa Al-Masih yang baik dan benar, maka mereka menyebutnya Kristen.

      Jadi, kita tahu bahwa nama Kristen merupakan inisiatif dari masyarakat yang melihat kehidupan pengikut Isa Al-Masih. Dengan demikian, kita tahu bahwa agama Kristen tidak menyelamatkan manusia dari neraka. Saya bertanya kepada Anda. Apa Islam dapat menolong Anda masuk sorga? Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Abdullah

    |

    ~
    Saya ingin bertanya apakah anda yakin yang disalib adalah Isa Al-Masih? Kalau anda yakin mungkin anda harus mendalami Al-Quran karena di dalamnya tertulis yang tersalib bernama Yudas yang telah Allah rupai dia semirip mungkin dengan nabi Isa. Dan nabi Isa diangkat ke langit dan akan diturunkan kembali ke bumi pada hari kiamat untuk melawan Dajjal. Dan mungkin nanti dia akan berkata kepada kaum Kristen saya bukanlah Tuhanmu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Abdullah,

      Saya senang karena Anda meminta saya untuk membaca Al-Quran. Saya pun telah melakukan hal itu. Namun, saya tidak menemukan nama Yudas yang disalibkan. Saya bertanya kepada Anda. Tertulis dimanakah dalam Al-Quran bahwa Yudas yang disalibkan? Mohon pencerahan agar saya dan rekan-rekan di forum ini mengetahui kebenaran sesungguhnya. Terima kasih sebelumnya.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Sebenarnya banyak literatur sejarah yang diriwayatkan oleh shahabat Yesus, akan tetapi yang diterima gereja hanya empat: Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Lebih dari empat puluh literatur yang ditolak, di antaranya Injil Barnabas. Di Injil ini jelas Barnabas menceritakan kesesatan Paulus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Memang menarik untuk mendalami hal ini. Sekedar informasi bagi Anda. Injil Barnabas ditulis oleh seorang Arab berkebangsaan Spanyol yang bernama Mustaf de Arande pada abad ke-15. Bagaimana mungkin Injil Barnabas diterima? Bahkan waktu penulisan Injil Barnabas jauh setelah Al-Quran. Bagaimana mungkin Injil Barnabas menyatakan hal yang benar mengenai Paulus? Paulus tidak pernah membuat sebuah agama. Sebab agama tidak dapat menolong manusia lepas dari neraka.

      Saya bertanya kepada Anda. Apa Islam dapat menolong Anda masuk sorga? Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Habibi

    |

    ~
    Yang jelasnya beribadahlah menurut kepercayaan kalian. Saya Islam forever dan kalian agama apapun itu terserah keyakinan anda. Yang jelasnya jangan menjelek-jelekkan suatu agama.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Habibi,

      Saya senang dengan pernyataan dan sikap toleransi Anda. Ini baik sekali. Kalau boleh berpendapat, saya tidak menjelek-jelekkan agama manapun. Apakah video di atas menjelek-jelekkan agama tertentu? Bagian mana dari video itu yang menjelek-jelekkan agama?

      Bila menunjukkan fakta dan menjelaskan kebenaran, apakah hal itu dianggap sebagai menjelek-jelekkan agama? Jika seperti itu, maka Anda perlu mendefinisikan arti menjelek-jelekkan itu kepada saya. Terima kasih.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Menurut iman Kristen, keberadaan Yesus adalah dalam rangka Allah memperkenalkan dirinya dan mendekatkan diri-Nya kepada manusia. Yohanes 16:12, “Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.” Ayat di atas menunjukkan bahwa agama yang dibawa Yesus belum sempurna, dan kapan Roh Kebenaran menyempurnakan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Saya senang jika Anda membaca ayat itu dengan teliti dan cermat sehingga Anda pun dapat memberikan pendapat yang tepat dan benar. Nah, untuk membantu Anda memahami ayat itu, maka saya bertanya kepada Anda. Bagian mana dari ayat itu yang menyebutkan tentang agama? Mengapa Anda menyimpulkan bahwa agama yang dibawa Isa Al-Masih belum sempurna? Tertulis dimanakah dalam Injil bahwa Isa Al-Masih membawa agama? Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    berry

    |

    ~
    Buat saudara-saudara yang ingin tahu sejarah Kristen terbentuk, silakan buka google.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Berry,

      Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mempelajari sejarah Kristen dengan membuka google. Tetapi saya berpendapat alangkah lebih baik bila membaca dari sumber primer atau sumber utama, yaitu Injil. Sebab Isa Al-Masih tidak pernah membuat agama, melainkan Isa Al-Masih datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari neraka. Harap ini dipahami rekan-rekan di forum ini.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Piyan tiperti

    |

    ~
    Pauluslah yang menyesatkan kalian. Padahal di kitab Injil sudah menjelaskan adanya nabi akhir, yaitu nabi Muhammad.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Piyan,

      Saya menghargai pendapat Anda. Sekalipun pendapat Anda tersebut masih sebatas asumsi, tanpa adanya bukti. Namun, agar diskusi ini tetap fokus, maka saya ingin tetap mendiskusikan berkenaan dengan video di atas. Saya telah membaca Injil secara menyeluruh dan tidak pernah menemukan adanya kesesatan di dalam Injil, termasuk Paulus. Sebab Paulus mengikuti Isa Al-Masih.

      Di samping itu, saya menemukan bahwa Paulus tidak pernah membuat agama tertentu. Sebab agama tidak dapat menolong manusia lepas dari neraka. Jika agama dapat menolong manusia lepas dari neraka, maka semua umat beragama masuk sorga, bukan? Saya bertanya kepada Anda. Apa agama Islam dapat menyelamatkan Anda dari neraka? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskan ini?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Wahai saudara-saudaraku,

    Mengapa saudara-saudara kita menjadi muallaf? Pelajari alasan mereka sampai pindah agama, sampai berbondong-bondong di Eropa, Amerika. Masjid banyak didirikan dan gereja banyak yang kosong bahkan ada yang berubah jadi masjid. Mengapa? Masuk akalkah?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Saya senang Anda mau memikirkan hal ini, yaitu mempelajari alasan mereka menjadi mualaf. Tetapi benarkah orang-orang di Eropa dan Amerika berbondong-bondong menjadi mualaf? Tentu ini perlu ditelusuri kebenarannya. Sama halnya dengan pernyataan saudara untuk mempelajari alasan menjadi mualaf.

      Sebab saya berpendapat bahwa agama tidak menyelamatkan manusia dari neraka. Itu sebabnya, Paulus tidak membuat agama. Saya telah memberikan pertanyaan kepada Anda. Apa agama Islam dapat menolong Anda lepas dari neraka? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskan hal ini? Bagaimana saudara?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Dolmen

    |

    ~
    Kenapa Paulus dianggap sebagai rasul oleh umat Kristiani? Padahal setahu saya Paulus bukan murid Yesus dan Yesus tidak pernah memberikan legitimasi tentang kerasulan Paulus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dolmen,

      Anda memberikan pertanyaan yang baik sekali. Saya senang dengan pertanyaan ini. Paulus adalah rasul Isa Al-Masih karena Isa Al-Masih yang berbicara dengan Paulus secara langsung. Silakan Anda membaca Injil, Kisah Para Rasul pasal 9. Di sana dijelaskan bagaimana Isa Al-Masih berbicara dengan Paulus karena pekerjaan yang akan dilakukan olehnya.

      Dengan demikian, Paulus merupakan murid Isa Al-Masih, di luar ke-12 murid Isa Al-Masih. Itu sebabnya, Paulus tidak pernah membuat agama. Sebab agama tidak menyelamatkan manusia, melainkan Isa Al-Masih yang menyelamatkan manusia.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Dindin

    |

    ~
    Untukmu agamamu, dan untukku agamaku. Saya mohon, ganti nama anda jangan pakau nama-nama palsu Muslim seperti Solihin, Saodah. Demi Alloh anda dusta, anda bukan mantan Islam, sama sekali anda tidak tahu Islam. Terserah anda mau pakai dalil-dalil manapun dalam Quran. Saya minta ganti nama anda.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dindin,

      Adalah hak Anda untuk berasumsi demikian. Tetapi saya berasal dari keluarga Muslim di mana kakek saya adalah seseorang yang telah melaksanakan ibadah haji. Demikian keluarga besar saya masih Muslim. Saya tidak sedang menekankan agama tertentu di sini. Saya hanya berusaha memperkenalkan Isa Al-Masih kepada semua orang, termasuk kepada umat Kristen. Saya berharap ini dapat dipahami oleh Anda.

      Saya bertanya kepada Anda. Apakah Anda yakin bahwa Islam bisa menolong Anda lepas dari neraka? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskan hal ini?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Kristen sampai sekarang belum dapat menyelesaikan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang kontradiktif. Apa betul demikian?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Anda memberikan pernyataan yang menarik sekali. Saya perlu melakukan konfirmasi agar hal ini lebih jelas. Kalau boleh tahu, apa maksud pernyataan Anda yang menyatakan bahwa Kristen belum menyelesaikan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru? Apa yang kontradiktif? Saya kira Anda perlu membuktikan pernyataan tersebut, bukan?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    vickha

    |

    ~
    Jelas-jelas yang saya ketahui bahwa Isa Al-Masih tidak pernah mengakui bahwa Dia adalah “Tuhan” dan mengatakan “sembahlah Aku” tapi mengapa Anda menganggap Isa Al-Masih adalah Tuhan? Jika ada, silakan cantumkan firman dimana Isa Al-Masih menyuruh untuk menyembahnya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Vickha,

      Isa Al-Masih telah mengakui diri-Nya adalah Tuhan. Ini terbukti dari firman Isa Al-Masih, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13). Ini menjelaskan hakikat Isa Al-Masih sesungguhnya, bukan? Tentu tidak ada manusia yang berani menyatakan demikian, bukan?

      Isa Al-Masih tidak pernah meminta untuk disembah. Hal ini sama dengan Allah yang tidak pernah meminta untuk disembah, tetapi manusia menyembah-Nya. Demikian Isa Al-Masih juga. Isa Al-Masih disembah manusia sekalipun Ia tidak meminta untuk disembah (Injil, Rasul Besar Matius 28:9, 17).
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raden

    |

    ~
    Mas Sholihin,

    Kalau anda ingin mengetahui kontradiksi Al-Kitab silakan periksa dalam buku “Dokumen Kepalsuan Al Kitab” oleh Mulyadi Samuel AM, Victory, 2002.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raden,

      Kami senang bahwa saudara menyebutkan sumber tersebut. Tetapi itu belum menjawab pertanyaan saya. Saya ulangi lagi. Kalau boleh tahu, apa maksud pernyataan Anda yang menyatakan bahwa Kristen belum menyelesaikan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru? Apa yang kontradiktif? Saya kira Anda perlu membuktikan pernyataan tersebut, bukan?

      Mengutip buku tersebut bukan jaminan bahwa Alkitab kontradiksi. Apa yang kontradiksi? Sebutkan dan tuliskan bagian mana dari Injil yang kontradiksi.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    aji

    |

    ~
    Tolong jelaskan ayat yang berbunyi: “Jikalau dustamu bisa mengembangkan kerajaan Allah, maka kenapa harus ada dosa untukmu”. Apa Kristen mengajarkan untuk berbohong? Dan menurut saya Yesus bukanlah Tuhan, karena yang melantik Yesus Tuhan adalah Kaisar Konstantin. Bagaimana bisa Tuhan dilantik oleh hambanya sendiri?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Nampaknya Anda mesti mengutip ayat tersebut secara lengkap dan tepat. Sebab saya tidak pernah membaca kutipan seperti yang dikutip oleh Anda. Bila Anda telah mengutip ayat tersebut dengan lengkap dan tepat, maka pertanyaan Anda bisa dijawab dengan tepat pula. Karena itu, silakan Anda mencantumkan ayat yang tepat dengan memberikan referensi ayat tersebut sehingga saya bisa menyelidikinya. Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Paulus

    |

    ~
    Paulus vs Al-Masih. Paulus menang? Al-Masih tersingkirkan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Paulus,

      Paulus tidak bertentangan dengan Isa Al-Masih, karena Paulus adalah pengikut Isa Al-Masih. Mengacu pada hal tersebut, maka tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah. Sebab Paulus dan Isa Al-Masih tidak berkompetisi. Barangkali yang perlu dilakukan oleh Anda adalah menjelaskan hubungan pernyataan tersebut dengan video yang ada agar saya bisa memahaminya dengan baik.

      Mengacu pada video di atas, maka kita mengetahui bahwa Kristen tidak pernah diciptakan oleh Paulus. Isa Al-Masih pun tidak pernah membawa agama Kristen ke dunia ini. Sebab Isa Al-Masih datang ke dunia ini untuk menyelamatkan manusia dari neraka.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Zanaya

    |

    ~
    Saya mau tanya Isa Al Masih pasti akan turun ke-2 kali itu pasti, apakah Anda tidak malu kalau ditanya kenapa tidak disunat, sedangkan Anda mengetahui bahwa Isa Al Masih sendiri saja disunat, dan Anda juga tahu di salah satu kitab ada perjanjian sebelum Isa Al masih dilahirkan. Sekarang yang saya tanya apakah Isa Al Masihkah yang melarang mewajibkan untuk disunat atau ada orang lain?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sunat atau tidak sunat, siapakah yang memutuskan? Dari mana Anda tahu bahwa saya sunat atau tidak bersunat? Banyak pengikut Isa Al-Masih yang disunat. Sunat bukan ukuran seseorang diterima Allah. Sunat pun tidak memberikan kepastian masuk sorga. Bila sunat bisa menjamin masuk sorga, maka semua orang yang bersunat dipastikan masuk sorga.

      Sekarang tolong bantu saya. Apakan Muhammad bersunat? Apa buktinya? Tertulis dimanakah dalam Quran? Sebab Isa Al-Masih bersunat. Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru