Islam: Agama Kristen Buatan Paulus!?

Islam adalah agama yang dibawa oleh Muhammad. Buddha dibawa oleh Siddharta Gautama. Bagaimana dengan Kristen? Umat Islam pada umumnya meyakini bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen. Benarkah demikian?

Terdapatnya beberapa surat dalam Kitab Suci Injil yang ditulis oleh Paulus lewat pimpinan dari Roh Kudus, membuat Muslim sering mempertanyakan peranan Paulus dalam kekristenan. Bahkan tidak sedikit Muslim yang mengemail kami berkata bahwa ajaran Paulus bertentangan dengan ajaran Isa Al-Masih.

Video berikut menjelaskan kepada Anda tentang kesalah-pahaman umat Islam yang mengira bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen. Silakan simak video berikut.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pandangan lain, silakan mengemail ke staff kami atau kirimkan pertanyaan singkat Anda lewat SMS ke 0812-81000-718.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Anda, apa alasan utama umat Islam mengira bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen?
  2. Jika Anda seorang Muslim, apakah Anda percaya bahwa Paulus adalah pendiri agama Kristen? Jelaskan alasan Anda!
  3. Apakah seorang “pendiri” agama dapat memberi jaminan keselamatan bagi pengikutnya? Jelaskan alasan Anda!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (270)

  • Avatar

    ijtihad

    |

    ***
    1. Paulus pasti pendiri Kristen, makanya pusatnya di Roma. Nasrani berpusat di daerah Yahudi. Tidak ada firman Injil. Hanya hadis Injil 4 mazhab. Perjanjian Baru menceritakan detil semua penciptaan dan waktunya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ***
      Terimakasih sudah bersedia menjawab satu pertanyaan yang ada. Berikut tanggapan dari kami.

      Orang Kristen sering juga disebut orang Nasrani. Mereka adalah orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus atau Isa Al-Masih. Dengan kata lain, umat Kristen adalah juga umat Nasrani. Tidak ada perbedaan.

      Paulus juga merupakan orang Nasrani. Karena dia juga orang yang percaya dan beriman kepada Yesus Kristus. Walau memang, terkadang teman-teman Muslim salah paham dan berkata Paulus adalah pendiri agama Kristen. Jelas ini adalah pemahaman yang salah.

      Sdr. Ijtihad, detil semua penciptaan dan waktunya ditulis dalam Alkitab di bagian Perjanjian Lama. Bukan di Perjanjian Baru.

      Seperti saran saya sebelumnya, jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang Injil, kita bisa diskusi lewat email. Ini alamat email saya: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Boodee

    |

    ***
    Jawaban untuk pertanyaan no #3.

    Tidak. Karena dia hanya menyampaikan berita yang dia percayai. Tergantung masing-masing penerima yang mendengar dan membaca berita tersebut.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ***
      Terimakasih Sdr. Boodee untuk jawaban yang Anda berikan.

      Saya setuju dengan jawaban Anda, bahwa pendiri agama tidak dapat memberi jaminan keselamatan. Karena agama didirikan oleh seorang manusia, dimana kita semua tahu bahwa tidak ada manusia yang suci. Dengan kata lain, manusia berdosa tidak dapat menyelematkan manusia berdosa lainnya.

      Berbeda halnya dengan Isa Al-Masih. Kitab Allah mengatakan Isa suci dan tidak pernah berdosa. Isa juga berasal dari sorga. Tentang diri-Nya, Isa memberi kesaksian, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Bila semua pendiri agama hanya bisa menunjukkan kepada “jalan lurus.” Namun Isa berkata bahwa Dia adalah “Jalan Lurus” itu.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ahong

    |

    *****
    1. Karena umat Kristen mengikuti ajaran Paulus

    2. Ya! Karena umat Kristen mengikuti ajaran Paulus

    3. Kalau dia utusan Tuhan, iya!

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      *****
      Terimakasih sudah menjawab pertanyaan yang ada. Kami sungguh menghargainya.

      Sdr. Ahong, orang Kristen tidak mengikut ajaran Paulus. Orang Kristen termasuk Paulus mengikuti ajaran Isa Al-Masih.

      Awalnya Paulus sangat menentang ajaran Isa Al-Masih. Sebelum menjadi pengikut Isa, Paulus banyak melakukan penganiayaan terhadap pengikut Isa. Tetapi akhirnya dia bertobat setelah mengalami perjumpaan dengan Isa Al-Masih.

      Kitab Allah menuliskan, “. . . Aku [Isa Al-Masih] . . . menetapkan engkau [Paulus] menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat dari pada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti . . . Aku akan mengutus engkau kepada mereka [bangsa-bangsa] untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa . . . .” (Injil, Kisah Para Rasul 26:16-18).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Budiman

    |

    ***
    1. Ya, Paulus yang sudah membuat Kristen. Alasannya karena gereja mengajarkan ajaran Paulus, bukan ajaran Yesus.

    Jadi videonya tidak sesuai dengan bukti yang ada pada Injil dan fakta yang terjadi dengan ajaran gereja.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ***
      Sdr. Budiman,

      Anda berkata bahwa gereja mengajarkan ajaran Paulus, bukan ajaran Yesus. Maka dari itu, kiranya Anda tidak keberatan untuk menjelaskan bagaimanakah ajaran Paulus yang diajarkan di gereja?

      Saya masuk gereja sudah lebih dari 30 tahun. Tapi saya tidak pernah menemukan fakta bahwa gereja mengajarkan ajaran Paulus. Yang ada justru gereja mengajarkan ajaran Yesus yang terdapat dalam Kitab Suci Allah.

      Untuk itu, kiranya Anda tidak keberatan untuk menjawab pertanyaan saya di atas.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Budiman

    |

    ~
    Contoh gereja mengajarkan ajaran Paulus:

    Ajaran Yesus:
    “Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya” (Lukas 2:21).

    Ajaran Paulus:
    “Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih” (Galatia 5:6).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Budiman,

      Terimakasih atas contoh yang Anda berikan. Berikut tanggapan dari saya:

      Benar, Yesus memang disunat saat Ia masih kecil. Tapi, perlu Anda ingat, Yesus melakukan hal tersebut untuk mengikuti tradisi bangsa Yahudi pada masa itu. Karena Yesus adalah orang Yahudi.

      Ini perkataan Yesus akan hal itu, “Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat–sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita–dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!” (Injil Rasul Besar Yohanes 7:22)

      Anda bisa mencari di Kitab Suci Injil, adakah perkataan Yesus yang mewajibkan pengikut-Nya disunat secara jasmani? Bila ada, Anda dapat membagikannya di sini.

      Untuk ayat dari Galatia 5:6 yang Anda kutip, saran saya sebaiknya Anda membaca mulai dari ayat pertama supaya Anda mengerti konteksnya, mengapa Paulus berkata demikian.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Budiman

    |

    ~
    Sdr. Staf IDI Saodah,

    Kenapa saudara membuang komentar ayat perkataan Yesus yang lain, yang saya tunjukan perihal penyunatan. Di situ jelas Yesus mewajibkan kepada umatnya untuk bersunat karena ada hal perjanjian antara Yesus dan umatnya. Dan juga dengan ayat yang lainnya kenapa Anda tidak menjawab malahan menghapusnya.

    Berarti blog yang Anda buat ini tidak jujur, jadi untuk apa diteruskan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Budiman,

      Memang saya menghapus postingan Anda yang lain, bukan karena tidak jujur, tetapi menolong Anda dan pembaca lainnya untuk lebih mengerti alur diskusi kita. Sehingga pembaca lain pun tidak bingung.

      Tentang ayat sunat yang Anda kutip, saya sudah memberi tanggapan. Silakan membaca tanggapan saya di atas. Bila ada hal yang Anda kurang setuju, silakan menyampaikannya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Soleman

    |

    ~
    Untuk meluruskan saja. Agama Islam bukan dibawa oleh Nabi Muhammad. Agama Islam sudah ada sebelum Nabi Muhammad lahir. Nabi-nabi sebelum Muhammad sudah menyebut dirinya sebagai Islam (orang Muslim). Surat al-Baqarah ayat 136 Katakanlah kami beriman kepada Allah dan beriman kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Ya’kub, kepada Musa, kepada Isa (Yesus), mereka semua semunya berserah diri kepada-Nya (Islam).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ijinkan saya mengoreksi komentar Anda di atas.

      Agama Islam adalah agama yang didirikan oleh Muhammad. Sedangkan Muslim adalah sebutan bagi mereka yang memeluk agama Islam.

      Tapi, secara harafiah, kata “Muslim” juga dapat berarti “seseorang yang berserah diri kepada Allah.”

      Bila mengacu kepada arti dari kata ‘Muslim’ di atas, memang benar nabi-nabi sebelum Muhammad bisa disebut Muslim. Tapi apakah mereka juga beragama Islam? Jelas tidak! Karena agama Islam baru ada setelah Muhammad mendirikan agama tersebut.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Soleman

    |

    ~
    Mengapa komentar saya yang lain (ada 3 komentar) tidak dimuat? Padahal itu sangat berguna bagi kita untuk berdiskusi mencari kebenaran yang ilmiah. Saran saya, kalau memang untuk mencari kebenaran seharusnya komentar-komentar itu harus ditampilkan, tidak perlu dibuang. Padahal bahasa yang saya pakai tidak kasar, tidak mencaci dan tidak menyinggung.

    Oleh karena itu, tolonglah kita diskusi dengan benar dan terbuka. Sayapun akan menerima dari orang lain jika memang itu lebih benar dan ilmiah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Soleman,

      Sebelum menuliskan komentar, saran saya, tolong Anda membaca “Pedoman Wajib Memasukkan Komentar” yang terdapat di bagian bawah pada laman Anda menuliskan komentar. Pada point #6 dikatakan “Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!”

      Mengapa kami menuliskan peraturan tersebut? Bukan karena kami ingin berlaku curang atau membatasi Anda dapat memberi komentar. Justru hal tersebut menolong pada pengunjung lainnya untuk lebih mudah mengikuti jalannya diskusi. Juga, memberi kesempatan kepada orang lain untuk memberi komentar.

      Demikian penjelasan dari saya, kiranya Anda dapat memaklumi dan mengikutinya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Soleman

    |

    ~
    Agama Kristen bukan dibawa oleh Yesus (Isa), tetapi diciptakan oleh Paulus dan Barnabas.

    Kisah Para Rasul 11:23-26; “Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan, karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.”

    Kejadian tersebut pada tahun 42 masehi, karena Paulus baru sadar tidak memusuhi Yesus tahun 42 masehi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan bahwa pendiri ‘agama’ Kristen bukan Yesus. Karena Yesus dan nabi-nabi sebelumnya tidak pernah datang untuk tujuan mendirikan agama.

      “Kristen” artinya pengikut Kristus. ‘Kristus’ adalah gelar dari Yesus yang artinya sama dengan ‘Al-Masih.’

      Jadi sebenarnya, kata ‘Kristen’ yang disebutkan oleh orang-orang Antiokhia kepada murid-murid Yesus, arti dari sebutan ini lebih tepatnya bermaksud hinaan/ejekan.

      Benarkah Paulus pendiri agama Kristen? Tidak! Karena yang pertama kali menyebut mereka Kristen justru orang-orang Antiokhia yang bukan pengikut Yesus.

      Bagi kami pengikut Yesus, ‘agama’ hanya jalan untuk mengenal Sang Khalik. Bukan penjamin keselamatan. Sebab yang dapat memberi seseorang jaminan keselamatan bukan ‘agama’nya melainkan Yesus Kristus.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Erick

    |

    ~
    Kristen tidak didirikan secara sengaja, justru sekumpulan orang yang meyakini firman yang disampaikan Yesus Kristus ketika di dunia saat mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Rasul 11). Mereka inilah yang dijuluki orang-orang luar, sebagai Kristen yang bermakna pengikut Kristus.

    Jadi rekan-rekan Muslim menuduh bahwa Rasul Paulus yang mendirikan Kristen hanya karena tidak memahami isi Alkitab secara keseluruhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Iya, saya setuju dengan penjelasan Anda di atas. Yesus tidak pernah datang untuk mendirikan agama Kristen. Itu sebabnya Yesus tidak pernah mengajarkan bahwa ‘agama’ dapat menyelamatkan umatnya.

      Keselamatan adalah kasih karunia Allah dalam Yesus Kristus. Keselamatan bukan ditentukan oleh seberapa taat kita mengikuti aturan agama. “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia [Yesus], sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injil, Kitab Para Rasul 4:12).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    dodo handoko

    |

    ~
    Maaf, sepertinya situs ini berusaha untuk menghubungkan antara Islam dan Nasrani (red-Kristen). Namun, setelah saya telaah dari pembahasan-pembahasan dan videonya, kok malah bahasannya memiringkan Islam yah?

    Kalau mau membuat konsep perbandingan agama, mungkin boleh-boleh saja. Tapi tolong narasumbernya pun harus dari kedua belah pihak dan harus yang kompeten di bidangnya. Makasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Dodo untuk masukan yang Anda berikan.

      Jika ada yang kurang tepat dalam pembahasan dan video di situs ini, kami terbuka menerima kritik dari Anda. Untuk itu, kiranya Anda bersedia untuk menjelaskan secara spesifik bagian mana yang salah. Dengan demikian, kami dapat mempertimbangkannya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rosidio prabowo

    |

    ~
    Saya mau bertanya, Yesus itu nabi atau Tuhan di ajaran Kristen?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya akan mengutip salah satu perkataan Yesus dari kitab Suci Injil untuk menjawab pertanyaan Anda di atas; “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

      Pada ayat lain Yesus juga berkata, “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22;13).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Alex

    |

    ~
    Anda pasti setujukan jika Tuhan itu maha segalanya? Jika Tuhan maha segalanya maka pasti Tuhan sangat percaya diri, lantang, dan tegas mengaku dirinya Tuhan. Tidak mungkinkan Tuhan berkata ragu-ragu, tidak jelas, tidak tegas, tidak meyakinkan? Hak Tuhan ialah disembah manusia, Tuhan berhak disembah manusia.

    Tolong berikan ayat-ayat dari Injil yang asli yang Yesus mengatakan Aku Tuhan, sembah Aku, Ibadahlah padaKu, Kristen agamaKu, Kristen agama yang benar, masuklah ke Kristen.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anda dan saya sama-sama setuju bahwa Tuhan itu maha segalanya. Tapi, mengapa Anda mengatakan “mustahil Allah mau menjadi manusia?” Bukankah itu artinya Anda sudah membatasi kemaha-segalaannya Allah?

      Ketika Anda percaya Allah itu maha segalanya, maka Dia ‘maha segalanya’ untuk semua hal. Bukan hanya untuk hal-hal yang dapat Anda mengerti dan pahami dengan logika Anda saja.

      Anda mengatakan hanya Tuhan yang layak disembah. Iya, saya setuju dengan hal itu. Kitab Suci Injil pun mencatat bahwa Yesus menerima penyembahan. Anda dapat melihat di ayat-ayat ini: Matius 2:11; Matius 4:9; Matius 8:2; Lukas 24:52; Yohanes 9:38.

      Setelah Anda membaca ayat-ayat tersebut, menurut Anda, mengapa Yesus juga layak disembah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Liphen

    |

    ~
    Sampai kapan pun saya tetap setia kepada Tuhan Yesus karena hati saya hanya ada Yesus. Yesus selalu menolong saya dan saya tidak akan terpengaruh dengan perkatan mereka.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Firman Yesus, “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?” (Injil, Rasul Besar Yohanes 11:25-26).

      Kiranya iman dan kepercayaan Anda kepada Tuhan Yesus Kristus akan tetap selama-lamanya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    tresna

    |

    ~
    Katakan hai orang kafir, aku tidak menyembah Tuhan yang kamu sembah dan kamu takan menyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku takkan pernah menyembah apa yang kamu sembah. Bagiku agamaku dan bagimu agamamu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mengapa orang Islam dan Kristen (yang Anda sebut sebagai kafir) tidak menyembah Tuhan yang sama dengan orang Islam? Sementara kedua agama ini percaya bahwa Tuhan yang layak disembah adalah Tuhan Pencipta alam semesta. Lalu, dimanakah letak perbedaan sesembahan mereka?

      Dari apa yang saya pelajari, salah satu perbedaanya adalah bagaimana cara Tuhan itu menyatakan sifat-Nya kepada umat-Nya.

      Kedua umat ini sama-sama percaya bahwa Tuhan itu Maha Kasih. Sayangnya, Al-Quran tidak pernah menjelaskan bagaimana Allah swt menyatakan kasih-Nya, terutama dalam hal pengampunan dosa.

      Berbeda halnya dengan Kitab Suci sebelum Al-Quran. Kita dapat membaca bagaimana Allah turun tangan sendiri dalam menangani dosa manusia. Serta memberi jaminan keselamatan bagi mereka.

      Nah, bagaimana menurut Sdr. Tresna?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Nana

    |

    ~
    Maaf sebelumnya saya ingin bertanya. Saya masih bingung dengan orang Kristen yang menganggap Yesus itu Tuhan. Tapi kalau Yesus adalah Tuhan, mengapa setelah Yesus disalib baru disembah orang Nasrani?

    Setahu saya, di ajaran agam Islam Yesus (Isa) adalah Yudas murid Nabi Isa yang berkhianat. Sedangkan Nabi Isa diselamatkan oleh Allah swt dari tentara Romawi. Dia akan diturunkan lagi ke bumi setelah hari kiamat. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya maklum bila Anda merasa bingung. Karena Anda tidak mengenal Pribadi Isa Al-Masih dengan baik. Sebab apa yang Anda jelaskan di atas, adalah salah.

      Jika Anda membaca Kitab Suci Injil, sebelum Isa disalibpun, Isa sudah disembah. Bahkan ketika Isa baru lahir, orang-orang Majus yang melihat-Nya, sudah menyembah Dia. “Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu [Isa Al-Masih] bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia . . . ” (Injil, Rasul Besar Matius 2:11).

      Benar, Islam mengajarkan yang disalib adalah Yudas. Walau sebenarnya tidak ada sumber yang jelas, mengapa Islam mengajarkan demikian. Sedangkan Kitab Suci Injil dengan sangat jelas mengatakan bahwa Yudas mati bunuh diri.

      Jika Sdr. Nana ingin tahu lebih jelas tentang kebenaran kematian Isa Al-Masih, Anda dapat mengemail saya di: saodah@idionline.info. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Tanjung Paparazzi

    |

    ~
    Yohanes 13:13, suatu ketika Yesus membenarkan diri-Nya dipanggil murid-murid-Nya dengan sebutan Turu dan Tuan. Bahkan ditegaskan lagi oleh Yesus, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuan.”

    Namun dengan mengorbankan keabsahan dan keserasian Alkitab itu sendiri. Perubahan kata tuan menjadi Tuhan terjadi ketika kata MAR dalam bahasa Ibrani yang berarti tuan, diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi kurios. Kata kurios dalam bahasa Yunani memiliki empat arti yaitu: Pemilik, tuan, tuhan, Tuhan. Namun para penginjil mengartikan kurios sebagai Tuhan dalam ayat tersebut.

    Tentu saja perubahan ini oleh sdr kita Nasrani, sebagai proposisi bahwa Yesus pernah mengatakan diri-Nya sebagai “Tuhan.” Sesungguhnya perubahan kata dari (Tuan) menjadi (Tuhan) justru akan semakin menimbulkan kontradiksi di dalam Injil itu sendiri. Bahkan akan sangat bertentangan dengan sabda-sabda Yesus di dalam uraian kalimat atau ayat yang lain.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Seperti yang Anda katakan di atas bahwa “kurios” memiliki arti: Pemilik, tuan, tuhan, Tuhan. Hal ini sama seperti kata ‘Gusti’ dalam bahasa Jawa, yang memiliki makna ganda. Kata ‘Gusti’ bisa disematkan kepada raja (manusia), tetapi juga bisa ditujukan kepada Allah.

      Pada waktu itu, kata “Tuan” sudah cukup untuk menjelaskan bahwa Allah adalah penguasa atas yang dimiliki-Nya. Namun, seiring berjalannya waktu, maka bahasa pun mengalami perkembangan, sehingga kata “tuan” dan “Tuhan” menjadi dua kata yang memiliki makna berbeda. Karena itu, makna Tuhan dari kata ‘kurios’ tidak mengorbankan keserasian Alkitab.

      Yohanes 10:30 menyatakan Yesus dan Bapa adalah satu. Orang Yahudi pada masa itu telah memahami bahwa “satu” di sini hakikat-Nya adalah Allah. Itu sebabnya, Yohanes 10:33 menyatakan bahwa orang Yahudi ingin melempari Yesus dengan batu karena menyamakan diri-Nya dengan Allah.

      Di samping itu, Yesus menerima penyembahan dari manusia, yaitu para murid (Matius 28:17), orang Majus (Matius 2:1-12), orang buta (Yohanes 9:38). Saya kira argumentasi ini cukup untuk membuktikan keserasian atau kesesuaian antara perkataan dan tindakan Yesus yang menerima penyembahan dari manusia.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hyang

    |

    ~
    Salam buat semuanya.

    Buat Admin, cara pandang dan cara pikir itu harus dari sumber yang suci. Kita sepakat dulu sudah sucikah sumber Alkitab kita?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Hyang,

      Saya dan seluruh pengikut Isa Al-Masih yakin dan percaya bahwa Alkitab bersumber dari sumber yang suci. Alkitab adalah perkataan Allah, isi hati Allah bagi umat-Nya yang Ia sampaikan melalui orang-orang pilihan-Nya. Bagi saya, tidak ada keraguan akan hal itu.

      Mungkin Anda heran, mengapa saya dan pengikut Isa Al-Masih lainnya begitu yakin bahwa Alkitab sumbernya suci. Anda dapat membaca alasannya pada artikel ini: https://tinyurl.com/yd6aq73m.

      Jika Anda benar-benar ingin tahu tentang kesucian sumber Alkitab, kita dapat mendiskusikannya lewat email. Silakan menghubungi saya di: saodah@idionline.info atau SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Doni

    |

    ~
    Saya mau bertanya. Apakah Kitab Injil bisa menerangkan, setelah kita semua mati adakah kehidupan lagi. Dan apa tugas manusia. Apa hak manusia. Dan apa kita bisa dipertemukan lagi dengan keluarga kita. Dan jika ada kehidupan lagi, apakah akan ada kematian lagi? Tolong jelaskan menurut kitab suci Injil. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Salah satu janji yang diberika Isa tentang hal itu adalah, “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal . . . Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu . . . Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada” (Injil, Kitab Rasul Besar Yohanes 14:2-3).

