Ketakutan akan Maut – Mencari Jalan Pasti ke Surga

Waktu itu usia saya baru 13 tahun. Saya mulai ikut belajar mengaji. Guru mengaji sering cerita tentang kematian dan juga tentang menyeberangi jembatan shirat. Jika ingin selamat menyeberangi jembatan halus itu, saya harus banyak beramal. Namun, itupun belum dapat menjamin bahwa saya pasti masuk sorga. Sebab, bagi seorang Muslim tidak ada “kepastian” akan sorga.

Hingga suatu hari saya menemukan satu janji dalam Injil, bahwa Isa Al-Masih dapat memberi saya jaminan akan sorga.

Video berikut berjudul Ketakutan Akan Maut – Jembatan Yang Halus.” Video ini merupakan kesaksian iman saya, bagaimana saya menemukan jalan lurus dalam Isa Al-Masih. Bila Anda mempunyai pertanyaan atau pandangan lain, silakan mengemail staff kami atau kirimkan pertanyaan singkat Anda lewat WA/SMS ke 0812-8100-0718.

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Apakah Anda pernah punya ketakutan yang sama seperti kisah di atas dan bagaimana Anda mengatasi rasa ketakutan itu?
  2. Menurut Anda, apakah dengan beramal seseorang dapat yakin melewati shirat?
  3. Selain dengan jaminan yang Isa berikan, adakah cara lain yang dapat membuat kita yakin bahwa dosa-dosa kita dapat dibersihkan dan kita dapat masuk sorga?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (30)

  • Avatar

    Tratan

    |

    ~
    Memangnya apa yang Isa sudah janjikan? Apakah Isa menjanjikan setiap orang untuk masuk surga? Memangnnya siapa Isa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Tratan,

      Anda memberikan pertanyaan yang bagus. Berharap pertanyaan ini adalah upaya Anda mencari kebenaran sesungguhnya dan membandingkan kasih Isa Al-Masih kepada Anda dengan apa yang mampu dilakukan nabi Anda. Isa Al-Masih berfirman, “Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:18). Lalu, Isa Al-Masih pun berfirman, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:1-2). 

      Nah, Isa Al-Masih telah menyediakan tempat bagi setiap orang yang percaya pada Isa Al-Masih. Bagaimana dengan Allah SWT? Apakah Allah SWT menjamin saudara pasti masuk sorga? Boleh tahu disebutkan dimana di Al-Quran?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Alberto Juan Pablo

    |

    ~
    Assalamu’alaikum,

    Saya sudah lihat video “Ketakutan akan maut” dan saya tertarik berlangganan “video isa dan islam” jika anda bisa tunjukan satu saja ayat di Qur’an bahwa ‘Isa membersihkan hati saya dari dosa. Tolong jangan gunakan Injil karena yang anda pegang di video tersebut adalah Bible bukan Injil.

    Wassalam,
    Alberto

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Alberto,

      Permintaan yang menarik sekali. Anda tidak akan menemukan dalam Al-Quran bahwa Isa Al-Masih membersihkan Anda dari dosa. Sebab Al-Quran tidak memuat seluruh firman, pekerjaan, dan mujizat Isa Al-Masih. Lagi pula, Al-Quran tidak lengkap meriwayatkan tentang Isa Al-Masih. Sehingga permintaan Anda tidak dapat dipenuhi oleh saya. Tetapi bila Anda meminta ditunjukkan dari Injil, maka saya akan menunjukkan.

      Jika demikian, saya bertanya kepada Anda. Coba tunjukkan dalam Al-Quran ayat yang menyatakan bahwa Allah SWT membersihkan hati Anda dari dosa. Saya menunggu jawaban Anda. Jika Anda tidak mampu menunjukkannya, maka Allah SWT pun yang dianggap berfirman dalam Al-Quran tidak memberikan jaminan. Saya menunggu jawaban Anda.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    azis

    |

    ~
    Maaf sebelumnya, untuk permasalahan amal, anda bicara tentang amal. Anda salah mengartikan tentang amal. Jika kita terus beramal justru kita mendapat jaminan syurganya Allah karena saat di alam kubur, kuburan kita tidak akan gelap dan amal kita yang menerangi kubur kita. Anda hanya menerima satu pengetahuan saja, padahal di youtube, IG, dan sosmed lainnya anda bisa lihat seorang pemuka agama Islam yang selalu berdakwah tentang Islam dan syurganya allah dan amal, bila anda ikhlas dalam beramal surga nanti.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Azis,

      Saya mengajak Anda memikirkan hal ini secara logis dan rasional. Pada saat di kubur, maka jenazah akan masuk ke dalam liang lahat dan ditumpuk dengan tanah sehingga gelap. Apalagi jenazah Muslim hanya dibungkus dengan kain. Dengan demikian, jenazah Muslim akan langsung menyentuh dengan tanah. Saya bertanya kepada Anda. Bagaimana proses sehingga di dalam kuburan yang gelap tersebut muncul cahaya di dalam tanah? Jika amal yang dimaksud, bagaimana Anda membuktikannya? Mohon dijelaskan hal ini kepada saya dan semua pengunjung situs ini.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Amirshidiq

    |

    ~
    Menurut Anda, apakah dengan beramal seseorang dapat yakin melewati shirat? Ya, dengan syarat dosa kita tidak lebih banyak dari pahala. Kalau pun dosa kita lebih banyak, kita juga akan masuk surga dengan syarat kita orang yang beriman. Orang yang mengakui Allah sebagai Tuhan satu-satunya yang patut disembah, orang itu akan dimasukkan ke neraka terlebih dahulu baru setelah ia disiksa di neraka dan dosanya telah hilang barulah ia masuk sorga. Intinya adalah iman. Dosa kita dapat diampuni kalau bertaubat.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Amir,

      Membaca tanggapan Anda membuat saya berpikir. Setiap orang yang telah berada di neraka, maka akan kekal di neraka. Bukankah Al-Quran menyatakan hal ini? “Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahannam” (Qs 43:74). Ini menandakan tidak ada kesempatan bagi orang berdosa bisa masuk sorga, termasuk sekalipun amalnya lebih banyak. Ini jika Anda membaca dan memahami ayat itu secara jujur dan tidak berspekulasi. Sebab yang menentukan sorga bagi Anda adalah Allah SWT.

      Sekarang saya bertanya kepada Anda. Apa dasar Anda menyatakan bahwa amal yang akan menolong Anda masuk sorga atau dipindahkan setelah disiksa di neraka? Bukankah disiksa dulu di neraka menandakan masuk neraka? Bagaimana Anda menjelaskan hal ini?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ela

    |

    ~
    Katanya agama kasih, agama damai, tapi mengapa demi jualan agama sendiri iklannya sampai pakai bawa-bawa agama Islam?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ela,

      Kasih ditunjukkan dengan cara memberitakan kebenaran. Damai ditunjukkan dengan cara menyayangi sesama, bahkan menyayangi orang yang menganiaya. Pertanyaannya, mengapa agama Islam dibawa? Sebab agama Islam mengutip nama Isa Al-Masih di sana, tetapi dengan riwayat berbeda. Itu sebabnya, adalah upaya kami untuk memberitakan kebenaran tentang Isa Al-Masih. Jika Anda menemukan ketidakbenaran dari apa yang disampaikan tentang Isa Al-Masih, maka silakan Anda menyampaikan pendapat.

      Oh ya, setiap orang akan mengalami kematian, termasuk Anda dan kami. Sudah siapkan Anda jika covid ini menyerang Anda dan Anda divonis tidak sembuh? Bukankah di akhirat Anda akan dihakimi? Apa Anda yakin dan pasti masuk sorga? Mohon diingat bahwa neraka bersifat kekal. Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    mutno

    |

    ~
    Saya lagi asyik main game chess online, tiba-tiba ada iklan video ini. Pertanyaan saya simple coba tunjukan kata-kata dalam Injil yang mengatakan jika Yesus adalah Tuhan dan kita disuruh menyembah Yesus? Tolong dijawab!

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Mutno,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik sekali. Mengapa Anda menanyakan hal itu? Saya senang sekali memberitahukan dan menjawab pertanyaan Anda tersebut. Apakah Anda ingin mengenal Isa Al-Masih lebih lanjut? Bagaimana?

      Oh ya, saat-saat ini kematian lebih dekat dibandingkan dengan sebelumnya karena adanya covid. Apakah Anda siap meninggal jika terserang covid? Apakah Anda pasti masuk sorga jika Anda meninggal nanti? Apa yang akan dilakukan Allah SWT untuk menolong Anda di akhirat nanti? Dapatkah Anda menjelaskannya?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Koko

    |

    ~
    Salam Kenal,

    Menarik sekali Anda sudah membahas agama Islam dengan cukup baik, dan fokusnya kepada kematian. Dalam Al-Qur’an sebetulnya banyak sekali ayat yang memberikan penjelasan siapa saja yang masuk surga, dan menurut saya lebih fair. Satu contoh: Ali Imran (14-17), soal kesenangan dunia, dan Allah menjanjikan kenikmatan yang lebih kekal bagi orang bertakwa, dan mereka kekal di dalamnya. Dijelaskan orang yang bertakwa adalah orang yang berdoa memohon ampun. Feel free to discuss.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Koko,

      Salam kenal juga dari saya. Saya telah membaca Qs 3:14-17. Saya mencoba membacanya secara cermat, tetapi tidak menemukan jaminan pasti masuk sorga. Pun bila saudara menyatakan bahwa orang bertakwa masuk sorga, maka hal itu bertentangan dengan Qs 19:71-72, “Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.” Bukankah ini menyedihkan?

      Saya bertanya kepada Anda. Mengapa Allah SWT menjamin orang bertakwa masuk neraka? Bukankah ini memberikan pengertian bahwa bertakwa tidak memiliki pengaruh apapun untuk keselamatan di akhirat?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    muhamad ali

    |

    ~
    Semua kepercayaan dan keyakinan kita sama yang membedakan adalah sesuatu keraguan, apapun kepercayaan anda dan keyakinan anda semuanya benar, tapi tujuan yang berbeda. Itu menimbulkan keraguan pada diri kita. Kita berbuat suatu amal harus didasarkan dengan sebuah keyakinan, agar tidak ada keraguan, maka dari pada itu saudara pernah memeluk agama Islam sebelumnya tapi tidak punya keyakinan dan hanya ada keraguan akhirnya menimbulkan ketakutan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Muhamad,

      Agama tidak memberikan jaminan pasti masuk sorga. Sebaliknya, agama menjadikan manusia semakin bingung sebab beragama dan bertakwa pun dipastikan masuk neraka (Qs 19:71-72). Itu sebabnya, banyak orang yang mengalami ketakutan karena tidak memiliki jaminan pasti masuk sorga. Saya berharap tidak demikian dengan Anda. Walaupun saya berharap Anda berkenan mempelajari Isa Al-Masih dari Injil yang telah memberikan jaminan pasti masuk sorga. Kalau boleh tahu, bagaimana Allah SWT menolong Anda bebas dari ketakutan neraka?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Yahya

    |

    ~
    Apakah Muhammad adalah nabi palsu?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Yahya,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik sekali. Kalau boleh tahu, mengapa Anda mengajukan pertanyaan demikian? Bukankah seyogianya Anda mempelajari riwayat nabi Islam melalui sumber-sumber shahih seperti hadits dan Al-Quran serta membandingkan dengan Injil. Bagaimana menurut saudara?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Wuku Galungan

    |

    ~
    Kalau boleh saya berpendapat masuk surga atau tidaknya kita kelak saat mati itu rahasia illahi, hanya allah yang maha mengetahui dan menentukan. Dan aAlah telah mengutus malaikat untuk mencatat setiap amal baik maupun tindakan buruk kita didunia. Dan tugas kita hanyalah beriman. Semua sudah ada tugasnya masing-masing. Pertanyaan saya, agama manakah yang tidak menjanjikan surga? Semua menjanjikan surga, bukankah demikian? Tugas kita hanyalah satu di antaranya. Bukankah begitu kisanak?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Wuku,

      Memang benar yang disampaikan oleh Anda bahwa agama menjanjikan sorga. Hal yang perlu dilakukan adalah meneliti, apakah agama itu memberikan jaminan pasti masuk sorga sesuai yang difirmankan Allah. Itu sebabnya, banyak orang bingung tentang nasibnya dan takut karena tidak tahu nasibnya di akhirat sebab banyak orang diajarkan untuk menunggu saja hingga ajal menjemput. Padahal semua itu telah terlambat.

      Video di atas telah menjawab kebutuhan manusia tentang jaminan pasti masuk sorga. Saya berharap Anda berkenan mempelajarinya. Oh ya, kalau boleh tahu, apa tindakan Allah SWT untuk menolong Anda bebas dari neraka?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Ahmad Bajuri

    |

    ~
    Jadi, pada intinya di cerita tersebut agama anda apa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ahmad,

      Forum ini tidak sedang mengedepankan agama tertentu. Sebab agama bukan fokus forum ini. Forum ini bertujuan untuk memperkenalkan Isa Al-Masih dari Injil yang telah memberikan jaminan pasti masuk sorga. Silakan Anda membaca Injil secara menyeluruh dan menyimak video di atas. Ini menandakan bahwa hanya Isa Al-Masih yang mampu menolong manusia. Bukankah demikian?

      Oh ya, bolehkah saya bertanya kepada Anda? Setelah Anda menyaksikan video di atas, apa perasaan Anda dan tahukah nasib Anda di akhirat? Mengapa?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Umar

    |

    ~
    Intinya percaya dengan Isa, maka Isa akan menyediakan tempat kepadanya. Jika saya percaya dengan Isa berarti Isa akan menyediakan tempat untuk saya? Jika saya percaya tapi saya membunuh ribuan orang apakah tetap akan disediakan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Umar,

      Menarik sekali pendapat Anda. Memercayai Isa Al-Masih sebagai Tuhan dan Juruselamat merupakan bentuk pertobatan dari segala kesalahan dan dosa yang telah dilakukan. Adalah mustahil bahwa orang yang telah bertobat dan percaya pada Isa Al-Masih akan membunuh. Jika Anda tidak memercayainya, maka Anda dapat mencoba hal tersebut. Anda bertobat dan mengakui Isa Al-Masih adalah Allah, lalu Anda memeriksa diri Anda, apakah Anda ingin membunuh ribuan orang. Silakan dicoba.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Domba tersesat

    |

    ~
    Tidak usah bawa nama Islam, bisa tidak? Hak anda membawa nama Islam apa?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Domba,

      Nama Isa Al-Masih dituliskan dalam Al-Quran dan Injil, tetapi dengan riwayat berbeda. Itu sebabnya, saya ingin memperkenalkan Isa Al-Masih kepada semua orang di forum ini agar memiliki pandangan dan persepsi yang benar tentang Isa Al-Masih. Jika Isa Al-Masih tidak tercantum dalam Al-Quran, maka kami tidak akan membawa nama Islam. Oh ya, jika kita mencermati video di atas, maka kita menemukan kegelisahan hati manusia yang terwakili dalam video tersebut, yaitu ketakutan terhadap kematian.

      Kalau boleh tahu, apakah Anda takut mati? Mengapa? Dapatkah Anda menjelaskan hal ini?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Iqbal

    |

    ~
    Bagaimana caranya membuat situs ini viral?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Iqbal,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik. Setiap orang yang ingin mencari kebenaran perlu mendatangi dan mengunjungi situs ini. Sehingga setiap orang menemukan jalan kepastian masuk sorga. Bukankah ini yang menjadi persoalan manusia? Saya kira sebuah situs dikenal karena banyak orang yang mencari kebenaran. Oh ya, bagaimana pendapat Anda mengenai video di atas?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Haidar

    |

    ~
    Jangan bawa Islam segala. Di agamamu baca surat Al Kafirun.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Haidar,

      Kami memiliki tujuan untuk memperkenalkan Isa Al-Masih kepada semua orang, termasuk Islam dan Kristen. Bukankah Al-Quran mencantumkan nama Isa Al-Masih di dalamnya? Tentu kami tidak dapat mengabaikan fakta tersebut. Namun, kami perlu menjelaskan riwayat Isa Al-Masih dengan benar sesuai dengan yang tertulis dalam Injil yang merupakan sumber primer. Sebab dalam Injil dijelaskan bahwa Isa Al-Masih adalah satu-satunya yang dapat menolong manusia lepas dari neraka.

      Isa Al-Masih berfirman, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Injil, Rasul Besar Yohanes 14:6). Bukankah firman Isa Al-Masih memberikan jaminan pasti masuk sorga? Oh ya, saya yakin Anda adalah orang yang berusaha taat pada agama. Kalau boleh tahu, bagaimana cara Allah SWT menolong Anda lepas dari neraka?
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Mengapa kebanyakan orang Muslim tidak pernah mendengar kisah Nabi Isa walau Ia diutamakan oleh mereka? isadanislam.org/isa-al-masih/…