Siapakah Isa Al-Masih

Siapakah Isa Al-Masih itu? Al-Quran dan Alkitab berbicara banyak mengenai sosok Isa Al-Masih. Walaupun kedua kitab ini tidak sepenuhnya setuju dengan yang lain, namun banyak hal yang sama. Keduanya setuju bahwa Isa Al-Masih adalah Firman Allah, suci dan tak berdosa, dan lahir dari perawan.

Marilah simak video di bawah ini.

 

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana tanggapan saudara mengenai cerita dalam video di atas?
  2. Menurut saudara, apakah yang membuat tokoh dalam cerita tersebut akhirnya memutuskan untuk menjadi pengikut Isa Al-Masih?
  3. Dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video tersebut, menurut saudara siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (736)

  • Avatar

    Gunalan Michael

    |

    ~
    “Kami tidak memperkenankan seorang pun sebelum engkau [Muhammad] untuk hidup kekal.
    Maka jika engkau mati, lalu apakah mereka hidup untuk selama lamanya?”
    [Al- anbiya:35]

    Jadi menurut hemat saya berdasarkan ayat ini, Nabi Isa as tidak mungkin turun ke dunia jilid II,
    akan tetapi yang datang di akhir zaman adalah figur yang serupa dengan Isa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Gunalan,

      Ketika saya cek di Al-Quran, isi Qs Al-Anbiya:35 berbeda dengan yang sdr kutip di atas. Inilah isi dari Qs Al-Anbiya:35 yang saya temukan di Al-Quran “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati, Kami mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.”

      Benarkah Isa Al-Masih tidak akan datang ke dunia pada akhir zaman? Menurut hemat kami, sdr keliru akan hal itu. Sebab kitab suci sdr saja mengakuinya. Bahkan nabi sdr pun berkata bahwa Isa Al-Masih akan datang pada akhir zaman sebagai Hakim. Dia akan menghakimi semua umat manusia, termasuk saya dan sdr. Gunalan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    muslih

    |

    ~
    Terimakasih atas postinganya, terutama untuk videonya
    sungguh benar-benar menginspirasi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih juga karena sdr sudah berkenan menonton video tersebut.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Kang deddy

    |

    ~
    Dari ayat-ayat yang tampil di Video Isa Al-Masih adalah nabi yang lahir suci. Nabi Isa lahir dari Bunda Maryam tanpa hubungan dengan lelaki, hanya semata-mata dengan kuasa Allah SWT. Namun tidak lebih hebat dari Nabi Adam yang wujud tanpa ayah ibu, juga karena kuasa Allah. Menghidupkan orang mati merupakan salah satu kuasa Allah yang diberikan kepada Nabi Isa. Mujizat yang berbeda juga diberikan kepada nabi yang lain. Seperti membelah laut, dll.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kang Deddy,

      Memang benar Isa lahir dari seorang perawan. Tapi, bukan hanya itu saja tandanya Dia suci. Semua kitab suci tidak pernah mengatakan Isa berdosa. Tapi, semua nabi lain, termasuk Muhammad meminta pengampunan atas dosa mereka. Itulah sebabnya Isa Al-Masih disebut suci. Atau, apakah Kang Deddy pernah membaca di Al-Quran bahwa Isa Al-Masih meminta agar Allah mengampuni dosa-Nya?

      Hal kedua, katakanlah memang benar ketika Isa menghidupkan kembali orang mati hanya sekedar mujizat dari Allah saja. Tapi, bagaimana dengan saat Isa mengampuni dosa seseorang? Apakah itu juga sebuah mujizat? Menurut kami tidak! Karena yang berhak mengampuni dosa seseorang adalah Allah. Dan hak itu tidak pernah Allah berikan kepada umat-Nya.

      Jadi, siapakah Isa Al-Masih sehingga Dia berkuasa mengampuni dosa manusia?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Kang deddy

    |

    ~
    “Tunjukkan kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang yang Engkau beri Nikmat” Jadi masih ada lanjutan tafsirnya. Bukan sampai kata jalan saja. Kalau saya mau mencari jalan, ya harus lengkap. Misalnya saya mencari Jalan Gajah Mada. Kalau melihat cuma “Jalan” saja, terus saya masuk, saya pasti tersesat. Karena kalau yang lengkap, bisa jadi yang saya masuki itu Jalan Hayam Wuruk atau Jalan Patimura dll. Hanya Allah yang Maha Tahu segalanya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kang Deddy,

      Terimakasih untuk masukannya. Kalau begitu, dapatkah Kang Deddy menjelaskan “jalan” manakah sebenarnya yang disebut dengan jalan yang “diberi nikmat” itu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    khaerul

    |

    ~
    Nabi Muhammad sudah dimaksum (terpelihara dari dosa) oleh Allah atas dosa yang lalu atau yang akan datang. Tapi dia tetap memohon ampun kepada AllAh sebagai bentuk kerendahan hati dan kecintaannya kepada Sang Khaliq. Dan sebagai contoh untuk umatnya agar kita tidak boleh sombong.

    Walaupun kita sudah pintar, sudah tahu cara untuk beribadah dengan benar, tapi itu semua belum jaminan ibadah kita diterima oleh Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Khaerul,
      Setahu kami, baik hadist maupun Al-Quran tidak pernah berkata bahwa Muhammad sudah dijamin bersih dari dosa. Sebaliknya, bahkan Muhammad meminta pengampunan pada Allah atas dosa-dosanya. Hal ini menyatakan kepada kita, bahwa Muhammad sama seperti sdr dan saya. Orang yang berdosa dan membutuhkan pertolongan dari Sang Khalik. Bagaimana menurut saudara?

      Benar yang Sdr. Khaerul katakan. Ibadah yang dilakukan dengan cara yang benar, belum tentu diterima Allah. Karena Allah tidak melihat kepada cara sdr beribadah. Tapi Allah melihat jauh ke dalam hati sdr. Jika hati sdr masih dipenuhi oleh dosa, maka sebaik apapun cara sdr beribadah, Dia tidak akan mengindahkan ibadah sdr.

      Bagaimana carany agar hati sdr dapat bersih dari dosa? Silakan mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada artikel ini: http://tinyurl.com/agr4w99.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Juppa Haloho

    |

    ~
    Isa Al-Masih adalah Allah itu sendiri. Siapa yang suci, tidak berdosa, selain Allah? Jalan kepada apa? Jalan kepada keselamatan. Keselamatan dari apa? Dari kebinasaan kepada hidup kekal! Siapa yang memberi selain Allah?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan pendapat Sdr. Juppa di atas. Benar, Isa Al-Masih adalah Kalimatullah yang datang ke dunia dalam rupa manusia, dan dikenal dengan nama Yesus Kristus atau Isa Al-Masih menurut Al-Quran. Selain suci, terkemuka di dunia dan di akhirat, Dia juga berkuasa mengampuni dosa seseorang.

      Itulah sebabnya Dia berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6). Yesus satu-satunya Pribadi yang dapat memberi jaminan hidup kekal.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    wiki

    |

    ~
    Video ini salah satu bentuk mengkristenkan umat. Umat Islam dibikin bingung dan seolah Islam agama yang salah dengan ayat-ayat yang ditampilkan dalam video di atas. Sampai akhir jaman akan selalu ada pihak yang akan menghancurkan, memfitnah, dan menjadikan Islam seakan-akan ajaran yang salah.

    Nabi Isa pernah berkata jangan kau beri safaat dan salawat untukku karena dosaku atas umatku yang menyebutku ibnullah (anak Alloh), padahal yang sebenarnya aku abdullah (hamba Alloh)

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Wiki,

      Maaf, pendapat sdr di atas salah. Tujuan video ini bukan untuk mengkristenkan siapapun. Video di atas hanya menjelaskan tentang Pribadi Isa Al-Masih menurut Al-Quran dan Kitab Allah. Juga, ayat-ayat yang kami tampilkan pada video tersebut, semua kami kutip dari Al-Quran.

      Sdr. Wiki dapat memeriksa kebenaran ayat-ayat tersebut pada Al-Quran. Dan bila ternyata ada yang salah, silakan sdr mengemail kami di: masukan@idionline.info kami tidak keberatan untuk memperbaikinya jika memang ditemukan kesalahan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    syahrur

    |

    ~
    Saya menjawab atas dasar logika saja.

    1. Tokoh dalam cerita salah karena menafsirkan seorang diri.
    2. Dalam video ini terlalu banyak menonjolkan isi kitab di Injil dan Al-Quran hanya perbandingan isi.
    3. Isa Al-Masih tetap manusia ciptaan Tuhan, karena bagaimana mungkin Tuhan tercipta dari perut hamba-Nya sendiri. Lalu apakah umat-umat sebelum Isa dan terciptanya dunia sebelum Isa didustakan keberadaannya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Syahrur,

      Terimakasih sudah menjawab tiga pertanyaan fokus yang ada.

      Menurut kami, kitab suci fungsinya untuk dipelajari, dimengerti, dan dipahami. Bukan untuk ditafsirkan. Dan tokoh dalam video di atas bukan menafsirkan. Tetapi mempelajari tentang Pribadi Isa Al-Masih menurut apa yang tertulis dalam Al-Quran dan Injil. Setelah mempelajari dari dua sumber tersebut, si toko akhirnya menyadari bahwa Isa bukan hanya sekedar nabi. Tapi lebih daripada itu, Isa adalah “jalan, kebenaran, dan hidup.”

      Nah, bagaimana dengan Sdr. Syahrur, apakah sdr pernah mencari tahu tentang Isa dalam Al-Quran?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Alex

    |

    ~
    Menurut saya semuanya benar, mau Injil atau Al-Quran semuanya bermaksud menuju ke satu Allah Sang Pencipta.

    Urusan masing-masing individu mau mengambil/menempuh jalan yang mana. Karena hal tersebut merupakan urusan pribadi masing-masing individu kepada Allah. Tidak seorang pun di dunia ini yang sudah tahu jalan mana yang paling benar kecuali meyakininya saja. Dan belum tentu juga keyakinan tersebut benar.

    Jadi saudaraku sebangsa dan setanah-air, tolong jangan berdebat masalah keyakinan ini. Semua tunggu tanggal mainnya saja.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Alex,

      Terimakasih untuk masukan yang saudara berikan. Memang benar yang sdr katakan, masalah iman adalah urusan masing-masing individu kepada Allah. Dan di sini juga kami tidak bertemuan untuk ikut-campur atas iman masing-masing individu. Lewat video di atas, kami hanya berbagi ilmu. Khususnya tentang Pribadi Isa Al-Masih menurut Al-Quran dan Injil. Bukankah Isa dan Al-Quran hal yang diimani umat Muslim, bukan?

      Jika tidak keberatan, ijinkanlah kami berbagi satu ayat yang mungkin sdr berkenan untuk merenungkannya. “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:12).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    maryam

    |

    ~
    Assalamualaikum,

    Saya hanya ingin memperjelas, video di atas sudah jelas lebih cenderung ke Injil. Tapi sebenrnya kalau kita cerma, yang jelas Isa itu hanya nabi. Bukan Tuhan (Yesus) sendiri yang memberi mujizat luar biasa untuk Maryam. Allah Maha Besar, dari kuasanya Maryam bisa mengandung anak lelaki tanpa bersentuhan dengan pria manapun.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Walaikumsalam Sdr. Maryam,
      Berdasarkan ayat-ayat yang ada pada video di atas. Dikatakan bahwa Isa: suci alias tidak berdosa, Kalimatullah, Dia dapat menghidupkan orang mati, Dia menyebut diri-Nya adalah “Jalan.”

      Nah, menurut penjelasan di atas, menurut Sdr. Maryam, apakah Isa atau Yesus itu hanya manusia biasa? Adakah manusia yang layak disebut sebagai Kalimatullah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    triizz

    |

    ~
    Assalamualaikum,

    Kalau menurut saya tidak perlupanjang lebar. Isa Al-Masih juga ciptaan Allah. Kita manusia dilarang menyembah apapun selain Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan Sdr. Triizz, bahwa kita hanya boleh menyembah Allah. Demikian juga Injil mengajarkan bahwa umat Kristen tidak boleh menyembah selain Tuhan Sang Pencipta.

      Mengenai Isa Al-Masih, dengan cara apakah Dia diciptakan? Al-Quran tidak pernah menjelaskan dengan cara apa Isa diciptakan. Sebaliknya Al-Quran menjelaskan bahwa janin yang dikandung oleh Maryam (yang kala itu masih perawan) adalah Rohullah (lihat Qs 2:87).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Marlon Panjaitan

    |

    ~
    1. Sebaiknya semua yang menyangkut tentang maksud tujuan kehadiran Isa Al-Masih dijelaskan.
    2. Saya lahir dari keluarga besar Kristiani, akan tetapi tidak mengikuti dan justru saya jadi mualaf setelah membaca Injil.
    3. Yang jelas saya mengatakan bahwa Isa Al-Masih adalah Rasul Allah SWT.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Marlon Panjaitan,

      Terimakasih sudah berkenan untuk menjawab tiga pertanyaan fokus yang kami cantumkan.

      Karena menurut pengakun sdr bahwa sebelumnya sdr adalah seorang Kristen, yang menjadi mualaf setelah membaca Injil. Ijinkanlah kami mengajukan satu pertanyaan.

      Selama sdr membaca Injil, apakah sdr pernah membaca perkataan Yesus sbb:
      “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:12).

      “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Menurut Sdr. Marlon, apakah maksud perkataan Yesus di atas? Dan mengapa Dia berani mengklaim diri-Nya sebagai Terang, Jalan, kebenaran, dan Hidup?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    muhammad.ady kesumaa

    |

    ~
    Penulis ini Kristen atau Islam, atau sengaja mengangkat tema ini untuk bahan perdebatan? Jelas-jelas kami meyakini dalam Islam, Isa adalah seorang nabi yang lahir dari seorang wanita suci atas kehendak Allah swt.

    Dari semua jawaban atas komentar yang masuk, Anda menekankan Isa Al-Masih adalah Tuhan Yesus dan Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Muhammad Ady Kesuma,

      Video di atas bukan bertujuan untuk menjadikan bahan perdebatan. Di sini kami hanya ingin menjelaskan tentang siapakah Isa Al-Masih menurut Kitab Suci Allah dan Al-Quran. Dan setiap ayat-ayat yang ditaroh pada video tersebut, bukan hasil rekayasa kami. Tapi kami mengutipnya dari sumber yang benar.

