Siapakah Isa Al-Masih

Siapakah Isa Al-Masih itu? Al-Quran dan Alkitab berbicara banyak mengenai sosok Isa Al-Masih. Walaupun kedua kitab ini tidak sepenuhnya setuju dengan yang lain, namun banyak hal yang sama. Keduanya setuju bahwa Isa Al-Masih adalah Firman Allah, suci dan tak berdosa, dan lahir dari perawan.

Marilah simak video di bawah ini.

 

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana tanggapan saudara mengenai cerita dalam video di atas?
  2. Menurut saudara, apakah yang membuat tokoh dalam cerita tersebut akhirnya memutuskan untuk menjadi pengikut Isa Al-Masih?
  3. Dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video tersebut, menurut saudara siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (736)

  • Avatar

    LIGHT

    |

    ~
    Pernyataan Injil Barnabas mendukung keyakinan Islam bahwa penyaliban Yesus tidak pernah terjadi. St Barnabas secara tradisional diidentifikasikan sebagai pendiri Gereja Siprus. Ia adalah orang Kristen pertama yang dianggap sebagai rasul bagi umat Kristen. Pengakuan itu terdapat pada bab 41 dari Kitab Barnabas yang ditemukan di Turki tersebut.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Penulis Injil Barnabas bukanlah salah satu dari pengikut Isa Al-Masih/Yesus. Injil Barnabas ditulis oleh seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol, sekitar tahun 1500. Pria ini bernama Mustafa de Arande.

      Kitab ini, selain beberapa ayatnya bertentangan dengan Al-Quran, terdapat begitu banyak kesalahan-kesalahn fatal di dalamnya. Bahkan para ahli arkeologi sepakat menyatakan bahwa injil ini adalah palsu.

      Selengkapnya tentang injil Barnabas dapat Anda baca pada artikel ini: http://tinyurl.com/psjkhyz.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Kasih damai

    |

    ~
    Intinya pengorbanan itu ada. Dalam medis pun mengorbankan organ tubuh untuk menyelamatkan nyawa seseorang marak terjadi. Baik itu diganti dengan materi maupun tidak.

    Tapi Isa Al-Masih/Yesus rela menyerahkan nyawa-Nya untuk manusia yang dari bayi sudah berdosa. Dengan kasih-Nya.

    Adakah selain Yesus yang rela mati untuk semua umat manusia? Tidak ada satupun! Bahkan Nabi Muhammad pun sebelum kematianya berharap bertemu dengan yang maha tinggi, yaitu Isa Al-Masih/Yesus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan. Manusia saja rela berkorban demi sesamanya. Terlebih lagi Tuhan Sang Pencipta, yang mana Dia adalah Pribadi yang maha kasih.

      Demikianlah firman Allah berkata, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya [Isa Al-Masih/Yesus] yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    agghy Mencintai Yesus Kristus

    |

    ~
    Yang terkasih dalam Tuhan kita Yesus kristus. Staff Isa dan Islam terberkatilah engkau karena membesarkan nama Tuhan kita Yesus Kristus lewat situs ini.

    Saya sangat senang sekali karena dari pengamatan saya. Bila saudara/i kita Muslim bertanya, staf IDI selalu menjawab dengan sopan dan mengunakan ayat Suci Firman Tuhan dari Alkitab dengan baik sekali. Karena dasar kebenaran pasti akan menjawab dengan benar dan baik pula. Sedangkan dasar yang buruk, akan menjawab dengan buruk juga. Malah berputar-putar tanpah arah tujuan yang jelas.

    Lebih aneh lagi, mereka bertanya kita menjawab dengan benar dan baik. Tapi saat kita bertanya mereka sudah kabur. Malah dijawab keluar dari topik sebenarnya. Inilah yang mereka bilang pohon yang baik menghasilkan buah yang baik. Sedangkan pohon yang buruk menghasilkan buah yang buruk pula. Amin.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Agghy untuk support dan apresiasi yang Anda berikan. Hal tersebut menjadi satu penghiburan bagi kami.

      Harapan kami, semoga lewat setiap penjelasan yang kami sampaikan di situs ini, iman Anda kepada Kristus semakin bertumbuh.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Agus

    |

    ~
    Kita umat Muslim mempunyai kriteria Tuhan yang jelas sesuai dengan surat Al-Ikhlas. Mari kita uji Nabi Isa apakah masuk kriteria tsb.

    Kriteria 1 : Tuhan tidak diperanakkan. Nabi Isa a.s. walaupun tidak mempunyai ayah tapi tetap saja beliau diperanakkan. Jadi tidak lolos kriteria.

    Kriteria 2 : Tuhan tidak ada yang menyamai/menyetarai. Nabi Isa sama seperti manusia yang lain. Dia makan, minum dll.

    Jadi jelas menurut kami umat Muslim Nabi Isa dan Nabi Muhammad saw posisinya sama sebagai Nabi Allah swt.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebelum menanggapi komentar Anda di atas, satu pertanyaan yang perlu Anda pikirkan: Apakah Tuhan sesembahan umat Kristen adalah Tuhan yang sama, yang disembah oleh umat Muslim?

      Jawabannya tidak! Jadi, Anda tidak dapat mengukur ke-Ilahian Isa Al-Masih berdasarkan dua kriteria Allah swt yang Anda sebutkan di atas.

      Ada perbedaan mendasar mengenai karakter Tuhan sesembahan Kristen dan Islam. Karakter Tuhan dalam Alkitab terdiri dari empat sifat utama. Yaitu: Bersifat pribadi, memiliki hubungan, dan dapat dikenal. Dan keempat sifat pribadi ini ada dalam Isa Al-Masih.

      Selengkapnya Anda dapat menonton video ini: http://tinyurl.com/h28z8pt.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Agus

    |

    ~
    Saya mau bertanya beberapa hal tentang Yesus sbb: Sejak kapan kalian mengimani Yesus sebagai Tuhan? (sebelum disalib? Setelah disalib? Sebelum dan sesudah disalib).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Agus,

      Umat Kristen bukanlah umat yang bodoh, yang mengimani sesuatu secara membabi buta. Sehingga menurut kami pertanyaan Anda di atas tidak sesuai untuk ditanyakan kepada orang Kristen. Karena orang Kristen mengimani bahwa Tuhan itu kekal. Artinya, tidak ada masa dimana Dia baru disebut Tuhan.

      Menjawab pertanyaan Anda di atas, kapan Yesus dianggap sebagai Tuhan? Jawabannya, sejak dari semula Dia adalah Tuhan. Sejak dalam kekekalan Yesus adalah Tuhan. Jauh sebelum dunia diciptakan Yesus adalah Tuhan. Jadi, bukan sebelum disalib atau setelah disalib bahkan sebelum dan sesudah disalib seperti yang Anda pikirkan.

      Inilah perkataan Yesus akan hal itu, “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13).

      Semoga jawaban kami ini cukup memuaskan hati Anda.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rico

    |

    ~
    Salam.

    Saya percaya Isa adalah bagian dari Allah. Saya dari Islam dan dimurtatkan agama Islam menurut ajaran Islam.

    Bagaimana saya bisa percaya Isa adalah Allah? Di ayat ini ada tertulis Yohanes 14:8-13 (TB) “Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami. Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa.”

    Yohanes 14:6-7 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”

    Tidak ada nabi lain yang berani mengatakan kata-kata seperti ini.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr Rico,

      Terimakasih untuk kesaksian Anda di atas. Semoga apa yang sudah Anda bagikan, dapat menjadi berkat bagi orang lain yang membacanya.

      Kiranya iman Anda kepada Kristus semakin bertumbuh.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rico

    |

    ~
    Beberapa hadist mengatakan lebih jauh, bahwa Isa Al-Masih adalah Hakim yang Adil. Seperti Hadist Bukhari 1090, “Sungguh-sungguh akan datang kepada kamu Isa, Putera Maryam sebagai Hakim Yang Adil” (Hadist Muslim II halaman 76).

  • Avatar

    WARMAN

    |

    ~
    Sdr.Saodah,

    Setelah saya mengamati cara Anda menjawab pertanyaan si Penulis di forum ini, saya bisa menebak bahwa Anda adalah pengikut Rasul Paulus bukan Yesus Kristus. Kenapa? Karena ayat-ayat Alkitab yang dimunculkan di forum ini adalah ayat-ayat dari lnjil PB.

    Asal Anda tahu bahwa sebahagian besar ayat-ayatnya adalah karangan Paulus yang penuh kepalsuan/ kebohongan. Berhati-hatilah. Sudahkah Anda melaksanakan semua ajaran Yesus Kristus?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk pengamatan yang Anda lakukan. Kami maklum bila Anda berkata seperti itu, karena Anda tidak tahu menahu tentang Injil Perjanjian Baru.

      Sdr. Warman, saya dan Paulus adalah pengikut Yesus Kristus. Dan setiap kutipan ayat yang saya sampaikan di sini adalah firman Allah.

      Bila Anda membaca kisah Paulus, Anda akan melihat bahwa semua hal yang disampaikan Paulus adalah memberitakan tentang kasih Yesus. Yesus sendiri yang memilih Paulus sebagai rasul-Nya untuk memberitakan Injil-Nya kepada seluruh umat manusia.

      Mungkin Anda berpikir bahwa orang Kristen adalah pengikut Paulus. Anda salah besar!

      Tidak salah bila Anda meluangkan waktu untuk mencaritahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Injil. Anda dapat memulai dengan membaca artikel ini: http://tinyurl.com/cwt5kny.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rico

    |

    ~
    Mas warman,

    Di Perjanjian Lama juga sudah dinubuatkan tentang lahirnya Sang Penebus dosa, Isa.

    Yesaya 7:13-14 “Lalu berkatalah Nabi Yesaya: “Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”

    Dan inilah yang telah digenapi Isa dalam PB. Matius 1:21-23 “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita.”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Rico,

      Terimakasih untuk dua kutipan Anda yang sudah Anda berikan. Semoga hal tersebut dapat menolong Sdr. Warman untuk mengerti, bahwa tujuan kedatangan Isa Al-Masih ke dunia dan wafat disalib, adalah untuk memberi jaminan keselamatan bagi umat Allah yang berdosa.

      Itulah sebabnya Isa telah berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Siapakah manusa sehingga dia merasa mampu mengusahakan sendiri keselamatannya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Damai Terang

    |

    ~
    Barnabas berasal dari Siprus dan bukanlah dari 12 rasul Yesus. Tidak pernah menulis Injil Barnabas. Pasal 20 menulis: Yesus dari Galilea menuju ke Nasaret naik perahu, padahal Nasaret terletak di daratan pedalaman, bukan di seberang lautan.

    Pasal 21: Merekam pengakuan setan yang merasuk ke dalam diri orang yang kerasukan adalah 6.666 setan. Bukankah angka 6.666 adalah bilangan yang sangat mengejutkan? (Jumlah ayat Al-Quran). Pasal 42,43,83,97 dan 163 bertentangan dengan QS 3:45 dan 4:171.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Umat Islam memang sering mengutip Injil Barnabas untuk menyerang iman kekristenan. Karena dalam injil tersebut terdapat nubuat tentang Muhammad sebagai nabi terakhir. Sayangnya, injil ini bukan hanya bertentangan dengan Kitab Suci Injil Allah, tapi juga bertentangan dengan Al-Quran.

      Untuk tahu lebih jauh tentang Injil Barnabas, Anda dapat melihat video ini: http://tinyurl.com/hfrvtos.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Muhamad Irsal

    |

    ~
    Assalamualaikum wr.wb,

    Yang saya tahu Nabi Isa wafat untuk menebus dosa mnusia. Tapi di Matius 15:24, Yesus berkata “Aku diutus hanya kepada domba yang hilang dari umat israel.”

    Nah sekarang bagaimana dengan nasib orang Kristen yang mempercayai Yesus sebagai jalan, kebenaran, dan hidup? Sedangkan Yesus sendiri mengatakan dia hanya datang kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

    Tapi saya tidak bisa makna untuk masuk Islam. Karena untukmu agamamu, dan untuk agamaku”
    Wassalamualaikum wr.wb.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Wassalamualaikum wr.wb,

      Memang benar dalam Matius 15:24 dikatakan seperti itu. Bahkan di Matius 10:5-6 perkataan tersebut diulang lagi.

      Bila Anda membaca kedua ayat tersebut tanpa melihat konteksnya dan ucapan lain Isa Al-Masih, maka apa yang Anda tuduhkan dapat dibenarkan. Tapi, benarkah Isa Al-Masih diutus hanya untuk bangsa Israel? Jawabannya tidak!

      Misi pertama Isa Al-Masih adalah membuat bangsa Israel mengakui-Nya sebagai Al-Masih. Mengapa bangsa Israel dan bukan bangsa lain? Anda dapat membaca jawabanya di Taurat, Kitab Kejadian pasal 17.

      Misi kedua Isa Al-Masih merupakan hal yang sangat penting. Yaitu menyerahkan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi dosa-dosa manusia. “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” (Injil, Rasul besar Matius 20:28).

      Jadi, keselamatan yang dibawah Isa Al-Masih juga berlaku bagi orang Indonesia, termasuk Sdr. Muhammad Irsal.

      Selengkapnya tentang topik tersebut dapat Anda baca di sini: http://tinyurl.com/cqvgxdo.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    AHUY

    |

    ~
    Tidak ada yang sulit bagi Tuhan untuk mengampuni dosa manusia, Tuhan tidak perlu beranak dulu, kemudian anaknya dipelihara dulu sampai dewasa, setelah dewasa kemudian dikorbankan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Seperti Anda, saya pun sempat berpikir seperti itu. Bukankah Allah maha kuasa? Dia dapat menghapus dosa dengan satu jentikan jari saja. Mengapa Dia tidak melakukannya seperti itu? Mengapa harus dengan cara yang tidak masuk akal?

      Tentu Anda setuju bila saya berkata Allah maha adil, bukan? Bila Ia hanya begitu saja mengampuni dosa tanpa menghukumnya, apakah Ia layak disebut maha adil? Karena Ia adalah Allah yang adil, maka Ia harus menghukum semua dosa.

      Sayangnya, semua manusia telah berdosa. Artinya, semua manusia harus dihukum.

      Di sisi lain Allah maha kasih. Bila Ia membiarkan semua manusia binasa di neraka karena dosa, apakah Ia layak disebut maha kasih? Jelas tidak!

      Lalu, bagaimana Allah dapat menerapkan sifat maha kasih-Nya dengan sifat maha adil-Nya tanpa bertentangan? Caranya adalah melalui pengorbanan Isa Al-Masih disalib.

      Mungkin video ini dapat menolong Anda mengerti lebih jauh. Silakan klik di sini: http://tinyurl.com/z2uj374.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    AcoEdi

    |

    ~
    Assalamualaikum ww.

    Konsep ketuhanan Islam dan Kristen berbeda. Konsep ketuhanan Islam dan Isa Al-Masih (Yesus) sama yaitu tiada Tuhan selain Allah.

    Saya mengatakan bahwa ketuhanan Kristen bertolak-belakang dengan ketuhanaan Yesus. Kalau Kristen berarti Pengikut Yesus kenapa orang Kristen makan babi, tidak bersunat, dsb?

    Saya melihat orang Kristen tidak mengikuti ajaran Yesus melainkan mengikuti ajaran Gereja. Apakah Yesus menyuruh mengikuti gereja?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Walaikumsalam Sdr. Aco Edi,

      Makan babi dan tidak disunat tidak dapat Anda jadikan sebagai tolak-ukur, benarkah ketuhanaan orang Kristen dan Yesus bertolak-belakang. Sebab, Yesus (Isa Al-Masih) tidak pernah memerintahkan pengikut-Nya harus disunat atau mengharamkan babi.

      Sebaliknya Yesus berkata, “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang” (Injil, Rasul Besar Matius 15:11).

      “Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati” (Kitab Nabi 1 Samuel 16:7).

      Sekalipun kamu disunat dan tidak makan babi, tapi hatimu penuh dengan dosa. Dari mulutmu keluar segala hal yang najis di hadapan Allah. Maka Tuhan akan tetap memalingkan wajah-Nya darimu!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    nico

    |

    ~
    Saya hanya percaya kepada Tuhan Yesus karena Dia luar biasa dalam hidupku. Ya kalau yang lain tidak ya terserah.

    Karena jika umat Muslim dan umat Kristen mau debat masalah isi kitabnya masing-masing, ya itu tidak akan pernah selesai. Yang benar itu adalah laksanakan masing-masing sesuai yang kita yakini. Bagaimana?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Nico untuk komentar yang Anda berikan.

      Sedikit hal yang perlu kami luruskan. Adapun tujuan didirikannya forum ini bukan sebagai tempat untuk berdebat. Tapi untuk berdiskusi berdasarkan bukti-bukti atau fakta yang ada. Jadi bukan hanya sekedar debat kusir tanpa kejelasan dan kebenaran.

      Berharap dengan diskusi tersebut, baik umat Kristen maupun Islam, akhirnya mengenal siapakah Isa Al-Masih (atau Yesus Kristus) itu sebenarnya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    kirana

    |

    ~
    Berdebat masalah Tuhannya masing-masing tidak ada selesainya. Tuhan hanya ada satu di dunia ini, yaitu Allah SWT. Nabi Isa hanyalah rasul-Nya, Dia diutus ke dunia hanya untuk menjelaskan tugas-tugasnya. Bukan untuk menjadi Tuhan Yesus.

    Yang disalib bukan Nabi Isa, melainkan orang lain yang menyerupai wajahnya. Nabi Isa telah diangkat ke sorga oleh Allah, karena Dia dilindungi oleh Allah. Dan tiba saatnya Dia akan turun di hari kiamat.

    Jangan sok tahu, apakah kamu ada di tempat itu pada zaman nabi disalib? Apakah kamu menyaksikannya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Allah menyerupakan Isa dengan orang lain? Bagaimana mungkin Anda berkenan menyembah Allah seperti itu? Allah yang tidak kuasa menyelamatkan satu orang umatnya, sehingga terpaksa melakukan pembohongan publik?

      Memang, kami belum ada pada zaman itu. Tapi Kitab Suci Allah sangat jelas menuliskan kejadian tersebut dan terdapat banyak saksi mata yang melihatnya. Bila benar yang disalibkan itu bukan Yesus, apakah orang lain tidak dapat mengenali mana yang asli dan mana yang palsu?

      Dan lagi, Maria, Ibu Yesus ada bersama-sama Yesus pada saat penyaliban. Menurut Sdr. Kirana, mungkinkah seorang ibu tidak mengenal anaknya sendiri?

      Sepertinya Sdr. Kirana masih perlu banyak belajar lagi soal Isa Al-Masih. Di sini saya mencantumkan satu artikel yang dapat Anda baca: http://tinyurl.com/nku48ry.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    jhony

    |

    ~
    Saya senang dengan sistem bahasan di sini. Menggunakan dalil sebagai acuan yang jelas. Jadi bagi yang ingin komentar, harusnya ikutin cara penulis. Agar tidak jadi sekedar perdebatan, tapi lebih pada pencerahan dan menguak kebenaran. Yang tidak siap atau tidak ingin tahu, sebaiknya jangan komentar.

    Secara umum saya membaca ulasan Anda, saya heran ajaran Isa bertolak-belakang dengan Muhammad ya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk apresiasi yang Anda berikan. Karena diskusi ini membicarakan soal penilaian Al-Quran dan Alkitab tentang Isa Al-Masih, maka sudah seharusnya setiap pemaparan yang kita sampaikan harus didasari bukti dari kedua kitab tersebut.

      Dari apa yang kami pelajari dalam Alkitab, Al-Quran serta hadist (karena umat Muslim juga mengimani hadist) memang benar yang Anda katakan. Dalam berbagai hal ajaran Isa Al-Masih bertolak-belakang dengan Muhammad.

      Hal tersebutlah salah satu alasan mengapa para pengikut Isa enggan menerima Al-Quran sebagai kitab penyempurna, dan Muhammad sebagai nabi penutup. Sebab, bila keduanya berasal dari sumber yang sama, mustahil akan bertentangan, bukan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hamba allah

    |

    ~
    Kenapa engkau menyembah Yesus yang telah meninggal? Lagipula itu bukan Isa Al-Masih, dia hanya kembaran dari Nabi Isa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Siapakah yang Anda maksud kembaran Nabi Isa? Selama kami mempelajari Alkitab dan Al-Quran serta sejarah Isa Al-Masih, kami tidak pernah menemukan satu penjelasan pun yang mengatakan bahwa Isa Al-Masih mempunyai kembaran.

      Yesus bukan hanya meninggal, tapi pada hari ketiga Ia bangkit dan hidup kembali. Bahkan Ia naik kembali ke sorga, ke tempat darimana Ia berasal.

      Darimana kami tahu bahwa Yesus bangkit dari kematian? Kitab Suci Allah menuliskan, “Itulah ketiga kalinya Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya sesudah Ia bangkit dari antara orang mati” (Injil, Rasul Besar Yohanes 21:14).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    umat muslim

    |

    ~
    Betul, itu bukan Nabi Isa yang asli. Isa pun Nabi Allah yang mendapatkan mukjizat dari Allah swt. Jadi tanpa Allah swt Isa tidak bisa berbuat apa-apa termasuk melakukan mujizat.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami maklum bila Anda menyangkal bahwa Yesus adalah Nabi Isa. Karena Al-Quran tidak pernah menuliskan secara jelas tentang Isa Al-Masih. Sepertinya penulis Al-Quran mengambil penjelasan tentang Isa Al-Masih dari sumber yang salah. Dan informasi yang diambil pun tidak secara utuh alias setengah-setengah.

      Tapi, bila Sdr. Umat Muslim ingin tahu lebih jelas siapa Isa Al-Masih sebenarnya, apakah Ia adalah Yesus yang asli atau tidak, Anda dapat membaca tentang Ia dalam Kitab Suci Injil.

      Kitab Suci Injil menuliskan secara jelas dan rinci tentang Yesus. Mulai dari nubuat kelahiran-Nya, hingga kematian serta kenaikan-Nya kembali ke sorga.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    bayu

    |

    ~
    Sudahlah jangan berdebat terus. Islam tidak pernah mengajarkan menyebarkan kebencian. Kristen ajaranya kasih sayang. Perdalamlah ajaran masing-masing lalu amalkanlan dalam keseharian kalian. Dan semoga samua masuk sorga.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf Sdr. Bayu. Sepertinya Anda salah paham. Forum ini fungsinya bukan untuk berdebat. Tapi untuk sama-sama belajar dan saling berbagi pengetahuan. Namun tentunya informasi yang salah perlu diperbaiki, bukan?

      Juga, bila ada pernyataan yang sepertinya sulit diterima sebagai kebenaran, perlu menyertakan bukti/fakta-fakta pendukung. Dengan demikian pernyataan yang diberikan bukan hanya klaim sepihak, tetapi kebenarannya dapat dipertanggung-jawabkan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Orang Miskin

    |

    ~
    Saya rasa patut kawan-kawan Muslim kita harus mengenal Isa Al-Masih yang sebelum, tengah dan selepas. Staff Isa, saya kagumi cara Anda sampaikan Firman Tuhan, saya percaya Tuhan menyertai Anda.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk apresiasi yang Anda berikan. Semoga ada manfaat positif yang dapat menguatkan iman kepercayaan Anda, melalui artikel-artikel dan penjelasan-penjelasan yang ada di situs ini.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    islam itu indah

    |

    ~
    Ini bukan debat, tapi solusi atau pemaparan yang betul dan kenyataan. Pokoknya Islam dan Kristen mudah-mudahan masuk sorga semua. Berimanlah pada agama kalian masing-masing.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk komentar Anda.

      Bicara soal sorga, bila hal ini kita tanyakan kepada pengikut Isa Al-Masih, maka mereka akan menjawab dengan penuh percaya diri bahwa mereka pasti masuk sorga. Bukan mudah-mudahan. Sebab Isa sudah memberi janji tersebut kepada pengikut-Nya.

      Isa berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa [sorga], kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6)

      Kalau boleh tahu, menurut Anda sendiri dengan apakah seseorang dapat yakin pasti masuk sorga?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    steven

    |

    ~
    Berati kalau Yesus berkata “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.” Berati Yesus itu sendiri dong Allahnya?

    Masih kurang mengerti, mohon penjelasannya. Tuhan memberkati amen.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Alfa dan Omega artinya yang awal dan yang akhir. Dengan kata lain, kekal. Kita semua tahu bahwa ‘kekal’ adalah sifat Allah. Karena Allah tidak ada permulaannya. Artinya, tidak ada masa dimana Allah itu belum ada. Itulah sebabnya dikatakan bahwa Allah itu kekal. Ia adalah yang empunya masa atau waktu.

      Benar yang Anda katakan. Yesus itu adalah Allah, Tuhan. Sebab, tidak ada manusia yang kekal.

      Mungkin Anda akan bertanya. Bukankah Yesus dilahirkan dan meninggal? Benar!

      Untuk mengetahui penjelasannya, silakan Anda membaca artikel ini: http://tinyurl.com/c4phapd.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ipho

    |

    ~
    Nabi Isa akan kembali ke dunia di akhir zaman.

    Mungkin Anda akan menjawab orang mati tidak akan hidup lagi. Bagaimana jika Nabi Isa memang tidak mati. Tapi diangkat oleh Allah swt untuk menguji umatnya hingga akhirnya akan diturunkan kembali oleh Allah swt untuk menunjukkan jalan kebenaran.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya setuju dengan perkataan Anda bahwa Isa Al-Masih akan datang kembali di akhir zaman sebagai Hakim yang adil. Isa-lah yang akan menghakimi seluruh umat manusia, termasuk saya dan Sdr. Ipho.

      Pertanyaan saya: Mengapa Isa Al-Masih yang menjadi Hakim? Bukankah Al-Quran mengatakan bahwa penghakiman itu adalah milik Allah?

      Menurut Kitab Suci Allah, Isa Al-Masih datang ke dunia bukan untuk ‘menunjukan’ jalan kebenaran. Tapi untuk menyatakan bahwa Dia sendiri (Isa Al-Masih) adalah Jalan Kebenaran itu. Inilah perkataan Isa akan hal itu, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ifan jhy nert

    |

    ~
    Jika Isa itu terbilang kekal, sepertinya tidak. Karena jika datangnya hari kiamat semua umat manusia akan meninggal termasuk Nabi Isa.

    Jadi bagaimana pendapat staf?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Bila Anda tidak keberatan, kiranya dapat menuliskan sumber yang mengatakan bahwa pada akhir zaman Isa Al-Masih akan meninggal.

      Sebab menurut kebenaran firman Allah yang kami pelajari, pada akhir zaman Isa Al-Masih akan datang sebagai Hakim. Ia yang akan menghakimi seluruh umat manusia, termasuk Anda dan saya.

      Menurut Anda, mungkinkah Sang Hakim akan mati juga bersama-sama dengan orang-orang yang dihakimi-Nya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hakim

    |

    ~
    Selamat siang wahai yang menuhankan Yesus. Saya tidak mau mengucapkan assalamuallaikum kepada orang yang bukan Islam karna hukumnya haram.

    Saya mau tanya beberapa ayat dalam Perjanjian Lama. Yaitu: Kitab Ulangan 14:8; Yesaya 65:2-5; Imamat 11:7-8: Matius 5:17-20.

    Tolong jelaskan isi masing-masing ayat itu. Maaf merepotkan. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Hakim,

      Kami dapat memahami bisa Anda tidak mau mengucapkan assalamuallaikum. Walaupun menurut kami sebenarnya tidaklah berdasar bila Anda berkata “haram mengucapkan assalamuallaikum kepada non-Islam.” Karena setahu kami kata “assalamuallaikum” adalah bahasa Arab yang sah-sah saja dipakai oleh siapapun.

      Mengenai beberapa ayat yang Anda tanyakan di atas, karena tempat untuk menjelaskannya di sini sangat terbatas, maka kami sarankan agar Anda mengirimkan pertanyaan tersebut lewat email. Supaya kami dapat menjelaskan dengan rinci kepada Anda. Email saya: saodah@idionline.info.

      Atau, Anda dapat membaca isi ayat tersebut di sini: http://tinyurl.com/jtljxu5.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Kinoi

    |

    ~
    Tuhan untuk segala mahluk yang ada di langit dan di bumi. Dan makhluk di dunia jutaan jenisnya. Mereka pun menyembah Tuhan yang sama. Andaikan kambing bisa bicara (pasti mengatakan manusia egois)

    Saya terbayang bagaimana ke-esaan Tuhan terhadap makhluk-Nya. Dan ada lagi hampir di seluruh dunia orang mengatakan Tuhan itu berjenis kelamin pria. Bagaimana dengan pandangan perempuan di seluruh dunia? Lama-lama ada aliran sekte yang membuat tuhan perempuan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya tertarik untuk menanggapi pernyataan Anda di atas yang mengatakan bahwa “semua mereka menyembah Tuhan yang sama.”

      Saya sedikit kurang setuju dengan pernyataan Anda tersebut. Memang benar Tuhan itu esa. Setidaknya umat Kristen dan Islam mempunyai kepercayaan seperti itu. Tapi, apakah “Tuhan” yang mereka sembah adalah Pribadi yang sama? Menurut saya tidak!

      Karena ada perbedaan mendasar mengenai karakter Tuhan sesembahan umat Muslim dan Tuhan sesembahan umat Kristen. Apa saja perbedaan tersebut, Anda dapat melihat pada video ini: http://tinyurl.com/h28z8pt.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Matheus

    |

    ~
    Shalom semuanya,

    Biar semuanya senang: Intinya agama yang diakui Indonesia adalah agama yang baik. Jadi tidak ada gunanya jika kita berdebat tentang agama. Ingat, Tuhan itu maha Kuasa. Dia tidak perlu dibela. Dan saya yakin perdamaian agama/dunia akan terjadi.

    Maaf bila ada salah-salah kata, Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan Anda. Tuhan itu maha kuasa. Ia tidak perlu dibela. Sebaliknya, Dia-lah yang akan menjadi Pembela kita. Sebab, siapakah manusia sehingga dia berpikir dapat membela Tuhan yang maha berkuasa?

      Satu artikel yang kami tulis mengenai “perlukah Tuhan dibela?” dapat Anda baca di link ini: http://tinyurl.com/gs7ymxh. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ranggah

    |

    ~
    Mohon ijin tanya, bagaimanakah konsep ketuhanan yang dimiliki Yesus dan termuat dalam kitab Injil kah? Dan bagaimanakah hubungan Yesus dengan penciptaan alam semesta yang merupakan ciptaan Tuhan? Apakah alam semesta ini juga ciptaan Yesus? Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Konsep ketuhanan yang diajarkan Isa dalam Kitab Suci Injil adalah Tuhan yang esa terdiri dari tiga pribadi, atau disebut juga dengan Tritunggal.

      Muslim (bahkan juga orang Kristen KTP) menyebut konsep Tritunggal tentang Allah tidak masuk akal. Hal itu wajar! Namun, kita perlu menyadari bahwa Allah tidak terbatas bagi pikiran manusia, bukan? Karena pada kenyataannya Allah berada di luar dimensi manusia.

      Satu video sederhana yang dapat menolong Anda lebih mudah untuk mengerti mengenai konsep Allah Tritunggal dapat Anda lihat di sini: http://tinyurl.com/zdf9gxx.

      Bila ada pertanyaan lain, Anda juga dapat mengirimkan lewat email di: saodah@idionline.info atau lewat SMS center kami di: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Joko

    |

    ~
    Tidak usah saling menyalankan dan membenarkan. Kalau berani munculkan injil barnabas yang asli.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Bila Anda ingin mengetahui tentang injil barnabas, Anda dapat membaca di link ini: http://tinyurl.com/psjkhyz.

      Kalau boleh kami bertanya, bagaimana tanggapan Anda mengenai cerita dalam video di atas? Dan dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video tersebut, menurut Anda siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Imanuel Sanyoto

    |

    ~
    Tolong dishare lebih banyak tentang Pribadi Yesus Kristus tersebut, aga saudara kita lebih dekat mengenal siapa pribadi Yesus Kristus, karena kedatangan-Nya sebentar lagi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Imanuel Sanyoto untuk saran Anda. Bila Anda ingin membaca lebih banyak penjelasan mengenai Isa Al-Masih (Yesus Kristus), Anda dapat membacanya di sini: http://tinyurl.com/c4phapd.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Andre mahardika

    |

    ~
    Saya hanya ingin bertanya:
    1. Adakah dalam Injil menyebutkan bahwa Yesus (Nabi Isa) itu Tuhan? Sebutkan suratnya dalam Injil.

    2. Adakah dalam Injil yang meminta untuk menyembah Yesus (Nabi Isa)? Sebutkan suratnya dalam Injil.

    3. Artikel Anda mencantumkan “video Isa dan Islam” tetapi mengapa menyorot semua masalah selalu dalam kacamata Kristen? Adilkah Anda?

    4. Anda melarang mengkaitkan situs ini dengan hyperlink yang lain. Sedangkan Anda mengkaitkan situs ini ke situs khusus Muslim? Adilkah Anda?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Pertanyaan Anda no 1 dan 2 adalah pertanyaan yang sering dilontarkan umat Muslim. Dan tentu, kami pun sudah berulang-kali menjelaskannya.

      “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13). Karena Isa menyebut diri-Nya Tuhan, jelas Dia layak untuk menerima penyembahan, bukan?

      Selain mengutip ayat-ayat dari Alkitab, kami juga sering mengutip ayat-ayat dari Al-Quran. Selain itu, teman-teman Muslim juga bebas memberi pendapat atas video yang mereka lihat. Dengan demikian, kami merasa sudah mencoba untuk berbuat adil.

      Perlu kami sampaikan, bahwa hyperlink yang kami cantumkan bukan dari situs lain. Tetapi hyperlink tersebut adalah link dari situs Isa dan Islam.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yerusalem

    |

    ~
    Maryam:35, “Isa berkata: Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah,” maka jadilah. Ia menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah,” maka jadilah ia.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Menurut kami, salah satu kesalahan umat Muslim dalam memahami kepercayaan iman orang Kristen diakibatkan oleh ayat di atas.

      Sura Maryam 35 di atas seakan-akan berkata bahwa sesembahan umat Kristen sama halnya seperti manusia yang mempunyai anak dan dapat diperanakkan. Jelas iman seperti itu adalah sesat!

      Kekristenan tidak pernah mengajarkan bahwa Allah telah melakukan hubungan seks dengan Maryam, sehingga Maryam melahirkan Isa Al-Masih.

      Adapun kata ‘Anak’ yang sering disematkan kepada Isa Al-Masih, bukanlah ‘anak’ dalam arti sebenarnya. Melainkan hanya kiasan saja. Dan inilah yang tidak dijelaskan dalam Al-Quran. Sehingga umat Kristen meragukan kebenaran Al-Quran firman Allah!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Farid

    |

    ~
    Coba hubungkan surat Al-Fatihah dengan surat Al-Ikhlas, Tuhan yang esa hanya Allah. Dan coba Anda lebih banyak membaca makna dari Al-Quran, hanya agama Islam yang diridhai Allah.

    Dan dalam surah Al-Ikhlas sudah jelas tuhan tidak beranak / diperanakan. Adakah kalimat dalam Injil yang memerintahkan umat Isa menyembahnya?

    Saya juga pernah mendengar kalimat dalam Injil yang menyatakan bahwa akan ada nabi selanjutnya dan dia akan memberikan kebenaran tentang Allah dan akan bersaksi adanya Nabi Isa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami sudah sering membaca surat Al-Fatihah, dan di sana tidak tertulis bahwa seseorang yang memeluk agama Islam sudah pasti selamat dari siksa api neraka. Sebaliknya, lewat surat tersebut umat Islam selalu bertanya soal “jalan lurus.”

      Kami sungguh heran mengapa Al-Quran harus mengatakan tuhan tidak beranak/diperanakkan? Dan yang paling mengherankan lagi, Al-Quran menyebut Tuhan sesembahan umat Kristen mempunyai anak. Sementara pada faktanya, kekristenan tidak pernah mengajar demikian. Sungguhkah Al-Quran itu perkataan Allah? Bagaimana mungkin allah bisa salah mengerti soal iman orang Kristen?

      Bila memang ada ayat yang mengatakan bahwa akan ada nabi setelah Isa Al-Masih, tolong Anda kutip isi ayatnya. Supaya kami dapat memeriksa dalam Injil. Karena selama kami mempelajari Injil, kami tidak pernah menemukan ayat yang seperti itu.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yerusalem

    |

    ~
    To: Sdr. Imanuel,

    Tentang Isa Al-Masih bagi umat Muslim sudah jelas. Bayi suci dengan izin Allah swt lahir tanpa ayah. Tapi bukan Tuhan yang kata umat Kristen jelmaan Allah di bumi.

    Injil 2300 tahun yang silam katakan, “Aku diutus untuk Kaum Bani Israel.” Nah apakah Anda dari Bani Israel? Yesus juga mengatakan, “Tuhan itu Allahku Allahmu juga Allah itu tidak tampak, semua atas kehendak Allah kepada engkau berbakti.”

    Itulah Yesus anak seorang tukang kayu yang ajarannya diimani umat Islam. Bagaimana dengan Anda?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Umat Islam memang selalu menyangkal ke-Ilahian Isa Al-Masih. Walau di waktu yang sama, Al-Quran memberi kesaksian tentang ke-Ilahian Isa. Misalnya: Isa satu-satunya Pribadi yang suci, sebagaimana yang Anda tuliskan di atas.

      Umat Muslim juga percaya Isa akan datang sebagai Hakim pada akhir zaman. Bila Isa hanya manusia, mungkinkah manusia dapat menghakimi sesamanya? Jelas tidak! Bahkan umat Muslim percaya bahwa penghakiman adalah milik Allah. Tapi mengapa justru di hari penghakiman yang penting, Isa yang tampil sebagai Hakim?

      Dalam Kitab Suci Injil, Isa berkata bahwa Ia kekal adanya. Ia menyebut diri-Nya sebagai “Alfa dan Omega. Yang Awal dan yang Akhir.” Adakah manusia yang kekal? Jelas tidak ada! Sebab ‘kekal’ adalah sifat Allah. Lalu, mengapa Isa menyebut diri-Nya kekal?

      Mungkin Sdr. Yerusalem berkenan memberi tanggapan?

      Tentang apakah benar Isa datang hanya untuk Bani Israel, Anda dapat membaca penjelasan kami di sini: http://tinyurl.com/cqvgxdo.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    obama

    |

    ~
    Kata staf Admid, Tuhan Kristen mudah dikenal dan bersifat pribadi. Artinya kelihatan seperti manusia utuh yang mudah dikenal. Benarkah?

    Jawaban saya tidak. Karena Yesus sendiri tidak tahu berapa helai jumlah rambutnya. Apalagi Anda umat Kristen sekarang bukan golongan Bani Israel.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Obama,

      Memang benar Tuhan orang Kristen mudah dikenal dan bersifat pribadi. Orang Kristen dapat mengenal Pribadi sesembahan mereka, dan mereka bisa memiliki hubungan yang sifatnya pribadi dengan sesembahan mereka.

      Tuhan orang Kristen bukan tuhan yang nun-jauh di sana. Yang hanya cukup imani saja tanpa pernah menyatakan dirinya kepada umatnya. Itulah sebabnya orang Kristen kadang memanggil Sesembahan mereka dengan sebutan Bapa.

      Benarkah Isa hanya datang untuk menyelamatkan Bani Israel? Anda dapat membaca jawaban kami di sini: http://tinyurl.com/cqvgxdo.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    paskah

    |

    ~
    Isa Al-Masih Sang Juruselamat dibenarkan oleh Muslim. Tapi tidak sebagai Tuhan seperti anggapan umat Kristen.

    Mengapa Juruselamat? Karena Isa mengajak kaumnya untuk menjalankan Hukum Taurat.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Paskah,

      Ijinkan kami meluruskan pengertian Anda yang keliru tentang “Sang Juruselamat” yang disematkan kepada Isa Al-Masih.

      Mengapa Isa disebut “Sang Juruselamat”? Inilah perkataan firman Allah tentang hal itu, “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injil, Kitab Para Rasul 4:12).

      Lewat firman Allah di atas kita dapat mengetahui bahwa kata “Juruselamat” hanya ada pada Isa Al-Masih.

      Bila memang benar Isa disebut Juruselamat hanya karena Isa mengajak kaumnya untuk menjalankan Hukum Taurat. Mengapa Nabi Islam tidak disebut juruselamat? Bukankah umat Islam selalu berkata bahwa mereka lebih menaati hukum Taurat daripada umat Kristen?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yerusalem

    |

    ~
    Kata admin Yesus dan Allah satu. Tuhan itu pembuat dan pencabut naywa. Apa jadinya kalau Yesus jadi Tuhan? Jadinya bunuh diri sendiri, Yesus batal jadi Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Umat Islam selalu bertanya, “mungkinkah Yesus yang notabene adalah manusia dapat menjadi tuhan”?

      Sayangnya, umat Islam tidak pernah bertanya, “mungkinkah Tuhan menjadi manusia”? Bukankah pertanyaan ini jauh lebih masuk akal dibandingkan pertanyaan sebelumnya? Karena Tuhan maha berkuasa, maka Ia berkuasa menjadi apa saja yang Ia mau.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    albert

    |

    ~
    Yesus duduk sebelah kanan Allah. Dua pribadi yang mana Allah telah diperanakan oleh Pendeta. Jadi hal ini bukan anak kiasan sesuai apa yang dikatakan umat Kristen di situs ini.

    Sudah jelas Allah katakan Allah itu tidak beranak dan tidak pula diperanakan. Juga Yesus mempunyai garis keturunan.

    Yesus diangkat jadi tuhan setelah mati 200 tahun setelahnya. Jadi mati dulu baru jadi tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Salah satu sifat manusia adalah merasa dirinya paling tahu. Padahal belum tentu apa yang diketahuinya itu adalah kebenaran.

      Dalam sejarah kekristenan hingga hari ini, umat Kristen tidak pernah mengangkat Yesus sebagai Tuhan. Umat Kristen juga tidak pernah mengimani Yesus sebagai anak biologis dari Tuhan.

      Sayangnya, Al-Quran yang diimani Muslim sebagai wahyu Allah telah memfitnah iman orang Kristen. Menuduh umat Kristen percaya bahwa Allah mempunyai anak dan diperanakan. Padahal kekristenan tidak pernah mengajarkan bahwa Tuhan telah berhubungan biologis dengan Maryam, lalu melahirkan Yesus.

      Satu hal yang perlu kita renungkan, darimanakah awal kesalahan-pahaman ini? Mengapa sampai Allah dalam Al-Quran memberi informasi yang salah tentang Sesembahan umat Kristen?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Farid

    |

    ~
    Mari lihat dalam Yohanes 15:26, “Aku akan mengutus kepadamu Penolong yang berasal dari Bapa. Dialah Roh yang akan menyatakan kebenaran tentang Allah. Apabila Ia datang, Ia akan memberi kesaksian tentang Aku”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ayat Yohanes 15:26 merupakan ayat kesukaan umat Muslim, demikian juga dengan Sdr. Farid. Muslim percaya bahwa “Penolong” yang disebut dalam ayat tersebut adalah Muhammad. Tidak jarang umat Muslim mengklaim ayat ini merupakan nubuat atas kenabian Muhammad.

      Benarkah “Penolong” yang disebut dalam ayat tersebut adalah Muhammad? Jelas tidak!! Alasannya:

      1) Penolong itu adalah Roh. Sedangkan Muhammad jelas bukan Roh, dia adalah manusia yang mempunyai tubuh dan raga.

      2) Penolong itu akan memberi kesaksian tentang Yesus. Faktanya, Muhammad tidak memberi kesaksian tentang Yesus.

      Jadi, masihkah dapat kita percayai bahwa ‘Penolong’ tersebut adalah Muhammad?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    albert

    |

    ~
    Islam mengajarkan tentang Isa Al-Masih. Isa Al-Masih Juruselamat. Isa Al-Masih jalan menuju kebenaran. Tapi hal tersebut dalam konsep iman seorang nabi yang mengajak kaumnya Nazaret/ Bani Israel/ Yahudi untuk patuh dan taat pada perinta Bapa / Allah swt saja.

    Apa yang disampaikan Bapa disampaikan lagi kepada kaumnya. Semua kehendak Bapa dan itulah jalan yang lurus, yang diajarkan Yesus dan Muhammad. Jadi, di sini Isa Al-Masih tetap seorang nabi/ utusan Allah Bapa/ Yahwe. Tidak lebih dan tidak kurang.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Koreksi kami untuk komentar Sdr. Albert di atas:

      Isa bukan jalan menuju kebenaran. Tapi Isa adalah Kebenaran itu sendiri. “Akulah [Isa] jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Setahu kami, tidak seorang nabi pun pernah berkata seperti yang Isa katakan itu, termasuk Muhammad.

      Lagi dikatakan, “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia [Isa], sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injil, Kitab Para Rasul 4:12).

      Isa Al-Masih datang ke dunia bukan hanya menyampaikan kehendak Bapa. Tapi juga menjadi satu-satunya “Jalan” yang dapat membawa manusia kembali kepada Bapa.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    penyimak

    |

    ~
    Apa itu Tuhan? Apa itu manusia? Tuhan tidak butuh mati. Tuhan Pembuat dan Pencabut nyawa. Tidak mungkin Tuhan bunuh diri seperti Yesus yang tersalib, yang kemudian Yesus wafat dan dijadikan Tuhan yang kategorinya hanya sebagai manusia yang dipinjamkan ilmu Allah berupa mujizat. Yesus hanya membawa risalah nabi terdahulu untuk mentaati Allah Bapa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Di awal-awal saya mempelajari Alkitab, saya sempat kecewa saat saya membaca kisah penyalib Yesus. Yesus tidak bersalah, tapi mengapa Dia tidak melawan orang-orang yang menangkap-Nya? Dia terlihat seperti seekor domba yang pasrah saat dibawa ke penjagalan.

      Anehnya, tatkala di atas salib Yesus masih sempat-sempatnya mengampuni dosa penjahat yang disalib di sebelah-Nya, dan menjanjikan sorga bagi penjahat itu. Bukankah harusnya Yesus mengurus diri-Nya dulu baru mengurus penjahat itu?

      Seiring berjalannya waktu, saya pun semakin mengerti apa maksud dan tujuan Yesus datang ke dunia serta tujuan kematian-Nya.

      Benarlah kata Kitab Suci, Yesus disalib bukan karena kesalahan-Nya. Tapi Ia menggantikan kita umat berdosa untuk menerima hukuman atas dosa-dosa kita. Mengapa Yesus harus melakukannya? Karena Allah mengasihi manusia berdosa; juga Allah sangat tahu bahwa manusia membutuhkan anugerah Allah agar dapat terhindar dari siksa kekal di neraka. Dan anugerah itu Allah berikan lewat pengorbanan Isa Al-Masih di salib.

      Lebih jelasnya tentang mengapa Isa Al-Masih harus wafat disalib, silakan Anda melihat video ini: http://tinyurl.com/z2uj374.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    kalingkong

    |

    ~
    Ketuhanan Yesus sudah pasti dan pasti tidak ada. Setan dan Malaikat saja, Allah swt Tuhannya. Yesus tidak mungkin tuhan karena masih keturunan Adam dan Hawa. Tidak mungkin tuhan punya garis keturunan, itu logis dan masuk akal.

    Apa jadinya kalau Musa juga dianggap Tuhan, begitu juga manusia setelahnya. Islam memberi peringatan tentang itu. Sesuai yang dikatakan Yesus dalam Taurat dan Injil 2500 tahun yang silam. Allah itu tidak tampak kata Yesus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dua hal yang ingin kami tanggapi untuk komentar Anda di atas:

      1) Perlu Anda ketahui bahwa Yesus lahir bukan akibat hubungan biologis antara pria dan wanita. Sehingga, Yesus tidak dapat dikatakan sebagai keturunan Adan dan Hawa secara biologis. Memang Alkitab mencatat silsilah Yesus, tapi hal tersebut berdasarkan Yuridis atau hukum. “Isa itu sesungguhnya Roh Allah dan Kalam Allah” (Hadits Anas Bin Malik hal 72).

      2) Jelas Musa, Adam, Nuh, Muhammad, dll tidak dapat disebut Tuhan. Karena: mereka memerlukan kasih karunia Allah atas dosa-dosa mereka, tapi Yesus tidak! Bahkan Ia sama sekali tidak pernah berdosa. Mereka tidak dapat mengampuni dosa manusia lainnya sebagaimana yang Yesus lakukan. Dan satu hal yang pasti, Yesus kekal adanya. “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hasbuan

    |

    ~
    Siapakah Tuhan Yesus? Tuhan Yesus sama dengan Tuhannya Aabi adam dan Hawa. Sama dengan Tuhannya Fira’un. Sama dengan Tuhannya setan, sama dengan Tuhannya Musa. Sama dengan Tuhannya dinosaurus.

    Jadi Tuhankah Yesus itu? Jawab tidak. Karena masih menghirup udara yang diciptakan oleh Yahwe/ Allah swt. Yesus sanggup dipecundangi oleh kaumnya. Islam menghormati Isa Al-Masih. Kristen dengan ajaran Paulus menganggap mati disalib.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Hasbuan,

      Kiranya Anda tidak keberatan untuk memberi tanggapan untuk pertanyaan kami berikut ini:

      1) Bila memang Yesus atau Isa Al-Masih bukan Tuhan, mengapa Isa disebut Roh Allah dan Kalam Allah?

      2) Bila Isa bukan Tuhan, mengapa Ia yang akan datang pada akhir zaman sebagai Hakim? Bukankah umat Muslim percaya bahwa penghakiman adalah milik Allah semata?

      3) Bila Isa bukan Tuhan, mengapa Isa dapat memberi pengetahuan tentang hari kiamat? Bukankah hanya Allah saja yang maha tahu?

      4) Bila Isa bukan Tuhan, mengapa Ia disebut sebagai satu-satunya yang suci? Bukankah ‘suci’ adalah sifat Allah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    iwong

    |

    ~
    Berbeda dengan ajaran Kristen. Perbedaan utama terletak pada persoalan ketuhanan Yesus, yang dalam manuskrip Al-Quran dan bahasa Arab disebut Isa Al-Masih. Pemeluk Islam mempercayai Isa Al-Masih adalah seorang nabi dan juga seorang rasul yang diutus khusus untuk bangsa Israel. (makna rasul di dalam Islam berbeda dengan maknanya di dalam Kristen, lihat artikel tentang nabi). Dalam ajaran Islam, Isa termasuk salah satu nabi yang termasuk rasul Ulul Azmi, yaitu rasul yang sabar dan tabah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Iwong,

      Menurut kami, inilah hal yang perlu kita renungkan sebagai umat beragama. Bila kita melihat mulai dari Kitab Taurat, Zabur, Kitab Nabi-Nabi, hingga Injil. Semua Kitab Suci ini memberi penjelasan yang sama tentang Pribadi Isa Al-Masih dan saling melengkapi.

      Misalnya, Kitab Nabi Yesaya memberi ramalan tentang kematian Isa. Di Kitab Injil, kita dapat menemukan ayat yang menggenapi ramalan tersebut.

      Sayangnya, keselarasan yang terdapat dalam Kitab-Kitab terdahulu dalam menjelaskan Pribadi Isa Al-Masih, tidak bisa kita temukan dalam Al-Quran. Walaupun Al-Quran menyebut, dia adalah kitab penyempurna. Sebaliknya, justru kita sering menemukan pernyataan Al-Quran yang bertentangan dengan pernyataan Kitab sebelumnya. Mengapa hal ini sampai terjadi?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ucok

    |

    ~
    Yesus dan Allah satu itu kata Injil sekarang.

    Salah besar, Allah/ Bapa punya sifat maha, sedangkan Yesus cuma punya mukjizat sementara, setelah itu mati teraniaya versi Injil.

    Islam menghargai Yesus sebagai yang diutus di muka bumi. Anak tukang kayu yang bernama Yesus punya batasan umur 33 tahun untuk hidup di bumi Bapa ini.

    Yesus tak kuasa menghidupkan dirinya sendiri. Yesus punya kelamin pria/ putera. Injil melecehkan peringkat Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dari komentar Anda di atas, kami melihat sepertinya Anda ingin mengatakan bahwa ada “Injil versi sekarang” dan ada “Injil versi dulu.” Sdr. Ucok, Injil itu hanya ada satu. Tidak terdiri dari beberapa versi!

      Yesus bukan hanya berkuasa menghidupkan diri-Nya sendiri. Menghidupkan orang yang sudah mati pun Yesus berkuasa melakukannya. Bila Anda berkenan meluangkan waktu untuk membaca Injil, maka Anda akan melihat kejadian-kejadian dimana Yesus menghidupkan orang mati serta menyembuhkan orang sakit.

      Juga, Anda akan mengetahui bahwa Yesus bangkit dan hidup kembali dari kematian-Nya. Bukan itu saja, Yesus juga kembali ke sorga. Ke tempat darimana Ia berasal.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yerusalem

    |

    ~
    Buat admin dan umat Kristen,

    Saya belajar Kristen dari sahabat saya sewaktu sekolah di SMA Kristen. Bagi kami tukar pikiran soal keyakinan sudah biasa. Teman saya tersebut dengan jujur jawab memang Islam itu adalah keyakinan yang dibawa oleh Yesus atas perintah Allah Bapa (tidak ada Tuhan selain Allah dan ajaran terdahulu yaitu Taurat juga bilang begitu).

    Saya bilang kepada teman saya itu, musuh keimanan Anda itu adalah Injil Anda sendiri, jadi bukan Muslim. Coba Anda baca kisah nabi-nabi (Nabi Abraham).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kalau boleh kami menanggapi komentar Anda di atas, ada dua kemungkinan: 1) Teman Anda seorang Kristen KTP yang tidak mengerti soal kekristenan; atau 2) Cerita di atas hanya mengada-ada.

      Bila benar teman Anda seorang Kristen yang mengerti isi Injil, maka Ia tidak akan pernah berkata bahwa Yesus datang ke dunia untuk membawa sebuah agama, apa lagi agama Islam. Karena bukan untuk itu Yesus datang ke dunia.

      Tujuan Yesus datang ke dunia hanya satu. Memberi jaminan keselamatan bagi siapa saja yang mau menerimanya, lewat pengorbanan-Nya di kayu salib. Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan tidak binasa di neraka jahanam.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yurie

    |

    ~
    Yesus berkata kepada murid-murid-Nya “Allah itu esa, Allah itu Alfa dan Omega.”

    Dari penjelasan Injil di atas jelas Yesus bukan Tuhan. Karena Yesus yang menjelaskan kepada murid-murid-Nya tentang Allah/Bapa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan di atas, Alla itu esa. Kami, pengikut Isa Al-Masih pun mengakui bahwa Allah itu esa.

      “Aku [Isa] adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13).

      Anda menyebut Allah itu Alfa dan Omega. Iya, kami setuju sekali dengan ungkapan Anda tersebut. Di Kitab Injil, Isa juga mengatakan bahwa Ia Alfa dan Omega.

      Nah, menurut Sdr. Yurie, mengapa Isa berkata bahwa Ia adalah Alfa dan Omega? Apakah memang benar Ia adalah Allah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hasibuan

    |

    ~
    Buat sdr kasih damai.

    Allah swt katakan dengan tegas, Allah swt itu tidak ada menyerupai sesuatupun. Barang siapa yang berkata seperti itu, mereka telah kafir. Karena ajaran dari sorga itu “Tidak ada Tuhan selain Allah.

    Pengkabaran tentangn itu akan berlaku sampai kiamat. Pendeta Yahudi Ortodok saja mengakui akan hal itu. Mengapa Krsiten yang bukan Nasrani bilang ada Allah yang menyerupai manusia yang bernama Yesus. Bukankah Yesus itu punya garis keturunan dan punya kelamin. Bunda Maria saja Tuhannya Allah swt.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan. Kafirlah orang yang berkata bahwa ada yang menyerupai Allah. Sebab segala sesuatu yang ada di muka bumi ini mustahil ada yang dapat menyerupai Allah.

      Sekarang, coba kita balik pernyataan Anda di atas. Bukan ‘makhluk’ yang di dunia ini yang menyerupai Allah. Tapi Allah yang ‘menjadi seperti makhluk’ di dunia ini.

      Menurut Sdr. Hasibuan, apakah hal itu mustahil bagi Allah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    yurie

    |

    ~
    To Umat Kristen,

    Sebenarnya Anda tidak pengikut Isa Al-Masih. Anda pengkianat Isa Al-Masih dan Injil. Kita semua sama-sama tidak melihat kejadian kenabian. Kita hanya bisa berfikir karena diberi akal.

    Semua makluk yang diciptakan hanya bertuhan Allah Swt, dan hanya mengenal satu Tuhan (monotheisme).

    Penebusan dosa dari Yesus apabila manusia taat dan berbakti pada Allah saja. Anda memperolok-olok sifat Allah yang Maha/ super power. Allahku, Allahmu kata Yesus dengan tega.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami maklum bila Anda dan umat Muslim menolak ‘konsep penebusan.’ Karena umat Muslim percaya bahwa keselamatan dapat diperoleh lewat ibadah dan pahala. Dimana menurut Kitab Allah, hal itu mustahil!

      Sdr. Yurie, apakah Anda pernah mendengar pribahasa “gara-gara nila setitik, rusak susu sebalanga.”

      Menurut Anda, apakah dengan menambah susu ke balanga tersebut, susu itu akan menjadi bagus dan dapat diminum? Jelas tidak! Jalan satu-satunya adalah mengambil balanga baru dan mengisi susu yang baru, bukan?

      Demikianlah hati manusia yang suci, menjadi rusak akibat dosa. Jalan satu-satunya adalah menerima “hati baru” yang disediakan oleh Yesus lewat penebusan yang dilakukan-Nya.

      Apakah yang dimaksud dengan “hati baru” itu? Bila Anda ingin mendapat menjelasan dari kami, silakan mengemail kami di: saodah@idionline.info atau SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    obama

    |

    ~
    Benar juga apa yang disampaikan Sdr Yurie dan Hasibuan. Tuhah segala makluk cuma ada satu dari jutaan tahun lalu, yang disebut Monotheisme.

    Allah swt memperingatkan manusia yang ingkar dengan kejadian umat terdahulu yang dihancurkan oleh Allah Swt. Salah satunya Fir’aun dengan Nabi Musa. Apakah kalian tidak menyadarinya?

    Sungguh kafirlah manusia yang mengatakan Isa Al-Masih itu Tuhan yang harus diimani. Tiada Tuhan selain Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Obama,

      Silakan membaca tanggapan kami untuk komentar Sdr Yurie dan Hasibuan di atas. Dan kami pun mempersilakan Anda untuk memberi tanggapan atas penjelasan kami tersebut.

      Kalau boleh jujur, sebenarnya kami agak bingung soal pernyataan Al-Quran dan kepercayaan umat Islam terhadap Pribadi Isa Al-Masih. Di satu sisi, mereka menolak ke-Ilahian Isa. Mereka berkata bahwa Isa tidak lebih dari sekedar manusia biasa, yang kebetulan diangkat nabi oleh Allah.

      Tapi, di sisi lain Al-Quran setuju bawah: Isa itu adalah Roh Allah, Kalimat Allah, Suci, maha tahu tentang hari kiamat, Hakim atas seluruh umat manusia, dan berkuasa menghidupkan orang mati. Bukankah semua ini adalah sifat mutlak dari Allah?
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru