Mengapa Alkitab dan Bukan Kitab Lain?

Mengapa lebih percaya pada Alkitab dibanding Kitab lain? Apakah karena saya beragama Kristen? Jelas tidak! Ada begitu banyak alasan yang sangat baik untuk mempercayai Alkitab.

Setidaknya ada lima hal yang dapat membuktikan bahwa Alkitab lebih layak untuk dipercaya. Apakah lima hal tersebut? Anda dapat menemukan jawabannya pada video berikut. Silakan klik video di bawah ini.

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Setelah melihat video di atas, bagaimana pandangan saudara tentang kemurnian Alkitab?
  2. Mengapa tidak pernah ditemukan naskah kuno Al-Quran?
  3. Benarkah Al-Quran diturunkan langsung dari sorga tanpa campur tangan manusia? Sebutkan alasan saudara!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, baik dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

Komentar (398)

  • Avatar

    Ibrahim

    |

    ~
    Semua kitab memang semua tertulis dengan tangan manusia. Tapi yang saya keliru di Alkitab mengapa di Perjanjian Lama bahwa Yesus itu bukan Tuhan tapi hanya nabi. Sedangkan Perjanjian Baru Isa atau Yesus disebut Tuhan.

    Dan semua hukum juga berbeda di Perjanjian Lama, misalnya tidak boleh makan babi, di Perjanjian Baru dibolehkan. Dan anehnya Yesus mengatakan Tuhan di atas kayu salib.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Karena ketidak-mengertian Anda tentang Alkitab, saya maklum bila Anda mengatakan di Perjanjian Lama Yesus hanya disebut nabi, dan bukan Tuhan.

      Sebenarnya, sejak di Kitab Perjanjian Lama pun ketuhanan Yesus sudah disinggung. Misalnya, dalam Kitab Nabi Yesaya 9:6 Yesus dikatakan; “ . . . Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.”

      Selain ayat di atas, masih banyak ayat lain dalam Perjanjian Lama yang menjelaskan tentang ketuhanan Yesus. Bila Anda ingin tahu lebih lanjut, Anda dapat menghubungi saya langsung lewat email di: saodah@idionline.info atau SMS ke 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    fauzi setiawan

    |

    ~
    Saya ingin bertanyak kepada Anda. Kenapa Tuhan bisa menjadi manusia dan kenapa pula Tuhan bisa disiksa dan bisa dibunuh?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Yesus atau Isa Al-Masih adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Ketika di dunia Isa adalah manusia dan juga dalam waktu yang bersamaan, Isa adalah Tuhan. Dan yang wafat disalib adalah Isa sebagai manusia. Yang disiksa dan dibunuh adalah tubuh manusia Isa. Setelah wafat dan dimakamkan, pada hari ketiga Isa bangkit dalam tubuh kemuliaan-Nya.

      Isa Al-Masih harus melewati semua itu. Bukan karena Isa bersalah atau berdosa. Tetapi untuk menyediakan jaminan keselamatan bagi manusia berdosa, termasuk Sdr. Fauzi jika Anda percaya kepada-Nya.

      Firman Allah berkata, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Injil, Surat Efesus 2:8-9).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    nady

    |

    ~
    Diskusinya boleh di youtube saja tidak? Di sini sangat dibatasi komentarnya. Saya mau menjelaskan panjang lebar, tidak cukup.

    Dosa seharusnya ditanggung oleh diri sendiri, bukan oleh Isa. Lalu kita meminta ampunan langsung kepada Allah. Kita tidak sekotor itu, sungguh Allah lebih dekat dengan kita melebihi nadi-nadi di badan kita. Mengapa Tuhan perlu menjelma menjadi Isa di bumi?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf sekali, di youtube kami tidak menyediakan kolom komentar. Tapi kita dapat melakukannya lewat email jika memang Anda membutuhkan tempat yang lebih flexible dalam memberi penjelasan yang panjang lebar.

      Ini email saya: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Maulana

    |

    ~
    Salam hormat,

    Saya memiliki pertanyaan untuk poin pertama. Apakah ada penjelasan tentang kejujuran atau kualitas (sosial, pemikiran, dan lain sebagainya) penulis-penulis Alkitab, sehingga tulisannya tidak diragukan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Alkitab ditulis dalam kurun waktu yang cukup lama, hampir ribuan tahun dan ditulis oleh orang yang berbeda. Bukan hanya satu orang. Kitab Injil saja ditulis oleh empat orang yang berbeda. Namun, Anda dapat melihat bahwa isi Alkitab ini saling terkait satu sama lain. Intinya pun sama, yaitu tentang rencana Allah untuk menyelamatkan umat-Nya dari hukuman dosa di neraka yang kekal.

      Bila bukan Allah yang mewahyukan firman itu kepada mereka untuk dituliskan, menurut Anda, apakah orang-orang yang berbeda itu dapat menuliskan satu ‘kabar’ yang sama?

      Menurut saya, justru keraguan Anda tentang keaslian Alkitab, lebih tepat ditujukan kepada Al-Quran. Mengapa? Karena yang menerima wahyu Al-Quran hanya satu orang dan tanpa saksi mata pula.

      Menurut Anda, bagaimana?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Amila

    |

    ***
    Pertanyaan no #2. Mengapa tidak pernah ditemukan naskah kuno Al-Quran?

    Setahu saya Al-Quran memang ada naskah kunonya (di Mekkah) dan Nabi Muhammad mengajarkan Al-Quran ke dalam hati manusia dan tulisan (supaya bisa dicek sama atau tidak ) sehingga banyak sekali penghafal Al-Quran.

    Sama mau tanya juga, kalau orang Nasrani percaya akan Nabi Adam, kemudian Nabi Isa adalah Tuhan, kemudian Nabi Adam menyembah siapa sebenarnya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ***
      Saya tidak pernah mendengar informasi bahwa ada naskah kuno Al-Quran di Mekkah. Bahkan sejarawan Islam pun tidak pernah mengatakan bahwa naskah kuno ini ada. Berbeda dengan Alkitab, banyak informasi yang menjelaskan tentang naskah kuno tersebut.

      Menghafal isi kitab suci itu memang baik. Tetapi, bukankah akan lebih baik bila kita juga dapat mengerti dan melakukannya? Sehingga kita bukan hanya sekedar hafal, tetapi juga menghidupi firman itu dalam hidup kita.

      Sebab “segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran” (Injil, 1 Timotius 3:16).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    AR

    |

    ~
    Saya rasa Anda seorang pengecut. Kalau Anda memang mau membandingkan kitab suci Al-Quran dan Alkitab, mungkin lebih baik Anda langsung membuat video bersama dengan ulama yang memang lebih jauh mengerti. Daripada hanya beradu argumen di kolom komentar dengan dibatasi karakter, dan yang berkomentar juga belum tentu memiliki pengetahuan yang cukup untuk menulis komentarnya di sini. Hanya sekedar kesal karena Al-Quran difitnah oleh orang seperti Anda. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf bila Anda kesal dengan isi video di atas. Walau saya sendiri bingung mengapa Anda menyebut video tersebut memfitnah Al-Quran.

      Saya sering mendengar teman-teman Muslim saya berkata “kalau mau debat, ke ulama saja.” Ketika kita membicarakan tentang ajaran agama, apakah itu termasuk debat? Menurut saya tidak! Sah-sah saja bila dua orang berbeda agama saling bertukar-pendapat, bukan? Namun tentunya harus memperhatikan etika sopan santun.

      Hal yang kedua, mengapa harus ke ulama? Apakah Muslim awam tidak mengerti agamanya? Bila memang tidak mengerti, bukankah waktunya untuk mempelajari agamanya itu? Menurut saya, mempelajari agama bukan hanya tugas ulama, tetapi semua umat beragama.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    dian siswanto

    |

    ~
    Maaf sebelumnya, apa benar Yesus lahir 25 Desember? Kalau benar, apakah disebutkan di Alkitab?

    Kalau pertanyaan saya kurang berkenan, maaf.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Karena Anda bertanya di luar topik video yang sedang dibahas, jadi saya tidak dapat menjawabnya di sini. Tapi Anda dapat membaca jawaban saya di artikel ini: https://tinyurl.com/y8oveztb.

      Bila Anda ingin penjelasan yang lebih detail, Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan lewat email ke: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    juanda

    |

    ~
    Saya mau tanya, apa benar Tuhan pernah mati atau tidak? Karena setiap aku menanyakan pertanyaan ini di atas kepada saudara-saudara non-Muslim, tidak ada satu pun yang bisa menjawabnya. Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Juanda, terimakasih untuk pertanyaan Anda. Saya akan menjawabnya secara singkat, mengingat tempat yang terbatas.

      Tuhan tidak pernah mati. Tuhan tidak mungkin bisa mati. Yang mati di atas kayu salib adalah tubuh manusia Yesus atau Isa Al-Masih. Tujuan kematian-Nya itu untuk menanggung hukuman dosa, yang seharusnya kita yang menanggungnya.

      Itulah sebabnya Isa berkata, “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati” (Injil, Rasul Besar Yohanes 11:25).

      Artinya, seseorang yang percaya kepada Isa Al-Masih tidak akan binasa di neraka. Tetapi dia akan mempunyai hidup yang kekal di sorga.

      Demikian secara singkat penjelasan dari saya untuk pertanyaan Anda di atas. Jika masih kurang jelas, Anda dapat menghubungi saya lewat email: saodah@idionline.info atau SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    mefeira zona

    |

    ~
    Al-Quran mengatakan sesuatu yang dikaji para pakar ilmu dan benar adanya. Di Al-Quran mengatakan tujuh lapis langit, dan ilmuwan menemukan lapisan-lapisan tersebut. Di Al-Quran mengatakan air laut terpisah, ilmuwan menemukan bahwa air laut ternyata pisah.

    Kejadian kelahiran bayi dijelaskan secara medis dan benar. Bulan dibelah Nabi Muhammad ditemukan oleh NASA bahwa bulan pernah terbelah. Al-Quran dapat menyatukan berbagai suku di dunia untuk beribadah dalam satu bahasa Al-Quran, sementara Injil tidak.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Lalu, bagaimana tanggapan Anda dengan ayat Al-Quran berikut ini:

      – Al-Quran menuliskan “Fir`aun berkata: “. . . aku akan menyalib kamu semuanya”” (Qs 7:123 – 124).

      Faktanya, hukuman penyaliban tidak ada, tidak dipraktekkan pada masa Firaun Bangsa Persia (abad 6 sM) dan kekaisaran Romawilah yang mulai memakai hukuman penyaliban.

      Firaun hidup sekitar tahun 2000 sM/sebelum Masehi. Jadi ada selisih waktu 1400 tahun dengan zaman Persia, dan 2000 tahun dengan kekaisaran Romawi.

      – Qs 4:157 “. . . mereka [orang Yahudi] tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya [Isa] . . .”

      – Faktanya, Joshepus (37-100 Masehi), sejarawan Yahudi, mengakui “. . . hiduplah . . . Yesus [Isa Al-Masih]. . .Pilatus memerintahkan Ia disalibkan hingga mati . . .”

      Tacitus (56-117 Masehi), sejarawan Romawi, mencatat “. . . Kristus[Isa Al-Masih] . . .menjalani hukuman yang kejam . . . di tangan . . . Pontius Pilatus . . .”

      Dapatkah Anda jelaskan mengapa Al-Quran juga bertentangan dengan fakta sejarah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hendy pratama

    |

    ~
    Assalamualaikum,

    Mau bertanya, kalau agama Kristen dikatakan agama budaya yang berdasarkan hasil karya manusia biasa, lantas bagaimana dengan Kitab Injil yang diturunkan oleh Alloh SWT kepada Nabi Isa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Orang Kristen tidak pernah mempercayai bahwa Injil adalah kitab yang diturunkan Allah kepada Isa Al-Masih, sebagaimana orang Islam percaya Al-Quran diturunkan Allah kepada Muhammad.

      “Injil” berarti ‘kabar baik.’ Injil yang dibawa Isa Al-Masih adalah berita kasih Allah kepada manusia yang telah berdosa dan terpisah dari Allah. Inti dari Injil dan maksud utama kedatangan Isa Al-Masih ke dunia, ialah penderitaan dan kematian-Nya untuk menanggung hukuman dosa manusia.

      Dalam Kitab Suci tentang hal ini dituliskan, “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” (Injil, Surat 2 Korintus 5:21).

      Jika Anda masih kurang mengerti, Anda dapat langsung mengemail saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    MANDALA AMBO JAYA

    |

    ~
    Maaf saya bertanya, dalam Kitab Injil dikatakan manusia pertama adalah Adam dan Hawa dan menpunyai anak yaitu: Kain, Habel dan Set. Pada waktu itu Kain dan Habel mempersembahan kepada Allah (Tuhan) masing–masing mempersembahkan, Kain mempersembahkan hasil pertaniannya dan Habel mempersembahkan hasil ternaknya.

    Dari kedua persembahan itu, punya Habel yang diterima Allah dan Kain tidak. Oleh sebab itu, Kain timbul di hatinya iri hati dan akhirnya Kain membunuh Habel. Kain diusir ke negeri lain dan kawin.

    Jadi pertanyaan saya adalah, siapakah perempuan itu dan darimana. Sedangkan kita tahu manusia pertama Adam dan Hawa dan anaknya tiga orang. Kain, Habel dan Set (manusia pertama). Terimakasih.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Alkitab memang tidak mencatat siapa isteri Kain. Satu-satunya kemungkinan isteri Kain adalah saudaranya sendiri atau keponakan perempuannya. Ketika Kain membunuh Habel, Alkitab tidak mencatat berapa umur mereka saat itu. Karena keduanya adalah petani, mungkin sekali keduanya saat itu sudah dewasa.

      Saat Habel dibunuh, Adam dan Hawa pasti punya anak-anak lain selain Kain dan Habel. Lihat Kejadian 5:4.

      Karena Adam dan Hawa adalah manusia pertama, anak-anak mereka tidak punya pilihan selain saling menikahi. Allah tidak melarang pernikahan antar anggota keluarga sampai ketika sudah cukup banyak manusia sehingga pernikahan antar anggota keluarga tidak diperlukan lagi (Imamat 18:6-18).

      Jelas tidak semua rahasia yang ada di alam semesta ini dapat dituliskan secara rinci dalam Alkitab. Jika semua dituliskan, tentu tidak akan ada tempat yang cukup memuatnya. Semoga penjelasan ini cukup untuk menjawab pertanyaan Anda di atas.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    alqasam

    |

    ~
    Agama yang sebenarnya adalah agam Islam. Kalau ingin meperdalam ilmu yang ada dalam agama Islam, mohon ke tempat pengajian kami.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Alqasam untuk undangan Anda. Dari kalimat Anda di atas, saya mencoba menyimpulkan bahwa Anda seorang yang mempunyai ilmu Islam yang cukup baik. Untuk itu, dapatkah Anda menjawab tiga pertanyaan saya berikut ini:

      1. Setelah melihat video di atas, bagaimana pandangan Anda tentang kemurnian Alkitab?

      2. Mengapa tidak pernah ditemukan naskah kuno Al-Quran?

      3. Benarkah Al-Quran diturunkan langsung dari sorga tanpa campur tangan manusia? Mengapa?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    torank jhon kreak

    |

    ~
    Jika agama bisa menyelamatkanmu, maka siapakah yang menyelamatkanmu dari hukum maut dosamu terhadap Kuasa Allah? Sebab Allah sudah muak melihat kemunafikan agamamu. Itulah sebabnya kamu dijatuhkan dari sorga Allah oleh dosa satu orang, yaitu Adam Hawa.

    Oleh karena satu orang yang benar, maka Allah berkenan kembali kepadamu. Jika kamu umat Islam bertobat kembali tidak sujud menyembah dewa Batu Ka’bah itu dan berdoa kepada allah-allah duniamu ini.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Menurut saya, agama tidak dapat menyelamatkan seseorang. Agama hanyalah salah satu cara untuk kita mengenal Tuhan Sang Pencipta. Saya percaya sorga adalah anugerah Allah.

      Sebagaimana Ia berfirman, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Injil, Surat Efesus 2:8-9).

      Jadi, menurut saya adalah sebuah kesombongan dan menantang Allah, bila ada orang yang berkata ia sanggup mengusahakan sendiri keselamatannya tanpa pertolongan dari Allah.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Cikal

    |

    ~
    Saya ingin bertanya, jika memang Yesus adalah perwujudan dari Tuhan, mengapa Dia harus menanggung dosa umat manusia? Bukankah Dia Tuhannya yang memberikan dan menghapus dosa itu sendiri?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Cikal, pertanyaan Anda sangat baik dan sungguh kritis. Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat.

      Allah itu maha adil. Dengan sifat-Nya ini, Allah harus menghukum semua dosa. Bila Allah mengampuni dosa begitu saja tanpa menghukumnya, berarti Ia bukan Allah yang adil, melainkan pilih kasih.

      Sementara dikatakan bahwa “upah dosa adalah maut.” Artinya, dosa sekecil apapun akan membawa manusia kepada kebinasaan.

      Selain adil, Allah juga maha pengasih. Dengan sifat kasih-Nya ini, mustahil Allah akan membiarkan manusia binasa di neraka. Lalu, apa yang harus Allah lakukan agar kedua sifat-Nya tersebut (adil dan kasih) dapat terjadi?

      Satu-satunya cara adalah lewat pengorbanan Isa Al-Masih di atas salib. Kitab Allah menuliskan, “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya [Isa] beroleh hidup yang kekal [di sorga](Injil, Rasul Besar Yohanes 3:15).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Cikal

    |

    ~
    Berarti di sini Tuhan itu Allah bukan Isa? Karena di situ jelas bahwa hanya Allah yang mampu mengampuni dan menghukum manusia atas dosa yang telah diperbuatnya.

    Isa/Yesus di sini hanyalah manusia biasa yang mengklaim diri-Nya menebus dosa seluruh umat manusia dengan cara disalib. Anda mengesampingkan fakta bahwa yang mengampuni dosa adalah Allah SWT, Isa hanya mengklaim diri-Nya bisa menebus dosa yang hal itu belum terbukti adanya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Bukti bahwa Yesus/Isa dapat mengampuni dosa, dapat Anda lihat pada ayat berikut; “Lalu Ia [Isa] berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni” (Injil, Rasul Lukas 7:48)

      Apakah manusia berhak mengatakan “dosamu diampuni” kepada seseorang yang berdosa? Menurut saya, hanya Tuhan yang berhak atas itu. Lantas, siapakah Isa/Yesus sehingga Ia merasa punya hak berkata demikian?

      Sekarang, mari kita lihat dari sisi ajaran Islam; “. . . seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain” (Qs 6:164). Bila Isa hanya manusia, jelas Ia tidak dapat menanggung dosa orang lain karena natur manusia adalah pendosa.

      Tapi faktanya, tidak satu pun ayat Al-Quran dan Injil yang mengatakan Isa berdosa. Jadi, berdasarkan fakta ini, Isa berkuasa menanggung dosa orang lain, bukan?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Aan

    |

    ~
    Berarti di sini Isa “Hanya” perwujudan dari Allah. Lantas, mengapa Anda masih meyakini bahwa Isa itu adalah Tuhan yang sebenarnya, seperti yang Anda bilang bahwa Isa hanyalah perwujudan dari Tuhan. Mengapa bukan Tuhan itu yang Anda sembah, melainkan Anda menyembah perwujudan-Nya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Aan,

      Bila Allah menyatakan diri-Nya sebagai manusia, menurut Sdr. Aan apakah perwujudan dari Tuhan itu bukanlah Tuhan?

      Anda ingat cerita dongeng anak-anak tentang seorang Pangeran yang menjadi kodok? Sekalipun pangeran itu menjadi kodok, dia tetaplah pangeran. Bedanya, saat itu tubuh si pangeran berubah menjadi kodok, tetapi sifat dan pribadinya tetaplah seorang pangeran.

      Kisah ini hanya contoh untuk menolong Anda mengerti tentang Pribadi Allah dalam diri Isa Al-Masih.

      Bila Anda masih merasa bingung, Anda bisa langsung menghubungi saya lewat email di: saodah@idionline.info atau SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    agus

    |

    ~
    Saya mau bertanya:

    1) Yesus mati di kayu salib. Dan salib dibawa kemana-mana bahkan dicium sebagai simbol. Kalau Yesus mati dikursi, apakah kursi yang disembah?

    2) Banyak gambar Yesus di dinding rumah dan di pagar rumah orang Kristen. Apakah Yesus yang dianggap Tuhan layak disembah?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Agus,

      Video di atas membahas soal, mengapa pengikut Isa lebih memilih Alkitab dan bukan kitab lain, termasuk Al-Quran. Untuk itu, dapatkah Anda menjawab salah satu pertanyaan berikut ini:

      1. Setelah melihat video di atas, bagaimana pandangan saudara tentang kemurnian Alkitab?

      2. Mengapa tidak pernah ditemukan naskah kuno Al-Quran?

      3. Benarkah Al-Quran diturunkan langsung dari sorga tanpa campur tangan manusia? Sebutkan alasan saudara!

      Saya tidak dapat menjawab pertanyaan Anda di sini karena tidak sesuai dengan topik video di atas. Tapi Anda dapat membaca jawaban saya di link ini: https://tinyurl.com/y8ebyfb7.

      Untuk selanjutnya, jika Anda ingin memberi komentar, tulislah komentar yang berhubungan dengan topik video, atau setidaknya menjawab salah satu pertanyaan yang tersedia.

      Jika Anda ada pertanyaan di luar topik tersebut, silakan mengirimkan langsung ke email saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Roni

    |

    ~
    Saya pribadi tidak setuju tentang Tritunggal. Allah adalah yang Maha Kuasa. Yesus adalah nabi. Roh Kudus adalah malaikat. Jadi Yesus bukan Tuhan/Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Untuk mengerti dan memahami Allah Tritunggal bukanlah hal gampang. Dibutuhkan hikmat dari Allah untuk bisa memahaminya. Orang Kristen saja masih sering salah mengerti, apalagi Muslim. Tapi, inilah bukti kemaha-besaran Allah. Karena sifat-Nya itu, mustahil manusia dapat memahami Ia secara utuh.

      Sedikit meluruskan komentar Anda di atas, bahwa sebenarnya Allah, Yesus [Kalimat Allah], dan Roh Kudus adalah tiga Pribadi Allah dalam satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

      Karena komentar Anda di luar topik video di atas, jadi di sini saya memberi link video kami yang membahas tentang Allah Tritunggal. Anda dapat melihat video ini: https://tinyurl.com/zdf9gxx.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Coba jawab pake sisi psikologis

    |

    ~
    Dosa seharusnya ditanggung oleh diri sendiri, bukan oleh Isa. Lalu kita meminta ampunan langsung kepada Allah. Kita tidak sekotor itu, sungguh Allah lebih dekat dengan kita melebihi nadi-nadi di badan kita.

    Mengapa Tuhan perlu menjelma menjadi Isa di bumi? Ini komentar yang ada sebelumnya, alasan Tuhan menjelma menjadi manusia menurut saya adalah karena banyaknya manusia yang terpaku pada Taurat lalu menghukum siapa yang melanggar dari hukum dengan cara yang tidak sejalan dengan Tuhan maka Tuhan sendirilah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Anda berkata dosa harus ditanggung oleh diri sendiri.

      Pertanyaan saya, yakinkah Anda sanggup menanggung semua dosa-dosa Anda? Dengan cara bagaimana Anda menanggungnya? Amal? Pahala? Sebanyak apa pahala yang harus Anda kumpulkan agar yakin dapat menghapus semua dosa-dosa Anda?

      Jika saya bersandar kepada kekuataan saya untuk menghapus dosa-dosa saya, maka seumur hidup saya akan selalu dihantui oleh rasa takut/khawatir, apakah saya kelak akan masuk sorga atau justru berada dalam neraka jahanam.

      Bagaimana dengan Anda?

      “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Injil, Surat Efesus 2:8-9).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Palsma

    |

    ~
    “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Tuhan (Allah?), itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” (Surat Efesus 2:8-9).

    Yakobus 2:14, “Apa gunanya bagi saudara-saudaraku, meskipun orang berkata, bahwa ia beriman, dan tidak mempunyai perbuatan (amal saleh yang diusahakannya)? Dapatkah iman itu (Yesus) menyelamatkannya?”

    Mana yang betul dari dua ayat PB ini? Darimana kata Allah itu dikutib?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dalam iman kekristenan diajarkan bahwa keselamatan diperoleh karena kasih karunia Tuhan melalui iman kepada Yesus Kristus. Hal ini sesuai dengan ayat yang Anda kutip dari Efesus 2:8-9 di atas.

      Tapi, kehidupan kekristenan tidak berhenti sampai di situ saja. Sebagai wujud dari pengakuan bahwa Yesus adalah Juruselamat, dia harus hidup sesuai kebenaran firman Allah.

      Namun tidak sedikit orang Kristen yang mengakui beriman kepada Yesus, tapi pada saat yang bersamaan tidak membuktikan imannya tersebut dengan sungguh-sungguh melakukan firman-Nya. Orang-orang seperti inilah yang disebut pada ayat Yakobus 2:14 yang Anda kutip di atas.

      Jadi, ada perbedaan tujuan “beramal saleh” ala Muslim dengan “beramal saleh” ala Kristen. Bagi Muslim, beramal saleh agar masuk sorga. Bagi Kristen, “beramal saleh” adalah wujud syukur mereka atas jaminan sorga yang sudah mereka terima.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Reki m asis

    |

    ~
    Salam hormat dari saya,

    Kenapa Yesus disalib? Yesus kan Tuhan, buat apa Dia disalib? Kalau memang Yesus, Tuhan, mengapa dilahirkan? Tuhan itu kan seharusnya tidak dilahirkan. Bukannya Tuhan itu satu? Kenapa kita harus sembah Yesus yang hanya sebuah patung yang terbuat dari tangan manusia langsung?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Reki,

      Pertanyaan Anda tentang Yesus sungguh banyak dan pastinya saya tidak dapat menjawab secara jelas di sini karena tempat yang terbatas. Untuk itu, Anda dapat membaca jawaban saya di sini: https://tinyurl.com/y7xmrt7b.

      Anda bertanya mengapa harus menyembah Yesus yang hanya sebuah patung? Kalau boleh tahu, siapa yang meminta Anda untuk menyembah patung Yesus? Kami saja, pengikut Yesus tidak pernah diajarkan untuk menyembah patung, termasuk patung Yesus.

      Jika Anda ingin mendiskusikan pertanyaan Anda di atas secara detail, kita dapat melakukannya lewat email. Anda dapat menghubungi saya di: saodah@idionline.info atau WA/SMS ke: 0812-81000-718. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Tjoe tja tjien

    |

    ~
    Admin, kitab suci itu firman Tuhan bukan? Apa Alkitab firman Tuhan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sebagaimana Anda mengimani bahwa kitab suci adalah firman Tuhan, demikian juga kami percaya bahwa Alkitab adalah firman Tuhan.

      Jika ada yang ingin Anda tanyakan secara spesifik tentang Alkitab, Anda dapat langsung mengirimkan pertanyaan Anda lewat email ke saya di: saodah@idionline.info atau WA/SMS ke: 0812-81000-718. Terimakasih!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Saskia

    |

    ~
    Anda mengatakan bahwa “Untuk mengerti dan memahami Allah Tritunggal bukanlah hal gampang. Dibutuhkan hikmat dari Allah untuk bisa memahaminya.”

    Begitupula dengan Al-Quran. Anda tidak bisa memahaminya atapun mengerti apa isi yang terkandung di dalamnya jika Anda tidak memperlajarinya dengan betul, bukan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Saskia,

      Jawaban saya yang Anda kutip di atas saya tujukan kepada Sdr. Roni yang mempertanyakan soal konsep Allah Tritunggal. Bukan tentang isi Alkitab secara keseluruhan.

      Memahami konsep Allah Tritunggal jelas berbeda dengan memahami Al-Quran. Kecuali, bila Anda menyebutkan konsep Allah dalam Al-Quran juga sulit dipahami. Bila demikian, dapatkah Anda jelaskan bagaimanakah konsep Allah dalam Al-Quran?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Hamba allah

    |

    ~
    Mohon maaf sebelumnya. Apakah di dalam Bible ada pernyataan Yesus itu mengaku sebagai Tuhan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Hamba Allah,

      Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering kami terima dari teman Muslim. Mungkin Anda orang yang ke-100, bahkan mungkin lebih, yang mengajukan pertanyaan ini.

      Jika Anda memang ingin tahu jawabannya, sebenarnya cukup Anda membaca Bible. Toh Bible tersedia dalam bahasa Indonesia sehingga tidak sulit untuk dipahami.

      Atau, jika Anda memang ingin tahu lebih banyak tentang ke-Tuhanan Yesus, kita dapat mendiskusikannya lewat email. Anda dapa menghubungi saya di: saodah@idionline.info atau WA/SMS ke: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Palsma

    |

    ~
    Komentar staff: “Dapatkah Anda jelaskan bagaimanakah konsep Allah dalam Al-Quran?”

    Jawab:
    Konsep Allah dalam Al-Quran tertera jelas pada surah Al Ikhlas.
    1. “Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Satu/Esa.” (Tidak terdiri dari beberapa pribadi.)
    2. “Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.” (Termasuk Isa a.s.)
    3. “Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,”
    4. “Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.” (Apalagi setara/menjadi manusia.)

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Palsma,

      Video di atas membahas tentang alasan pengikut Isa Al-Masih memilih Alkitab dan bukan Al-Quran. Sedangkan komentar Anda di atas membahas soal konsep Allah dalam Al-Quran. Ini dua topik yang berbeda.

      Jika Anda ingin membahas soal konsep Allah menurut Islam dan Kristen, Anda dapat bergabung di video ini: https://tinyurl.com/h28z8pt. Silakan juga melihat tanggapan dari saya untuk komentar Anda di atas pada video tersebut.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Palsma

    |

    ~
    Koment pada 2 Januari 2018 at 10:55am “Berbeda dengan Alkitab, banyak informasi yang menjelaskan tentang naskah kuno tersebut.”

    Jawab: Kenapa Alkitab sibuk mencari pembenaran di luar sana seperti: Naskah kuno, sejarah kuno, buku-buku kuno?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Palsma,

      Pertama-tama, maaf beberapa komentar Anda saya hapus. Saran saya, jika Anda ingin memberi tanggapan, tulislah tanggapan Anda secara singkat dan jelas dalam satu kolom. Karena hal itu akan mempermudah pembaca lain untuk mengikuti alur diskusi.

      Kedua, mari kita pindah ke video yang khusus membahas tentang konsep Allah menurut Islam dan Kristen pada hyperlink yang sudah saya berikan. Supaya diskusi kita tidak melebar kemana-mana.

      Ketiga, sebenarnya naskah kuno, sejarah kuno, dan buku-buku kuno bukan bertujuan untuk mencari pembenaran. Tapi merupakan fakta bahwa Alkitab tidak pernah dipalsukan seperti tuduhan Muslim pada umumnya.

      Demikian penjelasan saya secara singkat. Jika Anda ingin membahas topik ini lebih detail, kita dapat membahas lewat email mengingat di sini tempatnya sangat terbatas sekali. Email saya: saodah@idionline.info. Atau boleh juga lewat WA/SMS di: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Palsma

    |

    ~
    Alkitab memang tidak dipalsukan. Tetapi jika Alkitab dikatakan kumpulan Taurat dan Injil, ini baru namanya pemalsuan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kalau boleh tahu, sejauh apa Anda sudah mempelajari Alkitab? Apakah Anda sudah pernah membaca dan menyelidiki sendiri isi Alkitab?

      Saya merasa Anda perlu mempelajarinya agar Anda tidak salah mengerti tentang apa yang disebut dengan Taurat, Injil, dan Alkitab.

      Seperti yang saya katakan pada jawaban saya sebelumnya, kita dapat mendiskusikan ini lewat email agar lebih jelas. Ini email saya: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Gunara

    |

    ~
    1. Apakah tujuan penyaliban Yesus untuk menebus dosa seluruh umat manusia? Dosa yang sudah dilakukan atau yang belum dilakukan?

    2. Apakah di Alkitab ada perintah bahwa ibadah yang Anda lakukan harus dengan memakai simbol seperti salib, lukisan, dan patung?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      1. Tujuan penyaliban – lebih tepatnya kematian – Yesus bukan untuk menebus dosa. Tapi menebus “manusia” dari hukuman akibat dosa yang mereka lakukan.

      Firman Allah berkata, “upah dosa ialah maut . . . ” Artinya, setiap orang yang berbuat dosa pasti mendapat hukuman kekal di neraka. Agar manusia tidak binasa di neraka, maka Yesus datang ke dunia untuk menebus manusia dari hukuman tersebut lewat kematian-Nya di salib. Sehingga, “setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal” di sorga.

      2. Di Alkitab tidak ada perintah agar kami beribadah menggunakan salib, lukisan, dan patung. Dan lagi, orang Kristen tidak pernah beribadah menggunakan simbol-simbol tersebut. Saya tidak tahu darimana Anda mempunyai pandangan bahwa orang Kristen beribadah menggunakan simbol-simbol itu.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    andry

    |

    ~
    Darimana datangnya ke-27 kitab PB? Berikan ayatnya. Bukan asumsi!

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kitab Perjanjian Baru ditulis oleh murid-murid Isa Al-Masih dalam rentang waktu dan tempat berbeda. Tetapi memiliki pesan yang sama, yaitu keselamatan dalam Isa Al-Masih. Bukankah ini menakjubkan? Walaupun tidak tertulis dalam Injil mengenai para penulis, tetapi sejarah membuktikan bahwa penulis adalah murid-muri Isa Al-Masih.

      Misal, Injil Rasul Besar Matius. Rasul Besar Matius adalah murid Isa Al-Masih yang berprofesi sebagai penagih pajak sebelumnya (Injil, Rasul Besar Matius 9:9; 10:3). Itu sebabnya, kita dapat memercayai berita yang disampaikan Rasul Besar Matius.

      Bagaimana dengan Al-Quran? Siapakah penulis Al-Quran? Adakah bukti-bukti konkret bahwa Al-Quran adalah firman Allah? Kapan Allah SWT berbicara langsung dan mewahyukan Al-Quran kepada nabi saudara?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    aku dan dia

    |

    ~
    Saya ada pertanyaan untuk Anda.

    Mengapa orang Kristen percaya Yesus (Isa Al-Masih) itu Tuhan? Mereka berdoa dan menyembah Yesus. Sedangkan Yesus berkata “ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku” (Yohanes 7:16)

    Juga dikatakan “janganlah kamu menyebut siapapun Bapa di bumi ini karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di surga” (Matius 23:9).

    Dan ini “Tuhan-ku,Ttuhan-ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (Markus 15:34).

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kejadian di atas terjadi di Bait Allah saat Yesus menyampaikan pengajaran-Nya. Para Pemuka Agama yang hadir heran ketika mendengar apa yang Yesus ajarkan. Mereka pun bertanya, “Bagaimanakah orang ini mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!” (Yohanes 7:15). Mereka mengajukan pertanyaan itu karena mereka ingin tahu Yesus belajar dimana?

      Dan Yesus menjawab, ajaran-Nya bukan berasal dari dunia. Tetapi berasal di sorga. Dari Allah Bapa.

      Membahas semua ayat-ayat yang Anda tanyakan secara detail di sini sangat sulit, mengingat tempat yang sangat terbatas. Untuk itu, jika Anda tidak keberatan, bagaimana bila kita membahasnya lewat email? Anda dapat menghubungi saya di: saodah@idionline.info.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Adi

    |

    ~
    Orang Kristen menganggap Yesus adalah Tuhan. Sekarang saya tanya, siapakah Matius, Yohanes dkk? Murid Yesus? Jawabanya adalah tidak. Lalu siapakah mereka?

    Mereka adalah orang yang menganggap Yesus adalah Tuhan. Lahirnya saja beratus ratus tahun sesudah Yesus wafat.

    Apakah sebuah kitab yang suci bisa dipercaya kebenaranya apabila yang menulis adalah orang yang lahirnya ratusan tahun sesudah Yesus?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Adi,

      Matius dan Yohanes adalah murid-murid Yesus yang pertama. Yesus sendiri yang memanggil mereka menjadi murid-Nya. Matius dan Yohanes juga merupakan dua orang penulis Kitab Injil. Mereka tidak lahir ratusan tahun setelah Yesus wafat. Mereka hidup pada masa yang sama dengan Yesus.

      Coba Anda baca Kitab Injil supaya Anda tahu kebenarannya.

      Anda bertanya, “apakah sebuah kitab yang suci bisa dipercaya kebenaranya apabila yang menulis adalah orang yang lahirnya ratusan tahun sesudah Yesus?”

      Banyak terdapat dalam Al-Quran kisah tentang Yesus yang tidak sejalan dengan Kitab Injil. Al-Quran ditulis ratusan tahun setelah Yesus naik ke sorga.

      Menurut Sdr. Adi, mana yang sepatutnya kita percaya: Kisah Yesus yang tertulis dalam Kitab Injil atau kisah Yesus dalam kitab yang ditulis ratusan tahun kemudian?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    [email protected]

    |

    ~
    Salam Sehati Sejiwa,

    Dalam Kitab Perjanjian Lama ada beberapa kata yang sama ditulis tetapi penulisannya berbeda. Misal, ALLAH atau Tuhan Allah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Memang Kitab Perjanjian Lama mencantumkan hal itu. Tentu kita perlu merujuk pada bahasa asli kitab itu, yaitu bahasa Ibrani. Sebelum hal ini dilanjutkan, maka saya ingin mengetahui apakah ada persoalan dengan hal tersebut?

      Saya amat senang bila Anda memberikan contoh konkret mengenai kata yang sama ditulis tetapi penulisannya berbeda. Ini berguna agar saya tidak keliru memberikan tanggapan. Terima kasih.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Capt FJ

    |

    ~
    Ada jawaban yang salah dari Admin.

    Ada pertanyaan saya. Adakah umat di muka bumi ini yang mampu menghafal Kitab Injil? Entah dengan bahasa aslinya atau apapun itu.

    Setiap perdebatan selalu hubungi HP atau email. Ini menunjukan jika Admin tidak menguasai permasalahan. Demikian mohon belajar lagi.

    Salam
    Capt DJ

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Capt FJ,

      Dapatkah Anda menunjukkan jawaban mana yang salah, agar kami dapat memperbaikinya?

      Anda bertanya tentang orang yang hafal Kitab Injil. Saya maklum mengapa Anda bertanya demikian. Karena dalam Islam, diwajibkan untuk membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Quran. Bahkan, seorang yang hafal ayat Al-Quran akan dinilai lebih sholeh dibandingkan yang lain.

      Hafal firman Allah itu memang baik. Tapi, apalah artinya seseorang hafal firman Allah, tetapi hidupnya tidak mencerminkan firman tersebut!? Bukankah jauh lebih baik ia tahu kebenaran firman Allah dan melakukannya daripada hanya sekedar hafal?

      Memang kami sering meminta teman-teman yang sedang diskusi untuk melanjutkan diskusi lewat email atau WA/SMS. Karena diskusi lewat email atau WA jauh lebih leluasa dan bisa membahas sampai detail dibandingkan di forum ini karena tempatnya sangat terbatas.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Supriyadi

    |

    ~
    Jika benar Yesus Tuhan, sebelum Yesus lahir apakan Bunda Maria, ayah ibu Bunda Maria tidak memiliki Tuhan? Dan kenapa manusia yang lebih dahulu ada, kenapa tidak Tuhan yang harus lebih dahulu ada?

    Lantas siapa yang menciptakan kehidupan sebelum Yesus lahir dan siapa yang menciptakan bumi langit beserta isinya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Supriyadi,

      Yang menciptakan manusia dan alam semesta adalah Tuhan, termasuk Maria dan orang-tuanya. “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi” (Taurat, Kitab Kejadian 1:1).

      Sedangkan “waktu” dimana Yesus dilahirkan, merupakan awal dari kemanusiaan-Nya. Jadi bukan awal dari keberadaan-Nya. Karena Yesus sudah ada sejak dalam kekekalan. “Aku [Yesus] adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Injil, Kitab Wahyu 22:13).

      Lantas, mengapa Yesus harus datang ke dunia sebagai manusia? Jawabannya, untuk wafat disalib sebagai “Korban Agung” atas dosa manusia. Dimana seharusnya hukuman tersebut ditimpakan kepada kita, manusia berdosa. Tetapi Yesus telah menggantikannya dan menanggung hukuman tersebut.

      “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan” (Injil, Kitab Para Rasul 4:12).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Arif

    |

    ~
    Dalam Yohanes 16:13 berbunyi “tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu dalam seluruh kebenaran.”

    Lalu datanglah roh kebenaran itu yakni Muhammad, dan di Al-Quran menegaskan telah kusempurnakan Islam sebagai agamu.

    Jadi, kalau kita balik lagi ke Alkitab, lalu akhirnya dimana?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benarkah Roh Kebenaran yang disebut dalam Injil Yohanes 16:13 merupakan nubuat bagi Muhammad?

      Di sini saya copy ayatnya supaya lebih jelas:

      “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 16:13-15).

      Pertanyaanya adalah:
      1. Apakah Muhammad berbentuk roh?
      2. Apakah Muhammad pernah bernubuat?
      3. Apakah semua ajaran yang disampaikan Muhammad, adalah ajaran yang dia terima dari Isa Al-Masih?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    fillmore

    |

    ~
    Bagus sekali video itu, setelah saya nonton saya makin percaya Yesus.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami mengucap syukur kepada Allah bila video-video yang terdapat dalam situs ini dapat menolong iman percaya Anda kepada Yesus semakin bertumbuh.

      Doa kami, semakin banyak orang-orang yang diberkati melalui situs ini. Amin!
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Jhon

    |

    ~
    Kami orang beragama Kristen, percaya Yesus Yesus itu Tuhan Sang Juruslamat. Kata Yesus “tidak seorangpun yang bisa datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Firman Allah berkata, “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (Injil, Surat Roma 6:23).

      Sekecil apapun dosa atau pelanggaran yang kita lakukan, hal itu adalah kekejian bagi Allah. Sehingga, tanpa keselamatan dari Yesus, tidak seorang pun dapat terhindar dari hukuman Allah.

      Namun kita patut bersyukur kepada Allah, sebab oleh kasih-Nya, Ia telah mengaruniakan keselamatan itu bagi manusia berdosa, lewat pengorbanan Sang Firman (Yesus) di kayu salib. Sehingga, “setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.”
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Edo Rajagukguk

    |

    ~
    Haleluya! Situs http://www.videoisadanislam.com dan http://www.isadanislam.org sangat baik untuk menguatkan iman Kristen. Semoga situs ini terus berjaya untuk selalu menegakkan kebenaran YHWH dan melakukan penginjilan di Indonesia dan dunia. Izin, saya akan membagikan situs ini kepada kerabat. Tuhan memberkati. Wassalam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Edo,

      Saya senang bila Anda berkenan membagikan situs ini kepada kerabat Anda. Sebab saya berharap banyak orang semakin mengenal Isa Al-Masih dengan benar, karena banyak orang yang belum mengenal Isa Al-Masih dengan benar. Saya harap situs ini semakin mendorong Anda untuk mengasihi sesama sehingga berkenan membagikan kasih Isa Al-Masih kepada orang lain. Terima kasih.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Rian

    |

    ~
    Saya salut sama yang buat situs ini. Dari komentar orang Muslim di atas bisa dilihat kebanyakan dari mereka cuma bisa berasumsi. Dibilang Alkitab itu diedit dan tidak asli. Saat ditanya mana buktinya, pada diam. Yang jadi pertanyaan hampir semua orang Muslim di Indonesia berasumsi yang sama, tapi tidak tahu fakta aslinya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Rian,

      Anda melakukan pengamatan yang baik. Memang diperlukan bukti-bukti bahwa Alkitab tidak asli agar pernyataan itu dapat dipertanggungjawabkan. Bukankah sebuah fitnah jika memberikan pernyataan, tetapi tidak ada bukti? Saya berharap rekan-rekan di forum ini menyadari hal ini. Terima kasih untuk komentar Anda.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    ahmadsalavia

    |

    ~
    Saya ingin bertanya. Apabila saya membunuh manusia, apakah orang tua atau temen saya akan menanggung dosa saya? Apa yang dipenjara temen saya apa orang tua saya? Dan yang masuk surga dan neraka saya atau orang tua saya apa temen saya? Dan yang melakukan itu dosa atau tidak, sebenarnya kita melakukan kebaikan dan kejahatan untuk diri kita sendiri atau untuk orang lain?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saya sangat senang bila kita berdiskusi sesuai topik video di atas. Hal ini berguna untuk mendalami dan menemukan kebenaran sesungguhnya. Saya menjawab seperlunya agar kita kembali ke topik semula. Setiap orang yang berdosa tidak bisa menanggung dosa sesama. Pernyataan saya sebelumnya telah menjawab pertanyaan retorik Anda.

      Untuk mengetahui hal itu secara detil, maka ada baiknya Anda mempelajari Alkitab secara khusus dan mendalam dengan membaca Alkitab secara menyeluruh. Alkitab tidak pernah mengajarkan bahwa manusia berdosa dapat menanggung dosa sesamanya.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Defy

    |

    ~
    Ayat Alkitab mana yang menyatakan kalau Yesus ialah Tuhan? Kita semua percaya kalau pendahulu manusia itu Adam dan Hawa. Apa sebelumnya itu Yesus yang menciptakan mereka? Dan anehnya kalau ia memang Tuhan mengapa ia baru muncul setelah berabad-abad berhadapan manusia ia baru lahir? Sudah jelas di sini kalau Yesus (Isa Al-Masih) itu nabi yang diutuskan Allah Swt untuk umatnya bani Israil supaya mereka mengetahui Allah dan diperantarakannya lewat Alkitab?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Isa Al-Masih adalah Allah yang menjadi manusia. Ketuhanan tidak bisa diukur atau dinilai dengan sebuah pernyataan. Sebab parameter tersebut amat sederhana. Jelas, permintaan demikian adalah permintaan yang terlalu mudah diberikan. Seyogianya memberikan parameter dengan mengacu pada sifat, hakikat, dan kuasa yang dimilikinya.

      Walaupun demikian, Anda bisa membaca Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.” Dengan demikian, Alkitab konsisten menjelaskan tentang Ketuhanan Isa Al-Masih. Mengacu pada video di atas, bagaimana pendapat saudara mengenai video tersebut?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Raimond

    |

    ~
    Agama saya Kristen Protestan. Saya percaya Alkitab tapi yang saya pertanyakan dalam Alkitap kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Muslim mempercayai bahwa Allah adalah Tuhan dan orang Kristen percaya dengan konsep itu. Berarti orang Kristen memilih dua Tuhan yang benar itu yang mana yang harus dituhankan?

    Kedua, ada konsep yang menjelaskan Yesus diutus untuk umat/bani Israel bukan untuk umat lain. Kenapa disebarkan Injil itu? Kenapa tidak di Israel saja. Mohon penjelasannya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Raimond,

      Menarik sekali pendapat Anda. Benarkah Anda seorang Kristen? Pengikut Isa Al-Masih tidak memercayai bahwa Allah SWT adalah Tuhan. Sebab tidak ada bukti konkret yang menunjukkan bahwa Allah SWT sungguh-sungguh eksis. Hal ini bisa ditelusuri dalam seluruh Al-Quran. Itu sebabnya, video di atas menjelaskan tentang ambiguitas Al-Quran. Pertanyaannya, apakah Anda pernah membaca Alkitab secara menyeluruh? Dapatkah Anda menjelaskan alasannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    dwi isnaini

    |

    ~
    Saya ingin bertanya perihal kitab. Saya baru mengetahui dari seseorang yang mempercayai Yesus bahwa agama kalian memiliki banyak sekali kitab. Bisakah beritahu saya apa saja kitab-kitab itu? Karena saya juga ingin tahu untuk pengetahuan saya, karena di dalam agama Islam mereka hanya mempunyai satu kitab, dan mereka memproduksi dalam bentuk aplikasi di smartphone. Apakah kalian juga memproduksi seperti mereka? Jika ya saya ingin mendownloadnya dan bisakah kita sama-sama berbagi pengetahuan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Dwi,

      Saya berterima kasih atas keinginan Anda untuk mempelajari Alkitab. Itu baik sekali. Saya kira kitab yang dimiliki pengikut Isa Al-Masih hanya satu, yaitu Alkitab. Anda bisa mendownload di playstore dan mencari di sana. Video di atas telah menjelaskan alasan memilih Alkitab. Saya berharap Anda berkenan membaca Alkitab secara menyeluruh.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    ellas kurniawan

    |

    ~
    Apakah ada Yesus berkata: akulah Tuhan dan sembahlah aku? Dan jika ada tolong jelaskan itu dimana? Menurut ajaran Kristen Tuhan ada berapa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ellas,

      Anda memberikan pertanyaan yang bersifat klasik. Pertanyaan tersebut selalu ditanyakan tanpa dapat memahami logika pertanyaan itu sendiri. Bila saudara mencermati pertanyaan itu sendiri, maka terdapat kejanggalan. Apakah Tuhan sejati hanya membutuhkan sebuah pernyataan atau perlu adanya pembuktian juga? Namun, Isa Al-Masih telah berfirman, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan” (Injil, Rasul Besar Yohanes 13:13).

      Itu sebabnya, untuk mengenal Isa Al-Masih dengan benar, maka diperlukan keberanian untuk belajar dan memelajari Injil. Pertanyaannya, apakah saudara telah dan pernah membaca Injil secara menyeluruh? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskan?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Arifin

    |

    ~
    Bagaimana bisa kalian percaya pada Perjanjian Baru, sedangkan Perjanjian Lama diturunkan kepada Isa Al-Masih? Pertanyaan saya, Perjanjian Baru diturunkan kepada siapa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Arifin,

      Menarik sekali pendapat Anda di atas yang menyatakan bahwa Perjanjian Lama diturunkan kepada Isa al-Masih. Sebelum saya menjawab pertanyaan Anda, maka Anda perlu menjawab pertanyaan saya. Sebab jawaban saudara memengaruhi pertanyaan Anda. Tertulis dimanakah dalam Alkitab bahwa Perjajian Lama diturunkan kepada Isa Al-Masih? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ahmad Said Saputra

    |

    ~
    Untuk umat Muslim silakan kalian bertanya kepada ulama atau ustad, bukan kepada orang yang bukan non Muslim karena pemikiran tentu berbeda. Tontonlah di youtube dari Zakir Naik semua jawaban terjawab semua karena ia sudah berpengalaman dengan orang-orang non Muslim langsung. Untukmu agamamu dan untuk agamaku. Mohon maaf. Terimakasih. Hanya mengingatkan untuk umat Muslim saja, tidak menyindir atau merendahKan pihak manapun.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ahmad,

      Saya menghargai pendapat Anda. Sekalipun pendapat tersebut nampaknya merupakan bentuk ketakutan Anda. Bukankah sangat baik bila Anda mempelajari video di atas dan Injil. Sehingga pemahaman Anda tidak didasarkan pada seorang ulama seperti Zakir Naik. Sebab belum tentu yang disampaikan para ulama tepat dan benar. Faktanya, terdapat perbedaan penafsiran di antara para ulama tentang Islam. Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ramadan

    |

    ~
    Jelaskan padaku maksud ayat tersebut. Yehezkiel 4:12, “Makanlah roti itu seperti roti jelai yang bundar dan engkau harus membakarnya di atas kotoran manusia yang sudah kering di hadapan mereka.” Yehezkiel 4:15, “Lalu firman-Nya kepadaku: ‘Lihat, kalau begitu Aku mengizinkan engkau memakai kotoran lembu ganti kotoran manusia dan bakarlah rotimu di atasnya’.”

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Ramadan,

      Anda mengutip ayat yang menarik. Bila Anda membaca ayat itu secara menyeluruh dan kronologis, maka ayat dalam Kitab Nabi, Yehezkiel merupakan lambang dan suatu bentuk teguran Allah kepada bangsa Israel. Jelas, ayat itu merupakan bentuk penghajaran Allah kepada bangsa Israel. Kami senang saudara menanyakan hal ini sehingga saudara memiliki pandangan yang tepat berkenaan dengan ayat tersebut. Bagaimana dengan Al-Quran? Apa yang membuat seseorang harus memercayai Al-Quran sebagai firman Allah? Mohon pencerahan.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Yanto

    |

    ~
    Hari begini masih ada yang bingung tidak bisa membedakan antara manusia dan Tuhan, saya yakin seyakin-yakinnya orang yang akalnya waras, orang yang akalnya sehat pasti tidak akan menuhankan manusia. Orang tidak beragama pun tidak akan mau punya Tuhan manusia. Paham.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Alkitab telah menegaskan bahwa Isa Al-Masih adalah Allah. Itu sebabnya, kita tidak dapat mengabaikan apa yang tertulis dalam Alkitab. Bila Anda berpikir bahwa pengikut Isa Al-Masih menuhankan manusia, maka saya mempersilakan Anda untuk mempelajari Alkitab secara menyeluruh. Itu sebabnya, kami memercayai Alkitab dan bukan kitab yang lain. Sebab kitab yang lain tidak berasal dari Allah karena Allah tidak pernah berfirman di dalamnya. Kami bertanya kepada saudara. Mengapa saudara memercayai Al-Quran?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Amantu billahii wa rasullihi

    |

    ~
    Saudara Solihin mengatakan Isa Al-Masih adalah Allah yang menjadi manusia. Soalan saya kenapa Isa Al-masih menyeru Tuhan sedangkan dirinya sendiri Allah seperti yang anda katakan? Maka pada jam pukul 3, berserulah Yesus dengan nyaring suaranya. Tuhanku, Tuhanku mengapa engkau meninggalkan aku (Markus 15:34). Tenyata dengan teramat terang yang Yesus bukanlah Tuhan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Amantu,

      Pertanyaan yang menarik sekali. Memang Isa Al-Masih menyatakan demikian. Dan perkataan itu dikutip dari Zabur 2:2. Adalah lazim bagi orang Yahudi untuk mengutip mazmur penderitaan tatkala dalam penderitaan hebat. Tetapi bukan berarti Dia bukan Allah. Karena itu, amat baik mempelajari Alkitab dan bukan kitab lain untuk mengenal Isa Al-Masih dengan benar. Saya tanya Anda. Mengapa tidak pernah ditemukan naskah kuno Al-Quran?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    leslita bangun

    |

    ~
    Syalom,

    Terima kasih untuk vidionya. Saya tidak meragukan Alkitab, video di atas kembali meneguhkan iman percaya saya. Alkitab ditulis ribuan tahun yang lalu, tapi tetap bisa mengikuti zaman seperti ditulis hari kemarin, bahkan hari ini. Terpujilah nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Leslita,

      Saya senang tatkala membaca komentar Anda bahwa video di atas meneguhkan iman Anda. Memang salah satu tujuan video di atas adalah memberikan penjelasan terkait bukti-bukti Alkitab adalah firman Allah. Saya berharap saudara-saudara di forum ini berani menyelidiki Alkitab lebih mendalam.
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru