Dapatkah Umat Beragama Percaya Pada Dukun? – Episode 17.3

Artikel di bawah ini sudah diperbaharui dengan video yang memiliki suara

“Penyembahan berhala, sihir, perseteruan. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah” (Injil, Surat Galatia 5:20-21).

Sekarang Anda sedang melihat Video “Lika-Liku Keluarga Ahmad Soeparno” episode ketiga. Tema yang diangkat pada episode ini mengenai “Perdukunan.”  Ilustrasi dalam video ini akan menolong Anda untuk mengerti apakah meminta pertolongan dukun untuk mengatasi masalah Anda adalah baik atau tidak.

Untuk melihat episode sebelumnya Anda dapat klik di sini.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Menurut Anda, apakah dukun yang terlihat agamis dan menggunakan atribut-atribut agama dalam prakteknya dapat dipercaya?
  2. Bagaimana pandangan Anda tentang orang-orang yang kelihatan “berhasil” keluar dari masalahnya setelah “ditolong” oleh dukun?
  3. Setujukah Anda bahwa sebagai umat beragama kita bisa percaya kepada dukun? Jelaskan alasan Anda!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (4)

  • Avatar

    fadli ramadhan

    |

    *****
    Tiga pertanyaan di atas saya jawab menjadi satu.

    Siapa saja yang datang ke dukun / orang pintar dan membenarkan ucapan dukun tersebut, maka shalatnya tidak diterima 40 hari 40 malam. Dan siapa saja yang mendatangi dukun / orang pintar dan membenarkan ucapannya, sesungguhnya dia bukan umat Nabi Muhammad. Dia juga telah melakukan dosa besar sirik yaitu menyekutukan Allah swt.

    Sesungguhnya dukun adalah hamba-hamba dari iblis / syaitan, bukankah syaitan itu musuh yang nyata? Terimakasih, salam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      *****
      Terimakasih Sdr. Fadli untuk tanggapannya. Saya setuju dengan penjelasan yang Anda berikan.

      Sesungguhnya hanya Allah yang maha tahu. Hanya Allah yang tahu apa yang akan terjadi atas hidup kita. Bahkan Kitab Allah menuliskan, “bahwa Tuhan itu maha besar dan Tuhan kita itu melebihi segala allah” (Taurat, Kitab Amsal 135:5).

      Di zaman modern ini tidak sedikit kita melihat orang-orang yang menyebut diri sebagai “orang pintar” dengan tampilan yang agamis. Mantra-mantra yang mereka gunakanpun mengutip dari kitab suci mereka. Namun sebenarnya mereka menghambakan dirinya kepada roh-roh jahat.

      Tentang orang-orang seperti ini Kitab Allah memperingati kita bahwa, “sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka” (Injil, Surat 2 Petrus 2:1).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Feri Gunawan.

    |

    ~
    Salam sejahtera,

    Seorang teman kecelakaan hingga patah tulang. Banyak orang menyarankan memakai jasa sangkal putung untuk pengobatan/pemulihan patah tulang.

    Bolehkah kita umat yang percaya pada Isa Al-Masih memakai jasa dukun tersebut? Bukankah sangkal putung seperti halnya ketok magic, menggunakan jasa supra natural (gaib)?

    Mohon pengasuh memberikan pencerahan atas hal teresbut. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Feri untuk pertanyaanya. Saya akan mencoba memberi penjelasan secara singkat.

      Ketika seseorang meminta pertolongan kepada kuasa gaib, artinya orang itu telah menghambakan dirinya kepada ilah lain. Dimana firman Allah mengatakan, “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku” (Taurat, Kitab Keluaran 20:3).

      Jadi, menurut saya pengikut Isa Al-Masih tidak dibenarkan memakai jasa dukun, apapun alasannya.

      Dalam Kitab Suci Injil Isa Al-Masih berkata, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Injil, Rasul Besar Matius 11:28). Dosa kita saja dapat diampuni oleh Isa, terlebih sakit penyakit atau masalah yang kita hadapi. Daripada minta tolong kepada dukun, bukankah lebih baik meminta pertolongan kepada Isa Al-Masih!?
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Hidup dalam ketakutan memang tidak nyaman. Apa lagi akan api neraka, bukan? Bagaimana selamat dari apa neraka? pic.twitter.com/BuU7xllGok