      Lewat ayat di atas Isa berjanji akan menyediakan ‘rumah’ bagi pengikut-Nya. “Rumah” hanya diperuntukkan bagi orang hidup. Sedangkan tempat orang mati jelas bukan di rumah, bukan? Maka, dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa setelah kematian, akan ada kehidupan yang baru. Yaitu kehidupan kekal bersama-sama dengan Isa Al-Masih.

      Memang, penjelasan ini belum sepenuhnya lengkap. Tapi kita dapat melanjutkan diskusi ini lewat email agar lebih leluasa. Silakan mengemail saya di: saodah@idionline.info. Atau SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Antonius

    |

    ~
    Saya ingin menjawab pertanyaan Sdr. Doni.

    Kitab Injil bisa menerangi seluruh dunia dengan ajaran kebenarannya. Setelah kita mati, dalam Alkitab ada yaitu kehidupan kekal di sorga. Tugas dan hak manusia di sorga sangat menyenangkan. Yaitu menyembah Tuhan dan mendapat cinta kasih-Nya.

    Apakah manusia akan bertemu lagi dengan keluarganya? Iya, jika dia masuk sorga bersama keluarganya. Dan jika sudah masuk sorga, hanya ada kehidupan kekal dan damai.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Betul yang Anda katakan. Di sorga hanya ada damai dan sukacita. Sebagaimana firman Allah berkata, “Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu” (Injil, Kitab Wahyu 21:4).

      Sedangkan bagi mereka yang tidak mempunyai jaminan keselamatan dari Isa Al-Masih, inilah yang akan terjadi terhadap mereka, “Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua” (Injil, Kitab Wahyu 21:8).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    sulaeman

    |

    ~
    Buat Admin yang terhormat, Anda begitu terobsesi Yesus menjadi Tuhan sehingga lupa, Tuhan yang awal. Kemudian dengan pemikiran umat-Nya menjelma lewat Yesus.

    Pertanyaannya, bagaimana Tuhan dengan sebelum kelahiran Yesus? Zaman Nabi Adam, Nabi Musa, Nabi Ibrahim.

    Apakah Anda sempat bertanya kepada Tuhan Bapa sama Roh Kudus kenapa memilih Yesus untuk jalan berinteraksi dengan manusia. Kenapa harus lewat perawan Maria. Kenapa harus pada jaman itu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf Sdr. Sulaeman,

      Menurut saya, kata “terobsesi” pada komentar Anda di atas agak sedikit kasar. Orang-orang Kristen bukanlah orang bodoh yang begitu saja mengikuti satu doktrin tertentu. Terlebih lagi, banyak orang Kristen yang memutuskan untuk menjadi pengikut Yesus Kristus akibat terlebih dahulu mempelajari Alkitab. Yang mana dalam Alkitab dijelaskan secara lengkap tentang Yesus dan ke-Ilahian-Nya. Di samping itu, banyak bukti-bukti sejarah yang menjadi saksi mata atas kehidupan Yesus di dunia.

      Dengan kata lain, kami mengimani Yesus adalah Kalimatullah yang ber-inkarnasi menjadi manusia, bukan hasil pemikiran atau terobsesi.

      Pertanyaan Anda di atas cukup banyak, tidak bisa saya jawab satu per satu di sini karena tempat terbatas. Tapi kita dapat melanjutkannya dengan email. Ini email saya: saodah@idionline.info. Atau SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Templar Army

    |

    ~
    Surat Paulus di Roma menandakan Paulus bukanlah pendiri Kristen. Roma 16:7 “Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.”

    Kalau baca kisah para rasul, dimana orang–orang dibaptis di Anthiokia, Paulus dalam status masih simpatisan Kristen dan bernama masih Saulus dan diajak oleh Barnabas ke Anthiokia.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Betul yang Anda katakan di atas. Paulus bukanlah pendiri agama Kristen.

      Bila lebih lanjut kita membaca dalam Kitab Para Rasul 11:26, dikatakan “Mereka [murid-murid Yesus] tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.”

      Sebenarnya sebutan “Kristen” yang ditujukan kepada murid-murid adalah sebagai ejekan. Yang mana arti dari kata “Kristen” adalah ‘pengikut Kristus.’ Jadi, orang-orang di Antiokhia mengejek para murid dengan sebutan “Kristen.” Dan sejak saat itu, pengikut Yesus/Isa Al-Masih disebut Kristen.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    syamsul bahri

    |

    ~
    Mau Islam, Kristen, ataupun agama lain selalu ada kata-kata “jalan yang lurus.” Ini yang harus digaris-bawahi. Mana jalan itu? Kitab hanya tuntunan, bisa ditafsirkan sebagai rambu-rambu. Carilah jalan itu, apapun agamamu. Di sinilah letaknya rahasia ilmu Tuhan. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih juga untuk komentar yang Anda berikan.

      Mungkin kedengarannya terlalu sombong atau terlalu percaya diri. Tapi, bagi saya pribadi saya sudah menemukan “jalan yang lurus itu.” Sebab rasanya aneh bila kita mengimani sesuatu tapi masih ada keraguan atau ketidak-jelasan di dalamnya.

      Dalam Kitab Suci yang saya imani, terdapat satu janji Isa Al-Masih yang menjadi pegangan dalam hidup saya. Serta jaminan bagi saya di akhirat kelak. Isa berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Lewat perkataan-Nya di atas, Isa Al-Masih dengan sangat jelas berkata bahwa Dia-lah “jalan lurus itu.” Dia juga berjanji bahwa orang-orang yang mengikuti-Nya [termasuk saya] bisa datang kepada Bapa [sorga].
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Nerry

    |

    ~
    Menurut saya, Kristen dan Islam sama saja menyembah Tuhan Allah. Bedanya, Kristen mengikuti ajaran Bani Israil, melalui Yesus. Islam mengikuti ajaran bani Ismail melalui Muhammad. Sama-sama utusan Tuhan Allah. Dan saya yakin tidak ada yang salah dari keduanya. Cuma iblislah yang mau mengadu-domba kedua umat Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya setuju dengan Anda bahwa Kristen dan Islam menyembah Tuhan Allah.

      Tapi pertanyaanya, apakah Tuhan yang Kristen dan Islam sembah adalah Tuhan yang sama? Menurut saya tidak! Anda dapat melihat perbedaan sesembahan keduanya pada video ini: https://tinyurl.com/h28z8pt.

      Karena keduanya menyembah Tuhan yang berbeda, maka sudah dapat dipastikan ajarannya pun berbeda. Perbedaan inilah yang sering diangkat sebagi topik untuk didiskusikan dan bukan mengadu-domba seperti yang Anda katakan.

      Jika Anda ingin tahu perbedaan tersebut, kita dapat mendiskusikannya di sini atau lewat email. Anda dapat menghubungi saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Putra Sitohang

    |

    ~
    Saya adalah Kristen. Di sini saya hanya menyarankan kepada kita semua yang menganut agama yang kita percayai. Alangkah lebih baiknya jika kita ingin tahu apa itu Kristen maupun Islam, kita dapat masuk di dalamnya.

    Jangan kita biarkan diri kita diperdaya si iblis yang dapat menimbulkan kekacauan antara Islam dengan Kristen. Yakinlah pada agama yang kita anut.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Menurut saya, agama bukan hanya sekedar untuk dipercayai saja. Tapi agama juga perlu dipelajari. Dengan demikian, iman kita menjadi iman yang hidup karena pengenalan firman. Bukan iman buta yang hanya mengikuti apa kata orang.

      Situs ini dapat menjadi salah satu sarana bagi siapa saja untuk mempelajari imannya. Baik itu Kristen maupun Islam. Di sini kita dapat berdiskusi dan mencari fakta-fakta yang membenarkan serta mendukung apa yang kita imani. Sehingga akhirnya kita tahu, apakah memang kita sudah beriman kepada yang benar atau tidak.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    lalu

    |

    ~
    Ini saling komentar apa saling edit? Kita anggap salah atau benar komentar orang lain ya jangan dihapus/edit.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebenarnya saya sangat berharap untuk tidak perlu mengedit atau menghapus komentar yang ada. Jadi saya tidak perlu buang-buang waktu dan tenaga.

      Tapi masalahnya, tidak sedikit orang memberi komentar melanggar ‘aturan main’ yang sudah ditentukan. Juga, tidak sedikit orang menuliskan komentarnya tidak sesuai dengan EYD. Contohnya komentar Anda di atas. Banyak memakai singkatan.

      Saya mengedit agar kalimatnya jelas dan sesuai dengan tata bahasa Indonesia. Sehingga orang yang membaca juga merasa nyaman. Bayangkan bila ada kalimat yang ditulis dengan singkatan-singkatan yang tidak jelas, apakah Anda nyaman untuk membacanya? Saya rasa tidak!

      Jadi, bila Anda tidak ingin komentar Anda diedit/dihapus, ikutilah aturan yang sudah ditetapkan. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Eko wahyu

    |

    ***
    1. Saya tidak meyakini kalau Paulus pendiri Kristen, tetapi yang jelas Isa Al-Masih tidak pernah mengatakan diri-Nya Tuhan dan anak Tuhan dan harus disembah. Maka dari itu Kristen bukan ajaran Nabi Isa.

    3. Agama bukan didirikan dan dibuat, agama itu datang dari Tuhan. Karena agama dari Tuhan tentu saja ada jaminan keselamatan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ***
      Terimakasih Sdr. Eko sudah bersedia menjawab dua dari tiga pertanyaan yang kami berikan. Berikut tanggapan dari saya:

      1. Benar yang Anda katakan, Paulus bukan pendiri agama Kristen. Demikina juga dengan Isa, secara langsung memang Isa tidak pernah berkata bahwa Ia adalah Tuhan. Tapi secara tersirat, dalam banyak kesempatan Isa selalu berkata bahwa Dia adalah Tuhan yang layak menerima penyembahan.

      Isa berkata Ia dan Allah adalah satu. Isa juga berkuasa menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Bahkan alam semesta tunduk pada perintah Isa. Jika Ia hanya manusia, dapatkah Ia melakukan semua itu?

      3. Setahu saya, sejak zaman Nabi Adam hingga Isa Al-Masih, Tuhan tidak pernah berbicara soal ‘agama.’ Yang Allah inginkan adalah agar manusia berbalik dari kehidupan mereka yang penuh dosa, kepada hidup yang berkenan di hadapan Allah. Dan inilah inti dari Kitab Taurat hingga Injil.

      Jika Anda ingin tahu lebih banyak, silakan mengemail saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Martin

    |

    ~
    Saya bekas Kristen Sidang Injil Borneo. Pada saya, Nabi Isa diutus oleh Allah sama seperti
    Muhamad, Ibrahim, Adam, Musa dan nabi yang lain. Mereka diberikan mukjizat oleh Allah untuk berhadapan dengan manusia pada zaman masing-masing.

    Bagaimana mungkin Nabi Isa dikatakan Tuhan? Betul-betul tidak dapat diterima. Mohon pencerahan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya tidak heran bila Anda seorang mualaf. Jangankan hanya sebagai jemata biasa, pemimpin agamapun ada yang murtad dan memutuskan untuk berpindah keyakinan.

      Saya hanya menyayangkan, sebagai eks Kristen sepertinya Anda tidak pernah mempelajari firman Allah dalam Alkitab. Sampai-sampai Anda tidak tahu bahwa begitu banyak ayat dalam Alkitab yang mendukung ketuhanan Isa Al-Masih.

      Sejak hari dimana Isa lahir, malaikat Allah sudah memberitakan bahwa Isa adalah Tuhan. “Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus [Al-Masih], Tuhan, di kota Daud” (Injil, Rasul Lukas 2:10-11).

      Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, Anda dapat menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Amorata

    |

    ~
    Mengapa Muhammad harus punya keinginan untuk menciptakan agama Islam sekaligus dengan Al-Quran dan Tuhan negri Mekkah? Mungkin ini dulu yang harus ditelusuri!

    Karena dulu, sebelum Muhammad hadir atau memulainya, pasti Muhammad sudah tahu bahwa, Tuhan semesta alam sudah ada sebelum ada Muhammad. Mohon dijawab bagi mereka yang mengetahuinya!

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk pertanyaan yang Anda berikan. Saya berharap penontong yang lain dapat menolong memberikan jawaban atas pertanyaan Anda di atas. Atau, jika Anda punya pandangan, silakan dibagikan di sini.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yanto

    |

    ~
    Saya rasa secara historis. Isa dalam Al-Quran dan Yesus dalam Alkitab punya perbedaan. Meskipun orang Arab tidak bisa menyebut Yeshua / Yesus, mereka hanya menyebut Yisa.

    Maka saya tidak setuju Isa dalam Al-Quran itu adalah Yesus dalam Alkitab. Meskipun Yeshua menjadi Yisa karena fonetik korespondent (perubahan bunyi) dan Isa yang Kristen Arab beda dengan Yisa dalam Al-Quran.

    Tuhannya beda surganya beda. Allah swt dann Yahweh Pribadi yang beda. Jadi Admin tolong diluruskan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dalam beberapa hal, gambaran yang diberikan Al-Quran tentang Isa memang berbeda dengan gambaran yang terdapat dalam Alkitab untuk Yesus. Namun bukan berarti secara otomatis Yesus dan Isa adalah dua Pribadi yang berbeda.

      Menurut saya yang benar adalah: Al-Quran dan Alkitab mempunyai dua penjelasan yang berbeda untuk satu Pribadi, yaitu Isa/Yesus. Salah satu perbedaan terbesar adalah soal keilahian Yesus, walaupun sebenarnya terdapat ayat-ayat dalam Al-Quran yang secara tersirat mendukung hal tersebut. Misalnya, Qs 19:19 yang mengatakan bahwa Isa dalah suci. Juga, Qs 3:45 yang menyebut Isa adalah Kalimat/Firman Allah.

      Demikian secara singkat penjelasan dari saya, bila Anda ingin kita mendiskusikan hal ini lebih jauh, kita dapat melakukannya lewat email. Anda dapat menghubungi saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    inggar

    |

    ~
    Tuhan menyertai staf IDI. Semoga saudara Islam mengenal Yesus dengan benar dan tidak keliru.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Inggar atas doa Anda.

      Firman Allah dalam Kitab Nabi Yesaya 55:11 berkata, “Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.”

      Kami juga percaya bahwa segala pemberitaan kebenaran untuk kemuliaan Allah, tidak akan pernah sia-sia.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Indan

    |

    ~
    Admin yang terhormat, maaf Anda seorang Kristen kah? Kenapa komentarnya selalu membenarkan orang Kristen sedangkan komentar orang Islam selalu Anda sanggah?

    Apakah Anda sudah benar-benar yakin dengan agama Anda? Kalau begitu, saya yakin dan saya percaya seratus persen agama saya Islam adalah agama terbaik di hidup dan matiku.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Indan, sepertinya Anda salah paham.

      Yang namanya forum diskusi, tentu ada saling sanggah. Dengan catatan, saat kita memberi sanggahan, kita harus dapat mempertanggung-jawabkan kebenarannya. Maksud saya, bukan asal menyanggah secara membabi-buta.

      Dan juga, sah-sah saja bila lawan diskusi tidak setuju dengan sanggahan yang kita berikan. Untuk itulah, dalam memberi sanggahan kita perlu memberi data yang dapat mendukung kebenaran sanggahan kita. Sehingga, ketika yang lain mengatakan kita salah, kita tetap bisa mempertahankannya karena ada fakta yang mendukung.

      Soal Anda percaya bahwa Islam adalah agama yang benar, tentu itu hak Anda. Saya tidak mungkin memaksa Anda untuk mengikuti keyakinan saya, bukan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Indan

    |

    ~
    Assalamu’alaikum Admin,

    Mau tanya, bukan buat Admin saja tapi buat semua. Kalau Al-Quran di setiap negara isinya sama, bahasanya juga tetap sama, tajwidnya juga harus sama mau orang Indonesia, India, Inggris, Pakistan Palestina, US. Pokoknya di semua negara manapun Al-Quran itu, bahasanya juga tetap sama yaitu bahasa Arab.

    Pertanyaannya, kenapa Alkitab tidak demikian, di negara ini bahasanya ini, di negara itu bahasanya itu, apa bahasa sesungguhnya dari Alkitab?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mengapa Al-Quran ditulis dalam satu bahasa sedangkan Alkitab tidak? Hal itu dikarenakan Islam mengharuskan agar umatnya membaca Al-Quran dalam bahasa aslinya, sekalipun si pembaca tidak mengerti isinya. Tapi tidak demikian halnya dengan ajaran Kristen.

      Kekristenan mengajarkan bahwa Alkitab adalah firman, perkataan, isi hati Allah yang Ia ingin agar umat-Nya tahu apa yang menjadi kerinduan-Nya. Itu sebabnya Alkitab diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Agar orang-orang yang membaca Alkitab, tidak hanya sekedar membacanya saja, tetapi dapat mengerti, memahami, dan melakukan firman tersebut.

      Coba bayangkan, bila Alkitab di seluruh dunia ditulis dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Yunani dan Ibrani. Apakah semua orang Kristen di Indonesia mengerti bahasa Yunani dan Ibrani? Jelas tidak, bukan?

      Akan lebih baik bagi kita membaca Kitab Suci dengan bahasa ibu, bahasa yang kita mengerti!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    S.warnadi

    |

    ~
    Aku baca Injil jadi bingung sendiri.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Warnadi,

      Hal apakah yang dalam Injil membuat Anda bingung saat Anda membacanya? Mungkin saya dapat menolong untuk menjelaskannya bagi Anda.

      Jika Anda bersedia, Anda dapat menghubungi saya langsung lewat email di: saodah@idonline.info atau SMS ke: 0812-81000-718. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Unggul

    |

    ~
    Ya Allah, berilah petunjuk dan hidayah Mu kepada saudara-saudaraku orang Nasrani. Sesungguhnya mereka masih belum mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Berilah mereka jalan, agar mereka tidak tersesat dari jalan kebenaran-Mu ya Allah. Dan supaya mereka beriman kepada-Mu ya Allah. Ampunilah kesalahan-pahaman mereka ya Rabb. Amin.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih atas doa Anda yang begitu tulus. Sayangnya, jauh sebelum Anda berdoa bagi kami, kami sudah mendapatkannya.

      Isa bersabda, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Isa Al-Masih adalah petunjuk dan kebenaran bagi kami yang akan menghantarkan kami sampai ke dalam sorga-Nya Allah yang kudus. Kami tidak perlu merasakan panasnya neraka untuk membersihkan diri terlebih dahulu dari dosa, walau kami percaya hal itu adalah mustahil. Sebab, sekali seseorang masuk ke neraka maka akan selamanya di sana.

      Nah, bagaimana dengan Sdr. Unggul, masihkah Anda mencari ‘jalan lurus’ itu? Dan sampai kapan Anda akan bertanya kepada Allah swt tentang jalan lurus itu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Bram

    |

    ~
    Tuhan kok takut dilempari batu; butuh tidur; butuh makan; capek; dll. Itu semua sifat manusia. Yesus berkata Tuhanku adalah Allah. Tuhanku lebih besar dari aku; tidak ada yang sama dengan Dia. Ini bukti bahwa Yesus bukan Allah yang harus disembah, Yesus hanya pembawa pesan dari Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Islam dan Kristen mempunyai pandangan yang berbeda tentang Pribadi Tuhan.

      Islam melihat Tuhan sebagai “Dia yang jauh di sana, maha besar, maha berkuasa, dan tidak terjangkau oleh manusia. Dia adalah Tuhan yang duduk di atas tahta-Nya yang tinggi sambil mengawasi manusia.”

      Dengan cara pandang ini, sulit bagi Muslim menerima bahwa Tuhan yang penuh kasih itu mau datang ke dunia, menjadi manusia agar dapat menyatakan secara langsung kasih-Nya bagi umat-Nya.

      Sementara Kristen melihat Tuhan adalah Pribadi yang penuh kasih yang selalu ingin bersekutu dengan umat-Nya. Tuhan yang sungguh mengasihi umat-Nya sehingga rela menyediakan ‘jalan’ agar umat-Nya tidak binasa akibat dosa.

      “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    abdul

    |

    ~
    Cuma ada satu Tuhan, yaitu Allah pencipta langit dan bumi. Sidharta Gautama tuhan, siwa, wisnu, Brahma tuhan, matahari tuhan bagi Jepang tidak masalah.

    Yesus Tuhan bagi orang Kristen, tapi tunjukan dalam Injil, bukan dalam surat-surat Paulus, yang Yesus berkata, ‘Aku adalah Allah yang datang ke dunia menebus dosa-dosa manusia.”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya memberi beberapa bukti ke-Allah-an Yesus dalam Injil;

      “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:14).

      Yang dimaksud dengan “Firman” pada ayat tersebut merujuk kepada Yesus.

      Perkataan Yesus sendiri tentang diri-Nya, “Aku dan Bapa adalah satu. Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus” (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:30-31).

      Akibat perkataan-Nya itu, Yesus mau dilempari batu oleh pemuka agama. Jika Yesus bukan Tuhan, menurut Anda, akankah Dia membahayakan nyawa-Nya dengan mengatakan demikian?

      Sebenarnya masih banyak lagi perkataan Yesus di Injil sebagai bukti ke-Ilahian Dia. Sayangnya tidak cukup untuk dijelaskan semua di sini. Tapi, bila Anda benar-benar ingin tahu, Anda dapat menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    dani

    |

    ~
    Karena Islam itu munafik makanya para Muslim bilang kalau agama Kristen itu dibuat oleh Paulus dan Islam itu tidak tahu diri.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Dani,

      Saya berharap dalam memberi komentar Anda memperhatikan tata krama. Tidak perlu menghina dan memancing rasa kebencian dari pihak lain.

      Forum ini adalah tempat untuk bisa saling berdiskusi. Bukan tempat untuk menyatakan kebencian kepada sesama. Jika Anda tidak senang dengan agama Islam atau Anda merasa kecewa, sampaikan langsung kepada mereka dan jangan menyampaikannya lewat forum ini. Karena forum ini dibuat bukan sebagai tempat agar bisa menghina sesama.

      Demikian, kiranya Anda dapat memahaminya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Fransiskus Mahendro

    |

    ~
    Saya lebih cinta dan sayang dengan Yesus Nabi Isa dibandingkan umat Kristen sendiri. Saya ikuti ajaranya tetapi tidak ajaran yang diterapkan oleh pengikutnya yang banyak kekeliruan.

