Mengapa Isa Al-Masih Harus Wafat?

Teman-teman Muslim sering mengajukan pertanyaan kepada kami “Mengapa Isa harus wafat di salib”? Mungkin Anda yang seorang Kristen pun pernah mengajukan pertanyaan serupa.

Lewat Al-Quran dan Alkitab kita tahu bahwa Isa Al-Masih bukanlah orang yang biasa-biasa saja. Al-Quran bahkan menyebut Isa seorang terkemuka di dunia dan di akhirat. Alkitab mencatat begitu banyak hal luar biasa yang dilakukan Isa. Diantaranya menghidupkan orang mati.

Jika memang benar Isa Al-Masih sehebat itu, lalu mengapa Ia harus wafat dengan cara mengenaskan di atas kayu salib?

Video ceramah berikut ini akan menjawab semua pertanyaan di atas!

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Setelah melihat video di atas, apakah alasan Isa Al-Masih wafat di kayu salib?
  2. Jelaskanlah fakta-fakta yang terdapat dalam Kitab Allah tentang kematian Isa disalib!
  3. Setelah kita mengetahui tujuan sebenarnya Isa wafat disalib, bagaimana seharusnya sikap kita kepada Isa Al-Masih?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (4)

  • Avatar

    Gandhi Waluyan

    |

    ~
    Bukankah Tuhan Maha Kuasa? Mengapa untuk memghapus dosa umat-Nya Tuhan harus bunuh diri? Dalam semua Kitab Suci, untuk melakukan korban pasti ada perintah-Nya. Misalnya Allah merintahkan Abraham untuk mengorbankan Ismael, ada perintah dalam kitab suci.

    Nah dalam ayat apa Tuhan memerintahkan Yesus untuk dikorbankan? Apakah Yesus ikhlas penyaliban itu? Mengapa ada upaya Dia untuk menghindar? Mengapa Dia sangat marah dengan yang mengkhianatinya? Mengapa Dia merasa sedih dan gentar ketika mau dihukum?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Seperti yang sudah dijelaskan dalam video di atas, bahwa tujuan kematian Isa adalah untuk membayar lunas hutang dosa manusia. Kitab Suci Allah berkata, “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (Injil, Surat Roma 6:23).

      Apakah ada ayat tentang penyaliban Yesus? Iya, tentu ada! Bahkan, ratusan tahun sebelum Yesus datang ke dunia, Nabi Allah sudah menyatakan ramalan tersebut. Dikatakan, “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh” (Kitab Nabi Yesaya 53:5).

      Di antara semua nabi-nabi yang diimani oleh umat Muslim, adakah nabi yang melebihi Yesus/Isa Al-Masih?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Mohammad Tarmizi

    |

    ~
    Dalam Islam Nabi Isa tidak disalib, tapi diangkat ke langit. Yang disalib itu pengikut Nabi Isa yang berkianat. Allah merubah bentuknya sama persis dengan Nabi Isa. Nanti sebelum kiamat Nabi Isa turun ke bumi. Itu yang saya tahu. Wasalam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Umat Islam wajib beriman kepada Kitab Suci Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Quran. Ketiga kitab sebelum Al-Quran, semua sepakat bahwa Isa Al-Masih wafat disalib. Bahkan ramalan tentang kematian Isa pun sudah diramalkan pada Kitab sebelum Injil.

      Ratusan tahun setelah kisah penyaliban Isa berlalu, tiba-tiba ada sebuah kitab yang mengatakan bahwa kisah penyaliban Isa adalah bohong. Yang disalib bukan Isa, tetapi orang lain.

      Menurut Sdr. Mohammad Tarmizi apakah hal tersebut masuk akal? Atau, mungkin Allah memberi wahyu yang salah pada Kitab-Kitab sebelumnya?
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Dalam Al-Quran, Isa Al-Masih disebut sebagai TANDA dari Allah. Tanda ini adalah Tanda untuk KESELAMATAN manusia. Perhatikan Tanda Allah ini dengan meng-klik: bit.ly/2ULHlvA