      Benar yang sdr katakan. Islam mengimani Isa hanya nabi yang kebetulan lahir dari seorang perawan. Tapi, menurut kami Pribadi Isa tidak hanya sebatas itu saja.

      Dikatakan bahwa Isa adalah “Jalan, Kalimatullah, Tidak berdosa, berkuasa menghidupkan orang mati.” Dan Kitab Suci Injil berkata, Isa berkuasa mengampuni dosa seseorang.

      Menurut Sdr. Muhammad Ady, apakah manusia bisa mempunyai kuasa seperti di atas? Bukankah sifat/kuasa tersebut hanya milik Allah saja?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Didik Haryanto

    |

    ~
    Bukan cuma Isa yang lahir suci. Jelas di dalam Al-Quran anak seorang pelacur juga suci. Mana ada anak haram?

    Apa yang dikatakan Isa dalam Injil itu sah-sah saja. Menurut saya karena Isa memang seorang nabi, pantas saja meminta umat-Nya untuk ikut dengannya. Tapi jangan lupa, yang pasti untuk menyembah Allah bukan menyembah Isa.

    Semua hanya untuk menuju ke jalan Allah, bukan ke jalan Isa, karena pada masa itu Isa utusan Allah. Saya tidak pernah tahu ada ayat agar kita menyemba Isa.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Memang benar yang Sdr. Didik katakan, tidak ada bayi yang haram. Semua suci. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, bukankah pada akhirnya bayi tersebut akan berdosa? Karena tidak ada manusia di muka bumi ini, yang seumur hidupnya tidak pernah melakukan dosa, bukan?

      Berbeda halnya dengan Isa Al-Masih. Hingga akhir hidup-Nya, Dia tidak pernah melakukan dosa. Sdr. Didik dapat cek di Injil atau kitab suci sdr, tidak satu pun ayat yang berkata bahwa Isa pernah melakukan dosa.

      Perhatikanlah perkataan Isa berikut ini, “Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 10:28).

      Mengapa Isa berkuasa memberi hidup kekal pada seseorang? Apakah ada manusia yang mempunyai kuasa seperti itu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Rizal

    |

    ~
    Menurut saya, yang menjawab semua jawaban kaum Muslim ini adalah seorang Kristian. Maaf bukan bermaksud menfitnah Anda. Tapi saya lihat dari setiap bahagian penjelasan Anda, Anda sepertinya tidak mengerti Islam. Contoh, jika Anda memang kaum Muslim, tidak ada keraguan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Anda tidak mengklain bahwa Nabi Muhammad tidak dijamin masuk sorga. Tetapa rendah (maaf) pemahaman Anda.

    Buat saya sudah jelas, Anda berusaha mempelajari Islam, Al-Quran dan hadist, tapi saya bisa klaim Anda Kristen.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Rizal,

      Maaf, lewat video di atas topik yang sedang kita bahas adalah tentang Isa Al-Masih. Bukan tentang Muhammad. Sebaiknya, dalam diskusi kita fokus pada topik yang ada, supaya diskusi kita bermanfaat. Dan lagi, bukankah Isa Al-Masih juga merupakan Pribadi yang harus diimani oleh Muslim?

      Jadi, dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video di atas, menurut saudara siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya ?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Muhammad Abdullah

    |

    ~
    Saya setuju bahwa tidak ada jalan menunju kepada Allah, kecuali mengikuti ajaran Yesus. Bukan mengikuti ajaran Paulus, karena Paulus mengajarkan agama Kristen dan Yesus mengajarkan agama Islam. Mohon maaf, ternyata Yesus mengajarkan agama Islam, silahkan baca Al-Quran atau Bible (Al Kitab).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Muhammad atas penjelasan saudara di atas.

      Bila memang demikian adanya, dapatkah sdr memberitahu kami, dimanakah tertulis bahwa Yesus mengajarkan agama Islam? Karena yang kami tahu, baik Yesus maupun Paulus tidak pernah mendirikan sebuah agama, termasuk agama Kristen.

      Tujuan kedatangan Yesus ke dunia bukan untuk mendirikan agama. Tetapi membawa Berita Keselamatan. Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Itulah sebabnya Yesus berkata, “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:12).

      Hal senada juga disampaikan oleh Paulus. Dengan hikmat Roh Allah, Paulus menuliskan, “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia [Yesus], sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injil, Kisah Para Rasul 4:12).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    PB Leksono

    |

    ~
    Terimakasih atas videonya. Komentar saya adalah bahwa Anda hanya mengutip beberapa ayat yang dipotong-potong untuk mendukung. Tidak mengutip ayat-ayat yang menolah argumentasi. Apa komentar Anda jika melihat ayat Al-Quran di bawah ini: “Sungguh, telah kafir orang yang berkata “sesungguhnya Allah itu adalah Al Masih Putera Maryam..” (Almaidah 17).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara PB Leksono,

      Memang kami tidak menuliskan semua kalimat yang terdapat dalam ayat tersebut. Alasannya: Karena video ini dibuat dalam durasi yang singkat. Jadi, di sini kami hanya menekankan makna dari ayat itu saja. Tapi, kami tidak melarang pemirsa untuk melihat ayatnya secara utuh, dan memberi sanggahan bila ada.

      Apakah Sdr. PB Leksono sudah melihat video tersebut secara keseluruhan? Dan dari ayat-ayat yang diperbandingkan, menurut sdr apakah Isa Al-Masih tidak lebih dari sekedar nabi saja?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    anto parbulan

    |

    ~
    Isa (Yesus) saat keci disunat. Semua orang laki-laki Islam disunat. Orang Kristen tidak ada kewajiban untuk sunat. Jika Kristen benar, siapakah yang akan masuk surga. Yang masuk sorga adalah yang mengikuti nabinya. Yang mengikuti Isa (bersunat) adalah umat Islam, lalu umat Kristen yang tidak sunat bagaimana?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Anto,

      Tidak satu pun ayat dalam Al-Quran maupun Injil yang berkata bahwa syarat masuk sorga harus disunat! Mengikut perbuatan nabi memang baik. Tapi bukan berarti seluruh perbuatannya harus diikuti bukan? Contohnya: Muhammad mempunyai istri 12 orang. Dia juga pernah menikahi anak di bawah umur. Apakah pria Muslim juga harus mengambil 12 isteri dan menikahi anak di bawah umur? Tentu tidak, bukan?

      Benar yang sdr katakan, Yesus saat kecil disunat. Mengapa? Karena itu adalah tradisi orang Yahudi. Tempat dimana Yesus disunat.

      Lalu, dengan cara apa agar seseorang dapat masuk sorga? Perhatikanlah firman Allah berikut ini: “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan” (Injil, Surat Roma 10:9-10).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    anto parbulan

    |

    ~
    “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

    Saya percaya ayat itu benar. Karena saat seseorang datang (ibadah) pada Tuhannya, harus dengan tata cara (jalan) yang sesuai dengan petunjuk dari nabinya. Kalau seseorang datang (ibadah) semaunya sendiri, ya mana mungkin Tuhan mau terima. Ayat itu sama saja yang ada di Islam ketika manusia beribadah, lakukalah dengan cara yang sesuai tata cara nabi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Anto Parbulan,

      Jika demikian adanya, berarti Sdr. Anto percaya bahwa Yesus adalah satu-satunya “Jalan” menuju Allah, bukan? Sudahkah Sdr. Anto menerima Dia sebagai satu-satunya Juruselamat? Sebab, sebagaimana yang tertulis pada ayat di atas, ayat yang sdr sendiri mengakui kebenarannya, hanya dengan mengikut Yesus seseorang mempunyai jaminan keselamatan kekal.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Didik Haryanto

    |

    ~
    Mana adminnya? Ayo malam ini kita diskusi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Karena kami tidak bekerja 24 jam, jadi kami tidak dapat untuk selalu langsung menjawab komentar-komentar yang masuk. Kiranya Sdr. Didik dapat memakluminya.

      Jika sdr ingin diskusi dengan kami, kami persilakan sdr mengemail kami di: masukan@idionline.info kami sangat senang dapat menjadi teman diskusi saudara.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ina deci

    |

    ~
    Semoga admin mendapat hidayah dan mampu menyerap pengetahuan yang cukup tentang Islam, Nabi Isa dan Al-Quran, Kitap suci terlengkap sepanjang zaman.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Ina atas doa saudara. Menurut Sdr. Ina sendiri, siapakah Isa Al-Masih itu? Jika hanya seorang nabi, mengapa hanya Dia nabi yang suci? Juga, mengapa Dia berkuasa mengampuni dosa seseorang dan memberi jaminan keselamatan sorgawi?

      Kiranya Sdr. Ina tidak keberatan untuk berbagi ilmu dengan teman-teman pembaca lainnya.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Staff Isa dan Islam

    |

    ~
    Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

    1. Bagaimana tanggapan saudara mengenai cerita dalam video di atas?

    2. Menurut saudara, apakah yang membuat tokoh dalam cerita tersebut akhirnya memutuskan untuk menjadi pengikut Isa Al-Masih?

    3. Dari semua ayat-ayat yang dijelaskan dalam video tersebut, menurut saudara siapakah Isa Al-Masih itu sebenarnya?

    Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

  • Avatar

    Raden Pit haryono

    |

    ~
    Terimakasih atas video dan logika-logika Anda dalam menafsir atas memahami firman, baik dari Al-Quran maupun Alkitab.

    Kita kembali ke diri kita, kenapa agama itu ada untuk manusia? Semata-mata agar kita tidak sama seperti mahluk yang lain. Karena kita adalah manusia, kita punya aturan dan hukum yang Allah swt turunkan ke para Rasul-Nya, agar kita berpikir. Semua boleh memahami dengan logika-logika masing-masing sesuai pemahamannya masing-masing. Hanya nanti akan diminta pertanggung-jawabnya di hadap Allah swt.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan sdr, bahwa tujuan agama dibuat agar manusia mempunyai aturan dan hukum dari Allah. Sehingga lewat agama tersebut, manusia mengeri nilai-nilai kehidupan yang benar menurut standard Allah.Tapi akhir dari kisah manusia bukan hanya di dunia saja.

      Seperti yang sdr katakan, bahwa pada akhir zaman Allah akan meminta pertanggung-jawab. Dan bagi siapa yang berhasil melakukan semua hukum Allah dengan sempurna, mereka dia akan mendapat imbalannya. Yaitu hidup kekal di sorga Allah.

      Tapi pertanyaanya: Adakah manusia yang dapat melakukan hukum Allah dengan sempurna? Jelas tidak, bukan? Melanggar hukum Allah sama saja dengan berdosa. Dan manusia berdosa jelas tidak dapat masuk ke sorga Allah yang suci.

      Lalu, bagaimana caranya agar manusia dapat bersih dari dosa dan dapat masuk ke sorga Allah? Isa berkata “Akulah jalan . . . Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa [sorga], kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Frans

    |

    ~
    Karena terbatas, saya langsung jawab no 2 dan 3 saja.

    2. Kenapa tokoh di video menjadi pengikut Yesus? Karena tokoh di video tidak memahami ayat ini, Lukas 4:8 “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti”

    3. Siapakah Isa Al-Masih sebenarnya? Isa Al-Masih adalah utusan Allah, seperti dalam Lukas 4:18 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku.”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk dua jawaban yang sudah Sdr. Frans tuliskan.

      Dari dua ayat yang sdr kutip di atas, memang sepertinya Yesus hanya utusan Allah. Tapi, untuk mengetahui Pribadi Yesus yang sebenarnya, Sdr. Frans juga harus membaca perkataan Yesus pada ayat yang lainnya.

      Contohnya:
      “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

      “Lalu Ia [Yesus] berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni” (Injil, Rasul Lukas 7:48)

      Jika Yesus memang benar hanya utusan saja, mengapa Dia berkata bahwa Dia adalah Tuhan? Juga, mengapa Dia berkuasa mengampuni dosa seseorang?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hanif

    |

    ~
    Silahkan lihat Qs 5:17 “sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam… dst”

    Jelaslah bahwa Al Masih/Yesus itu bukan Allah, ia adalah manusia seperti kita yang diutus oleh Allah sebagai nabi untuk kaum Yahudi pada saat itu. Ia diberi mukjizat/kelebihan oleh Allah seperti yang juga diberikan kepada nabi-nabi yang lain. Dalam injil pun Al-Masih/Yesus tidak pernah mengatakan bahwa “aku ini tuhan/Allah” atau “sembahlah aku”. Pahamilah sdr dengan hati yang bersih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Hanif,

      Kami ingin berbagi dua ayat dari Kitab Suci Injil, yang merupakan perkataan Al-Masih atau Yesus sendiri. Sebelumnya juga ayat ini sudah kami berikan kepada Sdr. Frans. Berikut adalah ayat yang kami maksud:

      “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

      “Lalu Ia [Yesus] berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni” (Injil, Rasul Lukas 7:48).

      Jika Yesus memang benar hanya utusan saja, mengapa Dia berkata bahwa Dia adalah Tuhan? Juga, mengapa Dia berkuasa mengampuni dosa seseorang? Kiranya Sdr. Hanif tidak keberatan untuk memberikan pandangan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    lilyusra

    |

    ~
    Isa tidak pernah minta ampun pada Allah? Bohong! Isa takut ketika dikejar-kejar bani Israel. Isa pun sholat memuji Rabbnya, dan Isa berdoa pada Rabbnya, Injil adalah kitab yang menfitnah para nabi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Lilyusra,

      Terimakasih untuk informasi yang sdr sampaikan di atas. Agar informasi tersebut dapat diterima sebagai kebenaran, bukan sebagai fitnah. Kiranya Sdr. Lilyusra dapat menuliskan di sini, kitab manakah yang menuliskan bahwa Isa takut ketika dikejar-kejar bani Israel? Silakan mengutip ayat yang menjelaskan hal tersebut dan menuliskannya di sini.

      Juga, dimanakah tertulis bahwa Isa sholat? Dan atas dasar apakah Sdr. Lilyusra berkata bahwa Injil adalah kitab yang memfitnah para nabi?

      Supaya tidak terjadi pembohong publik, kiranya Sdr. Lilyusra bersedia memberi klarifikasi atas pernyataan sdr di atas.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    dd wandika

    |

    ~
    Salam semua,

    Menurut hemat saya kita semua hanya bisa berpendapat saja. Itupun kita dapat dari katanya dari Al-Quran dan Injil. Siapa yang memang benar-benar menyaksikan semua riwayat yang ada?

    Jati diri Isa Al-Masih kalau mau diperdalam menurut Injil, ya itu bagianya umat Kristiani. Begitupun dengan Nabi Muhammad kalau dipelajari menurut versi Al-Quran, ya bagianya umat Islam.

    Jangan dibanding-bandingkan karena bisa menimbulkan silang pendapat. Pelajarilah di lingkungan sendiri kalau mau keduanya difahami.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf, kami agak kurang setuju dengan pendapat Sdr. Wandika di atas tentang mengenal jati diri Isa Al-Masih.

      Jika Sdr. Wandika membaca Kitab-Kita sebelum Injil pun, sudah menjelaskan tentang jati diri Isa Al-Masih. Contohnya Kitab Nabi Yesaya. Kitab ini ada kira-kira 600 tahun sebelum Isa Al-Masih datang ke dunia. Nabi Yesaya bukan hanya menubuatkan kedatangan Isa Al-Masih ke dunia. Tapi juga menjelaskan bagaimana Isa akan wafat.

      Berbeda dengan Nabi Muhammad. Dari semua kita-kitab yang ada, hanya Al-Quran yang memuat jati dirinya.

      Karena semua Kitab Suci menjelaskan jati diri Isa Al-Masih (termasuk Al-Quran). Sehingga tidak salah bukan mengapa kita harus tahu lebih jauh tentang jati diri-Nya?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    athailla

    |

    ~
    Kalau mau mencari kebenaran jangan separu-separuh mengambilnya. Ini buktin kebenarannya. Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.”

    Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al-Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan Sdr. Athailla. Jelas Tuhan itu Esa. Bukan dua, tiga, atau lebih. Kami pun mengimani Tuhan yang Esa. Kekristenan tidak pernah mengajarkan bahwa Tuhan itu tiga.

      Mungkin sdr akan berkata, bukankah orang Kristen menyembah tiga Allah yang dikenal dengan istilah “Tritunggal”? Bila Sdr. Athailla berpikiran demikian, jelas pemikiran itu salah. Untuk mengetahui apa arti dari “Tritunggal” tersebut, silakan sdr membaca penjelasan kami pada artikel yang terdapat di link ini: http://tinyurl.com/kqv4ebc.

      Kami harap sdr tidak keberatan untuk membacanya. Supaya sdr mempunyai pengetahuan yang benar. Bukan doktrin yang salah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    febrin_iya

    |

    ~
    Lalu apakah ada cara manusia bisa dekat pada Dia yang Kudus? Amal ibadah cukup? Ingat, Dia kudus dan tidak bercela! Sebanyak apapun ibadah manusia, tidak akan bisa mendekati kekudusan-Nya. Lalu bagaimana caranya kita bisa dekat?

    Sama seperti presiden dan rakyatnya. Apa rakyatnya bisa seenaknya mendekati presidennya? Tidak bukan? Tentunya sangat terbatas. Jadi presidenlah yang datang mendekati rakyatnya. Karena hanya presiden yang bisa melepas batasan itu.

    Begitu juga Tuhan. Dia-lah yang mendekat dan melepas batasan dengan ciptaan-Nya. Lalu siapa Dia?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk penjelasan yang sudah Sdr. Febrin berikan. Juga ilustrasi yang sangat baik. Semoga melalui ilustrasi yang saudara berikan, dapat menolong pembaca yang lain mengerti. Bahwa Tuhan Sang Pencipta yang Kudus itu, telah rela melepas batasan-Nya, agar dapat dekat dengan umat-Nya dan menyatakan kasih-Nya secara langsung kepada mereka. “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Nju

    |

    ~
    Dalam surat Al Ikhlas ayat 3 berbunyi “Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakan”

    Ayat ini menjelaskan bahwa Allah itu tidak melahirkan dan tidak juga dilahirkan oleh siapapun. Dan jelas Nabi Isa telah dilahirkan oleh Maryam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Nju,

      Maaf bila kami berkata inilah salah satu pandangan Al-Quran tentang pengikut Isa Al-Masih yang salah. Pengikut Isa Al-Masih atau orang Kristen tidak pernah berkata bahwa Allah melakukan hubungan dengan Maryam sehingga lahirlah Isa. Jika ada pemikiran seperti ini, jelas pemikiran tersebut adalah sesat!

      Memang orang Kristen menyebut Isa Al-Masih atau Yesus Kristus sebagai Anak Allah. Tapi “anak” dalam artian figuratif atau harfiah. Sama artinya ketika sdr menyebut kata “anak kunci.” Jelas kunci tidak pernah melahirkan anak, bukan?

      Penjelasan lebih rinci mengapa Yesus disebut “Anak Allah” (kata kiasan), Sdr. Nju dapat membaca penjelasan kami pada artikel ini: http://tinyurl.com/pq7m8hd.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Michael

    |

    ~
    Ya sudah kalau kalian menginginkan agar umat Muslim menyembah Allah SWT, mereka sudah pasti lakukan beribadah hanya kepada Allah SWT. Yang harus diragukan ya itu umat Kristiani yang menyembah Isa sebagai Tuhan.

    Harus diperdebatkan Yesus (Isa) ini Tuhan atau bukan. Coba di Injil mana yang menyebutkan “Aku (Yesus) adalah Tuhan maka sembahlah aku”?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Michael,

      Secara tertulis memang Yesus (Isa) dalam Injil tidak pernah berkata “Aku (Yesus) adalah Tuhan, maka sembahlah Aku”? Tapi, sdr juga harus ingat, bahwa secara tersirat Yesus sering kali menyatakan ke-Ilahian-Nya.

      Contohnya: Yesus berkata “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:12).

      Contoh kedua, Yesus berkata Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Contoh ketiga, Yesus berkata, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

      Apakah Sdr. Michael pernah mendengar nabi-nabi lain berkata bahwa dia adalah terang dunia, jalan kebenaran dan hidup, atau menyebut diri sebagai Tuhan? Setahu kami, bahkan nabi sdr sendiri tidak pernah berkata demikian.

      Nah, dari tiga perkataan Yesus di atas. Menurut Sdr. Michael siapakah Yesus itu?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    David

    |

    ~
    Coba pikirkan, kalau saja ibadah (hubungan manusia dengan Tuhan) manusia sendiri yang membuatnya. Apa jadinya? Itulah mengapa konsep ibadah dalam Islam, Tuhanlah yang menetapkan tata caranya, bukan manusia.

    Allah yang menetapkan tata caranya dengan mencontoh apa yang dipraktikan Nabi Muhammad. Karena tata cara ibadahnya berasal dari sumber yang satu, langsung dari Allah. Jadinya sholat di mana-mana sama lima waktu dan sholat sunnah lainnya juga sama.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk penjelasan sdr di atas. Satu pertanyakan kami: Jika saya beribadah dengan tata cara yang benar. Gerakan tubuh yang benar. Menghafal bacaan dengan benar. Tapi di hati saya masih penuh dengan dosa kebencian, dendam kepada orang lain, tidak mau memaafkan sesama. Menurut Sdr. David, pastikah ibadah saya diterima Allah?

      Dosa adalah pemisah antara manusia dengan Allah. Jadi, bila ingin membangun hubungan dengan Allah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan hati Anda dari dosa. Bukan dengan gerakan-gerakan tubuh saat sholat. Atau melakukan sholat sesuai dengan waktunya. Atau menghafal semua bacaan sholat.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Annisah

    |

    ~
    Selamat malam. Menurut saya yang membuat artikel ini orang non-Muslim. Dalam agama Islam, Nabi Isa itu anak dari perempuan suci yaitu Mariam bukan Bunda Maria (Kristiani). Dan Nabi Isa utusan Allah swt.

    Sedangkan Al-Masih itu pengkhianat Nabi Isa yang menjadi Tuhan. Mana ada Tuhan lahir dari manusia.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Annisah,

      Nama lain untuk Isa ialah Yesus. Gelar Al-Masih berasal dari bahasa Ibrani yang artinya adalah “yang diurapi”. Sedangkan “Kristus” merupakan terjemahan “yang di-urapi” ke dalam bahasa Yunani. Dengan demikian, baik Isa Al-Masih maupun Yesus Kristus artinya adalah “yang diurapi”. Dan kedua nama ini milik Pribadi yang sama.

      Kami sendiri baru dengar bahwa Al-Masih adalah pengkhianat Nabi Isa. Mungkinkah sesederhana berkhianat pada dirinya sendiri?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Gbu

    |

    ~
    Agama mengajarkan hal-hal yang baik kepada hidup manusia. Dan jika ada agama mengajarkan sesuatu yang tidak baik, berarti agama itu perlu di pertanyakan?

    Terimakasih postingannya pak admin.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan pernyataan saudara bahwa semua agama mengajarkan hal-hal yang baik. Namun demikian, agama tidak pernah menjamin seseorang masuk sorga. Hanya ada satu Pribadi yang dapat memberi jaminan keselamatan bagi setiap orang. Pribadi itu adalah Yesus Kristus atau Is Al-Masih. Firman Allah mengatakan bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya (Isa/Yesus) tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

      Terimakasih juga sudah berkenan mengunjungi situs kami dan memberi tanggapan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    afga

    |

    ~
    Coba cari Injil tahun 1992. Buka Yohanes 13:13, di situ tertulis “guru dan tuan” bukan “guru dan Tuhan.” Bedakan dengan Injil sekarang. Dirubah menjadi Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Afga,

      Tahun 1992 LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) tidak pernah mengeluarkan Injil versi baru. Dan Alkitab sebelumnya, menyebut kata “guru dan Tuhan” pada Yohanes 13:13. Demikian juga untuk semua versi bahasa Inggris. Menggunakan kata “Lord” dan bukan “master.”

      Satu-satunya yang menggunakan kata Master adalah Bible versi “The Message.” Tapi itu pun kata “Master” yang dipakai menggunakan M huruf besar, yaitu “Master.” Bukan “master.” Dimana menurut tata bahasa kata Master di sini merujuk kepada Tuhan. Bukan tuan. Karena jika merujuk kepada tuan, maka penulisannya menjadi “master” bukan “Master. Sama halnya dengan kata “Allah” yang berarti Pencipta dan “allah” yang berarti dewa-dewa.

      Jadi versi yang saudara bilang di atas, Injil 1992 menurut versi siapa?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    luthfi

    |

    ~
    Terimakasih admin atas postingannya. Saya teringat dalam Qs 5:111 “…dan (ingatlah Isa) saat kamu mengidupkan yang mati dari qubur atas seizin-Ku” Sungguh besar Allah dan segala mukjizat yang diberikan pada hamba-Nya.

    Saya mau tanya dasar Isa tidak pernah berdosa dalam Al-Quran.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih juga Sdr. Luthfi sudah berkenan menonton video yang kami sajikan.

      Menjawab pertanyakan sdr di atas tentang “dasar Isa tidak pernah berdosa dalam Al-Quran.” Maaf, kami kurang mengerti maksud pertanyaan sdr tersebut. Karena setahu kami, baik Al-Quran maupun Alkitab tidak pernah menuliskan bahwa Isa Al-Masih pernah melakukan dosa semasa hidup-Nya di dunia.

      Bahkan Al-Quran berkata Isa adalah suci. Juga, hadist mengatakan Isa satu-satunya bayi yang lahir tanpa disentuh setan.

      Semoga penjelasan ini dapat menolong menjawab pertanyaan sdr di atas.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Mas Ulut

    |

    ~
    Admin, mohon ditambah siapa yang terkemuka di dunia dan di akhirat. Pasti hanya Allah SWT yang terkemuka di dunia dan di akhirat. Kalau di dunia bisa presiden, bisa orang pintar dan juga bisa orang kaya yang terkemuka di dunia. Tapi kalau di dunia dan di akhirat pasti hanya Alloh SWT.

    Kalau Isa Al-Masih terkemuka di dunia dan di akhirat, berati Dia siapa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      “ . . . namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)” (Qs 3:45).

      Seperti yang Sdr. Ulut katakan di atas hanya Allah saja yang berhak disebut “terkemuka di dunia dan di akhirat.” Sebab Allah yang mempunyai dunia dan akhirat.

      Lalu, mengapa Isa juga disebut “terkemuka di dunia dan di akhirat”? Pertanyaan yang sangat bagus dari Sdr. Ulut.

      Mengacu pada penjelasan Sdr. Ulut di atas, dan juga isi dari ayat Al-Quran tersebut. Bila kami mengatakan bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimatullah yang datang ke dunia dalam wujud manusia. Datang untuk menyelamatkan manusia berdosa, dan memberi jaminan keselamatan bagi mereka. Percayakah Sdr. Ulut pada Isa Al-Masih?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Indro K

    |

    ~
    Maaf sebelumnya. Saya setuju dengan Yohanes 14:6 (Akulah jalan menuju Bapa, dst..) juga ayat lain.

    Penafsiran yang benar sebagai implikasinya: Maka ikutlah ajaranku! Bukan: Akulah Tuhan! Beberapa ayat Al-Quran juga menyebutkan bahwa Muhammad adalah “rahmat bagi seluruh alam semesta” “Muhammad adalah contoh jalan terbaik” (uswatun hasanah). Tapi tidak lantas Muhammad adalah Tuhan. Coba tunjukkan satu ayat saja di Injil yang menyatakan: “Aku (Yesus) Tuhan – Sembahlah aku”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf Sdr. Indo, salah satu komentar sdr kami hapus. Karena terlalu panjang di sini untuk dijelaskan, jadi silakan mengirimkan pertanyaan sdr lewat email ke: masukan@idionline.info. Staf kami akan membantu menjelaskan kepada saudara. Atau, sdr dapat bergabung di artikel kami yang membahas soal Alkitab di link ini: http://www.isadanislam.com/alkitab/

      Menanggapi tentang komentar sdr di atas, perihal pernyataan Yesus apakah Dia pernah berkata bahwa Dia adalah Tuhan. Kami ingin sdr merenungkan perkataan Yesus berikut ini: “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13).

      Jika Yesus hanya manusia biasa yang kebetulan diangkat sebagai nabi, mengapa Yesus berani berkata bahwa Dia adalah Alfa dan Omega. Bukankah hal ini menyatakan tentang kekekalan? Dan adakah manusia yang kekal?

      Lebih jelasnya, silakan Sdr. Indro membaca penjelasan kami pada artikel ini: http://tinyurl.com/mbtlyy5.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    arif bijak

    |

    ~
    Fanatik (cinta berlebihan) sempit adalah sikap dimana manusia lebih didominasi oleh perasaan hatinya yang cenderung berkeinginan, daripada logika (otak) yang rasional. Dan Tuhan memberi posisi otak lebih tinggi dari hati pada manusia. Sementara kebenaran adalah suatu yang harus kita cari, nalari bedasarkan otak, bukan hati yang sering bertanya-tanya.

    Iman/agama adalah suatu yang kompleks seperti penciptanya. Mari berpikir apakah Tuhan sesederhana itu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar apa yang Sdr. Arif katakan, bahwa iman/agama adalah sesuatu yang kompleks. Dan itulah sebabnya menurut kami iman tidak selalu dapat dijelaskan menurut logika manusia. Bukankah begitu?

      Sehingga, menurut kami sah-sah saja bagi Tuhan jika Dia mau datang ke dunia dan mengambil sifat kesederhanaan guna menyelamatkan manusia. Sayangnya, manusia begitu sombong dan merasa dapat menyelamatkan dirinya dari dosa dengan kekuatannya sendiri. Alhasil, manusia menolak Dia yang telah rela mengambil rupa kesederhanaan itu.

      Akhirnya, manusia (termasuk Sdr. Arif) pun berkata, “tidak masuk akal jika Tuhan mau capek-capek datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia. Cukup kirim malaikat saja.”

      Secara akal/logika manusia memang tidak masuk akal. Tapi kembali kepada iman di atas yang menurut Sdr. Arif suatu yang kompleks. Bukankah tidak ada yang mustahil bagi Tuhan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Amir

    |

    ~
    Coba Anda renungkan dan betul-betul hayati. Kitab Injil masih murni dari riman Tuhan, bukan? Kenapa dirubah sendiri oleh umat-Nya? Perjanjian Lama – Perjanjian Baru, apakah nanti ada lagi perjanjian ter-update? Ini sebenarnya karangan siapa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami kadang heran dengan teman-teman Muslim yang begitu yakin tahu betul tentang isi Kitab Suci orang Kristen. Bahkan tidak jarang mereka menasehati orang Kristen. Sayangnya, justru nasehat tersebut sangat salah. Ibaratnya, seperti seorang buta menuntun orang yang melek. Mungkinkah?

      Kira-kira demikianlah gambaran dari pernyataan Sdr. Amir di atas. Sdr tidak tahu apa-apa tentang Kitab Suci orang Kristen, tapi sdr berlagak seolah-olah sangat mengetahuinya.

      Apakah Sdr. Amir tahu apa arti dari kata: Alkitab, Injil, Perjanjian Lama, Perjanjian Baru? Kami yakin betul sdr tidak mengerti apa arti dari istilah-istilah tersebut. Oleh sebab itu, sebelum sdr menasehati orang Kristen mengenai Kitab Suci mereka, ada baiknya Sdr. Amir belajar dulu tentang Kitab Suci Umat Kristen. Sdr. Amir dapat membaca penjelasan pada artikel ini: http://tinyurl.com/cwt5kny.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hendry

    |

    ~
    Perlu kita pahami agama adalah aturan Allah yang perlu dan harus kita jalani. Setan adalah musuh manusia yang nyata, yang akan merasuki pikiran manusia supaya mnusia tidak taat aturan.

    Nabi dan rasul adalah contoh yang harus diteladani. Tujuan akhir nabi adalah membawa manusia ke sorganya Allah. Siapakah yang menciptakan dirimu? Maka sembahlah Dia. Jangan jadikan nabi dan rasul sebagai Tuhan. Dunia adalah tempat ujian bagi manusia, bukan tujuan akhir.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami setuju dengan Anda. Yang harus disembah adalah Sang Pencipta. Bukan nabi atau rasul. Sebab nabi atau rasul adalah manusia.

      Dari beberapa ayat yang ditampilkan pada video di atas. Dikatakan bahwa Isa Al-Masih adalah Kalimatullah. Atau disebut juga dengan Kalam Allah.

      Pertanyaan kami: Menurut Sdr. Hendry, mengapa Isa disebut sebagai Kalimatullah atau Kalam Allah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Fadil Akbar

    |

    ~
    Jika masih kurang ilmu atau masih belum paham maksudnya, jangan memposting video yang tidak memberikan maksud dan tujuan yang jelas, manfaatnya apa? Dengan mengetahui isi video Isa dan Islam sudah jelas sekali agama Islam yang paling benar. Tidak usah dicari-cari lagi kebenarannya.

    Akan tetapi kita tetap menghargai dengan keyakinan masing-masing. Bagiku agamaku dan bagimu itu agamamu. Toleransi antar umat beragama, agar kita bisa hidup berdampingan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sepertinya Anda sangat tidak senang dengan video di atas. Pada hal, sebagian besar ayat-ayat yang terdapat dalam video tersebut dikutip dari kitab suci Anda. Apakah Anda tidak ingin mengakuinya, karena ayat-ayat tersebut berbicara tentang Isa Al-Masih?

      Benar yang Anda katakan, kita harus saling menghargai sebagai umat beragama di negeri ini. Namun kami merasa bahwa video tersebut tidak menghina agama siapapun. Kami hanya mengutip dan menyajikan ayat-ayat dari Kitab Suci. Apakah itu salah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Aidi

    |

    ~
    Surat Al Ikhlas:
    “Katakanlah Allah Maha satu. Allah tempat bergantung segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak di peranakkan. Allah tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.”

    Tuhan tidak mungkin tiga: Tuhan Bapak, Tuhan Anak dan Tuhan Bunda Mariya. Segala sesuatu bergantung kepada Tuhan Allah bukan kepada Yesus, Isa Al-Masih. Allah tidak pernah lahir dari rahim manapun dan tidak akan pernah melahirkan. Allah tidak bisa disamakan dengan benda apapun apalagi berbentuk manusia seperti Yesus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Inilah salah satu kesalahan dari kepercayaan umat Islam. Mereka menuduh orang Kristen menyembah tiga tuhan yang terdiri dari: Tuhan Bapak, Tuhan Anak dan Tuhan Bunda Mariya. Ini adalah ajaran sesat!

      “Tritunggal” adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tiga Pribadi Allah yang berada bersama-sama dalam kekekalan. Ingat, Tritunggal bukan berarti ada tiga Allah. Tetapi satu Allah yang terdiri dari tiga Pribadi. Tentu lebih mudah mengucapkan kata “Tritunggal” daripada mengatakan “Allah yang Esa yang terdiri dari tiga Pribadi yang berada bersama-sama dalam kekekalan,” bukan?

      Mungkin Anda akan berkata “tidak masuk akal!” Benar, Tritunggal adalah konsep yang tidak mungkin dapat dimengerti secara penuh oleh manusia, terlebih untuk menjelaskannya. Sebab Allah jauh lebih besar dan agung dari manusia, sehingga mustahil bagi manusia dapat dengan mudah memahaminya.

      Lebih jelasnya, silakan membaca penjelasan kami pada artikel ini: http://tinyurl.com/kqv4ebc.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Priyomas

    |

    ~
    Maaf mas, dalam Al-Quran terdapat Surat Al Ikhlas, yang artinya:
    “Katakanlah Allah Maha satu. Allah tempat bergantung segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak di peranakkan. Allah tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.”

    Dalam video tersebut tolong ditambahkan perbandingan ayat di atas dengan yang ada dalam Injil. Biar kami bisa lebih paham tentang kesamaan antara Injil dan Al-Quran. Atau bahkan saya bisa lebih tahu kalau Injil itu memang benar. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk usulan Anda. Mungkin kami dapat mempertimbangkannya untuk video berikutnya. Sebab tidak mungkin kami mengubah video di atas lagi dan menambahkan saran Anda.

      Untuk sementara, sambil menunggu video yang Anda sarankan. Mungkin tidak adalah salahnya jika Anda membaca artikel kami yang menjelaskan tentang kebenaran Injil. Silakan lihat pada link ini:
      ingin mengetahui kebenaran Injil. Anda dapat membaca penjelasan kami pada artikel ini: http://tinyurl.com/cogqxrh.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    dharmin ibrahim saleh

    |

    ~
    Saya paham Anda sebagai umat Kristen telah menjelaskan mengenai Trinitas. Tolong jelaskan juga apa pengertian suci. Sekalian tentang penciptaan langit dan bumi.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Karena video di atas tidak berbicara soal penciptaan langit dan bumi, tapi tentang Pribadi Isa Al-Masih yang terdapat dalam Al-Quran dan Injil. Maka saran kami, untuk pertanyaan-pertanyaan di luar topik video tersebut, termasuk pertanyaan Anda di atas. Silakan langsung mengemail staf kami di: masukan@idionline.info. Mereka akan membantu menjelaskan semua pertanyaan yang Anda kirimkan. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Dirly

    |

    ~
    Kalau Anda masih berpedoman pada kata dan tulisan. Saya pastikan Anda akan keliru. Sebab kata dan tulisan bisa saja dibuat oleh manusia.

    Memang benar kitab suci dari Allah, diturunkan melalui wahyu dan ditulis oleh manusia. Bukan Tuhan yang menulis. Jadi wajar kalau ada sedikit kesalahan dalam penulisan dengan arti yang sebenarnya.

    Ada syaratnya kalau ingin jadi Tuhan, dan syaratnya tidak peduli siapa pun baik makhluk hidup maupun benda mati. Harus punya sifat Tuhan 20 dan sifat jaiz.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan, bahwa yang menulis kitab suci bukan Tuhan, melainkan manusia. Tapi ingat, Tuhan juga dapat menolong dan memastikan manusia tersebut menulis perkataan-Nya sesuai dengan yang Dia mau. Inilah yang disebut dengan hikmat.

      Tuhan yang hidup dan benar tentu ingin memberi perkataan yang benar kepada umat-Nya. Dia tidak akan membiarkan umat-Nya menulis perkataan-Nya dengan salah.

      Jadi maaf, kami tidak percaya dengan ajaran ada kitab suci yang perlu perbaharuan karena terdapat kesalahan!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Abi Raditya

    |

    ~
    Arah video ini sudah jelas agar orang jadi pengikut Isa Al-Masih. Sebagaimana para utusan Allah (para Nabi dan Rasul Allah), maka Isa Al-Masih juga adalah Shiratal Mustaqim (Jalan yang Lurus menuju pada Allah).

    Ketika orang mentaati perintah dan larangan (Firman) Allah yang disampaikan melalui para utusan Allah (termasuk Isa Al-Masih), akan terjamin masuk sorga Allah. Firman Allah (yang asli) adalah kunci keselamatan hidup di dunia dan sesudah mati. Firman Allah hanya bisa dipahami dengan logika dan nurani yang suci.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan bahwa Isa Al-Masih adalah Jalan lurus menuju Allah. Bukan hanya sebagai “jalan.” Tapi satu-satunya “Jalan!

      Perhatikanlah perkataan Isa berikut ini, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6).

      Jadi, sudahkan Anda menerima Isa Al-Masih sebagai Juruselamat Anda, yang dapat menjamin Anda agar sampai kepada Allah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    budi santoso

    |

    ~
    Nabi Muhammad adalah pengikut Isa. Demikian pula kaumnya. Isa tidak makan babi. Isa disunat. Isa menikah, Isa berhaji yang masa itu Mekah dinamakan Petra. Dan banyak hal lagi yang menandakan kaum Muslim adalah pengikut Isa sejati.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Budi Santoso, syarat menjadi pengikut Isa Al-Masih bukan hanya sekedar disunat, tidak makan babi, menikah, atau berhaji. Isa tidak pernah sekalipun berkata bahwa seseorang harus melakukan hal tersebut bila ingin menjadi pengikut-Nya.

      Inilah syarat untuk menjadi pengikut Isa, “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku” (Injil, Rasul Besar Matius 16:24).

      Saya percaya Anda tidak mengerti maksud dari perkataan Isa di atas. Karena keterbatasan tempat di sini, jadi silakan mengemail kami jika Anda ingin mengetahuinya, ke: masukan@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    abi faeza

    |

    ~
    Siapa yang mengikuti Isa akan msuk surga. Karena yang diajarkan Isa memang benar dari Allah, hanya manusianya itu sendiri yang menyelewengkan ajaran yang sebenarnya. Tidak ada dalam Bible Kristen yang mengatakan bahwa Isa mengaku sebagai Tuhan, kecuali kalimat yang ambigu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Betul yang Anda katakan, bahwa setiap orang yang mengikut Isa akan mendapat jaminan masuk sorga. Inilah pernyataan Injil akan hal itu, “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).

      Dan juga, Isa berkata dengan jelas bahwa Dia akan memberi jaminan keselamatan bagi orang yang percaya kepada-Nya. “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Injil, Rasul Besar Yohanes 8:12).

      Nah, apakah Sd. Abi Faeza sudah percaya dan menerima Isa Al-Masih sebagai satu-satunya Juruselamat Anda?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hendry

    |

    ~
    Isa dalam Islam tetap nabi yang harus diimani, bukan disembah. Tapi yang mutlak disembah adalah Sang Pencipta langit dan bumi serta isinya. Setiap yang menyembah Allah wajib masuk sorga. Tapi ada yang awal ada yang terakhir (dibakar oleh api neraka dulu). Yang tidak menyembah Allah kekal di neraka bersama setan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf Sdr. Hendry karena beberapa komentar Anda yang tidak berhubungan dengan topik video kami hapus. Saran kami, untuk pertanyaan yang tidak berhubungan dengan topik video, silakan langsung mengemail kami di: masukan@idionline.info.

      Benarkah setiap orang yang menyembah Allah pasti masuk sorga? Bagaimana dengan dosa? Setahu kami, Allah tidak akan pernah mengijinkan setitik dosa pun masuk ke dalam sorga-Nya. Dan lagi, coba Anda bayangkan, apakah Anda mau tinggal di sorga yang penuh dengan dosa? Bukankah sorga adalah tempat bagi orang-orang suci?

      Kitab Allah berkata, “Sebab upah dosa ialah maut” (Injil, Surat Roma 6:23). Artinya, setiap orang berdosa akan mendapat hukumannya, yaitu maut!

      Juga, kitab suci Anda berkata, “Barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya” (Qs 2:81).
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru