Siapakah Isa Al-Masih

Siapakah Isa Al-Masih itu? Al-Quran dan Alkitab berbicara banyak mengenai sosok Isa Al-Masih. Walaupun kedua kitab ini tidak sepenuhnya setuju dengan yang lain, namun banyak hal yang sama. Keduanya setuju bahwa Isa Al-Masih adalah Firman Allah, suci dan tak berdosa, dan lahir dari perawan.

Marilah simak video di bawah ini.

 

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana tanggapan saudara mengenai cerita dalam video di atas?
  2. Menurut saudara, apakah yang membuat tokoh dalam cerita tersebut akhirnya memutuskan untuk menjadi pengikut Isa Al-Masih?
  3. Dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video tersebut, menurut saudara siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (734)

  • Avatar

    yono

    |

    ~
    Allah tetap Allah. Allah tiada duanya. Allah bukan Isa, bukan Yesus. Isa tetaplah Isa. Isa adalah nabi yang dilahirkan tanpa seorang ayah, sebagai kebesaran Allah.

    Tidak ada penebusan dosa. Isa seorang manusia, suatu saat nanti sibuk akan dosanya juga. Tidak mungkin dia mau menanggung dosa umatnya di hadapan Tuhannya. Kasihan sekali, masak manusia memohonkan ampunan dosa orang lain, terus dosanya sendiri diampunin tidak?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Yono,

      Setahu saya Al-Quran dengan jelas berkata bahwa Isa Al-Masih itu suci dan tidak berdosa. Sehingga, untuk apa Isa harus meminta pengampunan? Toh Ia tidak berdosa.

      Juga, salah satu ayat Al-Quran berkata, “seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain” (Qs 6:164). Menurut ayat ini, seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain.

      Pertanyaan saya: Bagaimana dengan orang suci, bukankah Ia dapat menanggung dosa orang lain? Mungkin tidak salah bila Anda membaca artikel ini: http://tinyurl.com/jg792x2.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Tugas

    |

    ~
    Forum apa ini? Seenaknya saja menghubung-hubungkan Al-Quran dan Injil. Apalagi persepsi Al-Quran seenaknya tanpa tahu isi Al-Quran secara menyeluruh.

    Anda hati-hati, jangan coba-coba mentafsirkan Al-Quran asal-asalan apa lagi menghubungkannya dengan Injil. Saya sebagai Islam merasa tersinggung.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf bila video ini sudah menyinggung Anda. Bila tidak keberatan, dapatkah Anda menjelaskan bagian mana dari video tersebut yang sudah membuat Anda tersinggung? Bila memungkinkan, tentu kami tidak keberatan untuk memperbaiki atau merubah video tersebut. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Imam

    |

    ~
    Dalam video Anda ada yang tidak disampaikan secara jelas. Sehingga menjadi sepihak dan tidak ilmiah. Ketidak ilmiahan terlihat jelas di beberapa pembahasan yang Anda sempitkan:

    1. Isa terlahir tanpa ayah. Begitu juga Adam. Kenapa hanya Isa yang menebus dosa sedang Adam tidak bisa? Jika Anda bisa menerangkan di Injil, dosa apa yang ditebus Isa? Ambilkan satu ayat saja.

    2. Sebagaimana manusia mati, Adam dan Isa juga mati. Pertanyaannya. Apakah mungkin orang yang sudah mati meningkat jadi Tuhan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Imam, terimakasih untuk analisa Anda atas video di atas, juga pertanyaan yang Anda sampaikan. Saya akan mencoba menjawab secara singkat.

      1. Al-Quran mengatakan “seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain” (Qs 6:164). Adam memang tidak mempunyai ayah. Karena ia adalah manusia pertama yang diciptakan. Tapi, Adam berdosa sehingga mustahil seorang berdosa dapat menebus dosa sesamanya.

      Bagaimana dengan Isa? Qs 19:19 berkata Isa satu-satunya yang suci. Bila yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, bagaimana dengan yang suci dan tidak berdosa?

      2. Kitab Suci Injil memang menuliskan Isa wafat disalib. Bahkan Ia berada dalam liang kubur selama tiga hari. Tapi, Anda juga perlu tahu bahwa Kitab Suci Injil juga mencatat bahwa Ia hidup lagi dari kematian-Nya. Bahkan Ia kembali naek ke sorga. Al-Quran pun mengakui akan hal ini, bukan?

      Isa berkata Ia kekal. Setahu saya, “kekal” itu adalah sifat Allah. Tapi, mengapa dalam Kitab Suci Injil Isa berkata bahwa Ia kekal adanya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ekokiswanto

    |

    ~
    Semua anak yang dilahirkan itu suci semua, bukan Isa saja. Nabi Isa tidak dibunuh atau pun disalib. Yang disalib adalah seorang yang diserupakan dengan nabi Isa oleh Allah SWT, dan Allah mengangkat Isa ke langit.

    Isa adalah jalan kebenaran bagi umatnya saja (umat Yahudi waktu itu) untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, bukan untuk seluruh alam. Dan Muhammad adalah nabi penutup hamba utusan Allah SWT untuk mengajak jalan menuju kepada Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Eko,

      Saya ingin Anda ikut bersama-sama dengan saya merenungkan ayat-ayat berikut ini. Dan jika tidak keberatan, Anda dapat menyampaikan pandangan Anda.

      “Iblis menjamah setiap anak yang masuk dunia, kecuali Maryam dan Anaknya, pada saat kelahirannya sehingga mulai menangis dengan keras.” (Hadis Al-Bukhari) menurut hadist ini, hanya Isa yang tidak dijamah setan, bukan?

      “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku (Isa Al-Masih), pada hari aku dilahirkan, pada hari aku (Isa Al-Masih) meninggal dan pada hari aku (Isa Al-Masih) dibangkitkan hidup kembali” (Qs 19:33). Bukankah menurut ayat ini Isa Al-Masih pernah mengalami kematian?

      “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6) Adakah nabi selain Isa pernah berkata demikian?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Usep

    |

    ~
    Isa adalah nabi utusan Allah swt. Diutus untuk umat-Nya pada waktu itu. Dalam Al-Quran diterangkan bahwa Isa berkata kepada umat-Nya “sembahlah Allah, Tuhan ku dan Tuhan kalian semua.”

    Jadi ajaran Isa sebagaimana ajaran nabi-nabi dan rasul sebelum Isa diutus. Yang disalib juga bukan Isa, tapi Yudas Iskariot yang mengkhianati Isa. Sedankgan Isa diangkat oleh Allah dan masih hidup sampai sekarang.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Usep,

      Memang umat Muslim selalu berkata bahwa Isa hanya diutus bagi bangsa Israel saja. Sayangnya, Al-Quran berkata bahwa Isa Al-Masih adalah “tanda” bagi seluruh umat manusia. “Jibril berkata: “Demikianlah, Tuhanmu berfirman: ’Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan” (Qs 19:21).

      Jadi, yang benar mana? Isa hanya bagi bangsa Israel, atau “tanda” bagi seluruh umat manusia?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Alvin

    |

    ~
    Pengertian tentang siapa Isa sebenarnya memang susah dipahami, jangankan oleh umat Islam, Kristen pun banyak juga hanya menerima karena yakin saja. Isa dapat dimengerti oleh orang yang memang berniat mempelajari siapa Isa sebenarnya, bukan dengan paksaan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Iya. Saya setuju dengan Anda. Jelas tidak mudah memahami Pribadi Isa yang sebenarnya. Itulah sebabnya kita perlu membaca dan mempelajari firman Allah yang tertulis dalam Kitab-Nya. Sebab hanya melalui firman-Nya lah kita dapat mengerti kebenaran itu.

      “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus”
      (Injil, Surat Roma 10:17).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ekokiswanto

    |

    ~
    Maaf, Anda salah memahami tafsir dari Qs 19:33. Maksud meninggal di sini adalah nanti di akhir zaman Isa Al-Masih akan turun lagi ke bumi untuk melaksanakan tugas dari Allah SWT. Setelah itu baru Ia wafat dan disholatkan oleh kaum Muslim. Dan Ia dibangkitkan lagi setelah hari kiamat di padang mahsyar sama dengan yang lain, dan Isa termasuk manusia mulia. sampai hari ini Ia belum wafat. Isa adalah jalan kebenaran waktu itu untuk umatnya, dan Muhammad adalah jalan kebenaran untuk umat akhir zaman.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kalau begitu, bagaimana dengan ayat ini, “. . . Allah berfirman: “Hai Isa Al-Masih, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu . . .” (Qs 3:55).

      “Akhir ajal” adalah batas hidup seseorang yang telah ditentukan Tuhan. Jika Anda berkata Isa Al-Masih belum wafat, artinya Ia belum sampai kepada “akhir ajal”Nya. Berati Isa Al-Masih itu kekal. Pertanyaan saya: Adakah manusia yang bisa hidup kekal selama-lamanya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    adlansyah

    |

    ~
    Anda mencoba menghubungkan dan menyambungkan contohnya tentang kematian Isa berdasarkan Injil dan Al-Quran. Ya tentu saja akan ada kontradiksi.

    Al-Quran adalah sumber yang tidak diragukan lagi isinya. Sedangkan Injil dari awal adanya sudah mengalami banyak perubahan versi. Dan Injil yang satu dengan yang lain suka beda isinya.

    Apakah Anda tidak kasihan kepada Nabi Isa (Yesus)? Dia pastinya malu di hadapan Allah karena umatnya mengganggap Dia sebagai Anak Tuhan. Sungguh suatu penghinaan besar apabila Tuhan punya anak.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kisah hidup Isa tercatat dengan sangat jelas dalam Taurat, Zabur, Kitab Nabi-Nabi, dan Injil. Semua kitab ini memberi kesaksian yang sama tentang Yesus. Hingga 600 tahun kemudian ada kitab baru yang menceritakan tentang kisah hidup Isa dengan versi berbeda.

      Secara logika, benarkah kitab yang datang belakangan yang nota bene versinya lain sendiri dalam menceritakan kisab Isa, lebih layak dipercaya dari Kitab sebelumnya?

      Kami justru sangat mengucap syukur kepada Isa Al-Masih. Karena Dia begitu mengasihi kami sehingga Ia rela wafat disalib demi memberi jaminan sorgawi kepada umat-Nya. Adakah pemimpin agama seperti Isa? Jelas tidak ada!

      Kata Isa, “Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya . . .” (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:28).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Santosi

    |

    ~
    Coba Injil yang bahasa aslinya tapilkan! Kalau terjemahan bisa ada pergeseran dan rentan ada susupan yang dapat mengotori kesucian dan setiap bahasa memiliki karakteristik spisifik.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Santosi,

      Terimakasih untuk saran Anda. Tapi mohon maaf sebelumnya saya ingin bertanya, apakah Sdr. Santosi mengerti bahasa asli dari Injil? Bila Anda tidak mengerti, percuma saja kami tampilkan di sini. Dan juga saya percaya teman-teman pengunjung situs ini tidak banyak yang mengerti bahasa asli Injil.

      Jadi, tidak ada gunanya bukan bila kami menampilkannya. Bukankah jauh lebih baik kami menampilkan dalam bahasa Indonesia, yaitu bahasa yang dimengerti oleh semua pengunjung?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Niko Eduard

    |

    ~
    Qs Al-Baqarah:81 (Juz 1); Qs Al-Baqarah:120; Qs Ali’Imran:48 (Juz 3); Qs Ali’Imran:58 -60 dan masih banyak lagi Al-Quran yang menceritakan siapakah Isa itu. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Niko untuk ayat-ayat di atas.

      Jika tidak keberatan, dapatkah sdr. Niko menjelaskan, jadi menurut Anda siapakah Isa Al-Masih?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ekokiswanto

    |

    ~
    Qs 3:55 “Allah berfirman: hai Isa sesungguhnya Aku akan menyampaikan kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepadap-Ku serta membersihkan kamu dari orang kafir, dan menjadikan orang yang mengikuti kamu di atas orang kafir hingga hari kiamat. Kemudian kepada Akulah kembalimu, lalu aku memutuskan di antaramu tentang hal yang kamu berselisih padanya.”

    Anda sampaikan ayat dengan memotong ayatnya, dan untuk mentafsirkan ayat ini kami membutuhkan hadist-hadist shahih. Karena ini adalah firman Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih sudah mengutip ayat tersebut secara lengkap.

      Memang, kami akui bahwa kami tidak menuliskan isi ayatnya secara lengkap. Namun bukan berarti kami memberi penafsiran berbeda dari isinya.

      Perhatikan kalimat pertama dalam ayat tersebut. Dikatakan bahwa Isa “sampai pada akhir ajalnya” artinya Isa wafat, bukan? Lalu dikatakan “mengangkat Isa kepada Allah,” bukankah ini artinya bahwa Isa naik ke sorga?

      Tentang kematian dan kenaikan Isa ke sorga, hal ini sudah dinubuatkan jauh sebelum Isa datang ke dunia.

      Kalimat berikutnya berkata “menjadikan orang yang mengikuti kamu di atas orang kafir hingga hari kiamat.” Kita tahu bahwa pengikut Isa adalah orang Kristen. Bila orang Kristen akan ada di atas orang kafir. Menurut Anda siapakah yang dimaksud dengan “orang kafir” pada ayat tersebut?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ekokiswanto

    |

    ~
    Qs Maryam 30-31 berkata Isa “sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia Menjadikan aku seorang Nabi. Dan Dia menjadikan Aku seorang yang diberkati dimana saja aku berada, dan Dia (Allah) memerintahkan kepadaku (mendirikan) sholat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.”

    Ayat ini sudah sangat jelas siapa itu Isa dan kewajibanya ketika hidup. Isa mendirikan sholat dan menunaikan zakat yang hingga kini umat Kristen tidak mengetahuinya. Isa hamba yang taat Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Ekosiswanto,

      Setahu saya, ada beberapa syarat sah atau tidaknya sholat. Diantaranya adalah: Telah masuk Islam. Seseorang baru dapat dikatakan Islam bila dia sudah mengucapkan dua kalimat syahadat. Yaitu mengakui Muhammad sebagai nabi.

      Pertanyaanya saya: Bagaimana mungkin Isa mengucapkan dua kalimat syahadat, sementara pada saat itu agama Islam belum ada?

      Syarat lainnya adalah harus menghadap Kiblat. Dalam Qs 2:15 dikatakan, “. . . maka palingkanlah wajahmu ke Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya…”

      Pertanyaan saya: benarkah Isa sholat menghadap ke Masjidil Haram?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Aldy

    |

    ~
    Yesus mati di kayu salib dan salib dijadikan simbol bagi umat Kristen. Kalau seandainya Yesus matinya di kursi listri, apakah Anda akan menjadikan kursi listrik sebagai simbol agama Anda juga?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Aldy,

      Kami percaya segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari rencana Allah. Memang terkadang kita manusia senang berandai-andai.

      Namun firman Allah berkata, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” (Kitab Nabi Yeremia 29:11).

      Jadi menurut saya, apa yang sudah terjadi atas Yesus tentang kematian-Nya di salib, sudah menjadi ketentuan dan ketetapan Allah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    aku

    |

    ~
    Kitab Allah: (maaf jika tidak ikut turutan): Injil, Taurat, Zabur, Al-Quran. Keempat kitab tersebut menekankan tentang sholat dan zakat.

    Isa adalah hamba Allah yang diberikan kelebihan. Dalam Al-Quran menyatakan Allah adalah Tuhan kepada Isa. Allah tidak beranak dan tidak juga diperanakkan. Jika Muslim sejati pasti dapat meneliti denga teliti.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Aku,

      Bila saja Anda berkenan meluangkan waktu untuk membaca dan menyelidiki Kitab Taurat, Zabur, dan Injil, maka Anda akan melihat “benang benar” dari ketiga kitab ini adalah tentang kedatangan Isa Al-Masih ke dunia sebagai “Jalan Lurus” yang akan wafat disalib guna memberi jaminan keselamatan bagi manusia.

      Tentang kelahiran, kematian, dan kebangkitan Isa sudah dijelaskan dalam dua Kitab sebelum Injil. Dan penggenapannya tertulis dalam Kitab Suci Injil.

      Lalu, mengapa Al-Quran mempunyai versi yang berbeda? Mungkin tidak salah bila Anda dan saya merenungkan pertanyaan ini dan mencari tahu jawabannya. Bukankah begitu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rina

    |

    ~
    Kalau Isa dan Islam bukan Isa menurut Nasrani. Video ini bisa dibilang menyesatkan. Mengambil ayat jangan sepotong-sepotong, yang jelas.

    Jalan yang lurus itu jalan yang diridhoi Allah. Bagi kami Isa itu Nabi Isa As yang mempunyai mujizat dari Allah Swt. Hanya Allah yang disembah. Baca surat Al Ikhlas. Tidak ada yang menyerupai-Nya dan tidak beranak dan tidak diperanakan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Isa Al-Masih berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6). Bukankah ayat ini sudah sangat jelas bahwa “Jalan Lurus” itu adalah Isa Al-Masih?

      Dalam Qs 3:55 Allah swt berfirman kepada Isa, “ . . . menjadikan orang yang mengikuti kamu [Isa] di atas orang kafir hingga hari kiamat.”

      Dalam Injil, Isa berkata hanya melalui Dia seseorang sampai kepada Allah [sorga] dan dalam Al-Quran Allah swt berjanji akan menjadikan orang yang mengikut Isa di atas orang kafir. Bukankah janji ini sudah sungguh sangat jelas untuk diikuti?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Zakir

    |

    ~
    Staff Isa dan Islam,

    Baiknya kunjungi YouTube untuk melihat video-video ceramah Dr. Zakir Naek. Semoga ada pencerahan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Bicara soal Zakir Naik, memang hampir seluruh umat Muslim di Indonesia mengagumi dia. Tapi, tahukah Anda siapa Zakir Naek dan apakah Anda yakin bahwa semua yang dikatakannya benar?

      Anda dapat mengetahui kebenaran soal Zakir Naek di artikel ini: http://tinyurl.com/mm327of.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Muhammad

    |

    ~
    Nabi Isa di akhir zaman nanti akan turun ke dunia, sholat di belakang imam mahdi. Dan untuk mensucikan tauhidnya mematahkan salib, membunuh babi, memerangi dajjal dan membunuhnya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Memang hampir seluruh umat Muslim mempunyai pandangan yang sama tentang maksud dan tujuan Isa datang ke dunia pada akhir zaman. Barangkali pendapat ini berdasarkan bunyi hadits. “…Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapuskan jizyah…” (Hadits Abu Dawud 4310).

      Benarkah demikian? Salib, babi, dan pajak adalah hal duniawi. Sedangkan kedatangan Isa Al-Masih kelak untuk menghancurkan kekuatan kegelapan atau Iblis. Dan tidak ada urgensinya menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghapuskan pajak. Sebab secara otomatis hal itu akan musnah seiring dengan berakhirnya dunia.

      Hari kiamat merupakan awal babak baru dalam kehidupan yang baru di akhirat nanti. Pertanyaannya adalah, apakah kita akan mendapatkan bagian dalam kehidupan kekal atau mendapatkan hukuman kekal bersama Iblis?

      Sebab Isa Al-Masih bersabda, “Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia [Isa] datang pada saat yang tidak kamu sangkakan” (Injil, Rasul Lukas 12:40).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hamba allah

    |

    ~
    Jika menurut Injil Anda Isa pernah mengalami kematian dan hidup kembali, pertanyaannya siapa yang menghidupkan Isa? Dan apa mungkin Tuhan dihidupkan lagi selain Dia?

    Satu lagi, di saat Isa disalib dalam Injil Dia mengatakan “eli eli lasabaktani, mungkinkah seorang meminta tolong / mengeluh ke Tuhan yang lain?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Jika Isa tidak bangkit dari antara orang mati, maka maka Ia bukan Tuhan. Sebelum wafat, Isa sudah mengklaim bahwa Dia akan membuktikan Dia adalah Tuhan dengan cara bangkit dari orang mati.

      Isa meramalkan kematian dan kebangkitan-Nya dari antara orang mati. Kitab Suci Injil mencatat pernyataan Isa ini dalam lima kejadian yang berbeda.

      Jika Isa hanya nabi biasa, mungkinkah Ia dapat meramalkan masa depan-Nya? Jelas tidak, bukan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    nambol

    |

    ~
    Ilusrasi: Saya seorang pencuri, suka mabuk, memerkosa orang, saya suka judi bahkan pernah membunuh orang. Saya berdosa dan saya salah.

    Logikanya, bisakah Anda (admin) yang menggantikan saya di penjara dan diadili sebagai penebus dosa saya? itukan yang Anda yakini dalam Injil,Yesus rela menebus dosa yang mengimaninya. Bisa dijelaskan logikanya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Jika Anda bertanya kepada saya, jelas tidak tidak dapat dan tidak akan bersedia menggantikan hukuman Anda di penjara. Mengapa? Karena saya hanya manusia biasa. Dan saya tidak mengasihi Anda sebagaimana Yesus mengasihi Anda.

      Tapi jika pertanyaan ini Anda tanyakan kepada Yesus, maka Ia akan bersedia menanggung hukuman dosa Anda. Sebab inilah kesaksian Nabi Yahya akan hal itu, saat dia melihat Isa Al-Masih. “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:29).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Aiika

    |

    ~
    Tiada Tuhan selain Allah SWT.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Tuhan itu esa. Dialah Pencipta langit dan bumi. Ia begitu mengasihi umat-Nya dan tidak ingin umat-Nya tersesat dan binasa.

      Nabi Daud dalam Kitab Zabur menuliskan, “Tuhan itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat” (Mazmur 25:8). Kiranya Sdr. Aiika sudah menemukan “jalan lurus” dari Allah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yogi

    |

    ~
    Kenapa dalam video tersebut tidak ditunjukan dalam Al-Quran maupun Injil bahwa Isa mengajarkan tauhid Ulangan 6:4; Markus 12:29; Qs 112:1. Bahkan dalam Qs 19:33 Anda menafsirkan bahwa Isa pernah meninggal. Tafsir darimana ya?

    Mengenai Yohanes 14:6, Isa memang jalan kebenaran pada masanya atau umat Israel (Markus 15:24) begitupun dengan Muhammad Qs 21:107.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Yogi,

      Video di atas menjelaskan tentang siapa Isa menurut Al-Quran dan Injil. Tentang pengajaran Isa, kami membuatnya dalam video yang berbeda.

      Dalam Injil Yohanes 14:6 Isa berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

      Bila memang benar Isa hanya Juruselamat bagi bangsa Israel, akankah Ia berkata “tidak seorangpun” pada ayat di atas?

      Dan lagi, setahu saya tidak ada nabi lain, termasuk Muhammad, yang pernah berkata bahwa ia adalah juruselamtat. Hanya Isa Al-Masih yang pernah berkata seperti itu, bukan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Smail

    |

    ~
    Isa adalah nabi Allah, bukan Allah yang terlahir dari rahim manusia, tidak bisa manusia dikatakan Allah. Allah meliputi sekalian alam, tak ada yang sekarang Allah. Makanya Islam mengatakan Allah maha esa, maha kuasa dan maha segalanya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya setuju dengan Anda bahwa manusia tidak bisa dikatakan sebagai Tuhan. Jelas hal itu mustahil!

      Tapi, bagaimana bila Tuhan menjadi manusia? Apakah hal itu mustahil? Bukankah Sdr. Smail berkata bahwa Tuhan itu maha segala-galanya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    enny

    |

    ~
    Terimakasih atas video tersebut.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sama-sama Sdri Enny. Semoga video di atas dapat memberi manfaat positif bagi Anda.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    arif

    |

    ~
    Allah tahu hari kiamat. Yesus buta hari kiamat. Allah bukan Yesus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      “Dan sesungguhnya Isa Al-Masih itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus” (Qs 43:61).

      Al-Quran memberi kesaksian bahwa Isa memberi pengetahuan tentang hari kiamat. Bila memang Isa buta tentang hari kiamat, menurut Sdr. Arif apakah Al-Quran akan berkata bahwa Isa dapat memberi pengetahuan tentang hari kiamat? Jelas tidak, bukan?

      Karena Isa tahu tentang hari kiamat sebagaimana Allah tahu tentang hari kiamat, maka Al-Quran berkata Isa dapat memberi pengetahuan tentang hari kiamat.

      Nah, karena Isa tahu tentang hari kiamat, bukankah Isa itu adalah Tuhan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    iwan

    |

    ~
    Supaya tidak jadi debat kusi, dan sepertinya hanya sepotong-sepotong, mungkin akan membantu menjelaskan hal ini jika lihat video youtube terkait diskusi antara ustad mantan pendeta dengan pendeta membahas siapakah Isa Al-Masih.

    Dari judulnya saja tidak tepat. Isa adalah Firman Allah. Seharusnya Isa adalah utusan Allah sebagaimana di Injil.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Di zaman internet global saat ini memang tidak sulit untuk mencari informasi lewat media. Namun kita perlu mawas diri dalam menyikapi semua informasi yang terdapat di internet. Karena belum tentu semua informasi itu benar dan membawa kita kepada kebenaran. Apalagi setiap informasi yang berhubungan dengan iman dan keyakinan.

      Sehingga menurut hemat saya, agar kita tidak disesatkan oleh informasi yang ada di internet, kita perlu membuka diri untuk memahami iman yang kita anuat.

      “Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka” (Injil, Surat 2 Petrus 2:1)
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Andri

    |

    ~
    Isa Al-Masih adalah nabi Allah.

    Allah SWT berfirman, “Dia (Isa) berkata, sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi” (Qs Maryam 19:30).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Andri,

      Bila kita melihat pada Al-Quran dan Injil, memang ada beberapa ayat yang menyatakan bahwa Isa adalah nabi Allah. Jadi, pernyataan Anda di atas tidak sepenuhnya salah.

      Tapi, Anda juga perlu memperhatikan ayat lain yang menyatakan bahwa Isa lebih dari sekedar nabi. Misalnya, Qs 43:61 mengatakan Isa mengetahui tentang hari kiamat. Bahkan salah satu hadist mengatakan Isa akan menjadi Hakim pada akhir zaman nanti.

      Kita tahu bahwa penghakiman adalah milik Allah. Kita juga tahu Allah maha mengetahui. Tapi mengapa Isa tahu tentang akhir zaman dan mengapa Isa yang akan menghakimi manusia pada akhir zaman?

      Mungkin Sdr. Andri dapat merenungkan hal ini.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ekokiswanto

    |

    ~
    Kata “menyampaikan dengan sampai” itu jelas beda artinya. Anda menuliskan “sampai di akhir ajal” yang berarti adalah telah tiba wafatnya. Di ayat ini “Allah menyampaikan akhir ajalmu..” itu berarti Allah memberitahu kapan waktu wafatnya Isa, yaitu di akhir zaman nanti.

    Dan Allah mengangkatnya kemana, hanya Allah yang tahu. Pengikut Isa adalah umatnya dari Bani Israel yang tidak menyekutukan Allah dan mengakui Isa adalah nabi, bukan orang Kristen. Orang kafir adalah orang yang tidak menyembah Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Eko,

      “Menyampaikan” merupakan kata kerja. Dan kata dasarnya adalah “sampai.” Tentu Allah akan menggunakan kata kerja, “menyampaikan” karena Ia yang akan berperan membuat Isa sampai kepada ajal-Nya, yaitu kematian-Nya.

      Akan berbeda bila Isa sendiri yang berbicara, maka Isa akan berkata “Aku ‘sampai’ kepada ajalku.”

      Jadi, kalimat “Allah menyampaikan Isa pada ajal-Nya” dengan kalimat “Isa sampai kepada ajal-Nya” mempunyai makna yang sama. Kedua kalimat ini berbicara soal kematian Isa.

      Kapan waktu kematian itu? Sebelum Isa diangkat Allah tentunya. “Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku.” Perhatikan kata “dan” pada kalimat tersebut. Allah akan menyampaikan Isa pada ajal-Nya dan Allah akan mengangkat Isa kepada-Nya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ekokiswanto

    |

    ~
    Isa sebagai nabi tahu akan ada nabi setelahnya sebagai nabi penutup yaitu Muhammad dan yang pastinya Isa “mengimaninya” dan percaya Allah sebagai Tuhannya, maka Isa seorang Muslim.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Ekokiswanto,

      Tolong memberitahu referensi dari Kitab Allah yang mengatakan bahwa Isa tahu akan ada nabi penutup yaitu Muhammad dan Isa mengimani hal itu.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ilham

    |

    ~
    Jangan menafsirkan hadist seenaknya, tanya pada ahlinya, sedangkan Injil duluan diturunkan dari pada Al-Quran, mengapa isinya mengomentari Al-Quran?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Pertanyaan yang sama juga dari kami sebagai umat yang mengimani Kitab-Kitab sebelum Al-Quran. Mengapa umat Muslim menuduh bahwa Kitab-Kitab Allah sebelum Al-Quran sudah tidak berlaku lagi alias tidak dapat diimani lagi? Sementara Al-Quran dengan jelas berkata,

      “Dia menurunkan Al-Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil” (QS.3:3) Menurut ayat ini, Al-Quran diberikan untuk membenarkan bahwa kitab-kitab suci yang ada di zaman Muhammad tidak pernah diubah.

      Lantas, mengapa umat Muslim bertaka Alkitab sudah dirubah?

      Pada ayat lain dikatakan, “Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu” (Qs 10:94).

      Bila benar Alkitab sudah dirubah, mengapa Al-Quran justru memerintahkan Muhammad bertanya kepada pembaca Alkitab tentang wahyunya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Satyan

    |

    ~
    Jika Nabi Isa memanglah manifestasi dari kemahakuasaan Tuhan (Anak Allah dan Juru Selamat umat manusia), dapatkah dijelaskan, bagaimana keselamatan untuk kaum Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Abraham, Nabi Musadan berbagai nabi lain yang hidup sebelum jaman Nabi Isa hidup. Bukankah mereka tidak mengenal Nabi Isa dan tidak bersaksi serta mengimani Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat manusia?

    Jika para nabi tidak selamat karena tidak mengimani Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, bukankah Tuhan tidak adil dan jahat?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Syarat keselamatan adalah iman. Obyek dari iman adalah Allah. Lewat Kitab Taurat kita dapat melihat bahwa Allah membenarkan orang-orang yang beriman kepada-Nya. Dan itu sudah cukup bagi Allah untuk memperhitungkan hal tersebut sebagai kebenaran.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Satria Bagus

    |

    ~
    Sesungguhnya yang menjadi perdebatan di sini adalah setiap individu mempersoalkan tentang “agama yang dianutnyalah yang paling benar.” Tetapi sesungguhnya setiap agama itu “benar menurut penganutnya masing-masing.”

    Jadi sudah sewajarnya kita saling bertoleransi untuk menjaga keindahan perbedaan dan menjadikan perbedaan itu menjadi dorongan untuk maju secara bersama.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Apa yang Anda katakan di atas tidak salah. Semua umat pasti berkata agamanyalah yang paling benar. Itu sebabnya saya kadang heran mengapa ada orang yang marah ketika penganut agama lain mempertanyakan soal agamanya.

      Seharusnya, ketika kita berkata “agama saya paling benar,” kita sudah yakin akan hal itu. Sehingga, apapun yang dituduhkan umat lain terhadap agama kita, kita dapat menjelaskannya dengan fakta-fakta yang jelas dan bukan membabi-buta. Tidakkah Anda setuju dengan saya dalam hal ini?

      Sayangnya, kerap kali orang menilai jelek agama lain, tapi dia sendiri tidak mengerti soal agamanya. Semoga dengan adanya forum ini, dapat dimanfaatkan para umat beragama untuk mempelajari apa yang mereka imani dan membuktikan apakah dia sudah benar-benar beriman kepada kebenaran Allah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Maddog

    |

    ~
    Saya mau tanya mbak,

    Dalam Injil Yohanes 14:6 Isa berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

    Bapa itu siapa? Aku itu siapa? Kalau Bapa itu Yesus, lau “Aku” siapa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Maddog,

      Terimakasih untuk pertanyaanya. Pertanyaan yang sangat baik sekali.

      Sebelum saya menjelaskan secara rinci, sebaiknya Anda melihat dulu video yang menjelaskan tentang pertanyaan Anda di atas. Silakan klik di sini: http://tinyurl.com/zdf9gxx.

      Setelah melihat video tersebut dan Anda masih ada pertanyaan, Anda dapat mengirimkan pertanyaan Anda langsung lewat email saya di saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Dennys

    |

    ~
    Saya percaya Yesus (Isa) kenapa? Karena firman-Nya di Kitab Yohanes sudah jelas bahwa Dia (Yesus/Isa) berkata, “Aku dan Bapa adalah satu.” Juga Dia bersabda “Akulah jalan kebenaran dan hidup.”

    Mau seperti apa pun pandangan dan pengertiannya. Saya percaya bahwa Yesus itu adalah Anak Allah yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari perawaan Maria. Itulah kemuliaan Allah. Itulah Kuasa Roh Kudus dari Allah Bapa.

    Kalian boleh tidak mengakui Dia sebagai Tuhan, tetapi ingat firman-Nya sudah jelas bahwa tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Dennys,

      Terimakasih untuk komentar Anda di atas. Tetaplah bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Allah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Awam

    |

    ~
    Bisa dijelaskan Injil ayat berapa bahwa Isa mengatakan “Akulah Allah (Tuhan)?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Awam,

      Bila Anda melihat di beberapa video pada situs ini, sebenarnya Anda bisa menemukan jawaban atas pertanyaan Anda di atas. Juga, bila Anda mau meluangkan waktu untuk membaca Kitab Suci Injil, maka Anda akan menemukan banyak ayat yang mengatakan bahwa Yesus itu adalah Tuhan.

      Di sini saya beri satu artikel yang menjawab pertanyaan Anda di atas. Silakan klik di sini: http://tinyurl.com/mbtlyy5.

      Setelah membaca artikel tersebut dan Anda punya pertanyaan, silakan mengirimkan pertanyaan Anda langsung ke email saya: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Andry

    |

    ~
    Mohon penjelasannya konsep Tuhan menurut Anda.

    Tentang Nabi Isa sudah jelas secara logika dan nalar akal sehat bahwa Nabi Isa adalah nabi kami umat Islam yang kami hormati karena Nabi Isa adalah utusan Allah yang menjadi keyakinan umat Isalam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Konsep Tuhan yang diimani oleh orang Kristen adalah Allah Trinitas. Mungkin Anda akan berkata konsep ini tidak masuk akal. Mungkin Anda betul, karena Allah tidak terbatas bagi pikiran kita, bukan? Karena Allah berada di luar dimensi manusia.

      Manusia hidup dalam tiga dimensi dan manusia berusaha menterjemahkan kuasa Allah dalam tiga dimensi. Dapatkah kita memahami Allah dengan dunia dan dimensi kita?

      Al-Quran mengatakan “… Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: “(Tuhan itu) tiga”…” (Qs 4:171) Ini adalah pengajaran tiga dimensi.

      Jika Allah hidup di luar dunia tiga-dimensi kita, Ia harus memperlihatkan diri-Nya dengan pewahyuan. Ia harus menunjukkan kita seperti apa hal-hal di luar dimensi kita.

      Lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel ini: http://tinyurl.com/o6sqduv.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    medy

    |

    ~
    Sederhana saja. Kalau mengerti yang namanya Tritunggal, Anda pasti akan percaya!
    – Allah
    – Anak
    – Roh Kudus

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mengerti dan memahami tentang Tritunggal jelas bukan hal yang gampang. Bahkan bagi orang Kristen sekalipun, bukan hal mudah untuk memahaminya. Tapi apakah konsep Allah Tritunggal tidak masuk akal? Jelas tidak!

      Konsep Allah Tritunggal jauh lebih masuk akal. Mengapa? Karena konsep Allah Tritunggal dapat menunjukkan dan mewujudkan sifat Allah dalam kekekalan. Misal, sifat kasih. Sifat mahakasih Allah dapat dinyatakan pada Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Karena itu, Allah tidak bergantung pada ciptaan-Nya untuk menunjukkan dan mewujudkan kasih-Nya.

      Saya sangat merekomendasi Anda mengunjungi link ini http://tinyurl.com/q4qf9e2 untuk mengetahui lebih jelas.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Sammy

    |

    ~
    Cuma Ia yang menjemput manusia nanti saat kiamat tiba dan hanya Ia yang dapat mengalahkan iblis dajal. Barangsiapa meramehkan Isa/Yesus, dia tak layak dijemput ke surga. Suka-suka Allah, mau seperti apa akhir dunia ini. Dialah Tuhan maha Pencipta.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Sammy,

      Saya kira Allah tidak bertindak semena-mena tanpa memberitahukan lebih dulu rencana-Nya kepada manusia. Dari hal ini kita mengetahui bahwa Allah menaruh kasih yang besar kepada manusia. Karena itu, siapapun dan golongan manapun ia, Allah tetap mengasihinya. Itu sebabnya, Isa Al-Masih datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari dosa.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Yuadeus

    |

    ~
    Saya mau tanya. Nasib nabi, umat, dan oranng-orang sebelum Yesus datang bagaimana? Kalau Yesus sebagai penyelamat dan penebus dosa. Tapi bagi yang percaya pada Yesus Tuhan saja. Sedangkan nama Yesus hadir ketika jaman Yesus saja.

    Jadi, nasib umat yang hidup sebelum jaman Yesus bagaimana? Kalau ada ayat dalam Bibel yang menerangkan bahwa umat yang hidup sebelum jaman Yesus sudah tahu nama Yesus, tolong tunjukkan pada saya. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Yuadeus,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik. Saya sering menerima pertanyaan seperti ini dari teman-teman Muslim. Memang pertanyaan ini muncul dari rasa ingin tahu mengenai nasib orang-orang yang hidup sebelum Isa Al-Masih.

      Kita mengetahui bahwa Isa Al-Masih adalah Allah yang menjadi manusia. Allah tidak dibatasi oleh waktu. Setiap orang yang mengenal dan percaya pada Allah pasti diselamatkan sekalipun Isa Al-Masih belum datang pada masa itu. Namun, sesungguhnya Allah telah memperkenalkan nama-Nya sejak jaman Musa, yaitu Aku adalah Aku (Taurat, Keluaran 3:14). Nama ini juga yang disampaikan Isa Al-Masih ketika menyatakan diri-Nya kepada orang Israel mengenai Ketuhanan-Nya, “…sebelum Abraham jadi, Aku telah ada” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:58).
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Kula

    |

    ~
    Kepada siapa Yesus akan mempertanggungjawabkan atas dosa-dosa yang ditanggungnya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Kula,

      Anda memberikan pertanyaan yang bagus sekali. Mengapa disebut dosa? Karena dosa bertentangan dengan Hukum Kesucian Allah. Injil telah menyatakan bahwa upah dosa adalah maut (Injil, Surat Roma 6:23). Allah pun telah menyatakan firman-Nya kepada manusia sejak semula bahwa pelanggaran atau dosa akan menghasilkan kematian (Taurat, Kejadian 2:16-17).

      Karena itu, Isa Al-Masih mempertanggungjawabkan dosa-dosa manusia kepada Hukum Allah, yaitu Hukum Kesucian Allah sehingga manusia yang telah ditebus dapat memiliki hubungan yang dekat kembali dengan Allah.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    BungHT

    |

    ~
    Jika Isa adalah Tuhan menurut saudara-saudara Nasrani, kepada siapa urusan siang dan malam diserahkan ketika kematian Isa selama tiga hari?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      BungHT,

      Saya senang dengan pertanyaan ini karena pertanyaan ini muncul dari rasa ingin tahu mengenai Allah. Saya yakin Anda setuju bahwa Allah mahakuasa. Ketika Allah menjadi manusia, maka gugus bintang atau galaksi tetap aman dalam peredarannya. Demikian juga, alam semesta tetap terjaga dengan baik ketika tubuh jasmani Isa Al-Masih mati. Mengapa? Karena yang mati adalah tubuh jasmani, bukan Allah.

      Karena itu, urusan siang dan malam tidak perlu diserahkan kepada siapapun karena yang mati adalah tubuh jasmani, bukan hakekat Ketuhanan Isa Al-Masih. Bukankah kita tidak pernah mendengar alam semesta kacau atau bertabrakan karena Isa Al-Masih mati?

      Berkenaan dengan hal ini, bila Anda ingin mendiskusikan secara khusus, silakan mengemail kami ke: masukan@idionline.info
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ridwan

    |

    ~
    Apakah Yesus penebus dosa? Apakah Dia mati dengan wajar? Apa Yesus disiksa dengan malaikat? Jika Dia dibunuh dengan malaekat, maka Dia mati sah. Tapi kalau Dia mati di tangan orang yang berdosa bagaimana? Apakah dosa umatnya terampuni atau tidak?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya senang dengan pertanyaan-pertanyaan Anda. Namun, karena Anda memberikan banyak pertanyaan, maka saya menjawab satu saja agar kita tetap fokus dengan topik di atas. Apakah Isa Al-Masih penebus dosa?

      Pertanyaan ini relevan dengan topik di atas mengingat kita perlu mengenal Isa Al-Masih. Isa Al-Masih pernah berfirman, “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” (Injil, Rasul Besar Matius 20:28). Berdasarkan firman Isa Al-Masih tersebut, maka Isa Al-Masih adalah penebus dosa.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Inki ariawan

    |

    ~
    Istimewah! Nabi Muhammad pun berkata kalau “sesungguhnya Isa itu Roh Allah.”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdri Inki untuk komentar yang Anda berikan.

      Benar, yang Anda katakan di atas. Bahkan salah satu dari isi Kitab Suci Islam mengatakan bahwa “Isa Al-Masih seorang terkemuka di dunia dan di akhirat” (Qs 3:45).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    aditya

    |

    ~
    Allah Tuhan semesta alam, Isa Al-Masih itu nabi, bukan Tuhan. Sungguh sesat yang mengatakan Nabi Isa itu Tuhan atau anak Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya maklum bila Anda berkata Isa Al-Masih bukan Tuhan. Sebab Anda tidak mengenal Pribadi Isa Al-Masih. Bahkan orang-orang Yahudi yang ada pada zaman Isa, yang sudah melihat perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan Isa, masih menolak Dia. Terlebih lagi Anda yang tidak mengenal Ia sama sekali.

      Itulah sebabnya Isa berkata, “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 20:29).

      Jika Sdr. Aditya ingin tahu siapa Isa Al-Masih sebenarnya, Anda dapat menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info. Saya akan membantu menjelaskan secara detail untuk Anda.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hamba allah

    |

    ~
    Saya perjelas lagi kata-kata Mas Yono. Kalimat tersebut memang benar, karena tersirat dalam kitab suci Al-Quran.

    Apakah admin percaya alam yang paling pertama diciptakan oleh Allah swt itu adalah sorga? Apakah Anda tahu di atas pintu sorga itu terpampang sebuah tulisan dan juga kalimat syahadat? Kalimat syahadat itu perjanjian antara Allah dan Muhammad.

    Sebelum Adam diciptakan, Muhamadlah yang pertama diciptakan berwujud nur/cahaya. Oleh karena itu dia disebut kekasih Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih atas usaha Anda untuk memperjelas kalimat Mas Yono.

      Bila Anda tidak keberatan, dapatkah Anda menuliskan di sini ayat Al-Quran yang mengatakan bahwa:

      1. di atas pintu sorga terpampang tulisan kalimat syahadat yang merupakan perjanjian antara Allah dan Muhammad?

      2. Ayat Al-Quran yang mengatakan bahwa Muhammad sudah diciptakan jauh sebelum Allah menciptakan Adam.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    gunawan kristianto

    |

    ~
    Boleh saya tanya yang sederhana saja:

    1. Siapakah Isa?

    2. Siapakah ibu dan bapaknya Isa?

    3. Bagaimana kedudukan masing-masing serta yang pantas jadi Tuhan menurut Anda?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Gunawan,

      Menurut apa yang tertulis dalam Kitab Suci Injil, ibunya Isa adalah Maria, ayahnya Yusuf.

      Kedudukan Maria dan Yusuf, ya tentu adalah sebagai orang tua Isa Al-Masih secara yuridis/hukum. Bukan orang tua biologis karena Maria mengandung Isa dari Roh Kudus.

      Siapa yang layak jadi Tuhan? Menurut saya ini pertanyaan yang, maaf, sangat bodoh sekali. Sebab, Tuhan adalah yang empunya alam semesta. Tuhan bukan seseorang yang dapat dipilih oleh manusia berdasarkan layak atau tidaknya.

      Mungkin Sdr. Gunawan belum mengerti tentang essensi dari Tuhan. Saya dapat menjelaskannya bila Anda tidak keberatan. Anda dapat menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    irfan susanto

    |

    ~
    Staff Isa dan Islam, coba Anda melihat vidio youtube Dr. Zakir Naik. Jangankan Admin situs ini, Dr. Zakir Naik saja berani melawan dosen S3 Kristen dan membantah Alkitabmu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih atas saran Anda.

      Umat Muslim di Indonesia memang begitu mengagumi Zakir Naik. Sayangnya, cukup banyak pemimpin Islam yang terkemuka menganjurkan orang Islam menjauhkan diri dari Zakir Naik karena pandangan Zakir Naik lebih ekstrim dari orang Islam umumnya.

      Selain itu Zakir Naik juga sering mengucapkan fakta-fakta palsu dalam ceramahnya. Misalnya, dia berkata kebanyakan ilmuwan mendukung teori Darwin karena teori ini berlawanan dengan Kitab Allah. Namun, kebanyakan ilmuwan tidak mendukung teori Darwin karena mereka memandang tinggi Kitab Allah.

      Zakir Naik juga mengatakan Islam satu-satunya agama selain Kristen yang menerima Isa Al-Masih sebagai Nabi. Tetapi, agama Baha’i juga menerima Isa sebagai nabi.

      Dari beberapa fakta di atas, bukankah sudah seharusnya kita menjauhkan diri dari pengajaran Zakir Naik?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Ferdinan

    |

    ~
    Bagaimanakah cara kedatangan Isa Al-Masih atau apakah Isa Al-Masih turun dari sorga sama persis Dia pernah diangkat ke sorga? Kapan waktunya turun? Dan apa tujuannya turun? Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kitab Suci Injil tidak ada mencatat secara jelas kapan Isa datang untuk kali kedua. Tentang saat itu Kitab Allah hanya berkata, “Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap” (Injil, Surat 2 Petrus 3:10).

      Tujuan Isa Al-Masih datang pada akhir zaman, untuk menghakimi seluruh umat manusia, termasuk Anda dan saya. Pada saat itu, kita akan menerima ganjaran dari iman kita. Apakah kita akan bersama-sama dengan Isa berada di sorga Allah yang kudus, atau sebaliknya kita kekal di neraka.

      Nah, apakah Sdr. Ferdinan sudah siap bila hari penghakiman itu tiba?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    oalah-leh

    |

    ~
    Di Injil sendiri terlalu banyak penjelasan tentang Isa yang bukan Tuhan dan hanya seorang rasul.

    Saya kutip sederhana dari Al-Quran dan Injil, jadi keliru maknanya, bahwa maksud dari Isa menyembuhkan orang mati, buta adalah yang mati pemahamannya, yang buta mata hatinya, kalbunya. Dari sini kita paham bahwa tidak berarti buta tidak melek. Mati jasad biologis.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Memang benar yang Anda katakan, di Injil ada banyak ayat yang mengatakan Isa seorang rasul. Tapi, juga banyak ayat yang menyatakan ke-Ilahian Isa sebagai Tuhan.

      Anda mengatakan Isa bukan menghidupkan orang mati secara jasmani, tapi hanya rohani. Juga bukan buta dengan arti tidak melihat. Benarkah demikian?

      Kitab Suci Injil menuliskan tentang Lazarus, yang sudah meninggal empat hari dan Isa menghidupakannya kembali. Isa berkata, “Lazarus, marilah ke luar! Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi” (Injil, Rasul Besar Yohanes 11:43-44).

      Bagaimana dengan orang buta? Anda dapat membaca dalam Injil Rasul Lukas 18:35-43 tentang seorang pengemis yang buta disembuhkan Isa sehingga dapat melihat lagi.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    fauzi

    |

    ~
    Maaf, coba jelaskan tentang apakah Nabi Isa tahu kapan hari kiamat itu?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Iya, tentu Isa Al-Masih tahu tentang hari kiamat. Bahkan Al-Quran menuliskan, “Dan sesungguhnya Isa Al-Masih itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus” (Qs 43:61). Jika Isa tidak tahu soal hari kiamat, tentu Al-Quran tidak akan mengatakan demikian, bukan?

      Dan satu lagi, sebuah hadist mengatakan bahwa Isa Al-Masih akan menjadi Hakim pada akhir zaman. Seorang hakim bila tidak tahu kapan hari penghakimannya tiba, tentu tidak layak disebut hakim. Demikian juga dengan Isa. Karena Ia tahu tentang hari penghakiman-Nya, maka Ia layak disebut sebagai Hakim pada akhir zaman.

      Oleh sebab itu, menurut hemat saya, tidak salah bila kita bertanya kepada Sang Hakim akhir zaman untuk mengetahui nasib kita kelak. Bukankah begitu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Adi

    |

    ~
    Bila diperhatikan, situs ini bukan situs orang Muslim. Maaf, mungkin kiriman ini tidak dimasukkan tapi ini hanya saran saja. Kalau bisa situs ini tidak usah dilanjutkan karena setiap kaum Muslim yang menjawab, kelihatan jawabannya dicari yang lemah-lemah saja. Jadi kelihatannya seperti sengaja dibuat begitu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Adi,

      Bila Anda ingin tahu siapa pengelola situs ini, Anda dapat membaca penjelasan tentang mereka di sini: https://www.videoisadanislam.com/tentang-kami/.

      Perlu saya perjelas, bahwa setiap orang yang memberi komentar di sini, baik Muslim maupun non-Muslim, maka jawaban atau komentar yang mereka tuliskan akan secara otomatis tampil di situs. Dengan kata lain, kami tidak pernah memilah-milah komentar yang akan ditampilkan.

      Sebagai contoh, sepertinya Anda berpikir komentar Anda tidak tampil di situs. Namun nyatanya ada. Inilah salah satu bukti kejujuran kami. Bahwa kami tidak pernah menyembunyikan kebenaran atau memihak pada agama tertentu.
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Apakah Saudara merasa ada beban berat karena dosanya? Silakan sampaikannya ke kami dan kami akan mendoakannya. isadanalquran.com/kesaksian/o…