    Jadi, siapa yang mau disalahkan kalau Kristen sudah besar seperti ini. Tidak bisa disalahkan, karena agama itu diciptakan untuk umat Allah tidak terpecah-belah! Tetapi beberapa kesalahan terjadi di ajaran Kristen dan masih terus dijalankan tanpa ada perbaikan yang membuat semakin jauh fanatik dan tidak ada kata maaf.

    Saya Katholik dan sekarang mualaf. Saya mau bertanya, apa maksud Tuhan Allah, Tuhan Yesus, Roh Kudus? Sedangkan ada di Injil dan Alkitab menerangkan bahwa Tuhan kita satu, kenapa ada Trinitas yang harus kita percayain bahwa itu Tuhan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anda bertanya mengapa harus ada Trinitas? Jika Anda sewaktu belum mualaf membaca Alkitab, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Karena Allah Trinitas sudah menyatakan diri-Nya sejak awal penciptaan dunia. Demikian juga di awal Yesus memulai pelayanan-Nya di dunia, Alkitab sangat jelas memperlihatkan Allah Trinitas itu.

      Sayangnya, sepertinya Anda tidak pernah membaca dan mempelajari Alkitab sewaktu Anda belum mualaf. Sehingga Anda mengambil kesimpulan bahwa Allah Trinitas adalah ajaran sesat.

      Jika Anda ingin mendapat penjelasan yang detail tentang Allah Trinitas, kita dapat mendiskusikannya lewat email. Ini email saya: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Firm

    |

    ~
    Yesus tidak datang sebagai Mesias seperti yang diharapkan oleh bangsa Israel dalam menafsirkan nubuat kitab suci. Raja yang memimpin mereka berperang melawan musuh Israel.

    Saya percaya Yesus adalah karya penyelamatan Allah untuk menyelamatkan bangsa Israel dan dunia. Kristen lahir dari penolakan dan dibesarkan dengan aniaya Israel. Apakah Kristen membenci Israel? Ajaran kasih Kristus tidak ada dendam kebencian. Tidak mengajarkan perang untuk menegakan jalan-Nya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kekecewaan sering kali timbul ketika fakta tidak sesuai dengan ekspektasi. Itu pulalah yang dialami oleh Bangsa Israel ketika Mesias yang mereka nantikan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

      Setelah sekian lama penantian mereka akan Mesias yang dijanjikan, mereka kecewa karena Sang Mesias bukan raja atau seorang panglima perang seperti yang mereka inginkan. Tetapi hanya seorang anak tukang kayu yang lahir di kandang domba.

      Namun Yesus berkata bahwa Kerajaan-Nya bukanlah dari dunia ini, melainkan dari sorga, karena Ia adalah Raja dari segala Raja (Injil, Rasul Besar Yohanes 18:36-37).

      Israel kecewa karena keinginan duniawi mereka tidak terpenuhi. Mereka lupa, bahwa Sang Mesias berkuasa membawa mereka dari kegelapan dunia kepada terang Allah yang kekal.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    the truth

    |

    ~
    Situs ini tidak memberikan forum diskusi pada para pembacanya, Anda hanya menyatakan bahwa diri Anda benar. Anda takut bila ada orang yang bisa memutar-balikan ucapan Anda. Oleh karena itu hanya ada 500 kata yang diperbolehkan dalam kolom komentar.

    Anda bukanlah seseorang yang adil, karena hanya pro ke dalam satu sisi saja. Bukankah seharusnya semua orang berhak berpendapat? Bila pendapat dibatasi, maka hanya akan ada kebencian yang akan mendatangi Anda.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. The Truth,

      Maaf bila Anda merasa tidak nyaman karena terdapat batasan dalam memberi komentar. Sebenarnya, tujuan kami membatasi bukan karena takut. Tapi untuk menolong para komentator agar menuliskan komentarnya dengan singkat dan jelas.

      Menurut saya, kalimat yang ditulis dengan singkat dan jelas lebih mudah dipahami daripada kalimat yang ditulis secara panjang dan bertele-tele. Dan alhamdulilah, sejauh ini tidak ada yang keberatan.

      Tapi bukan berarti kami menghalangi orang yang ingin memberi penjelasan yang panjang. Hanya saja, tempatnya bukan di sini, melainkan lewat email.

      Jadi, bila Sdr. The Truth ingin memberi atau mendengar penjelasan yang lebih detail tentang topik di atas, mari kita diskusi lewat email. Ini email saya: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Bang thoyib

    |

    ~
    Saudara Admin,

    Jika semua isi Alkitab adalah firman Tuhan. Kenapa di surat Yehezkiel mengandung ayat yang begitu vulgar sekali isi kandungannya. Contoh saya ambil ayat 20 dan 21. Begitu vulgarkah ayat Tuhan itu kepada umat-Nya?

    Kitab suci adalah pedoman dan tuntunan manusia yang mempercayainya. Apakah Anda cukup mengimani saja? Dan apakah ayat ini dibacakan ketika khotbah hari minggu di depan anak kecil?

    Mohon penjelasnnya. Maaf, di luar topik.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Boleh tahu Kitab Yehezkiel pasal berapa yang ingin Anda tanyakan? Karena Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal dan hampir seluruh pasal ada ayat 20 dan 21.

      Jika Anda memberi ayat secara jelas, akan menolong saya untuk menjelaskannya bagi Anda.
      ~
      Saodah

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Pengkritik Alkitab sering berkata ada pornografi dalam Alkitab. Yehezkiel 23 adalah sebuah analogi yang membandingkan penyembahan berhala oleh orang Samaria dan Israel dengan dua pelacur rekaan bernama Oholah dan Oholiba.

      Tujuan Allah dalam mengungkapkan kisah ini adalah untuk mengejutkan dan membuat jijik bangsa-bangsa yang keras hatinya supaya menyadari betapa keji dan menjijikkan penyembahan berhala yang mereka lakukan. Untuk tujuan ini Allah menggunakan suatu perumpamaan tentang pelacuran yang kotor, salah satu dosa terburuk.

      Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca penjelasan kami di artikel ini: https://tinyurl.com/y95gcjbr
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Amrin januarson simatupang

    |

    ~
    Syalom,

    Saya pemuda berumur 20thn, merantau di Medan. Empat minggu di Medan saya selalu berdoa, “Tuhan apa tujuanku hidup?”

    Tepat pada hari Paskah, Jumat 30 Maret 2018, saya datang pagi-pagi sekali ke gereja. Di situ doa saya dijawab. Seorang pemuda di gereja itu menawarkan saya belajar Alkitab. Keesokan harinya pada hari Sabtu, pelajaran pertama dimulai yaitu tentang tujuan hidup. “Mencari Tuhan dengan segenap hati.”

    Saudaraku, percayalah hanya di dalam nama Yesus doamu dikabulkan. Bukan di dalam nama yang lain.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih sudah berkenan membagikan kesaksian kehidupan rohani Anda. Semoga pembaca yang lain merasa diberkati ketika membacanya.

      Salah satu firman Tuhan yang menjadi kekuatan dalam hidup saya adalah Kitab Nabi Yeremia 29:11, isinya; “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

      Dalam hidup tentu kita menghadapi masalah silih berganti. Bahkan kadang-kadang kita merasa beban hidup itu terasa berat.

      Tapi firman Allah berkata, rancangan yang sudah Ia rancang untuk hidup kita adalah rancangan damai sejahtera yang penuh pengharapan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Dzulfaqoor Alfaaizi

    |

    ~
    Tolong jelaskan, kenapa Injil harus mengeluarkan (versi) Perjanjian Baru? Dan siapa yang membuatnya?

    Sedangkan Al-Quran tidak pernah berubah satu ayatpun sejak difirmankan oleh Allah kepada Muhammad. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kitab Suci umat Kristen adalah Alkitab. Alkitab terdiri dari 66 kitab. Dimana pembagiannya adalah: 39 kitab termasuk dalam kelompok “Perjanjian Lama.” Dan 27 kitab termasuk dalam kelompok “Perjanjian Baru.”

      Secara garis besar, Kitab “Perjanjian Lama” memuat tentang sebuah JANJI. Yaitu Janji Allah atas bangsa Israel yang disampaikan-Nya melalui Musa. Semua kitab dalam “Perjanjian Lama” menyinggung janji tersebut.

      Isi dari “Janji” tersebut adalah berita kedatangan Raja yang Agung yang akan menyelamatkan seluruh manusia dari hukuman dosa-dosa mereka di neraka. Penggenapan “Janji” tersebut termuat dalam Kitab “Perjanjian Baru.”

      Inilah sekilas perbedaan antara “Perjanjian Lama” dan “Perjanjian Baru.” Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca di artikel ini: https://tinyurl.com/y9chpgae.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Nurul anam

    |

    ~
    Katakan Tuhan itu satu. Allah tidak beranak dan tidak diperanakan. Tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah. Untukku agamaku dan untukmu agamamu. Sekian terimakasih, wassalam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebagaimana Anda percaya Tuhan itu esa, tidak beranak atau diperanakkan, demikian juga kami mempunyai keyakinan yang sama. “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa” (Injil, Rasul Markus 12:29). Dan kami juga percaya hanya Tuhan yang layak disembah.

      Mungkin Anda akan bertanya, “bukankah orang Kristen menyembah Isa Al-Masih”?

      Betul! Kami menyembah-Nya karena Isa adalah Kalimatullah yang datang ke dunia dalam wujud manusia. Itulah sebabnya, selain memiliki pribadi sebagai manusia, Isa juga memiliki sifat Ilahi sebagaimana halnya Allah.

      Salah satu contohnya, Isa berkuasa mengampuni dosa seseorang dan menjamin orang tersebut terhindar dari siksa neraka dan masuk ke sorga.

      Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang Pribadi Isa Al-Masih, Anda dapat menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info atau WA/SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Marta Wijayanti

    |

    ~
    Admin,

    Saya Muslim, saya percaya Nabi Isa adalah Rasul Allah. Nabi Isa juga percaya dan menyembah Allah, mengikuti ajaran Allah, benarkah?

    Memang sebelum adanya Muhammad, belum ada perintah sholat. Al-Quran adalah penyempurna kitab-kitab sebelumya, dengan adanya pernyataan kita diwajibkan sholat.

    Saya mau bertanya, apa di Kitab Injil juga ada pernyataan tentang sholat? Atau karena Injil kitab sebelum Muhammad, jadi tidak tercantum?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Marta,

      Benar yang Anda katakan bahwa perintah sholat hanya ada dalam ajaran Muhammad. Sedangkan nabi-nabi sebelum dia tidak pernah memberi pengajaran tentang sholat.

      Kitab Taurat, Zabur, dan Injil mengajarkan bahwa yang menjadi penghalang tidak diterimanya ibadah kita oleh Allah, adalah dosa-dosa kita. Bukan ditentukan oleh bagaimana posisi tubuh kita sholat beribadah, apakah kita duduk, berdiri, sujud, tutup mata, dll.

      Jadi, rasanya agak tergelitik bila Anda mengatakan Al-Quran kitab penyempurna karena semata-mata ada perintah sholat di sana.

      Tapi, jika memang Anda tertarik untuk membandingkan antara Al-Quran dan Injil, Anda dapat menonton video ini: https://tinyurl.com/y7gpb46q.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Muhamad Dafa Pratama

    |

    ~
    Saya mau tanya, mengapa Yesus meminta kepada Tuhan dan berkata “Eli Eli Lama Sabakhtani” sedang Dia adalah Tuhan?

    Kalau benar Dia adalah Tuhan, mengapa Tuhan di agama Kristen itu ada banyak? Yaitu berjumlah tiga? Apa Tuhan kalian tidak sanggup untuk membebani tugasnya sehingga butuh campur-tangan pihak lain

    Dan yang terakhir, mengapa kaum Nasrani lebih banyak menyembah Yesus dibandingkan pencipta Yesus itu? Misal saat sedang susah atau senang mereka akan lebih bersyukur pada Yesus, bukan dengan pencipta.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Dafa,

      Pertanyaan-pertanyaan Anda di atas sangat kritis. Saya bisa melihat rasa penasaran Anda tentang sesembahan orang Kristen. Walau memang, semua yang Anda jelaskan di atas adalah salah.

      Saya maklum, sebagai Muslim mungkin Anda mendengar tentang ajaran Kristen dari sumber yang tidak benar. Alhasil, Anda pun salah mengerti tentang ajaran agama Kristen.

      Yesus itu adalah Tuhan yang datang ke dunia dalam wujud manusia. Itu sudah pasti dan tidak dapat diragukan. Orang Kristen hanya menyembah Tuhan yang esa, bukan tiga tuhan. Secara singkat, inilah jawaban saya untuk pertanyaan Anda di atas.

      Untuk mendapatkan jawaban yang lebih rinci, Anda dapat menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info atau WA/SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ian samuel

    |

    ~
    Tanpa menyudutkan pihak manapun. Jika di dalam Islam mengajarkan kalau berbuat sesuatu, menghafal ayat Al-Quran berapa juz, dll. Mereka dikatakan dalam ayatnya sudah pasti masuk sorga.

    Padahal setiap manusia tidak luput dari dosa. Sebagaimana dalam ajaran Kristen, apa pun yang kita lakukan, seperti perlakuan baik, rajin ibadah, agama tidak dapat menyelamatkan. Karena hanya iman kita saja yang bisa membawa kita ke Kerajaan sorga.

    Bagaiman tanggapan Admin dalam pola pandangan ajaran firman Tuhan? Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Ian Samuel atas pertanyaanya.

      Firman Allah mengatakan, “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (Injil, Surat Roma 6:23).

      Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa hidup kekal adalah karunia Allah dalam Yesus [Isa Al-Masih]. Bukan hasil usaha manusia. “Manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat” (Injil, Surat Roma 3:28).

      Hal senada juga tertulis di Al-Quran. Dikatakan, “Barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya” (Qs 2:81).

      Lebih lanjut sebuah hadist menuliskan, “Bukan amal seseorang yang memasukkannya ke Surga atau melepaskannya dari neraka, termasuk juga aku tetapi ialah semata-mata rahmat Allah Swt belaka” (HSM 2412-2414).

      Lewat ayat ini dapat kita simpulkan bahwa dosa adalah masalah besar di hadapan Allah. Dan dosa tidak dapat dihapus oleh perbuatan-perbuatan baik kita.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Andi sinaga

    |

    ~
    Saya tidak berkomentar, saya hanya bertanya. Siapa itu Bapa, siapa itu Putera, dan siapa itu Roh Kudus?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Andi Sinaga,

      Karena pertanyaan Anda di luar topik video yang sedang dibahas, jadi saya tidak dapat menjawab pertanyaan Anda di sini. Karena hal itu akan melanggar aturan yang sudah ditentukan.

      Jadi, saya akan menjawab pertanyaan Anda dengan memberi link video yang membahas soal Tritunggal. Yaitu Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Silakan melihat video ini: https://tinyurl.com/zdf9gxx.
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru