Mukmin dan Nasrani – Saling Menghormati Saat Ramadhan – Episode 24.1

Kadang-kadang seseorang yang sedang berpuasa ingin lebih dihormati dan diprioritaskan, terlebih oleh mereka yang tidak berpuasa. Apakah Anda termasuk orang yang seperti itu? Dan bagaimana reaksi Anda bila ada orang yang bertindak demikian?

Pada episode ini, Video “Lika-Liku Keluarga Ahmad Soeparno” mengangkat tema mengenai “Saling Menghormati Saat Ramadhan. Ilustrasi dalam video ini akan menolong Anda lebih memahami bagaimana seharusnya sikap kita, yang sedang berpuasa, memperlakukan mereka yang tidak berpuasa. Pun demikian sebaliknya!

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap mereka yang sedang/atau tidak berpuasa?
  2. Hal utama apakah yang perlu kita perhatikan agar puasa kita berkenan di hadapan Allah?
  3. Yakinkah Anda bahwa seseorang yang berpuasa penuh selama Ramadhan, pasti terhindar dari siksa neraka? Jelaskanlah alasannya!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (4)

  • Avatar

    rama noor

    |

    *****
    Jawaban atas pertanyaan di atas:

    1. Biarkan saja

    2. Memenuhi syarat dan rukun puasa.

    3. Yakin dan tidak yakin. Jika setelah berpuasa maka bertambah iman dan takwanya maka yakin. Jika tidak maka tidak yakin.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      *****
      Terimakasih Sdr. Rama Noor sudah bersedia menjawab tiga pertanyaan yang ada.

      Bila tidak keberatan untuk menjelaskan lebih jauh, syarat-syarat apa saja yang perlu dipenuhi agar puasa berkenan di hadapan Allah?

      Bila dengan iman bertambah dapat membuat seseorang terhindar dari siksa neraka, lantas bagaimana dengan masalah dosa-dosa yang dia lakukan selama hidupnya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    rama noor

    |

    ~
    Pertanyaan Anda: Bila dengan iman bertambah dapat membuat seseorang terhindar dari siksa neraka, lantas bagaimana dengan masalah dosa-dosa yang dia lakukan selama hidupnya?

    Jawaban saya: Jika Tuhan mau, tinggal ampuni saja.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Tentu Anda setuju bila saya berkata bahwa Allah itu maha adil, bukan? Bila Allah begitu saja mengampuni dosa tanpa menghukumnya, apakah itu bisa disebut adil?

      Karena Allah Maha Adil, maka semua dosa harus dihukum. Tapi masalahnya, semua manusia berdosa. Berarti semua manusia harus dihukum. Di sisi lain, Allah Maha Kasih. Ia tidak ingin ciptaan-Nya binasa di neraka.

      Itulah sebabnya Allah memberi ‘satu jalan’ agar kedua sifat-Nya di atas tidak saling bertentangan. Yaitu dengan cara “menyediakan” sendiri keselamatan tersebut.

      Firman Allah berkata, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah” (Injil, Surat Efesus2:8).

      Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menerima ‘Jalan’ tersebut, Anda bisa langsung menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info atau WA/SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Hidup dalam ketakutan memang tidak nyaman. Apa lagi akan api neraka, bukan? Bagaimana selamat dari apa neraka? pic.twitter.com/BuU7xllGok