Mengapa Umat Nasrani Memilih Alkitab dan Bukan Kitab Lain?

Pernahkah Anda mendengar seseorang bertanya, “mengapa umat Nasrani hanya beriman kepada Alkitab dan tidak pada kitab suci umat lain?” Atau mungkin Anda pernah mengajukan pertanyaan itu?

Sebelum mengimani sebuah Kitab Suci, seyogyanya kita menguji isi dari kitab tersebut. Dengan demikian kita dapat yakin bahwa setiap tulisan yang terdapat dalam kitab itu adalah perkataan Allah.

Video berikut berjudul Mengapa Umat Nasrani Memilih Alkitab dan Bukan Kitab Lain?” Lewat video ini Anda akan mengetahui apa alasan umat Nasrani hanya beriman kepada Alkitab. Dan mungkin Anda pun dapat mempertimbangkannya. Bila Anda mempunyai pertanyaan atau pandangan lain, silakan mengemail staff kami atau kirimkan pertanyaan singkat Anda lewat WA/SMS ke 0812-8100-0718.

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Setelah melihat penjelasan di atas dan bukti-bukti tentang kesahihan Alkitab, menurut Anda pantaskah seseorang meragukan Alkitab sebagai firman Allah? Jelaskan alasannya!
  2. Dapatkah Anda menyebutkan beberapa alasan lain lagi, mengapa Nasrani lebih memilih Alkitab daripada kitab lainnya?
  3. Bagaimana pandangan Anda tentang pernyataan umat beragama bahwa firman Allah perlu disempurnakan?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (92)

  • Avatar

    Yoga

    |

    ~
    Maaf min, saya lihat iklan video ini di youtube. Saya harap untuk tidak membuat perbandingan antara Alkitab dengan Al-Qur’an. Walau hanya sekedar info tapi tetap saja dapat memicu perselisihan bagi beberapa orang yang tidak paham. Saya harap yang sebesar-besarnya untuk merevisi lagi iklan tersebut. Terima kasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Yoga,

      Saya menghargai pendapat dan permintaan Anda tersebut. Sesungguhnya video tersebut merupakan jawaban terhadap tuduhan yang dilayangkan kepada pengikut Isa Al-Masih berkenaan dengan Alkitab. Itu sebabnya, jawaban dan perbandingan itu perlu. Alangkah tidak obyektif jika tidak melakukan perbandingan. Ini artinya pendapat tersebut cenderung berat sebelah. Bukankah ini tidak baik?

      Alkitab pun menjelaskan tentang keselamatan yang dapat diperoleh manusia secara pasti. Bukankah setiap orang menghendaki diselamatkan, termasuk saudara? Bagaimana cara saudara agar diselamatkan? Apakah Al-Quran menjelaskan hal ini secara jelas dan pasti akan memberikan keselamatan kepada saudara? Mengapa? Dapatkah dijelaskan oleh saudara?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Tara

    |

    ~
    Kalau memang Isa melengkapi nubuatan Torah, kenapa Yahudi yang mempercayai Torah tidak menjadi Nasrani? Semoga bisa ditanggapi dan dijelaskan, bukan dihapus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Tara,

      Setiap orang berhak untuk menentukan keyakinan dan percayanya. Banyak orang Yahudi yang memercayai Isa Al-Masih telah menggenapi Taurat. Taurat telah menubuatkan kedatangan Isa Al-Masih. Injil menjelaskan penggenapan nubuat tersebut. Artinya ada korelasi dan koherensi antara Taurat dan Injil. Dengan demikian, Alkitab dapat dipercaya.

      Bagaimana dengan Al-Quran? Al-Quran tidak memiliki kaitan dengan ketiga kitab sebelumnya. Bahkan Al-Quran pun –sekalipun ditulis oleh satu orang– tidak memiliki berita yang koheren. Mengapa demikian? Dapatkah Anda menjelaskannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Reza

    |

    ~
    Saya juga melihat iklan di youtube, alangkah baiknya tidak membanding-bandingkan sesuatu kepercayaan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Reza,

      Video di atas adalah respons terhadap tuduhan yang ditujukan kepada Alkitab. Tentu Alkitab dan Al-Quran sangat baik diperbandingkan asal dengan perbandingan yang obyektif. Bukankah sebuah kitab harus memenuhi sifat Allah? Misal, mahatahu. Jika Allah mahatahu, maka firman-Nya pun bersifat masa depan. Alkitab memiliki nubuat yang telah digenapi. Sedangkan Al-Quran tidak memiliki nubuat sama sekali. Tentu ini menjadi sebuah pertanyaan besar, bukan? Mengapa Al-Quran tidak memiliki nubuat sama sekali? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Fransiscus

    |

    ~
    Halo Min,

    Dengan video anda iman saya bertambah kuat. Saya orang yang percaya sains, dan Al-Quran cocok dengan sains dan teknologi, beberapa ramalan Al-Quran tentang sains 100% benar terbukti dan tak terbantahkan, sementara yang saya pelajari ramalan Alkitab tentang sains, terbukti salah. Makanya saya percaya iman orang Islam, daripada orang Nasrani. Ramalan anda yang saya sebutkan di video tersebut, tidak menjawab inti persoalan yang anda kemukakan di kalimat-kalimat awal.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Fransiscus,

      Saya menghargai pendapat Anda di atas. Walaupun saya meragukan bahwa Anda telah membaca Al-Quran secara menyeluruh dan membandingkan dengan sains. Jika Anda seorang saintis, maka Anda dapat memberikan contoh sains yang sesuai dengan Al-Quran beserta ayatnya, bukan sekedar klaim. Menurut saya, pernyataan Anda di atas masih bersifat klaim. Saya bertanya kepada Anda. Menurut sains, bumi adalah bulat. Tertulis dimanakah dalam Al-Quran bahwa bumi bulat?

      Kitab suci bukan sekedar berhubungan dengan sains, tetapi juga dengan masa depan. Alkitab memuat nubuat yang telah digenapi. Bagaimana dengan Al-Quran? Mengapa Al-Quran tidak memiliki nubuat sama sekali? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Solihun

    |

    ~
    Maaf min, menanggapi yang di atas, sebelum membandingkan, sebaiknya pelajari dulu Islam itu apa biar bisa membandingkan dengan tepat jika memang itu perlu, karena yang telah disampaikan anda di atas yang berhubungan dengan “diselamatkan” itu merupakan arti dari “Islam” itu sendiri atau “Salamah” yang artinya selamat atau kaum yang selamat. Dari situ saya berkesimpulan bahwa anda belum pahan dan belum layak untuk membandingkan.

    Terima Kasih

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Solihun,

      Saya senang dapat berdiskusi dengan orang yang mengerti Islam. Sebab Anda dapat membantu saya mengerti Islam dengan lebih baik lagi. Saya telah membaca Al-Quran secara menyeluruh dan membandingkan dengan Alkitab. Alkitab memiliki nubuat yang telah digenapi, sedangkan Al-Quran tidak memiliki nubuat sama sekali. Kalau boleh tahu, mengapa Al-Quran tidak memiliki nubuat? Bukankah Allah mahakuasa? Setidaknya, Allah pasti akan menyatakan rencana-Nya untuk menyelamatkan manusia dari neraka. Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    wira

    |

    ~
    Harap mulai mengkondisikan bahwa penggunaan kata Allah pada Alkitab tidak tepat, karena kata Allah telah dipatenkan oleh Muslim di Al-Quran. Penggunaan penyebutan Isa Al-Masih adalah Yesus Kritus, karena memang Isa Al-Masih pada Al-Quran bukan Yesus Kristus pada Alkitab.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Wira,

      Membaca pernyataan Anda di atas, maka diperlukan rujukan sejarah. Ditinjau dari aspek sejarah, maka Alkitab telah ada lebih dulu dibandingkan Al-Quran. Penggunaan kata ‘Allah’ secara otomatis lebih dulu digunakan dalam Alkitab dibandingkan Al-Quran. Bagaimana mungkin kata ‘Allah’ dipatenkan menjadi hak eksklusif umat Islam? Pun bila kata ‘Allah’ dipatenkan menjadi hak umat Islam, maka apa Allah SWT pernah menyatakan diri kepada nabi Anda? Tertulis dimanakah dalam Al-Quran bahwa Allah SWT menyatakan diri kepada nabi Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Satrio

    |

    ~
    Luar biasa. Baru kali ini saya lihat ada iklan berbau agama di advertisement YouTube. Agama bukan sesuatu untuk diperbandingkan dan diperdebatkan, hanya akan menimbulan pecah belah. Cukup bersaudara sebagai sesama manusia. Menurut saya ini berlebihan untuk membandingkan isi dua kitab suci agama terbesar di dunia. Biar apa? Membuat anda benar. Begitukah?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Satrio,

      Berdiskusi tentang agama tidak harus menimbulkan perpecahan, bukan? Kedewasaan dalam beragama ditunjukkan dengan penerimaan terhadap perbedaan. Saya sangat senang berdiskusi tentang agama bukan berarti ingin memecah belah. Pemikiran bahwa berdiskusi tentang agama dapat memecah belah merupakan ketakutan terhadap diskusi itu sendiri. Jika Anda berani dan siap membaca Al-Quran dan Alkitab secara menyeluruh serta membandingkan keduanya, maka pikiran Anda akan terbuka terhadap adanya perbedaan.

      Pertanyaannya, apakah Anda memiliki keberanian untuk mempelajari Alkitab dan membandingkannya dengan Al-Quran? Bukankah perbandingan ini diperlukan agar Anda dapat mengerti dan mengetahui kebenaran? Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Hubertus N

    |

    ~
    Kenapa Injil bisa direvisi kalau itu benar firman Allah? Siapa yang mengangkat Isa ke syurga kalau Isa sendiri adalah Tuhan? Adakah di dunia ini yang hafal Alkitab? Kenapa justru banyak yang hafal Al-Quran? Dalam Alkitab (Genesis) menceritakan hari pertama diciptakan bumi terang dan gelap, padahal hari ke-4 baru diciptakan matahari bulan dan bintang. Yang benar mana? Aku jadi pusing.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Hubertus,

      Anda mengajukan banyak sekali pertanyaan. Saya akan menanggapi satu saja dari pertanyaan-pertanyaan Anda tentang revisi Injil. Apakah Anda telah membaca Injil secara menyeluruh? Adakah revisi tersebut mengubah Injil? Bukankah revisi dilakukan karena perkembangan bahasa yang terjadi? Tentu diperlukan keberanian untuk membaca Injil secara menyeluruh sehingga Anda mengetahui fakta sesungguhnya. Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    anon

    |

    ~
    Kalau mau objektif, coba buat daftar ramalan dan sumbernya, kemudian bukti terjadi dan sumbernya. Susahnya klaim ramalan itu, harus semua terpenuhi, satu pun tidak, ya tidak benar secara objektif. Lagi pula bible juga tidak tetap alias berubah-ubah setiap ganti versi. Dead sea scroll itu radio carbon datingnya masih tidak akurat penuh, masih mungkin dibuat setelah Masehi, yang artinya bisa ditulis setelah Isa Al-Masih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anon,

      Saya menghargai pendapat Anda di atas. Video di atas telah menjelaskan bukti-bukti tersebut. Misal, Isa Al-Masih akan mengalami kematian untuk menyelamatkan manusia dari neraka (Kitab nabi, Yesaya pasal 52-53). Nubuat ini telah digenapi Isa Al-Masih dengan kematian-Nya. Lagi, Isa Al-Masih pun telah menubuatkan kematian-Nya sendiri (Injil, Rasul Besar Matius 16:21).

      Bagaimana dengan Al-Quran? Adakah nubuat dalam Al-Quran? Tertulis dimanakah dalam Al-Quran nubuat dan penggenapan nubuat tersebut? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Kim

    |

    ~
    Apakah kalian membaca secara keseluruhan apa isinya Al-Quran dan Alkitab hingga kalian dapat membandingkan Al-Quran dengan Alkitab? Saya rasa kalian tidak membaca secara keseluruhannya, detail seperti nabi Isa dilahirkan serta saat dia kembali lagi ke bumi pun ada di dalam Al-Quran. Al-Quran hanya berisi tentang hari akhir? Tolong perluas lagi ilmunya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kim,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik sekali. Saya pun mengajukan pertanyaan yang sama dengan Anda. Apakah Anda telah membaca Al-Quran dan Alkitab secara menyeluruh? Saya telah membaca Al-Quran dan Alkitab secara menyeluruh. Itu sebabnya, saya menemukan adanya perbedaan signifikan antara Alkitab dan Al-Quran. Alkitab memiliki nubuat, sedangkan Al-Quran tidak memiliki nubuat.

      Bagaimana menurut Anda? Mengapa Al-Quran tidak memiliki nubuat? Dapatkah Anda menjelaskan hal itu?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ng

    |

    ~
    Yakin Isa bisa menanggung dosa manusia? Kitabmu sekarang banyak revisi bahkan Isa di hari akhir akan menjadi umat Muhammad.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ng,

      Pertanyaan yang menarik sekali. Kalau boleh tahu, apa Anda pernah membaca Injil secara menyeluruh? Bagaimana Anda tahu Isa Al-Masih menanggung dosa jika Anda tidak pernah membacanya? Bukankah sangat baik bila Anda membaca dan mempelajari Injil? Sebab Isa Al-Masih yang dapat menyelamatkan manusia dari neraka.

      Bagaimana dengan Allah SWT? Mengapa Allah SWT tidak memberikan jaminan pasti dalam Al-Quran? Alih-alih memberikan kepastian masuk sorga, Al-Quran menegaskan bahwa umat Islam pasti masuk neraka (Qs 19:71-72). Mengapa demikian?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Sapta

    |

    ~
    Mending debat sama dr. Zakir Naik biar tahu sejarah Islam lebih jelas dan jangan sembarangan disebut.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sapta,

      Saya tidak mengajak siapapun berdebat di forum ini, melainkan untuk berdiskusi. Kalau boleh tahu, apakah Anda sudah menyaksikan video tersebut? Bukankah amat jelas perbandingan Alkitab dan Al-Quran? Jika Al-Quran adalah firman Allah, mengapa Al-Quran tidak memiliki nubuat sama sekali? Bukankah Allah mahatahu? Mengapa Allah SWT tidak menyatakan nubuat tentang masa depan? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Mohamad Rifky

    |

    ~
    Kalau hanya nubuat yang menjadikan kita percaya bahwa agama itu benar tak jauh bedanya kita dengan percaya ramalan bintang atau cenayang. Mereka banyak yang terbukti kebenaranya. Agama itu harus ilmiah selaras dengan ilmu pengetahuan dan tak boleh bertentangan.

    Islam menjelaskan siklus hidrologi, obat-obatan, proses penciptaan manusia di dalam kandungan ibunya, dan masih banyak lagi lainnya yang terbukti benar secara ilmiah. Tolong baca buku AL Qur’an vs Sains Moderen Menurut dr. Zakir Naik.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mohamad,

      Ramalan bintang tidak dapat dijadikan sebagai dasar pembenaran ketidakmampuan Allah SWT memberikan nubuat. Faktanya, Al-Quran tidak pernah memiliki nubuat yang menjadikan manusia kagum kepada Al-Quran. Alih-alih menemukan nubuat dalam Al-Quran, umat Islam mencari nubuat tentang nabi Anda dari Alkitab. Bukankah ini janggal?

      Pertanyaannya, mengapa umat Islam mencari nubuat tentang kenabian nabi Anda dari Alkitab dan bukan dari Al-Quran? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Muhammad zaki

    |

    ~
    Jangan pakai segala membandingkan kitab suci. Lakum dinukum waliyadin (bagimu agamamu, bagiku agamaku). Jangan membuat situasi jadi tidak tentram. Saya tahu pasti admin bakal jawab “apa salahnya kita bahas agama secara dewasa” dan lain-lain. Stop mulai perpecahan duluan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Muhammad,

      Saya menghargai pendapat Anda tersebut. Salah satu rukun iman adalah memercayai kitab-kitab. Tentu saja Alkitab adalah bagian yang perlu dipelajari oleh Anda dan rekan-rekan Muslim lainnya. Dengan demikian, membandingkan Alkitab dan Al-Quran tidak dapat dielakkan mengingat adanya perbedaan antara Alkitab dan Al-Quran. Apakah Anda takut membandingkan Alkitab dan Al-Quran? Jika Al-Quran berasal dari Allah, maka tidak perlu takut dengan perbandingan tersebut. Sebaliknya, jika Anda tahu bahwa Al-Quran bukan dari Allah, maka Anda mesti takut.

      Pertanyaannya, mengapa Anda takut membandingkan Alkitab dan Al-Quran? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    ika kusuma atmaja

    |

    ~
    Hanya menambahkan saja, bahwasanya hal tentang kepercayaan tidak perlu diperdebatkan, hanya satu pesan saya “untukmu agamamu, untukku agamaku”. Terima kasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ika,

      Saya tidak mengajak siapapun di sini untuk berdebat, melainkan berdiskusi. Berdebat hanya menghasilkan usaha mempertahankan diri, sedangkan berdiskusi membuka ruang terhadap informasi. Itu sebabnya, membandingkan Alkitab dan Al-Quran merupakan upaya berdiskusi dengan rekan-rekan di forum ini. Mengapa Anda takut dengan perbandingan tersebut? Mengemukakan “untukmu agamamu, untukku agamaku” adalah upaya mematikan diskusi. Bukankah demikian? Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Mukegile

    |

    ~
    Jangan buat iklan yang meresahkan. Hal ini merugikan kedua sisi agama. Anda merugikan semua. Kalau anda yakin sama agama Kristen jalani saja. Tidak usah membanding-bandingkan. Agamamu, agamamu. Agamaku, agamaku. Jangan menyesatkan orang. Kalau Anda bingung agama Kristen dan Islam, beli di toko buku Alkitab dan Al-Quran. Anda baca. Anda tafsir baik-baik. Jangan Anda baca beberapa halaman terus merasa paling benar. Jadi orang yang bijak. Jangan jadi orang yang sok pintar.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mukegile,

      Saya kira iklan tersebut tidak meresahkan siapapun. Jika iklan tersebut dianggap meresahkan berarti ada yang salah dengan cara berpikir atau ada ketakutan terselubung. Jika Alkitab atau Al-Quran benar, maka tidak perlu kuatir bahwa iklan tersebut meresahkan. Sebaliknya, ini akan mendorong dan mendidik umat mengetahui kebenaran sesungguhnya, bukan? Apakah Anda mau terbelenggu dengan informasi yang tidak benar? Bukankah video di atas mendorong setiap orang berani mempelajari Alkitab dan Al-Quran secara mendalam?

      Saya bertanya kepada Anda. Mengapa Anda takut dengan iklan tersebut? Bukankah Alkitab telah memberitahukan tentang rahmat Allah agar manusia diselamatkan dari neraka? Bagaimana dengan Al-Quran? Anda perlu menjelaskan hal ini.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ender

    |

    ~
    Al-Quran bukan kitab pembanding.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ender,

      Kami setuju dengan Anda bahwa Al-Quran bukan kitab pembanding. Sebab tidak ada kitab yang tepat untuk dibandingkan dengan Alkitab. Alkitab adalah firman Allah di mana Allah menyatakan diri kepada manusia. Alkitab pun mencantumkan nubuat dari Allah yang telah digenapi dan akan digenapi. Ini menandakan bahwa Alkitab adalah satu-satunya wahyu Allah. Itu sebabnya, pengikut Isa Al-Masih memilih Alkitab.

      Bagaimana dengan Anda? Kalau boleh tahu, mengapa Anda menyatakan bahwa Al-Quran bukan kitab pembanding? Apakah Anda meragukan Al-Quran? Mengapa demikian?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Irvan

    |

    ~
    Saya ingin bertanya apa yang dimaksud Jruselamat karena mungkin dengan ini saya bısa lebıh tahu langsung.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Irvan,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik sekali. Juruselamat adalah Pribadi yang menyelamatkan Anda dari neraka. Tidak ada apapun yang dapat menyelamatkan Anda dari neraka, selain Isa Al-Masih. Isa Al-Masih nuzul ke dunia menunjukkan kasih dan kepedulian-Nya kepada manusia. Itu sebabnya, Alkitab telah menubuatkan kedatangan Isa Al-Masih ribuan tahun sebelumnya. Kalau boleh tahu, mengapa Anda ingin tahu tentang Juruselamat?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Number

    |

    ~
    Untuk Saudara,

    Saya ingin tahu seberapa banyak kebenaran yang tercatat di dalam Al-Kitab? Saya ingin bertanya. Bagian manakah dari Al-Qur’an yang menurut saudara belum terbukti, jika ingin membandingkan sertakan bukti dan data?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Number,

      Pertanyaan yang baik sekali. Saya senang dengan pertanyaan itu. Tentu banyak sekali kebenaran yang telah terungkap dan tercatat dalam Alkitab. Misal, kelahiran Isa Al-Masih dari keturunan perempuan. Kelahiran ini telah dinubuatkan dalam Taurat, Kejadian 3:15 dilanjutkan kitab nabi, Yesaya 7:14 dan digenapi dalam Injil, Rasul Besar Matius 1:22-23. Ini adalah salah satu contoh kebenaran dalam Alkitab.

      Bagaimana dengan Al-Quran? Pertanyaan saudara memunculkan pertanyaan bagi kami. Apakah ada nubuat dalam Al-Quran dan terbukti nubuat tersebut? Saya belum pernah menemukan adanya nubuat dalam Al-Quran. Mohon pencerahan untuk ini.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Roy

    |

    ~
    Semoga dapat hidayah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Roy,

      Terima kasih untuk tulisan Anda di atas. Memang diharapkan banyak orang akan mendapatkan hidaya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidayah adalah mempelajari Alkitab dan membandingkan dengan Al-Quran. Saya yakin hidayah akan ditemukan. Apakah Anda berani menemukan hidayah itu? Bersediakah Anda membaca dan mempelajari Alkitab secara menyeluruh dan membandingkan dengan Al-Quran? Anda akan menemukan kebenaran sesungguhnya. Bagaimana pendapat Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Anonim

    |

    ~
    Saya ingin bertanya. Apakah Yesus pernah minta untuk menyembah dirinya/dia mengaku sebagai Tuhan? Atau orang-orang Nasrani yang mengklaim dia Tuhan? Jika dia Tuhan, kepada siapa dia meminta? Yang menyebutkan tentang Trinitas Yesus atau orang lain? Harap tidak dijawab satu saja.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anonim,

      Pertanyaan yang baik sekali. Sesungguhnya pertanyaan ini dapat dijawab oleh Anda sendiri. Bukankah video di atas telah mengawali untuk membandingkan Alkitab dengan Al-Quran? Video tersebut relevan dengan pertanyaan Anda sehingga Anda perlu meneliti Alkitab untuk mengetahui fakta sesungguhnya tentang Isa Al-Masih adalah Tuhan. Sebab website ini memiliki artikel yang membahas hal itu dan pertanyaan itu telah dijawab berulang kali. Pertanyaannya adalah maukah Anda membaca dan mempelajari Alkitab secara menyeluruh? Bagaimana pendapat Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Benedict

    |

    ~
    Bagaimana pandangan Anda tentang pernyataan umat beragama bahwa firman Allah perlu disempurnakan? Memang firman-Nya perlu disempurnakan. Makanya diturunkan Al-Quran!

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benedict,

      Menyatakan bahwa firman Allah perlu disempurnakan menandakan bahwa Allah tidak sempurna. Sebab Allah tidak memiliki perencanaan dan tidak mahatahu tentang apa yang terjadi di masa mendatang sehingga firman-Nya perlu disempurnakan. Lagi, apa yang hendak disempurnakan? Bagian mana yang hendak disempurnakan? Apakah Anda pernah membaca Taurat, Zabur, kitab para nabi, dan Injil? Apa yang Anda temukan di sana tentang Allah? Apa Anda pernah membandingkan juga dengan Al-Quran? Bagaimana pendapat Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    abay

    |

    ~
    Kalau saudara benar sudah membaca Al-Quran harusnya saudara paham “kenapa umat Muslim lebih memilih Al-Quran daripada Alkitab”.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Abay,

      Memang saya sudah membaca Al-Quran dan Alkitab secara menyeluruh. Saya menemukan Alkitab konsisten dan memiliki nubuat yang telah digenapi. Itu sebabnya, saya memercayai Alkitab. Sebaliknya, saya tidak menemukan nubuat dan konsistensi dalam Al-Quran. Tentu janggal bila mengingat sifat Allah yang konsisten, bukan? Saya bertanya kepada Anda. Apa Anda pernah membaca Al-Quran secara menyeluruh dan membandingkan dengan Alkitab? Bagaimana?

      Saya yakin Anda mengalami kegelisahan karena Al-Quran tidak memberikan solusi untuk keselamatan Anda di akhirat. Kegelisahan itu tidak akan berujung jika Anda tidak mulai membaca Alkitab. Silakan dipelajari Al-Quran dan Alkitab secara menyeluruh.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Zee

    |

    ~
    Untuk mengetahui benar dan salah, maka keluarlah dari keyakinan. Biarkan logikamu berjalan setelah itu iman akan menuntunmu. Satu pertanyaan, kenapa Alkitab harus mengalami revisi? Aneh menurut saya bila Alkitab harus direvisi oleh pemahaman manusia. Itulah sebabnya Allah berkata dalam Al’Qur’an, celakalah bagi yang mengubah isi Alkitab.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Zee,

      Sebuah saran yang baik sekali untuk keluar dari keyakinan agar mengetahui kebenaran. Apakah Anda siap untuk keluar dari keyakinan Anda? Jika Anda siap keluar dari keyakinan Anda, maka Anda mesti siap mempelajari Alkitab secara menyeluruh dan membandingkan dengan Alkitab yang belum direvisi. Apakah ada perubahan isi atau perubahan bahasa? Ini penting agar konsistensi terhadap pernyataan dapat dibuktikan. Bagaimana? Apa Anda siap keluar dari Islam? Saya menanti jawaban Anda.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    benjamin knnyf

    |

    ~
    Saya selalu menghargai agama lain. Aku Islam, lihat iklan di youtube kurang enak membanding-bandingkan kitab suci masing-masing agama. Ini sangat sensitif.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benjamin,

      Saya senang Anda menghargai agama lain. Sikap itu patut dicontoh oleh siapapun. Saya pun menghargai agama manapun. Namun, saya tidak sedang mengedepankan agama tertentu di forum ini, melainkan Isa Al-Masih. Jika Anda menyaksikan video di atas, maka penekanan terletak pada Isa Al-Masih. Tetapi membandingkan Alkitab dan Al-Quran perlu dilakukan disebabkan adanya tuduhan kepada pengikut Isa Al-Masih bahwa Alkitab tidak asli. Itu sebabnya, saya memberikan respons terhadap tuduhan itu.

      Saya menghargai Anda sebagai pribadi seutuhnya. Manusia mengalami kebingungan dan kegelisahan tentang nasibnya di akhirat. Bagaimana dengan Anda? Apa Anda gelisah tentang nasib Anda di akhirat? Apa solusi yang dilakukan oleh Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    ANDREW

    |

    ~
    Makanya sebelum komentar perdalam dulu apa isi rumah sebelah agar tidak malu. Di Al-Qur’an banyak sekali sabda rasulullah yang berisi ramalan dan terbukti terjadi. Saya tidak akan menuntun kamu. Coba perdalam lagi. Giliran saya sekarang. Coba jawab. Ramalan di dalam Injil itu adanya di Perjanjian Lama atau Baru? Kalau di Perjanjian Lama, kenapa umat Nasrani tidak mengamalkannya? Kenapa malah mengamalkan ajaran Paulus (suku Farisi penentang Yesus) di Perjanjian Baru?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Andrew,

      Saya menghargai pendapat Anda di atas bahwa banyak perkataan nabi Anda yang terbukti. Uniknya, Anda tidak menyebutkan satu pun ayat dan bukti bahwa nubuat perkataan nabi Anda terbukti terjadi. Alih-alih membuktikan, Anda berusaha mengalihkan dengan mengajukan pertanyaan. Tenang. Saya akan menjawab pertanyaan itu setelah Anda membuktikan pernyataan Anda. Ditulis dimanakah di Al-Quran ramalan nabi Anda dan terbukti terjadi? Setelah Anda menjawabnya, saya akan menjawab pertanyaan Anda.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Pulungan

    |

    ~
    Injil yang dibenarkan Al Quran adalah Injil yang otentik. Injil pada zaman Isa sebelum diubah oleh para pemalsu. Adapun Injil yang ada sekarang, telah beberapa kali mengalami perubahan. Misalnya pada Persidangan Nicea pada tahun 325 M. Pada tahun 1881 dirilis Injil King James Version (KJV) yang merevisi beberapa hal yang dianggap bertentangan. Pada tahun 1952 dirilis Revised Standard Version (RSV) atas dasar ditemukannya beberapa cacat pada KJV. Coba anda research terlebih dahulu. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Pulungan,

      Anda menyatakan bahwa Injil diubah oleh para pemalsu. Pernyataan Anda perlu dibuktikan secara historis dan empiris. Pernyataan tanpa pembuktian adalah asumsi yang dapat mendekati ke imajinasi. Saya bertanya kepada Anda. Siapa pemalsu Injil? Adakah bukti historis untuk itu? Mengapa dipalsukan? Jika Anda menyatakan dipalsukan, apakah Anda pernah membaca Injil yang belum dipalsukan pemalsu? Apa dan dimanakah perbedaannya? Mohon pencerahan. Saya berharap Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Wiz

    |

    ~
    Jika tujuan Isa menjadi Tuhan di muka bumi, untuk apa umat yang lainnya mempercayainya sebagai Tuhan? Bukankah Tuhan sepenuhnya kuasa? Tuhan yang esa yang berarti tunggal. Bukan turunan. Allah itu esa, allah itu tuhanku dan tuhanmu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Wiz,

      Sesungguhnya Isa Al-Masih nuzul ke dunia bukan untuk menjadi Tuhan. Sebaliknya, Isa Al-Masih adalah Tuhan sejak ada dalam kekekalan. Silakan Anda membaca Alkitab secara menyeluruh dan membandingkan dengan Al-Quran agar Anda memahaminya. Misal, Anda dapat membaca Injil, Rasul Besar Yohanes 13:1-38. Ini akan menolong Anda mengetahui fakta Isa Al-Masih sesungguhnya. Dengan mempelajari Alkitab secara menyeluruh, maka kebenaran akan terungkap. Siapkah hati saudara menerima kebenaran bahwa Alkitab adalah firman Allah, dan Al-Quran bukan firman Allah? Mengapa?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ramadhan

    |

    ~
    Bukan suatu kebetulan jika iklan website ini sampai mampir di akun youtube saya yang padahal saya tidak pernah sekalipun mencari informasi selain Islam. Ada unsur kesengajaan dalam mensetting target audience iklan tersebut dengan umat Islam. Domain website juga mengandung unsur kesengajaan yang bisa membuat umat Islam mampir ke website ini, padahal isi dari website ini jelas-jelas mendiskreditkan Islam. Semoga kalian masih bisa hidup tenang ketika masih ada orang yang tersinggung dengan cara dakwah kalian.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ramadhan,

      Website ini menghargai setiap orang. Namun, website ini memaparkan kebenaran tentang Isa Al-Masih yang tertulis dalam Alkitab. Itu sebabnya, perbandingan Alkitab dan Al-Quran tidak dapat diabaikan begitu saja. Sebab Isa Al-Masih tertulis dalam dua kitab ini. Dengan demikian, mempelajari Alkitab yang memiliki nubuat atau ramalan yang terbukti terjadi amat penting. Bagaimana dengan Al-Quran? Apakah Al-Quran memiliki nubuat atau ramalan yang terbukti terjadi? Tertulis dimanakah nubuat yang terbukti terjadi dalam Al-Quran?Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Anonim

    |

    ~
    Anda belum menjawab pertanyaan saya tentang dimana letak yesus menyebut dirinya Tuhan? Anda bilang saya harus menemukan fakta. Dimana faktanya Yesus minta disembah? Dimana faktanya Yesus bilang dirinya Tuhan? Dimana faktanya? Jika tidak ada, bukankah itu hanya anda yang mengklaim?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anonim,

      Membuktikan Isa Al-Masih adalah Tuhan merupakan kesukaan saya. Namun, hal itu telah dibuktikan berulang kali. Itu sebabnya, saya bertanya kepada Anda dan Anda tidak berani menjawab pertanyaan itu secara lugas. Maukah Anda membaca dan mempelajari Alkitab secara menyeluruh? Bagaimana pendapat Anda? Silakan pertanyaan ini dijawab dulu.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    gg tq

    |

    ~
    Al-Qur’an tidak ada ramalan? Anda saja bukan ahli fiqih, tapi berani menyimpulkan seperti itu. Mungkin anda hanya membaca terjemahan seperti orang kebanyakan tanpa mendalami tafsirnya. Iklan anda ujung-ujungnya malah membuat debat kusir. Kalau mau jualan tidak usah jualan agama. Mungkin anda mau menggiring netizen biar masuk ke landing page anda, tapi bukan begini caranya. Tidak harus membuat video yang kontroversial agar mendapat reach.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara GG,

      Saya senang sekali bila Anda adalah seorang ahli atau cendekiawan Muslim yang dapat menjelaskan secara konkret tentang ramalan dalam Al-Quran. Sehingga pernyataan Anda di atas bukan sekedar asumsi. Sebab seringkali rekan-rekan Muslim hanya mampu memberikan klaim, tetapi tidak mampu membuktikan. Saya bertanya kepada Anda. Apa Anda pernah membaca Al-Quran secara menyeluruh? Di surah apa dan ayat berapa ramalan dalam Al-Quran? Apa ramalan itu terbukti terjadi? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Mod

    |

    ~
    Jika Yesus menanggung dosa berarti tidak apa-apa kalau zina?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mod,

      Anda memberikan pertanyaan yang baik sekali. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, bolehkah saya mengetahui lebih lanjut tujuan dari pertanyaan itu? Mengapa Anda menanyakan hal itu? Adakah pengalaman atau pikiran yang mengganggu Anda sehingga memunculkan pertanyaan itu? Kalau boleh tahu, apakah itu? Tentu saya senang menjawab hal itu dari Alkitab. Sebab Alkitab adalah firman Allah yang konsisten dengan keseluruhan sifat Allah yang suci. Itu sebabnya, Alkitab menjadi panduan hidup bagi orang yang telah diselamatkan Isa Al-Masih.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Aris Mahmudi

    |

    ~
    Saya kira lucu membandingkan isi Al Kitab dengan Al Quran dan mengambil dasar adanya nubuat atau tidak untuk menentukan mana yang lebih baik diimani. Agama tak hanya membahas hal di luar nalar saja, tapi juga yang dapat diamalkan sehari-hari. Mungkin ini bagus untuk menguatkan iman kristiani, tapi kira-kira cukup menggelikan jika dipakai untuk melemahkan iman Muslim. Kasarnya begini, kenapa umat Kristen tidak mengimani Al-Quran? Kamu Kristen bukan Islam, bagaimana? Kira-kira begitu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Aris,

      Sifat-sifat Allah mesti terejawantahkan dalam firman-Nya. Misalnya, Allah mahatahu. Jika Allah mahatahu, maka Allah tahu apa yang terjadi di masa mendatang. Hal ini tertuang dalam nubuat yang disampaikan Allah melalui para nabi. Ini salah satu indikator yang digunakan untuk membuktikan sebuah kitab adalah firman Allah. Bagaimana dengan Al-Quran? Adakah nubuat dalam Al-Quran yang terbukti terjadi? Dapatkah Anda menjelaskan dan membuktikan hal ini? Itu sebabnya, pengikut Isa Al-Masih tidak dapat mengimani Al-Quran karena tidak ada nubuat di dalamnya.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Hizki

    |

    ~
    Lanjut. Lalu di dalam Al-Quran dijelaskan tentang garis edar tata surya (al anbiya : 33), tentang api di dasar laut dilepas pantai miyami (at tur :6), sungai di dasar laut( al furqan:53) dan masih banyak lagi. Yang paling menakjubkan adalah semua itu diwahyukan oleh Allah SWT kepada Muhammad yang tidak bisa membaca maupun menulis.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Hizki,

      Saya menghargai klaim Anda demikian. Walaupun Taurat telah menyatakan Allah menciptakan matahari dan bulan ribuan tahun sebelum Al-Quran muncul. Dengan demikian, tidak ada yang baru dan tidak ada nubuat yang disampaikan Al-Quran. Ini adalah fakta yang terungkap. Jika kita menelusuri lebih lanjut mengenai validitas Al-Quran, dari mana Anda mengetahui bahwa Al-Quran adalah wahyu Allah? Adakah Allah menjumpai dan berbicara langsung dengan nabi Anda? Ditulis dimanakah dalam Al-Quran?

      Saudara, Anda mencoba membuktikan dan berusaha terus menerus validitas Al-Quran, tetapi hal itu tidak terbukti. Apa Anda tidak memikirkan nasib Anda di akhirat? Adakah Allah SWT menolong Anda di akhirat nanti dengan memasukkan Anda ke sorga? Bagaimana?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Jeremy

    |

    ~
    Tidak perlu membandingkan kalau tidak tahu isinya. Anda tidak pernah baca surat Ar Ruum. Itu juga ramalan di Al Qur’an dan terbukti.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Jeremy,

      Saya telah membaca Al-Quran secara menyeluruh dan tidak menemukan adanya nubuat di dalamnya. Bila surah Ar Ruum dianggap nubuat, maka bagian mana dari surah Ar Ruum adalah nubuat? Dimana ditulis dalam Al-Quran penggenapan nubuat itu? Ini untuk membuktikan bahwa surah Ar Ruum benar. Bagaimana?

      Oh ya, mengapa Anda menyatakan tidak perlu membandingkan Alkitab dengan Al-Quran? Apa Anda gelisah karena Al-Quran tidak menjelaskan tentang kepastian masuk sorga? Dapatkah Anda menjelaskan hal ini?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Anton Purnama

    |

    ~
    “MENGAPA UMAT NASRANI MEMILIH ALKITAB DAN BUKAN KITAB LAIN?”. Maaf, saya kurang paham dengan pertanyaannya. Apa di umat Nasrani ada opsi pilihan memilih kitab mana yang harus dipercayai? Umat Islam kitabnya Al-Qur’an, Yahudi kitabnya Taurat, Hindu Budha juga punya kitabnya masing-masing, tapi kenapa di konteks pertanyaan di atas seakan-akan umat Nasrani bisa memilih kitabnya. Saya bingung kenapa opsi pilihannya Alkitab dan Al-Qur’an (berdasarkan video)?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anton,

      Saya memahami Anda kurang memahami pertanyaan itu. Sesungguhnya video itu adalah tanggapan terhadap Muslim yang menyatakan bahwa Alkitab bukan firman Allah. Tentu perbandingan ini diperlukan untuk menjawab hal itu. Sebab Alkitab dan Al-Quran meriwayatkan tentang Isa Al-Masih. Itu sebabnya, perbandingan itu dilakukan. Sesungguhnya tidak ada opsi dalam menentukan kitab suci. Sebab Alkitab telah terbukti dan teruji adalah firman Allah.

      Bagaimana dengan Al-Quran? Apakah Al-Quran memiliki nubuat di dalamnya? Ditulis dimanakah nubuat itu dalam Al-Quran dan penggenapannya? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Chandra

    |

    ~
    Cek lagi dong. Apa benar tidak ada ramalan di Al-Quran? Justru Al-Quran itu sudah umum sekali dikenal sebagai petunjuk dari masa lalu, saat ini dan mendatang. Yang sudah terjadi. Sedang terjadi dan yang belum terjadi. Makanya dijadikan pedoman hidup buat Muslim. Sudah sangat umum sekali. Dapat sumber dari mana? Apa sudah mengkaji Al-Quran dengan ahlinya? Kalau sudah, tolong sertakan sumbernya di iklanmu itu. Buat kontroversi lewat iklan cuma buat digiring ke sini.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Chandra,

      Saya sudah membaca Al-Quran secara menyeluruh dan tidak menemukan adanya nubuat di sana. Jika Anda menemukan nubuat dalam Al-Quran, maka silakan Anda menyebutkan ayatnya. Tentu ini dapat menjadi kajian yang menarik. Tetapi Anda pun perlu menyertakan penggenapan nubuat itu terbukti terjadi. Jika tidak, itu hanya sebatas klaim. Sebab hingga hari ini tidak ada ulama Islam yang mampu membuktikan adanya nubuat dalam Al-Quran.

      Apa Anda pernah membaca Al-Quran secara menyeluruh dan membandingkan dengan Al-Quran? Jika sudah, apa yang Anda temukan di sana? Adakah Allah SWT memberikan jaminan pasti masuk sorga kepada Anda? Dimana ditulis di Al-Quran? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    al

    |

    ~
    Islam sangat mempercayai Perjanjian Lama/Moses, dan juga Injil/Perjanjian Baru. Siapa bilang Injil tidak dipercaya orang Islam? Tentang nubuat. Banyak dijelaskan di hadist-hadits dan dijelaskan di kitab-kitab yang dibuat imam-imam besar seperti Ihyaa Ulumuddin, Al Ghazali, Imam Hambali. Bukan tentang nubuat yang terutama. Tetapi bagaimana mengatur kehidupan kita. Tujuan hidup bukan nubuat atau ramalan. Sedang Al Quran – artikan saja Al fatihah – itu saja menjawab. Semoga sehat selalu kawan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Al,

      Terima kasih Anda memercayai Alkitab. Saya menyatakan Alkitab sebab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru terdapat dalam Alkitab. Dengan demikian, apakah ini berarti Anda tidak memercayai Al-Quran karena Al-Quran tidak memiliki nubuat? Sebab pernyataan Anda di atas tidak menyebutkan Al-Quran, melainkan hadits yang menjadi sumber rujukan. Jelas, hadits perkataan manusia, bukan Allah SWT. Pertanyaannya, adakah nubuat dalam Al-Quran? Ditulis dimanakah dalam Al-Quran dan penggenapannya yang membuktikan nubuat itu terbukti terjadi? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Martin

    |

    ~
    Maaf sebelumnya mohon dijawab. Siapa yang mengangkat Isa Al-Masih ke surga?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Martin,

      Menarik sekali pertanyaan Anda. Mengapa Anda ingin mengetahui tentang Isa Al-Masih terangkat ke sorga? Bukankah Anda dapat membaca dalam Injil? Saya ingin mengetahui lebih dulu agar memahami maksud pertanyaan Anda. Sebab Islam dan Kristen mengakui bahwa Isa Al-Masih terangkat ke sorga. Ini menjadi pertanyaan besar. Mengapa Isa Al-Masih terangkat ke sorga? Bukankah tidak ada manusia yang mampu terangkat ke sorga? Saya menunggu penjelasan Anda.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    riko

    |

    ~
    Pada dasarnya saya memercayai bahwa Isa akan turun ke bumi untuk menyelamatkan umat manusia, namun itu semua pasti atas perintah Allah SWT, dan pada dasarnya bahwa Isa pun akan kembali kepada Allah. Dan saya yakin sekali tidak akan ada yang berdiskusi secara obyektif, termasuk admin sendiri. Terlihat dari pernyataan dan jawaban semuanya bersifat subjektif. Diskusi soal perbedaan agama lebih asyik secara offline.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Riko,

      Anda memberikan pernyataan yang menarik sekali. Apa ukuran obyektivitas dan subyektivitas? Membandingkan Alkitab dan Al-Quran merupakan upaya obyektivitas. Apakah Anda berani membandingkan Al-Quran dan Alkitab secara obyektif? Silakan Anda membaca kedua kitab tersebut dan membandingkannya. Memercayai tanpa memiliki pengetahuan yang benar dapat menyesatkan Anda. Itu sebabnya, saya berharap Anda berani mempelajari Alkitab. Bagaimana pendapat Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Anonim

    |

    ~
    Dari sekian komentar yang saya baca, tidak ada satupun pertanyaan yang anda jawab dengan tegas. Lucu sepertinya jika ada pertanyaan malah dijawab dengan pertanyaan lagi. Ketahuan sekali ilmu yang anda kuasai belum memiliki kompetensi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dan akhirnya anda hanya mempermalukan diri sendiri.

    Salam

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anonim,

      Saya senang setiap orang memberikan pertanyaan. Saya pun senang untuk menjawabnya. Terkadang pertanyaan dapat dijawab dengan pertanyaan. Itu yang disebut dengan pertanyaan retoris. Sehingga siapapun yang membaca dapat memahaminya. Saya mengajukan pertanyaan sederhana kepada Anda, tetapi Anda tidak berani menjawabnya. Mengapa? Saya ulang pertanyaannya untuk mengingatkan Anda. Maukah Anda membaca dan mempelajari Alkitab secara menyeluruh? Bagaimana pendapat Anda? Silakan pertanyaan ini dijawab dulu.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Hilmi muhamad

    |

    ~
    Saya hanya bocah berumur 19 tahun. Ilmu agama pun masih banyak kekurangannya, tapi setelah lihat ads di youtube tentang pernyataan seperti itu saya akan berusaha sebaik mungkin untuk berdiskusi di forum ini mungkim pernyataan saya akan terbagi ke beberapa komentar karena jumlah karakter huruf yang bisa dipakai sangat terbatas. Pertama-tama kami umat Muslim tidak percaya ramalan, karena kami punya iman (meyakini dengan hati, lisan, dan perbuatan).

    Berbeda dengan orang kafir dan atheis yang percaya sesuatu jika itu terbukti. Umat Muslim hanya punya iman. Iman kami membuat kami percaya sesuatu bahkan walau itu belum terbukti, karena kami tahu Allah yang maha benar, Muhammad dan Al-Quran punya pasti isinya benar. Saya suka dengan forum ini karena selain adminnya sigap menjawab. Setiap jawabannya pun selalu penuh kelembutan. Jadi, bisa diskusi hal yang “sensitive” tanpa ada perpecahan. Saya suka mengamati forum diskusi bahkan forum debat hal yang “sensitive” ini, namun kebanyakan berujung perpecahan dan caci maki, apalagi jika itu ada di platform online. Semoga dengan melihat diskusi di sini bisa menjadi pembelajaran buat semuanya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Hilmi,

      Saya senang Anda berkenan berdiskusi di forum ini. Saya kira apa yang disampaikan oleh Anda baik dari perspektif Islam. Tentu setiap orang yang mengimani agamanya akan menyatakan demikian. Perlu dipikirkan juga bahwa iman juga bersifat aktif, bukan pasif. Iman yang aktif akan berani mempelajari kitab-kitab yang disebut firman Allah. Anda mengimani Al-Quran. Itu baik sekali. Anda pun diajarkan untuk mengimani Taurat, Zabur, dan Injil. Apakah Anda pernah membaca kitab-kitab itu secara menyeluruh?

      Nubuat bukan satu-satunya indikator bahwa sebuah kitab adalah firman Allah. Tetapi nubuat dapat menjadi indikator penting untuk membuktikan apakah kitab itu adalah firman Allah. Pertanyaannya, mengapa Al-Quran tidak memiliki nubuat dan penggenapan nubuat di dalamnya? Dapatkah Anda menjelaskan hal ini?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Jakaria

    |

    ~
    Kalau memang Al Kitab itu benar kitab suci Firman Tuhan, kenapa ada banyak ayat kontradiksi? Jadi, jangan ngawur membandingkannya dengan Al Quran. Kalau memang berani coba jawab tantangan Ust. Insan Mokoginta atau berdiskusi jangan hanya berani buat iklan terselubung.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Jakaria,

      Saya sangat senang bila Anda menyebutkan bagian mana dari Alkitab yang kontradiksi. Saya bertanya pada Anda. Apa Anda pernah membaca Alkitab? Saya meragukan Anda pernah membaca Alkitab. Jika Anda tidak pernah membaca Alkitab, bagaimana Anda berani menyatakan bahwa Alkitab kontradiktif? Jika Anda telah membaca Alkitab secara menyeluruh, maka Anda akan mengetahui kebenaran sesungguhnya. Pertanyaannya, beranikah Anda membaca Alkitab secara menyeluruh dan membandingkan dengan Al-Quran? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Febi Rizki

    |

    ~
    Saya ingin memberikan tiga masukan berkaitan konten video anda yang berjudul ‘Mengapa Umat Nasrani memilih Al Kitab bukan Kitab lain’. Pertama, konten video anda minim sekali referensi. Misal, anda mengatakan dalam Al Quran hanya ramalan tentang hari penghakiman, padahal banyak selain itu. Tak perlu saya jelaskan, langsung anda saksikan debat Dr Zakir Naik dgn Dr William untuk memperkaya referensi anda.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Febi,

      Saya senang Anda ingin memberikan tiga masukan kepada saya. Tetapi saya baru membaca satu masukan dari Anda. Dimanakah dua masukan lagi? Saya menghargai pendapat Anda di atas. Video di atas dibuat tentu berdasarkan referensi. Bila Anda ingin mengetahui referensinya, silakan klik ini: https://bit.ly/2W942df. Anda akan menemukan banyak penggenapan nubuat yang telah digenapi. Bagaimana dengan Al-Quran? Apakah Al-Quran memiliki nubuat yang telah digenapi? Sebaliknya, Alkitab memberikan bukti tentang nubuat dan penggenapan nubuat terbukti terjadi.

      Saya telah menyaksikan video tersebut berpuluh tahun lalu. Sebab video itu muncul tahun 2000. Di era keterbukaan informasi ini, maka tidak ada yang dapat ditutup-tutupi lagi. Anda dapat membandingkan Alkitab dan Al-Quran secara menyeluruh tanpa bergantung pada video William Campbell. Pertanyaannya, beranikah Anda mempelajari Alkitab dan membandingkan dengan Al-Quran? Mengapa?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    hansky

    |

    ~
    Saya adalah bagian dari umat Katholik. Saya hanya ingin berkata bahwa Tuhan ingin kalian memenangi hati, bukan memenangi debat, bahkan Isa pun tak pernah berusaha meyakinkan seorang untuk mengikutinya. Bahkan orang yang menjadi pengikutnya adalah orang orang yang terpilih dan berpegang teguh pada ajaran yang ia berikan yaitu cinta kasih. Ia memenangi hati pengikutnya dengan cinta kasih dan sesama serta mujizat bukan berdebat. Di negara yang majemuk ini saya hanya ingin menanamkan toleransi bukan api.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Hansky,

      Saya menghargai dan senang dengan pendapat Anda. Memang benar yang disampaikan oleh Anda bahwa Isa Al-Masih memenangkan hati banyak orang. Dia adalah Pribadi sempurna yang tak akan mampu ditandingi siapapun. Bahkan Ia memberikan ruang bagi orang yang tidak memercayai-Nya sebagaimana disampaikan oleh Anda. Itu tepat sekali. Saya tidak mengajak siapapun di forum ini untuk berdebat. Saya mengajak rekan-rekan di forum ini berdiskusi untuk mengenal Isa Al-Masih dengan benar. Apakah memperkenalkan Isa Al-Masih kepada semua orang adalah salah? Saya amat senang dengan toleransi — tidak perlu kuatir mengenai hal itu — tetapi saya pun ingin membagikan apa yang disebut Kebenaran. Tentu Anda tidak keberatan dengan ini, bukan?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    soulhard

    |

    ~
    Kamu membandingkan Alkitab yang telah banyak diubah dengan Al-Quran yang masih terjaga.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Soulhard,

      Membandingkan Alkitab dan Al-Quran secara obyektif adalah baik. Alkitab tidak pernah berubah dan diubah. Alkitab tetap terjaga keutuhannya. Apa Anda telah membaca Alkitab secara menyeluruh? Saya meragukan Anda telah membaca Alkitab. Sehingga pernyataan Anda masih sebatas asumsi. Sebab jika saya menanyakan bagian mana yang diubah dan meminta Anda menunjukkan Alkitab yang belum diubah, Anda pasti tidak akan mampu menjawab dan membuktikannya. Bukankah demikian?

      Saya menghargai Anda sebab Anda adalah pribadi yang disayang Tuhan. Apa Anda pernah merenungkan rahmat Allah yang begitu besar bagi Anda? Apa Anda tidak mau menerima rahmat keselamatan yang telah diberikan-Nya? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskan hal ini?
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru