Islam: Agama Kristen Buatan Paulus!?

Islam adalah agama yang dibawa oleh Muhammad. Buddha dibawa oleh Siddharta Gautama. Bagaimana dengan Kristen? Umat Islam pada umumnya meyakini bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen. Benarkah demikian?

Terdapatnya beberapa surat dalam Kitab Suci Injil yang ditulis oleh Paulus lewat pimpinan dari Roh Kudus, membuat Muslim sering mempertanyakan peranan Paulus dalam kekristenan. Bahkan tidak sedikit Muslim yang mengemail kami berkata bahwa ajaran Paulus bertentangan dengan ajaran Isa Al-Masih.

Video berikut menjelaskan kepada Anda tentang kesalah-pahaman umat Islam yang mengira bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen. Silakan simak video berikut.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pandangan lain, silakan mengemail ke staff kami atau kirimkan pertanyaan singkat Anda lewat SMS ke 0812-81000-718.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Anda, apa alasan utama umat Islam mengira bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen?
  2. Jika Anda seorang Muslim, apakah Anda percaya bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen? Jelaskan alasan Anda!
  3. Apakah seorang “pendiri” agama dapat memberi jaminan keselamatan bagi pengikutnya? Jelaskan alasan Anda!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (206)

  • Avatar

    Paul Parinduri

    |

    ~
    Kristen bukanlah buatan Paulus. Namun saya heran, dengan pernyataan maha dangkal oleh kaum Ismail ini. Spakah karena tingkah laku mereka seperti “keledai liar” yang “menentang semua saudaranya” sudah sangat tepat dinubuatkan Alkitab? Yesus Kristus tidak pernah membuat agama baru, bahkan Paulus sekalipun. Kristen hanya disebutkan enam Kali dalam Alkitab. Saya percaya, jika umat Ismail ini sungguh-sungguh menggali kebenaran, mereka harus membaca Alkitab. Bukan kepada Youtube.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya setuju dengan Anda. Paulus ataupun Isa Al-Masih tidak pernah mendirikan agama Kristen. Sebab agama tidak menyelamatkan manusia dari neraka. Agama adalah upaya manusia mencari Allah. Tetapi sesungguhnya Allah yang mendatangi manusia, bukan manusia. Terima kasih.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    medes

    |

    ~
    Mengapa Isa Al-Masih menyatakan dirinya sebagai Tuhan/Allah? Oleh karena di dalam dirinya ada tiga kebesaran yakni sebagai Bapa (allah), Putra (utusan allah), Roh Kudus(Roh Allah yang mendiam dalam dirinya). Maka dalam ajaran-Nya, jelas menampilkn sifat Tuhan/Allah itu sendiri kepada umat manusia, bukan ajak pergi berperang.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Bapa, Putra, dan Roh Kudus adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Tentu ini tidak mudah dipahami. Tetapi kita mengetahui bahwa umat Kristen mendasarkan konsep Ketuhanan pada Tritunggal. Perlu dipahami bahwa Kristen bukan buatan Paulus.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Agus

    |

    ~
    Paulus menolak Perjanjian Lama. Semuamya diganti oleh Paulus. Akulah guru dan tuan, bukan Tuhan. Siapa yang ganti itu? Yesus memakai bahasa Ibrani. Ini perlu ditelusuri, bukan Tuhan namun tuan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sesungguhnya Paulus tidak pernah menolak Perjanjian Lama. Ada perbedaan menolak Perjanjian Lama dengan menolak konsep yang disampaikan orang Yahudi tentang keselamatan yang mengacu pada Perjanjian Lama. Paulus menolak pandangan orang Yahudi tentang konsep keselamatan bahwa keselamatan harus diperoleh melalui sunat dan melaksanakan hukum Taurat. Jelas, ini tidak sesuai dengan firman Isa Al-Masih.

      Isa Al-Masih telah menegaskan bahwa Isa Al-Masih yang dapat memberikan kepastian masuk sorga (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:28). Tentu ini yang menjadi dasar sehingga pengikut Isa Al-Masih percaya pada Isa Al-Masih. Dengan demikian, kita tahu kalau Kristen bukan buatan Paulus.
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru