Isa Al-Masih Dan Nama Nabi-Nabi – Episode 1.1

Setiap orang tua tentu mempunyai maksud baik ketika memberi nama bagi anaknya. Budiman misalnya, orang tua yang memberi nama ini pada anaknya, berharap kelak si anak menjadi orang yang baik, dan suka menolong sesama. Tidak jarang ada orang tua yang mengganti nama anaknya, karena kesehatan si anak sering terganggu sejak masih bayi. Beberapa suku di Indonesia masih mempercayai mitos ini.

Lalu, bagaimana dengan nama dari nabi-nabi Allah? Apakah juga mengandung makna? Dan, pernahkah Anda bertanya, mengapa hanya Isa Al-Masih mempunyai dua nama? Yaitu: Isa dan Al-Masih. Atau dalam Kristen disebut dengan nama Yesus dan Kristus. Sementara nabi-nabi lain hanya mempunyai satu nama. Seperti: Adam, Nuh, Musa, Ayub. Semua hanya punya satu nama. Bahkan nabi umat Muslim pun hanya punya satu nama, yaitu Muhammad.

Video Cerita Bersambung di atas, menjelaskan kepada kita, arti sebenarnya dari nama Isa Al-Masih. Penjelasan tentang arti nama Isa Al-Masih ini, dibagi dalam empat episode. Pastikan Anda tidak melewatkan tiap episode tersebut!

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Setelah melihat video di atas, menurut saudara, apakah makna dari nama Isa Al-Masih?
  2. Menurut saudara, mengapa dibelakang nama Isa ada kata “Al-Masih”?
  3. Menurut saudara, apakah perbedaan Isa Al-Masih dengan nabi-nabi lain, termasuk nabi umat Muslim?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Komentar (510)

  • Avatar

    Steven

    |

    ~
    Saya sangat diberkati dengan situs ini. Ada beberapa pertanyaan soal kenapa Isa/Yesus disebut Allah. Ada beberapa bukti menunjukan sifat ke-Allah-annya:
    1. Lahir dari perawan Maryam
    2. Membangkitkan orang mati. Yang menciptakan manusia adalah Allah. Hidup manusia adalah kepunyaan Allah, tapi Yesus dapat membangkitkan orang yang sudah mati berarti satu bukti bahwa dia adalah Allah selain mujizat-mujizat lain yang dibuat Isa ketika di dunia. God bless.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Banyak bukti tentang Isa Al-Masih adalah Tuhan yang dipaparkan Injil. Bukti-bukti tersebut telah cukup untuk menerima Isa Al-Masih adalah Tuhan. Persoalannya, maukah kita jujur menerima bukti-bukti itu?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    RENI

    |

    ~
    Setahu saya Tuhan itu abadi dan Yesus tidak abadi buktinya dia mati di kayu salib. Apakah tubuhnya bagian dari Trinitas? Alfa Omega? Melkisedek jauh lebih hebat dari Yesus. Kenapa tidak pilih dia kriteria lebih hebat dari Yesus di Alkitab Perjanjian Baru? Jesus “jalan” keselamatan. Memang bener semua nabi adalah jalan keselamatan. Ingat “JALAN” bukan “TUJUAN”. Tujuan kita hanya pada “ALLAH”. Dia satu-satunya Tuhan dan bukan yang lain.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Saudara Reni,

      Isa Al-Masih adalah Allah yang menjadi manusia. Isa Al-Masih pun berfirman kepada orang-orang Yahudi, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” Ini menjelaskan bahwa Isa Al-Masih abadi. Namun, karena Isa Al-Masih menjadi manusia dan memiliki tubuh jasmani, maka tubuh jasmaninya mati. Tetapi Ketuhanannya tidak pernah mati. Berharap Anda memahaminya.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Red

    |

    ~
    Ribet sekali muter-muter. Katanya Isa Al-Masih anak allah tapi Isa Al-Masih Allah. Yang jelas Isa Al-Masih itu manusia yang diberi firman/wahyu. Lagian manusia itu takkan sanggup melihat Allah dengan mata telanjang dan apapun itu. Semua manusia takkan sanggup untuk melihat cahaya matahari pun yang jauh manusia tak kuat melihat silaunya, mendekati lahar api pun tak kuat karena panasnya apalagi melihat Allah. Janganlah membodoh-bodohi diri sendiri.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Red,

      Memang benar bahwa manusia takkan sanggup melihat Allah. Tetapi Isa Al-Masih adalah Allah yang menjadi manusia sehingga manusia dapat melihat-Nya. Sehingga saudara tidak perlu merasa bingung dengan hakikat Isa Al-Masih. Sebab Isa Al-Masih memiliki banyak gelar, yaitu Allah, Anak Allah, Guru, Tuhan, Anak Manusia, dan sebagainya. Dengan demikian, kita mengetahui bahwa Isa Al-Masih melebihi para nabi.

      Saya bertanya kepada Anda dan berharap Anda menjawab salah satu pertanyaan kami di bawah ini:
      1. Setelah melihat video di atas, menurut saudara, apakah makna dari nama Isa Al-Masih?
      2. Menurut saudara, mengapa dibelakang nama Isa ada kata “Al-Masih”?
      3. Menurut saudara, apakah perbedaan Isa Al-Masih dengan nabi-nabi lain, termasuk nabi umat Muslim?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Mohd. Ikhwan martin

    |

    ~
    Kepercayaan yang sungguh sesat dan menyesatkan:
    Q siapa Tuhan
    A Jesus

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Ikhwan,

      Saya menghargai pendapat Anda tersebut. Sekalipun pendapat tersebut bukan didasarkan pada penyelidikan dan penelusuran Injil secara menyeluruh. Bahkan saya meragukan Anda telah dan pernah membaca Alkitab. Bila Anda ingin mengenal Isa Al-Masih lebih dalam, maka Anda dapat mempelajari Injil secara menyeluruh sehingga kesimpulan yang dibuat tidak keliru dan tidak bersifat memfitnah.

      Isa Al-Masih memiliki dua nama merupakan tidak biasa. Mengapa Al-Masih disematkan pada Isa? Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    arif

    |

    ~
    Dear Sahabat,

    Saya tertarik dengan agama ini dan ingin memperdalam. Butuh saran dari anda mengenai tiga dari 10 perintah Tuhan.
    1. Jangan ada tuhan lain di hadapanku vs Trinitas.
    2. Jangan menyembah berhala/patung vs yang ada di gereja.
    3. Jangan sembarang menyebut nama Tuhan vs Yesus.

    Terimakasih atas bimbingannya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Arif,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik sekali. Saya menjawab satu saja dari tiga pertanyaan saudara agar lebih fokus. Pertama, pengikut Isa Al-Masih menyembah kepada Allah yang esa yang nuzul ke dunia dan menjadi manusia. Bukankah Dia mahakuasa? Lagi pula, Trinitas bukan menyembah tiga tuhan. Ini amat berbeda dengan triteisme. Saya berharap Anda dapat membedakannya. Itu sebabnya, Isa Al-Masih memiliki dua nama karena Isa Al-Masih adalah Allah yang dapat menyelamatkan manusia dari neraka.

      Jika kita menyatakan bahwa Allah adalah pengasih dan penyayang, maka Allah harus membuktikan kasih dan sayangnya kepada manusia. Ini telah dibuktikan Isa Al-Masih. Bagaimana dengan Allah SWT? Apa bukti kasih dan sayang Allah SWT untuk saudara dan Muslim lain dalam hal keselamatan di akhirat? Apa Anda memperoleh jaminan pasti masuk jannah?
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Apakah Allah hanya mengasihi orang taat/ saleh saja? Bagaimana pendapat Saudara/i? bit.ly/3dbfsns