Siapakah Isa Al-Masih

Siapakah Isa Al-Masih itu? Al-Quran dan Alkitab berbicara banyak mengenai sosok Isa Al-Masih. Walaupun kedua kitab ini tidak sepenuhnya setuju dengan yang lain, namun banyak hal yang sama. Keduanya setuju bahwa Isa Al-Masih adalah Firman Allah, suci dan tak berdosa, dan lahir dari perawan.

Marilah simak video di bawah ini.

 

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana tanggapan saudara mengenai cerita dalam video di atas?
  2. Menurut saudara, apakah yang membuat tokoh dalam cerita tersebut akhirnya memutuskan untuk menjadi pengikut Isa Al-Masih?
  3. Dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video tersebut, menurut saudara siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (734)

  • Avatar

    ucok

    |

    ~
    Dalam Islam Allah sendiri menceritakan Isa dengan terhormat. Kristen dengan penyaliban. Sungguh menghina Allah yang kata Pendeta Kristen tiada yang mustahil bagi Allah untuk melakukan pengorbanan dengan cara begitu. Padahal Allah Swt sudah berkorban, memberi alam ini buat kita.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Ucok,

      Bila Anda mempunyai seorang anak, sebagai bukti bahwa Anda mengasihi anak Anda, apakah cukup hanya dengan memenuhi kebutuhan materinya?

      Hingga satu waktu anak Anda jatuh dalam jurang, apakah Anda akan berkata “hi anakku, aku sudah memberimu banyak harta, maka selamatkanlah dirimu dari jurang itu.”

      Kami percaya Anda akan melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan anak Anda. Bila perlu, Anda akan turun ke jurang itu. Itulah bukti kasih Anda yang terbesar bagi anak Anda. Anda rela mempertaruhkan nyawa Anda demi menyelamatkan anak Anda.

      Bila Anda dapat berbuat demikian bagi anak Anda, terlebih Allah Bapa di sorga. Jelas Ia pun akan berkorban demi menyelamatkan Anda dari siksa kekal di neraka.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    baby

    |

    ~
    To Umat Kristen,

    Setelah saya membaca Injil yang sekarang cukup tidak bisa dimengerti mengapa umat Kristen menganggap Isa Al-Masih itu Tuhan yang harus diimani. Padahal jalan keselamatan dan jalan yang lurus itu disampaikan oleh Isa Al-Masih ikutilah aku, aku utusan Allah. Semua kehendak Bapaku. Adam dan Hawa, setan dan malaikat berkata tidak ada Tuhan selain Allah. Jadi Allah pemain tunggal.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Membaca komentar Anda di atas, sepertinya Anda berkeyakinan bahwa Injil itu ada berbagai macam. Ada yang disebut dengan “Injil sekarang.” Dan ada juga “Injil yang dulu.” Begitukah?

      Sdr. Baby, bila memang benar Anda telah membaca Injil, maka Anda akan menemukan kebenaran tentang Isa Al-Masih. Karena, Kitab Suci Injil menuliskan begitu banyak pernyataan Isa yang mengatakan bahwa Ia memang adalah Tuhan yang layak disembah.

      Berikut ini salah satunya, “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13).

      Masihkah Sdr. Baby meragukan ke-Ilahian Isa Al-Masih?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Farid

    |

    ~
    To Sdr Albert,

    Mengenai balasan Anda di atas, saya bertanya kepada umat Kristen, siapa yang kalian anggap sebagai roh yang memberikan kesaksian tentang Nabi Muhammad dan menjelaskan tentang Allah.

    Kalau saya berpendapat itu adalah Nabi Muhammad. Kalau Anda tidak percaya terserah, tiada yang dapat melemahkan Allah dan Mukmin yang bertaqwa.

    Saya mohon jangan hapus komentar ini. Agar dibaca orang lain. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf, kami kurang mengerti dengan pertanyaan Anda di atas. Sebab bagaimana mungkin Muhammad dapat memberi kesaksian tentang dirinya sendiri? Dan lagi, bukankah Muhammad adalah seorang manusia dan bukan roh?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Terhapuskan

    |

    ~
    To Umat Kristen,

    Tolong berikan saya satu saja pernyataan dalam Kitab Injil bahwa Isa menyebutkan dirinya itu sebagai ”Tuhan.”

    Jika Anda menjawab pertanyaan saya dengan ayat ini “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13). Tidak ada tertulis di Injil lama. Dan sekarang Isa mengklaim bahwa dirinya itu adalah ”TUHAN.”

    Jika ada satu saja pernyataan Isa mengaku bahwa dirinya ”TUHAN” saya siap masuk Kristen.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebelum saya menjawab pertanyaan Anda di atas, satu hal perlu kami ingatkan bahwa tujuan situs ini bukan untuk membawa seseorang menjadi beragama Kristen. Tujuan situs ini hanya untuk menjelaskan tentang Pribadi Isa Al-Masih yang sebenarnya sesuai dengan apa yang tertulis dalam Kitab Suci Allah.

      Dengan demikian, tidak ada keuntungan bagi kami bila Anda akhirnya berpindah dari Islam menjadi Kristen. Karena ‘agama’ tidak dapat menjamin pengikutnya pasti masuk sorga.

      Bila soal ke-Tuhan-an Isa di Injil. Bila saja Anda berkenan meluangkan waktu untuk mempelajari Kitab Suci Injil, bukan hal sulit bagi Anda untuk menemukan begitu banyak ayat yang menjelaskan soal ke-Tuhan-an Isa. Baik yang tersurat maupun secara tersirat.

      Dan, jika Anda ingin mempelajari hal ini secara intens, kami siap menjadi teman diskusi Anda lewat email atau SMS. Silakan menghubungi saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Sulaiman

    |

    ~
    Allah Tuhan semesta alam telah menyampaikan kepada manusia bahwa hanya Dialah satu-satunya Tuhan dan Isa putra bunda Mariyam adalah seorang nabi.

    Dan apakah tidak cukup bukti bahwa yang tersalib itu bukan Tuhan, karena Dia tidak maha kuasa dalam menjalani takdirnya. Dan anugerah tertinggi yang diberikan oleh Allah kepada manusia adalah akal-fikiran yang harus di pertanggung-jawabkan kelak di hadapan sang pencipta. Dengan takdir penyaliban tersebut Allah menjelaskan secara akal bagi yang berfikir.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan. Tuhan semesta alam adalah satu-satunya Tuhan. Tidak ada yang lain. Juga, kami tidak menyangkal bahwa Isa Putra Maryam disebut nabi.

      Tapi pertanyaanya, apakah Isa Al-Masih hanya sekedar nabi dan tidak lebih dari itu? Hal inilah yang kadang umat beragama enggan untuk merenungkannya. Pada hal, Al-Quran berkata Isa Al-Masih adalah Roh Allah. Isa Al-Masih adalah Hakim atas segala manusia pada akhir zaman.

      Bila Isa hanya nabi, mengapa penghakiman atas manusia ada pada-Nya? Bukankah Allah satu-satunya Hakim atas manusia?

      Kematian Isa Al-Masih disalib menurut kami tidak cukup hanya dimengerti oleh akal. Karena rahasia Allah jauh dari akal manusia. Memang benar Allah memberi manusia akal dan pikiran, dan kita dapat menyebut hal tersebut sebagai anugerah tertinggi bagi manusia. Namun, bukti kasih Allah tertinggi bagi manusia adalah anugerah keselamatan. Dan tidak satu pun agama yang dapat menyediakan anugerah tersebut.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ucok

    |

    ~
    Dari jawaban admin atas komen saya, admin tetap merendahkan sosok Tuhan dengan perumpamaan yang rendah. Ini Tuhan loh, jangan samakan harta untuk menolong anak. Bahkan orang tua harus rela kehilangan segalanya. Tidak sama perumpamaan yang Anda buat.

    Pengorbanan Tuhan itu sudah banyak contoh. Apa yang ada di bumi ini gratis, Tuhan itu tidak perlu bunuh diri untuk menebus dosa, merendahkan derajat.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr Ucok,

      Bila ayah di dunia saja mau berkorban demi anaknya, terlebih Allah Bapa di sorga! Inilah yang perlu Anda pahami.

      Ketika Anda mengerti kebesaran kasih Allah bagi Anda, maka Anda akan tahu makna pengorbanan-Nya. Dan pada akhirnya Anda akan melihat, bahwa Allah menebus Anda, demi keselamatan Anda.

      Satu hal yang perlu Anda pahami juga, tidak ada ruginya bagi Allah bila Ia tidak menebus Anda. Tapi, karena Allah adalah ‘Kasih’ dan Ia sangat mengasihi Anda, maka Allah melakukannya demi keselamatan Anda.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ucok

    |

    ~
    To Agghy Cinta Yesus,

    Anda bilang “buah yang baik akan menghasilkan buah baik pula.” Kata siapa? Nabi Nuh saja punya anak yang durhaka. Yang baik bisa buruk, yang buruk bisa menjadi baik.

    Di sini saya bilang Yesus dan Allah beda Oknum. Mereka bukan satu Oknum. Kalau satu Oknum berarti Tuhan itu sudah mati tersalib.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Ucok,

      Adalah hak Anda untuk menolak bahwa Yesus dan Allah bukan Oknum yang sama.

      Karena di forum ini banyak orang-orang yang mencari kebenaran, kami merasa bertanggung-jawab dan wajib membenarkan pandangan Anda yang salah tersebut.

      Bahwasannya Yesus dan Allah adalah sama. Inilah perkataan Yesus tentang hal itu yang dicatat dalam Kitab Suci Allah, “Aku dan Bapa adalah satu” (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:30).

      Selain ayat tersebut, Anda dapat menemukan ayat-ayat lain dalam Kitab Allah, yang menyatakan secara jelas bahwa Yesus dan Allah adalah Pribadi yang sama.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    penyimak

    |

    ~
    Siapa bilang Yesus itu Tuhan, dan siapa yang pertama memanggil Yesus sebagai Tuhan? Ibu yang melahirkannya saja tidak pernah memanggil Tuhan kepada anaknya. Yesus dipanggil Tuhan setelah Yesus disalib 300 tahun kemudian.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebelumnya maaf bila komentar Anda kami edit, agar kita lebih fokus dalam diskusi. Kiranya Sdr. Penyimak tidak keberatan.

      Yesus sejak semula adalah Tuhan. Jauh dalam kekekalan sebelum Ia datang ke dunia dalam wujud manusia. Bila Yesus tidak kekal adanya, mustahil Kitab Suci Allah akan mencatat perkataan-Nya ini, “Aku [Yesus] adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13).

      Fakta bahwa Yesus adalah Alfa dan Omega, membuktikan bahwa Yesus tidak diangkat sebagai Tuhan 300 tahun kemudian setelah Ia disalib, seperti yang dipercayai umat Muslim pada umumnya.

      Kebenarannya: Yesus adalah Tuhan sejak dalam kekekalan. Jauh sebelum dunia diciptakan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yerusalem

    |

    ~
    Saya melihat umat Kristen statementnya ngelantur terhadap pengertian nabi dan Tuhan. Contoh Yesus dan Allah satu kesatuan terus mati disallib untuk berkorban (yang artinya bunuh diri).

    Di sisi lain Yesus tidak terlibat dalam penciptaan Adam dllnya. Dan dalam Injil Yesus masih keturunan Adam dan Hawa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Yerusalem,

      Memang bukan hal mudah untuk memahami iman Kristen yang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan pada saat yang sama Yesus adalah manusia yang wafat disalib. Kami maklum bila Anda melihat hal tersebut sebagai iman yang ngelantur.

      Tapi, jika Anda mengenal Pribadi Allah dengan baik, maka Anda akan dapat memahami tindakan Yesus yang rela berkorban disalib demi memberi jaminan keselamatan bagi manusia berdosa, termasuk Anda.

      Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang ke-Tuhan-an dan ke-manusia-an Yesus, Anda dapat menghubungi kami secara langsung lewat email: saodah@idionline.info. Kita dapat berdiskusi tentang hal tersebut.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Jefri

    |

    ~
    Yesus adalah Tuhan dan Yesus itu adalah Allah. Hanya Dialah yg mempunyai kuasa untuk membangkitkan orang mati dan mempunyai kuasa mengampuni dosa. Tidak ada seorang nabi pun yang mempunyai kuasa untuk hal tersebut. Bagi mereka yang mempunyai pikiran pasti mengerti bahwa Yesus itu Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan pernyataan Anda. Yesus satu-satunya Pribadi yang dapat memberi jaminan keselamatan bagi manusia berdosa. Bukan pribadi/nabi lain.

      Itulah sebabnya Yesus berkata, “Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa [sorga], kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yerusalem

    |

    ~
    To Jefri,

    Yesus penebus dosa? Bagaimana kita tahu dosa kita itu telah dihapuskan? Bagaimana implementasi dosa itu terhapus?

    Penghapusan dosa itu adalah mengakui Allah Swt yang menciptakan diri kita. Karena memang Allah Swt itu Tuhan sejati.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Cara mengetahui bagaimana dosa dihapuskan adalah lewat Kitab Suci Allah. Dikatakan, “setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:15).

      Firman Allah ini sangat jelas sekali. Setiap orang yang kepada Isa Al-Masih dan bersedia menerima Isa sebagai Juruselamat, maka Isa sudah “memateraikan” orang itu sebagai bagian dari sorga.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    obama

    |

    ~
    Buat umat Kristen semua.

    Dalam Islam ajaran Isa Al-Masih semasa hidup sama dengan Islam. Tapi 300 setelah diangkat ke sorga ajaran Isa Al-Masih dirusak oleh Romawi (Roma). Roma mendoktrin Yesus sebagai Tuhan dengan andalan ayat Injil yang bisa menghidupkan orang mati, padahal Musa punya mukjizat membelah laut yang tidak dimiliki Isa Al-Masih, tapi tidak dianggap Tuhan oleh umatnya.

    Umat Kristen bilang Yesus dan Allah satu. Nah yang ciptakan dan mengatur matahari siapa? Yesus duduk sebelah kanan Bapa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kitab Suci Injil memang menuliskan salah satu mujizat Isa Al-Masih adalah menghidupkan orang mati. Tapi, ini bukan satu-satunya bukti dalam Injil soal ke-Ilahian Isa Al-Masih.

      Hal lain yang ditulis Kitab Suci Injil tentang Isa Al-Masih adalah kuasa-Nya dalam hal mengampuni dosa seseorang. Menurut Sdr. Obama, adakah manusia yang berkuasa mengampuni dosa sesamanya?

      Anda sangat keliru sekali bila mengatakan Yesus “diangkat” sebagai Tuhan. Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa Yesus adalah Tuhan sejak dalam kekekalan. Jauh sebelum dunia diciptakan.

      Seperti pesan saya sebelumnya, bila Anda ingin belajar secara benar soal siapakah Isa Al-Masih, Anda dapat menghubungi saya lewat email saodah@idionline.info. Kita bisa sama-sama belajar tentang Pribadi Isa Al-Masih yang sebenarnya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ladygaga

    |

    ~
    Islam dan Kristen Tuhannya beda. Tuhan Kristen butuh mati dulu 300 tahun kemudian baru diangkat jadi Tuhan (Roma). Tuhan orang Islam yaitu yang ciptakan diri kita juga Adam dan Hawa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya setuju dengan Sdr. Ladygaga, bahwa Tuhan orang Kristen berbeda dengan Tuhan orang Islam.

      Tuhan umat Kristen bersifat pribadi, memiliki hubungan, dan dapat dikenal. Kitab Suci Allah memerintahkan umat Kristen untuk mengenal Dia. Bukan sekedar mengikuti atau menaati saja.

      Memang benar Yesus wafat disalib. Inilah bukti kasih Tuhan umat Kristen bagi umat-Nya. Kematian-Nya disalib guna mengatasi semua masalah dosa. Agar umat-Nya dapat diperdamaikan dengan Allah, dan mengembalikan hubungan itu.

      Bagaimana dengan Tuhan umat Islam? Allah dalam Al-Quran tidak pernah mengatakan bahwa Anda dapat mengenal dia, karena dia tidak bersifat pribadi dan tidak memiliki hubungan. Ia terlalu jauh.

      Untuk selengkapnya, Sdr. Ladygaga dapat melihat penjelasan pada video ini: http://tinyurl.com/h28z8pt.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Fahry

    |

    ~
    Al-Quran Surah Al-Maidah 72, “Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sering umat Islam berkata bahwa Kitab Suci umat Kristen itu membingungkan. Saling berkontradiksi. Ayat ini berkata A, di ayat lain beda lain. Walau pada kenyataanya, ayat tersebut tidak saling berkontradiksi, melainkan saling melengkapi.

      Bagaimana dengan Al-Quran? Menurut kami, justru Al-Quran yang lebih tidak konsisten. Misalnya: ayat yang Sdr. Fahry kutip di atas mengatakan Isa Al-Masih bukan Tuhan. Orang yang menyebut Isa sebagai Tuhan, adalah kafir dan tidak layak masuk sorga.

      Pada saat yang bersamaan, Al-Quran setuju bahwa: Isa Al-Masih suci, Hakim atas seluruh umat manusia, dan Isa adalah Kalimat Allah. Semua pernyataan ini merujuk bahwa Isa Al-Masih bukan manusia biasa yang kebetulan diangkat nabi seperti Nabi Islam.

      Jadi, siapakah sebenarnya Isa Al-Masih itu sehingga Ia mempunyai kuasa yang sama dengan Allah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yurie

    |

    ~
    Saya mau tanya sama Admin dan umat Kristen.

    Allah telah turun ke dunia dengan wujud manusia dengan nama Yesus. Lalu apa gunanya pesuruh Allah berupa malaikat, padahal malaikat itu lebih setia dari manusia.

    Jadi malaikat tidak dapat kerja lagi, karena kerjanya sudah Allah sendiri yang melakukannya. Lalu yang memberi makan ikan di laut dan cacing dalam tanah siapa. Apakah Tuhan itu mengurus manusia saja? Karena Allah sudadah jadi manusia yang siap disalib.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Yurie,

      Malaikat hanya pesuruh Allah. Tidak lebih dari itu. Setiap hal yang dilakukan malaikat, semua atas perintah Allah. Malaikat tidak berkuasa melakukan hal-hal yang hanya Allah saja berkuasa melakukannya.

      Bagaimana dengan Isa Al-Masih yang notabene adalah jelmaan Allah? Jelas berbeda! Tujuan Allah datang ke dunia dalam wujud manusia yang dikenal dengan nama Isa Al-Masih/Yesus Kristus, adalah untuk membawa anugerah keselamatan bagi manusia berdosa, melalui kematian-Nya di salib. Inilah bukti kasih Allah yang sulit dimengerti oleh umat beragama, termasuk umat Islam.

      Umat beragama cenderung bersandar pada kekuatannya sendiri untuk menguasahakan keselamatannya. Sehingga, mereka berkata “mustahil Allah begini, mustahil Allah begitu.” Pada hal, firman Allah dengan sangat jelas berkata bahwa keselamatan itu adalah anugerah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    penyimak

    |

    ~
    Islam itu pemberi peringatan terhadap penyelewengan ajaran monoteisme. Islam itu mengabarkar tentang perkara yang kecil sampai yang besar. Ajaran Islam itu mengatur kehidupan dunia sesuai dengan perintah dan kemauan Allah Swt dalam hal ini ajaran yang haq (benar) itu telah diselewengkan sebelum Nabi Muhammad. Ada saksi sejarah dari dulu hingga kini yaitu alquds dulu Yerusalem. Jadi Tuhan tidak harus mati untuk berkorban.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Penyimak,

      Terimakasih untuk penjelasan Anda di atas. Dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video di atas, menurut Anda siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya? Kiranya Anda tidak keberatan untuk memberi sedikit penjelasan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rey

    |

    ~
    Bila Anda berfikir Allah berbuat sesuai dengan logika Anda, maka tidak ada bedanya Anda dengan Allah Anda itu. Bila Anda mau siapa Yesus dengan ketritunggalan-Nya sebaikknya Anda pergi ke kamar dahulu minta supaya Allah menuntunmu dalam mempelajarinya. Baca dalam Injil Perjanjian Baru.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Firman Allah berkata, “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu” (Kitab Nabi Besar Yesaya 55:8-9).

      Sering umat beragama berharap Allah hanya dapat melakukan hal-hal yang dapat dimengerti oleh logika mereka. Ketika Allah melakukan hal yang di luar logika, maka mereka akan berkata, mustahil Allah seperti itu.

      Mereka lupa bahwa Allah itu maha besar dan maha berkuasa. Jalan-Nya, rancangan-Nya, jauh dari pikiran manusia.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    penyimak

    |

    ~
    Sdr. Rey,

    Umpamanya saya seorang Kristen. Tuhan itu turun ke dunia berkorban dalam wujud manusia untuk penebus dosa segala dosa. Logikanya untuk apa hidup di dunia ini lagi, dosa sudah ditebus. Langsung saja Tuhan ganti dunia ini dengan sorga. Jadi tidak perlu repot-repot kalau dosa memang sudah ditebus. Apa artinya dunia ini, toh dosa sudah ada yang menanggung.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Penyimak,

      Itulah perbedaan kehendak manusia dengan kehendak Allah. Manusia cenderung egois dan memikirkan kepentingannya sendiri. Sedangkan Allah, Ia adalah Tuhan yang maha kasih, yang tidak ingin umat-Nya binasa di neraka jahanam akibat dosa-dosa mereka.

      Memang Tuhan sudah datang ke dunia dan wafat disalib, untuk menanggung akibat dosa yang seharusnya kita tanggung. Tapi, apakah semua manusia mau menerima anugerah itu? Tidak! Bahkan umat beragama dengan sombongnya berkata “saya mampu mengusahakan sendiri keselamatan saya.”

      Allah tahu betul manusia tidak sanggup untuk melakukannya. Itulah sebabnya Allah selalu memberi kesempatan bagi kita, agar kita bertobat dari kesembongan dan mau menerima anugerah yang Tuhan tawarkan.

      “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (Injil, Surat Roma 6:23).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hasibuan

    |

    ~
    Kalau saya orang yang pertama mengakui Yesus itu Sang Penebus dosa saat ini dan akan datang. Lalu satu jam kemudian saya meninggal. Bagaimana dengan jaminan sorganya menurut Injil (bukan menurut asumsi Anda). Dan bagaimana kalau sorga batal didapat, apakah tidak akan menyesal?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mungkin pertanyaan yang sama dapat kami ajukan. Bagaimana bila ternyata dosa Anda jauh lebih besar daripada pahala Anda? Bukankah Anda akan menyesal selamanya di neraka?

      Saat Yesus disalib, di sampingnya juga disalib dua orang penjahat. Yang seorang menghujat Yesus, tapi yang seorang lagi berkata, “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus” (Injil, Rasul Lukas 23:39-43).

      Di sisa hidupnya (mungkin tidak sampai satu jam) penjahat itu menerima Yesus sebagai Juruselamatnya. Dan Yesus memberi jaminan bahwa orang itu akan bersama-sama dengan Yesus di firdaus/sorga.

      Artinya, seseorang yang menerima Yesus sebagai Juruselamat, Yesus berkata, orang itu tidak akan binasa di neraka.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rey

    |

    ~
    Jujur saja, saya percaya kepada-Nya karena saya merasakan Dia ada. Bukan karena logika Anda atua logika siapa pun. Tetapi saat saya memohon dan menyembah-Nya, saya merasakan kehadiran-Nya. Dan ajaran Tuhan Yesus menyejukkan hati, Dia tidak pernah mengajarkan untuk menyakiti orang lain, tetapi mengasihi.

    Ya intinya kasih, sama seperti orang yang menghujat-Nya, semasa hidup di dunia Dia sudah merasakan bahkan yang lebih pahit. Tetapi Dia tetap mengampuni mereka. Sungguh indah kasih Yesus. Salam sejahtera.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Inti dari ajaranYesus adalah kasih. Firman Allah menuliskan, “Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing” (Injil, Surat 1 Korintus 13:1).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ucok

    |

    ~
    Yohanes 3:16 di atas sangat jelas diterapkan dalam Islam sendiri bukan umat Kristen yang menjalankan Yohanes 3:16 tersebut.

    Kenapa ? Karena Islam menjalankan apa yang diperintahkan Yesus dan percaya Yesus itu hanya diutus untuk mengkabarkan berita dari Allah Swt kepada manusia dan diakui juga oleh ibunya (Ibunya tidak memanggil Yesus Tuhan Allah kepada Yesus).

    Yesus berkata kepada kaumnya sembahlah Allah, Allah aku dan Allah kamu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Ucok,

      Agar lebih jelas, di sini saya kutip isi ayat dari Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

      Ayat ini tidak ditujukan, baik kepada orang Kristen ataupun orang Islam. Ayat ini ditujukan kepada semua umat manusia. Agar barangsiapa yang percaya: Yesus adalah Kalimat Allah, menerima Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat, maka orang itu tidak binasa di neraka. Tetapi akan mempunyai hidup kekal di sorga selamanya.

      Pertanyaan saya, apakah Sdr. Ucok sudah menerima Yesus sebagai Juruselamat Anda? Kalau belum, tidak salah bila Anda mulai memikirkannya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    EMRE

    |

    ~
    Saya umat Katolik, saya sendiri begitu yakin bahwa Yesus itu bukan Tuhan Allah. Karena begitu banyak pembuktian di Alkitab yang menyatakan Yesus bukan Tuhan Allah. Jika menyebut Yesus, utusan Allah/Putra Allah itu benar, tapi Yesus bukan Tuhan Allah.

    Coba dibaca berulang sampai mengerti Matius 4:1-10 (ketika Yesus berpuasa) Itu hanya satu contoh Yesus menyerukan kepada kita untuk menyembah Tuhan, karena Yesus anak Tuhan / utusan Tuhan (bukan Tuhan).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Emre,

      Bila memang benar Anda seorang Khatolik, saran saya, temuilah Pastor di gereja tempat Anda berjemaat. Mintalah Pastor Anda menjelaskan tentang Pribadi Yesus yang sebenarnya menurut Alkitab.

      Atau, Anda dapat berdiskusi dengan saya lewat email untuk membahas hal ini. Alamat email saya Saodah@idionline.info.

      Sangat disayangkan sekali, Anda mengaku sebagai seorang Khatolik, tapi dasar dari iman Anda sendiri Anda tidak paham.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    widodo

    |

    ~
    Yth. Bpk/Ibu Admin yang kami cintai,

    Jika Anda benar-benar ingin mencari Alloh maka bukalah pintu hati Anda. Jangan biarkan belenggu keangkuhan dan kesombongan tanpa akal Anda menjadikan Anda seorang yang hina di hadapan Alloh.

    Sesungguhnya dosa yang paling besar di muka bumi ini adalah menjadikan selain Alloh sebagai tempat untuk menyembah dan meminta pertolongan. maka bersegeralah Anda bertobat. Semoga Alloh memberikan Anda hidayah secepatnya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Widodo yang kami hormati, terimakasih untuk nasehat Anda. Kami sungguh menghargainya.

      Ketika kami mau menerima anugerah keselamatan yang Allah berikan lewat Isa Al-Masih, itulah bukti kerendahan hati kami. Kami yakin bahwa kami tidak akan dapat mengusahakan sendiri keselamatan kami. Adalah sangat sombong bila kami menolak anguerah tersebut dan berkata “kami dapat mengusahakannya sendiri.”

      “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Injil, Surat Efesus 2:8-9).

      Jadi, menurut Sdr. Widodo siapakah sebenarnya yang angkuh dan sombong? Apakah mereka yang mau menerima anugerah/pertolongan Allah, atau mereka yang menolaknya karena merasa mampu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Aryo

    |

    ~
    Untuk umat Kristiani. Jujur saya masih kurang dalam isi Alkitab.

    Jadi begini. Alasan Yesus disalib kenapa, dan mengapa Yesus bisa disalib atau ditangkap untuk disalib. Sedangkan kesalahan Yesus tidak ditunjukkan.

    Maaf, saya hanya ingin buka wawasan ke Kristenan saya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Aryo,

      Apakah Anda seorang Kristen? Dari komentar Anda di atas, sepertinya Anda seorang Kristen. Bila memang benar Anda seorang Kristen, saran saya kiranya Anda dapat meluangkan waktu untuk membaca Alkitab. Bacalah secara sistematis mulai dari Kitab Injil Matius hingga selesai. Maka di sana Anda akan menemukan jawaban untuk semua pertanyaan Anda di atas.

      Saran saya, sebelum Anda mulai membaca Alkitab, berdoalah kepada Tuhan. Mintalah Roh Kudus memberi hikmat dan pengertian bagi Anda, sehingga dengan pertolongan Roh Kudus Anda dapat memahami setiap firman yang Anda baca.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Tjahjat

    |

    ~
    Semua nabi sebelum Nabi Muhammad Saw adalah Islam yang asal kata dari kata Assalam, artinya keselamatan. Jadi nabi mana yang tidak mengajarkan keselamatan dunia akhirat?

    Tidak mudah metafsirkan Al-Quraan dalam bahasa Indonesia, hal itu bukan menandakan isi ayat kandungan yang sebenarnya (baca surat 75 Al-qiyamah 18 dan 19). Tidak mudah menafsirkan karena harus ada metoda disiplin, keilmuan serta struktur Al-Quran yang harus dipahami sesuai ruang waktu dan gerak Al-Quran bersifat dinamis hidup hingga akhir zaman.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya setuju dengan pendapat Anda bahwa semua nabi mengajarakan keselamatan dunia akhirat. Ingat, mereka hanya ‘mengajarkan’ saja. Mereka ‘bukan’ keselamatan itu.

      Berbeda dengan Isa Al-Masih. Dia bukan hanya ‘mengajarakan’ tapi sekaligus Dia adalah ‘Jalan keselamatan’ itu.

      Perhatikan perkataan Isa berikut ini, “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:12).

      Semoga Sdr. Tjahjat dapat melihat perbedaanya. Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang Isa, kita dapat mendiskusikannya lewat email. Silakan menghubungi saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Iip Saifullah

    |

    ~
    Bismillahi Rahmaanirrahiiim,

    Bisakah dijelaskan:
    1. Tentang “Injil” dimaksud, kemudian hubungannya dengan Nabi Isa Alaihi Salam.

    2. Apakah Al-Quran dimaksud adalah Al-Quran yang disampaikan oleh Muhammad.

    Terimakasih, selamat belajar beragama dan mengenal Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Iip Saifullah,

      Terimakasih untuk pertanyaannya. Injil adalah Kabar Baik dari Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah. Isa Al-Masih adalah “Kabar Baik” yang terdapat dalam Injil itu sendiri. Maka, setiap orang yang percaya pada Isa Al-Masih, akan diselamatkan.

      “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia [Isa Al-Masih], sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injil, Kitab Para Rasul 4:12).

      Benar, Al-Quran yang dimaksud adalah Al-Quran yang disampaikan oleh Muhammad. Sebaiknya Anda dapat memperhatikan video tersebut dan membuka ayat-ayat yang tercantum di sana.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Jalan lurus

    |

    ~
    Saya mau tanya, sebelum ada Nabi Isa, siapa yang menciptakan alam semesta ini? Apa terjadi dengan sendirinya?

    Kalau Anda mau baca kitab Injil yang mendekati kebenaran, cobalah baca injil Barnabas yang masih asli. Agar Anda tidak ngotot dengan cara berpikir Anda yang tidak masuk akal.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Jalan Lurus,

      Tentu alam semesta ini diciptakan oleh Tuhan Pencipta alam semesta. Dan Isa Al-Masih, Kitab Suci Allah mengatakan bahwa jauh sebelum Ia datang ke dunia, Ia ada dalam kekekalan. Artinya, Isa itu kekal adanya.

      Menurut Sdr. Jalan Lurus, siapakah yang berhak mempunyai sifat “kekal” itu?

      Umat Muslim memang umumnya meyakini injil Barnabas sebagai injil yang masih asli. Tapi tahukah Anda bahwa injil ini justru banyak isinya bertentangan dengan Al-Quran?

      Agar Anda tidak salah mengerti tentang injil Barnabas, saran saya, kiranya Anda dapat meluangkan waktu untuk melihat video ini: http://tinyurl.com/hfrvtos. Video singkat yang menjelaskan tentang injil Barnabas.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Nitan

    |

    ~
    Satu hal yang dilupakan oleh tokoh dalam video itu. Injil yang ada sekarang sudah dipastikan isinya sudah mengalami banyak perubahan. Sudah dipastikan ditambah-tambah oleh penulisnya. Bagaimana kita bisa merujuk tentang iman pada sesuatu yang tidak asli yang isinya dibuat oleh manusia?

    Berbeda dengan Al-Quran yang tidak mengalami perubahan dari dulu sampai sekarang. Tidak ada satu manusiapun yang bisa membuat sepertinya, karena Al-Quran memang dari Allah swt. Kitab yang sahih seperti inilah yang bisa dijadikan rujukan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      “Injil yang sekarang sudah palsu!” Inilah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh teman-teman Muslim.

      “Mana buktinya bila Injil sudah palsu”? Sayangnya, umat Muslim tidak dapat menjawab pertanyaan ini dengan fakta-fakta pendukung.

      Salah satu ayat Al-Quran menuliskan, “Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Qs 5:46).

      Bila benar Injil sudah palsu, bagaimana mungkin Al-Quran akan berkata bahwa “petunjuk dan cahaya Allah” terdapat dalam Injil?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    obama

    |

    ~
    Prisip Islam dari dulu, Tuhan itu Allah saja dan sekarang harus Allah juga. Contoh dulunya bernama meja sekarana juga meja. Dulu namanya mobil sekarang juga mobil.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Obama,

      Prinsip sangat baik apabila berdasarkan kebenaran yang sesungguhnya. Allah tidak berubah dari dulu hingga sekarang.

      “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan’’ (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1-3).

      Kebenarannya bahwa segala sesuatu Allah jadikan melalui Firman (Isa Al-Masih).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ucok

    |

    ~
    Terimakasih atas jawaban admin atas komen saya tentang Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16 di atas. Dalam hal ini Yesus bukan Tuhan Allah, tapi Putra Allah dalam konteks ayat tersebut, Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sama-sama Sdr. Ucok,

      Benar yang Anda katakan. Dalam konteks ayat tersebut, Isa Al-Masih adalah “Anak Allah” yang datang ke dunia untuk menyelesaikan manusia berdosa. Termasuk saya dan Sdr. Ucok.

      Nah, apakah Sdr. Ucok bersedia menerima anugerah keselamatan yang dibawa oleh Isa Al-Masih itu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    David

    |

    ~
    Terimakasih atas penjelasanya. Saya sudah membaca semua dengan seksama. Timbul pertanyaan: Arti dari nama Isa Al-Masih itu apa? Dan kenapa Dia dipanggil menurut Al-Quran, Isa Al-Masih?

    Saya membaca perdebatan yang lari dari jalurnya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Nama lain untuk Yesus ialah Isa. Gelar Al-Masih berasal dari bahasa Ibrani yang artinya adalah “yang diurapi.” Sedangkan “Kristus” merupakan terjemahan “yang di-urapi” ke dalam bahasa Yunani. Dengan demikian, baik Isa Al-Masih maupun Yesus Kristus artinya adalah “yang diurapi”.

      Mengapa pakai nama “Isa Al-Masih” dan bukan “Yesus Kristus”? Sebenarnya tidak ada alasan tertentu. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan di atas, baik Isa Al-Masih ataupun Yesus Kristus artinya sama.

      Maaf bila topik diskusi yang dibahas terkadang menyimpang dari topik artikel. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin agar semua komentar tidak keluar topik. Walau memang, hal tersebut tidak dapat dilakukan sepenuhnya. Karena ada saja komentar-komentar yang lari dari topik.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    robi

    |

    ~
    Kalau Yesus Alfa dan Omega, yang pertama. Lalu Maryam yang melahirkan Yesus nomor urut berapa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebelum kami menjawab pertanyaan Anda, perhatikanlah kutipan ayat Kitab Suci Injil berikut, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita . . .” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:1; 14).

      Menurut ayat di atas, Isa Al-Masih/Yesus Kristus sebelum datang ke dunia dalam wujud manusia, Ia adalah Firman Allah. Ia ada bersama-sama dengan Allah. Ia adalah Allah itu sendiri. Karena Allah kekal, maka Isa juga kekal adanya. Karena Allah tidak berpermulaan, demikian juga Isa adalah Alfa dan Omega.

      Selanjutnya dikatakan Firman itu menjadi manusia. Dengan cara apakah Firman itu menjadi manusia dan datang ke dunia? Caranya, ya dilahirkan. Dan yang melahirkan adalah Maryam. Dan ketika Firman itu menjelma menjadi manusia, Ia dipanggil dengan sebutan Isa Al-Masih atau Yesus Kristus.

      Mungkin penjelasan dalam video ini dapat menolong Anda http://tinyurl.com/z4thecd.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Marhaban

    |

    ~
    Wahai saudara sekalian. Cukuplah orang-orang terdahulu yang telah berselisih paham. Isa Al-Masih hanyalah seorang nabi yang tertera dalam Alkitab.

    Sebelum Allah Sang Khalid menjadikan manusia, telah dijadikan alam semesta ini sekalian. Maka terbuktilah Tuhan Allah telah memberikan mukjizat kepada para nabi sebagai bukti kenabiannya. Mujizat Nabi Isa Al-Masih menyembuhkan orang buta dengan meminta izin Allah, menghidupkankan orang mati meminta izin Allah. Sampai kepada Nabi Muhammad, Isa Al-Masih adalah nabi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Marhaban,

      Ada dua hal yang ingin kami koreksi dari penjelasan Anda di atas:

      1) Ketika Isa Al-Masih melakukan mujizat-mujizat-Nya, Ia melakukannya dengan kuasa-Nya sendiri. Anda dapat membaca Kitab Suci Injil, untuk membuktikan hal ini.

      2) Bila Anda membaca Alkitab, maka Anda akan mengetahui bahwa Isa Al-Masih lebih dari sekedar nabi. Alkitab berkata Isa berkuasa mengampuni dosa. Alkitab berkata Isa satu-satunya “Jalan” menuju sorga. Artinya, hanya Isa yang dapat memberi Anda jaminan sorga. Apakah nabi lain dapat melakukan hal itu? Jelas tidak! Mengapa? Sebab Isa Al-Masih dan Allah adalah satu.

      “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injil, Kisah Para Rasul 4:12).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    M yusuf

    |

    ~
    Siapa yg membukukan Kitab Injil tersebut? Isa Al-Masih, Yesus, Kristus, atau Paulus?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Yang membukukan Kitab Injil bukan Isa Al-Masih, Yesus Kristus, ataupun Paulus. Kitab Injil dibukukan oleh murid-murid Isa yang hidup bersama-sama dengan Isa semasa Ia tinggal di dunia.

      Lebih jelasnya, silahkan Anda membaca penjelasan kami di artikel ini: http://tinyurl.com/cwt5kny.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Arie wiyoko

    |

    ~
    Isa itu yang lahir di kandang domba Lukas 2:9 atau lahir di bawah pohon Kurma Maryam 23?

    Maryam 28, Muhammad salah ucap. Jadi salah tulis Zaid bin Tsbait Ali bin Abi Talib Muawiyah bin Abu Sufyan dan Ubay bin Kaab.

    Ali Imran 3, Al-Quran membenarkan kitab sebelumnya juga Taurat dan Injil. Mana kitab Injil itu? Bisa buktikan dan tunjukkan karena Alkitab kitab revisi? Pasti yang benar di Al-Quran.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Arie,

      Injil Lukas ditulis oleh orang yang hidup di era Isa Al-Masih. Sedangkan Al-Quran ditulis sekitar 600 tahun setelah Isa Al-Masih diangkat ke sorga.

      Jadi menurut Anda, manakah dari kedua kitab tersebut yang bisa dianggap valid? Apakah yang ditulis oleh saksi mata, atau setelah ratusan tahun kemudian?

      Anda mengatakan: Maryam 28, Muhammad salah ucap. Lantas Anda juga mengatakan Al-Quran yang benar. Bagaimana mungkin Al-Quran dapat dikatakan benar, bila nabinya saja salah ucap sehingga ada kesalahan penulisan?

      Kitab Suci Allah mengajarkan bahwa Allah itu maha sempurna. Maka sempurnalah setiap perkataan-Nya. Firman Allah berkata, “Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya” (Kitab Nabi Yesaya 40:8).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Farid

    |

    ~
    To Saudara Saodah,

    Terbukti dalam balasan Anda terhadap komentar yang saya berikan. Anda menganggap Muhammad bukan roh. Berani sekali Anda menyatakan hal tersebut tanpa ilmu.

    Roh (bahasa Arab: روح, ruuh) adalah unsur non-materi yang ada dalam jasad yang diciptakan Tuhan sebagai penyebab adanya kehidupan. Bisa Anda cari atau lebih memahami kembali kata-kata sehingga Anda tidak menyatakan sesuatu tanpa berpikir. Mohon pengertian dan kepahamannya jika Anda manusia berakal.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf bila Anda tidak berkenan dengan jawaban saya yang mengatakan bahwa Muhammad bukan roh. Karena memang demikianlah adanya. Muhammad adalah manusia, bukan roh!

      Menurut Kamus Bahasa Indonesia:
      Roh adalah: sesuatu yang hidup, yang tidak berbadan jasmani, yang berakal budi, dan berperasaan (seperti malaikat, setan).
      Manusia adalah: Mahkluk yang berkal budi; insani; berbadan jasmani, dapat disentuh.

      Dari pengertian “roh” dan “manusia” di atas. Kategori manakah Muhammad? Apakah “roh” atau “manusia”?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Harun

    |

    ~
    Pemahaman yang rancu dan tidak masuk akal. Bagaimana mungkin Tuhan itu menghinakan diri-Nya dengan cara disalib oleh orang Yahudi.

    Dan bagaimana mungkin Tuhan itu memelihara dunia ini jika ada Tuhan Bapa dan Tuhan Anak. Jadi kalau Dia bertengkar, apa jadinya urusan di dunia ini.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Memang benar yang Anda katakan. Sifat Allah itu kadang tidak masuk akal. Menurut saya, itulah kebesaran kuasa Allah. Bila Anda dapat memahami sifat Allah secara sempurna dengan logika Anda yang terbatas, artinya Allah itu tidak sempurna alias hanya sebatas logika Anda.

      Seorang wanita Muslimah NU memberi pernyataan menarik tentang bagaimana umat Muslim memahami pribadi Isa Al-Masih. Menurut saya pernyataan tersebut sungguh berani dan sangat menarik. Tidak salah bila Anda meluangkan waktu untuk membaca pernyataannya itu. Anda dapat membacanya di sini: http://tinyurl.com/gtsh9z2.

      Saya percaya, setelah Anda membaca pernyataannya, perspective Anda tentang Isa Al-Masih akan berubah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    M yusuf

    |

    ~
    Seperti itu yah Sdr Saodah,

    Apakah ayat Alkitab semua murni wahyu allah. Saya baca Alkitab yang dulu sama yang sekarang kok beda yah. Kalo murni wahyu Allah itu pasti sama. Tidak akan ada yang beda, yang dulu sama yang sekarang.

    Dan saya masih keliru tentang Tuhan umat Kristen. Sesungguhnya Tuhan Anda itu siapa? Allah? Yesus? Roh Kudus?

    Saya baca juga Alkitab tidak ada tertera Yesus itu Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. M Yusuf,

      Bila Anda benar-benar ingin mengetahui kebenaran Alkitab, mari kita diskusi secara pribadi lewat email agar kita dapat membahas secara lebih rinci. Mengingat di forum ini tempatnya sangat terbatas sekali.

      Silakan menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info. Saya akan menjelaskan semua pertanyaaan Anda di atas secara rinci. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Farid

    |

    ~
    To Sdr Saodah,

    Semua manusia ialah jasad yang terdapat ruh di dalamnya. Dan sesungguhnya Al-Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. Dia dibawa oleh Ar Ruh Al –Amin (Jibril). Ruhul Awwal yang bermaksud nyawa atau sukma bagi tubuh manusia. Sebagaimana firman Allah dalam surah (As-Sajdah: 9) Al-Quran tidak diturunkan begitu saja, melainkan melalui perantara malaikat jibril kepada Nabi Muhammad yang kemudian menjadi kabar baik bagi orang yang melakukan kebaikan serta mengikuti ajaran Nabi Muhammad.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Farid,

      Setelah membaca komentar Anda di atas, kiranya Anda dapat memberi tanggapan untuk pertanyaaan saya berikut ini:

      Bilamanakah Al-Quran berkata bahwa roh yang menemui Muhammad di gua Hira adalah Jibril? Karena setahu saya, ketika ruh itu menemui Muhammad, ia tidak pernah sama sekali memperkenalkan siapa dirinya. Bahkan dikatakan Muhammad sangat ketakutan.

      Bandingkanlah ketika malaikat Allah bertemu dengan Zakaria, ayahnya dari Nabi Yahya. “Jawab malaikat itu kepadanya: “Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu” (Injil, Rasul Lukas 1:19).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Jo

    |

    ~
    Dalam agama Islam, Tuhan itu satu, kekal. Tuhan itu Allah swt bukan Yesus yang mati di salib. Tapi Allahlah yang menciptakan lagit bumi beserta isinya termasuk Yesus.

    Yesus dalam Islam itu nabi Isa putra Maryam, dilahirkan dari rahim seorang wanita manusia ciptaan Allah swt. Dan tidak menutup kemungkinan jika Yesus atau Isa itu ciptaan Allah swt. Namun yang membuat umat Kristen percaya kalau Tuhan itu Allah, karena lahir tanpa ayah, dapat menghidupkan orang mati. Tapi itu semua adalah mukzizat dari Allah swt.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Bukan hanya agama Islam yang percaya bahwa Tuhan itu kekal. Orang Kristen pun mempunyai kepercayaan serupa.

      Orang Kristen mempercayai Isa Al-Masih adalah Tuhan yang menjelma sebagai manusia, bukan karena Ia dapat melakukan mujizat. Tapi lebih daripada itu, Isa sendiri yang mengatakan bahwa Ia adalah Tuhan.

      Isa berkata, “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13). Sebagaimana Anda berkata Tuha itu kekal, demikian juga Isa Al-Masih berkata bahwa Ia kekal adanya.

      Maka, tidaklah salah bila orang Kristen percaya Isa itu Tuhan. Karena Ia kekal sama halnya Tuhan pun kekal.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Agus

    |

    ~
    Dengan akal, menurut saya. Kalau Yesus disebut Tuhan karena Ia dilahirkan ke dunia tanpa bapak, bagaimana dengan Adam. Ia lahir ke dunia tanpa bapak dan ibu. Mungkin Adam yang lebih afdol untuk jadi Tuhan.

    Mungkin umat yang meyakini bahwa Yesus itu Tuhan, saya rasa salah memaknai apa itu mukjizat.
    Semua itu ciptaan Allah SWT tidak ada yang mustahil.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sayangnya, umat Kristen mengimani Yesus sebagai Tuhan bukan karena Ia lahir tanpa bapak. Semua hal tentang Yesus tertulis dalam Alkitab. Baik tentang ke-Ilahian-Nya maupun sifat kemanusiaan-Nya. Hal itulah yang menjadi alasan bagi umat Kristen mengimani bahwa benar Yesus itu adalah Tuhan.

      Sedangkan soal mujizat-mujizat yang dilakukan Yesus, adalah bukti dari ke-Ilahian-Nya. Bukan semata-mata menjadi alasan untuk menuhankan Dia.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hamba Allah

    |

    ~
    Qs 3: 55 “Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepadaKu serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Hamba Allah untuk kutipan ayat di atas. Jika tidak keberatan, dapatkah Anda menjelaskan bagaimana pandangan Anda soal ayat tersebut?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    MARTIN

    |

    ~
    Ini sangat bagus, tapi sayang saudara admin hanya memberikan ayat yang setengah-setengah.

    Islam menghormati Nabi Isa sebagai nabi dan rasul bukan sebagai Tuhan. Nabi Isa sama seperti nabi-nabi yang lain. Nabi Isa lahir tanpa ayah, tapi Nabi Adam tanpa ibu dan bapak. Dia langsung dari Tuhan.

    Dalam Islam tidak meyakini dosa bawaan. Kita hanya menanggung dosa yang kita perbuat. Logikanya dosa-dosa eyang buyut kita mau kita tanggung padahal keturunanya tidak melakukan dosa yang diperbuatnya. Salam damai.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Martin atas apresiasi Anda terhadap situs kami. Memang, kami akui kadang kami mengutip tidak penuh. Tapi bukan berarti kami menghilangkan makna dari ayat tersebut.

      Dalam beberapa hal, Isa Al-Masih memang sama dengan nabi-nabi lain. Tapi, ada hal-hal dimana Isa berkuasa sedangkan nabi-nabi lain tidak. Misalnya dalam hal mengampuni dosa. Hanya Isa yang berkuasa melakukannya.

      “Lalu Ia [Isa] berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni” (Injil, Rasul Lukas 7:48)

      Tentang dosa bawaan, sepertinya Anda salah paham. Yang dimaksud dengan dosa bawaan bukan seperti penjelasan Anda di atas. Anda dapat membaca apa yang dimaksud dengan dosa bawaan pada artikel ini: http://tinyurl.com/6ttyaou.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hamba Alloh

    |

    ~
    Salam,

    Tolong simak kembali wahyu 21: 1-10. Tunjukan dari ayat tersebut yang menyatakan bahwa Isa Al-Masih yang menyuruh menyembah dirinya. Dan tolong tunjukan satu ayat pun di dalam Injil yang menyuruh atau berkata Isa Al-Masih untuk menyembah dirinya! Semua ayat dalam Injil menyuruh untuk menyembah Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Hamba Alloh,

      Jika memang Anda membaca ayat dalam Wahyu 21:1-10, sebenarnya Anda akan melihat jawaban dari pertanyaan Anda di atas. Silakan perhatikan ayat ke-6, dikatakan “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir.”

      Dalam Kitab Wahyu Isa Al-Masih berulang kali berkata bahwa Ia adalah Alfa dan Omega. Menurut Anda, apakah arti dari Alfa dan Omega itu? Adakah manusia yang pantas menyebut dirinya sebagai Alfa dan Omga?

      Selain dalam Kitab Wahyu, di ayat-ayat lain dalam Injil Anda akan menemukan ayat lain yang merupakan pernyataan Isa Al-Masih sendiri bahwa Ia layak disembah dan Ia tidak menolak penyembahan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hamba Alloh

    |

    ~
    Salam,

    Itulah kekuasaan Alloh yang menciptakan Isa Al-Masih terlahir dari Maryam yang suci. Jika hanya karena itu kita harus menyembah Isa Al-Masih, kenapa kita tak mennyembah Adam atau Hawa yang terlahir tanpa seorangpun ayah dan ibu. Yang artinya Adam dan Hawa jauh lebih suci dari Isa Al-Masih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anda salah besar bila berkata Adam dan Hawa jauh lebih suci daripada Isa Al-Masih. Karena faktanya dengan jelas Kitab Suci berkata bahwa Adam dan Hawa berdosa. Sedangkan Isa Al-Masih tidak pernah dikatakan berdosa sama sekali. Bahkan Al-Quran dalam Qs 19:19 menyebutkan Isa Al-Masih sebagai satu-satunya yang suci.

      Pengikut Isa Al-Masih yakin bahwa Isa Al-Masih adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia bukan karena Ia lahir tanpa ayah, tapi karena Kitab Suci Allah mengatakan bahwa Isa adalah Tuhan yang layak disembah.

      Perhatikanlah perkataan Isa berikut ini, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

      Dengan penjelasan di atas, masihkah Anda meragukan Isa Al-Masih?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    FALS

    |

    ~
    Saya mau tanya, katanya Yesus itu adalah Tuhan, lalu kapan terjadinya kiamat.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Fals,

      Yesus dalam Kitab Suci Injil tidak menyebutkan kapan kiamat akan terjadi. Ia hanya menyebutkan tanda-tanda akan terjadinya kiamat. Al-Quran pun mengatakan hal yang sama bahwa Isa Al-Masih memberi pengetahuan tentang akhir zaman.

      Mengapa Isa Al-Masih tidak mengatakan dalam Kitab Injil kapan pastinya kiamat terjadi? Bukan karena Dia tidak tahu kapan hari tersebut, tapi Isa Al-Masih ingin agar kita tetap berjaga-jaga.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Akhmad

    |

    ~
    To Admin,

    Nabi Isa disaat menghidupkan orang mati itu berdoa dulu sama Allah SWT. Dan Allah mengabulkan doa Nabi Isa.

    Esok di akhir jaman, Nabi Isa akan turun ke bumi dan membunuh dajjal, serta Nabi Isa berpidato untuk semua manusia yang mengakui Isa Itu Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Akhmad,

      Jika tidak keberatan, dapatkah Anda menuliskan ayat yang berkata bahwa Isa Al-Masih berdoa dulu sebelum Ia menghidupkan orang mati?

      Lalu, bagaimana dengan mengampuni dosa? Adakah seorang nabi berhak mengatakan “dosamu sudah diampuni” kepada seorang berdosa? Bukankah hanya Allah yang berkuasa mengampuni dosa manusia?

      Memang benar seperti yang Anda katakan. Umumnya umat Islam percaya bahwa Isa Al-Masih di akhir zaman akan datang untuk membunuh dajjal. Bahkan kadang mereka berkata, selain membunuh dajjal, Isa juga akan menghapuskan pajak dan membunuh babi.

      Maaf, menurut saya hal ini sungguh tidak masuk akal. Isa Al-Masih, Dia terkemuka di dunia dan di akhirat, masak datang ke dunia hanya untuk membunuh babi dan menghapus pajak? Apakah menurut Anda itu masuk akal?

      Jika Anda benar-benar ingin tahu apa tujuan Isa datang ke dunia pada akhir zaman, Anda dapat membaca penjelasan saya di artikel ini: http://tinyurl.com/pe365un.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    taufik

    |

    ~
    Saya kok bingung sendiri ya baca balasan admin. Dasarnya kurang kuat, cuman Alfa dan Omega saja yang disebut berkali-kali.

    Kenapa tidak berfikir bahwa setiap nabi ada masanya diturunkan di dunia. Sebelum Nabi Isa juga ada nabi lain.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Taufik,

      Pernyataan “Alfa Omega” tentang Isa Al-Masih hanyalah salah satu contoh ke-Ilahian Isa dalam Injil. Tentu selain itu, masih banyak bukti lain. Jika Anda ingin mengetahui detailnya, dapat mengemail saya di saodah@idionline.info.

      Benar yang Anda katakan. Sebelum Isa ada nabi lain. Tapi, satu hal yang perlu Anda pahami, setiap nabi yang datang setelah nabi sebelumnya, mereka selalu menggenapi apa yang disampaikan nabi sebelumnya. Bukan malah mengubah ajaran nabi sebelumnya dengan ajaran baru dan berkata “yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah datang.”

      Jika Anda membaca Kitab Suci sebelum Injil, Anda akan melihat bahwa semua Kitab tersebut saling melengkapi satu sama lain. Juga semua saling berkesinambungan.

      Bagaimana dengan Al-Quran? Anda tentu dapat melihat perbedaan ajaran Al-Quran dengan Kitab-Kitab sebelumnya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Andi

    |

    ~
    Untuk menguji diri sendiri marilah kita dengan jujur dari hati nurani untuk menjawab. Siapakah yang lebih terhormat antara Isa dan Muhamad? Pernahkah kita merasa kehadiran Allah dalam diri kita?

    Karena iman adalah milik pribadi yang akan menghantar kita menuju kepada Allah. Allah maha segala-galanya. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Iya, saya setuju dengan Anda. Kita perlu menguji iman kita dengan jujur dari hati nurani.

      Nah, menurut Sdr. Andi, siapakah yang lebih terhormat antara Isa dan Muhammad? Dan siapakah di antara keduanya yang dengan jelas berkata bahwa ia sanggup menolong umatnya dan rela berkorban demi umatnya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yono

    |

    ~
    Wajarlah kalau Nabi Muhammad diunggul-unggulkan umat Muslim. Karena nur Nabi Muhammad sudah ada sebelum Nabi Adam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Setahu saya, sesuai yang tertulis dalam Al-Quran dan juga kitab-kitab sebelumnya, mengatakan bahwa manusia pertama yang Allah ciptakan adalah Nabi Adam. Sebelum Nabi Adam, tidak seorang pun yang diciptakan Allah.

      Melihat fakta tersebut, saya jadi bingung dengan komentar Anda di atas, yang mana menurut Anda nur Muhammad ada sebelum Nabi Adam.

      Apakah ini sama artinya bahwa Muhammad itu kekal? Jika Muhammad kekal, berati dia bukan manusia. Jika Muhammad bukan manusia, jadi menurut Sdr. Andi, siapakah Muhammad itu?
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Apakah Saudara merasa ada beban berat karena dosanya? Silakan sampaikannya ke kami dan kami akan mendoakannya. isadanalquran.com/kesaksian/o…