Injil Barnabas Palsu, Jangan Dipercaya! – Episode 5.1

Artikel di bawah ini sudah diperbaharui dengan video yang memiliki suara

Umat Islam sering mengutip Injil Barnabas sebagai injil asli. Alasannya, karena dalam kitab tersebut ada nubuat tentang kenabian Muhammad.

Sementara, seorang Guru Besar Islam berkata bahwa terdapat begitu banyak kontradiksi antara Injil Barnabas dengan Al-Quran. Apa saja kontradiksi tersebut?

Video berikut akan menjelaskan kepada Anda, bagaimana sebenarnya Injil Barnabas. Dan apakah injil tersebut termasuk salah satu kitab yang harus diimani umat Muslim. Silakan klik video di bawah ini.

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Selain alasan karena ada nubuat tentang Muhammad, menurut sdr apakah alasan umat Muslim mempercayai Injil Barnabas sebagai injil yang asli?
  2. Setelah mengetahui begitu banyak kontradiksi dan kesalahan dalam injil barnabas, menurut sdr masihkah kitab tersebut layak untuk diimani? Jelaskan alasan saudara!
  3. Bagaimana seharusnya sikap orang Kristen dan Islam terhadap injil barnabas?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, baik dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

 

 

Komentar (27)

  • Avatar

    Jono

    |

    ~
    Video lanjutanya mana nih?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Jono,

      Karena video ini berseri dan kami tidak meng-upload setiap hari, melainkan sekali seminggu. Jadi mungkin saat Anda menonton video ini, kami belum meng-upload seri lanjutanya.

      Sekarang seharusnya Anda sudah dapat melihat video ini secara penuh. Karena kami sudah meng-upload hingga seri keempat.

      Terimakasih sudah berkenan melihat video tersebut.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Chistian

    |

    ~
    Injil Barnabas berusia 1500 thn, berarti antara abad 6 M. Ini selaras dengan masa hidup Muhammad. Alangkah kebetulannya. Ini seperti rencana intelektual Muhammad untuk melegitimasi eksistensinya sebagai nabi. Mungkin saja injil ini karangan Muhammad dan suruhannya.

    Bagaimana bisa injil barnabas berusia 1500 th adalah murid Yesus yang hidup 2000 th yang lalu? Langit ada 9. Mungkin ini kesalahan strategi Muhammad seperti memindahkan kiblat dari baitul Maqdis ke Kabah. Bukan suatu kebetulan kan?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Kami belum pernah membaca atau menemukan satu penjelasan yang mengatakan bahwa injil barnabas adalah karangan Muhammad atau suruhannya. Tapi memang, Mustafa de Arande, penulis injil barnabas adalah seorang Muslim Arab berkebangsaan Spanyol.

      Di sini saya melampirkan satu artikel yang membahas soal injil barnabas. Mungkin Anda ingin membacanya, http://tinyurl.com/psjkhyz.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    hasibuan

    |

    ~
    Injil? Yang terpenting dalam ajaran Islam itu “sembahlah Tuhan yang menciptakan dirimu yaitu Allah swt.” Udara yang kita hirup dan tanah yang kita pijak gratis dari Allah swt. Allah swt juga yang memberi kita makan sewaktu dalam perut ibu kita.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk penjelasan Anda. Tapi, karena video di atas membahas soal Injil Barnabas, ijinkahlah saya bertanya:

      1. Selain alasan karena ada nubuat tentang Muhammad, menurut Anda apakah alasan umat Muslim mempercayai Injil Barnabas sebagai injil yang asli?

      2. Setelah mengetahui begitu banyak kontradiksi dan kesalahan dalam injil barnabas, menurut Anda masihkah kitab tersebut layak untuk diimani?

      3. Bagaimana seharusnya sikap orang Kristen dan Islam terhadap injil barnabas?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Anon

    |

    ~
    Saya ingin bertanya terlebih dahulu, di video itu bapaknya ingin mengetahui tentang Nabi Isa di Kitab Injil. Padahal Nabi Isa sendiri sudah dijelaskan di Al-Quran. Kalau memang perlu menggunakan Kitab Injil lantas pakai Kitab Injil yang mana?

    Sedangkan Islam dan Kristen sepakat Injil Barnabas palsu. Berarti Kitab Injil yang asli itu apakah Injil yang dipahami mayoritas umat Kristen? Bukankah juga kontradiksi dengan Al-Quran? Mohon dijelaskan, bingung saya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Anon, memang benar Al-Quran menjelaskan tentang Isa Al-Masih. Tapi, Kitab Suci Injil menjelaskan tentang Isa Al-Masih secara lengkap dan jelas. Mulai dari nubuat kedatangan, kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya kembali ke sorga.

      Bukan hanya itu, bila Anda membaca Alkitab secara keseluruhan, maka Anda akan melihat bahwa semua kisah yang terdapat dalam Alkitab mengarah kepada Isa Al-Masih.

      Jadi, Injil manakah yang harus dipercaya? Kitab Suci Injil hanya ada satu, yaitu Injil yang dipakai umat Kristen sedunia.

      Mengenai mengapa Injil kontradiksi dengan Al-Quran, seharusnya umat Kristen yang layak mengajukan pertanyaan ini. Bukankah Al-Quran ada jauh setelah Injil beredar di dunia?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ANON

    |

    ~
    Ketiga pertanyaan tersebut sangatlah tidak penting. Jika situs ini milik umat Kristiani dan ingin mempertemukan kerukunan antara umat Islam – Kristen, tidak seharusnya hal seperti ini dibahas, tetap kepada keyakinan masing-masing.

    Saya sendiri sebagai umat Islam tidak mengetahui apa-apa tentang Injil Barnabas termasuk Injil yang kalian imani. Umat Islam hanya mengimani Al-Quran, Isa dalam Al-Quran, dan kitab-kitab terdahulu. Jadi tidak usah mancing karena ada nubuat Nabi kami Muhamad atau apalah.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf, kami merasa tidak ada yang salah dari tiga pertanyaan fokus yang kami cantumkan di bagian akhir artikel tersebut. Dengan adanya pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan menolong umat Kristen dan Islam melihat, apakah injil barnabas layak dipercaya atau tidak.

      Sebab, tidak sedikit umat Islam yang masih senang menggunakan injil barnabas menyerang kekristenan. Artinya, masih banyak umat Islam yang mengimani injil barnabas sebagai injil asli. Apakah salah bila kita memperbaiki pemikiran yang salah?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Onsu

    |

    ~
    1. Karena Injil Barnabas menyatakan bahwa Yesus tidak disalib.

    2. Tidak bisa diimani, karena bertentangan dengan kesaksian Yohanes Pembaptis yang memuat kesaksian Yesus.

    3. Injil Barnabas sebagai referensi bahwa nubuat tentang akan adanya penyesatan lewat ajaran dan kitab sudah tergenapi dan nyata ada.

    Dan hendaknya kita cermat menilik akan setiap tulisan yang berhubungan dengan keberadaan Yesus pada saat Dia menjadi manusia.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih Sdr. Onsu karena sudah berkenan memberi tanggapan atas tiga pertanyaan yang kami sediakan.

      Semoga dengan penjelasan yang Anda tambahkan, para pengunjung lain, terutama teman-teman kita yang masih mempercayai injil barnabas sebagai injil yang asli, dapat mempertimbangkan kembali, apakah injil tersebut memang layak dipercaya atau tidak.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    dedi rakhmat

    |

    ~
    Sampai kapanpun pembahasan perbedaan agama tidak akan mencapai titik temu. Jadi hal ini malah akan memperluas kebencian antar umat bukan kerukunan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf Sdr. Dedi,

      Tujuan forum ini bukan untuk memperluas kebencian antar umat beragama. Di sini kita hanya ingin sama-sama belajar. Bukankah mempelajari agama yang kita anut sangat baik? Sehingga, iman yang sudah kita miliki dapat bertumbuh. Bukan sekedar iman buta yang hanya mendengar dan menerima begitu saja apa kata pemimpin agama. Tentu Anda setuju bila saya berkata pemimpin agama juga bisa salah, bukan? Karena mereka juga manusia, sama seperti kita.

      Jadi, menurut kami tidak ada salahnya kita meluangkan waktu untuk mempelajari ajaran yang tertulis dalam Kitab Suci, supaya kita tidak salah jalan.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Syah

    |

    ~
    Untuk saudara Muslim saya, Allah yang telah menciptakan Qalam (pena) bukan Allah ada berbarengan dengan Qalam seperti yang video di atas (part 4) katakan yang diambil dari Injil.

    Video di atas juga mengatakan kalau mau tau Nabi Isa lebih jauh harus dari Injil. Kita tahu kalau Injil yang sekarang ada campur tangan manusia, jadi bagaimana mungkin bila ingin mengenal isa baca Injil.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Syah,

      Karena penjelasan pada video di atas tentang siapa itu Qalam dan apa hubungannya dengan Allah dan Isa Al-Masih sangat terbatas. Maka kami menyarankan Anda untuk melihat video ini: http://tinyurl.com/zdf9gxx. Video yang menjelaskan lebih rinci tentang Qalam, Allah, dan Isa Al-Masih.

      Bila Anda ingin mengenal Isa, jelas Anda harus membaca di Injil. Bukan hanya di Al-Quran. Karena Injil ditulis oleh orang-orang yang mengenal dan bersinggungan secara langsung dengan Isa Al-Masih. Sementara Al-Quran baru ada setelah hampir 600thn Isa naik ke sorga.

      Injil sekarang sudah ada campur tangan manusia? Bacalah Kitab Suci Injil, maka Anda akan mengetahui kebenarannya. Apakah pernyataan ini benar atau hanya klaim sepihak.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ucl zam

    |

    ~
    Apa yang penting tidak satu pun terdapat perkataan atau ayat yang menyebut berkenaan dengan injil barnabas. Jika sekirannya ada pihak yang menuduh Muhammad adalah dibalik wujudnya injil barnabas.

    Adapun umat Islam lebih menunjuk injil bernabas itu adalah injil asli. Ini karena apa yang dikisahkan dalam Al-Quran berkenaan Isa/Yesus itu menyerupai seperti yang disebutkan dalam Al-Quran.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Ucl Zam,

      Kami dapat maklum bila Anda tetap bersikukuh bahwa injil barnabas adalah injil asli. Walaupun sudah sangat nyata bahwa injil ini bukan hanya bertentangan dengan Kitab Suci Injil umat Kristen, tapi juga bertentangan dengan Al-Quran.

      Sayang sekali, teman-teman Muslim berusaha mengingkari kebenaran tersebut hanya karena dalam injil barnabas ada nubuat tentang Muhammad.

      Bila kitab palsu dipakai untuk meneguhkan kitab penyempurna, masihkah kitab penyempurna tersebut dapat disebut sebagai yang kitab sempurna?
      ~
      Saodah

  • Avatar

    aldi septiadi

    |

    ~
    Mana seri kelanjutanya?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdr. Aldi,

      Sebelumnya terimakasih sudah berkenan melihat video-video kami. Untuk seri selanjutnya tentang Video Injil Barnabas, Anda dapat melihat di sini: http://tinyurl.com/mzfpe7a.

      Jika Anda mempunyai pertanyaan lain soal Injil Barnabas, Anda juga bisa langsung mengemail saya di: saodah@idionline.info atau lewat SMS ke nomor: 0812-81000-718.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    ujo

    |

    ~
    Terima kasih.

  • Avatar

    SAVAKO

    |

    ~
    Dan yang kedua video Anda sama sekali tidak menjelaskan apapun, dan adegannya sama sekali tidak menunjukkan sikap seorang Muslim.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Maaf, maksud Anda apakah video tentang Injil Barnabas seri kedua? Bila benar, apakah Anda sudah melihat video seri kedua dari Injil Barnabas ini secara lengkap?

      Seri kedua dari video tersebut menjelaskan tentang beberapa kontradiksi antara injil barnabas dengan Al-Quran. Selain itu juga video tersebut menjelaskan beberapa kesalahan yang terdapat dalam injil barnabas.

      Jadi, menurut saya informasi yang dijelaskan dalam video tersebut sudah sangat jelas.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Butet

    |

    ~
    Sampai kiamat pun tidak akan selesai bahas beginian.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Butet,

      Membahas tentang Injil Barnabas memang tidak akan selesai bila tidak mau menerima fakta sesungguhnya dari Injil asli. Jelas, persoalannya terletak pada sikap mau menerima fakta tersebut atau tidak. Jika tidak mau, maka kebenaran akan diabaikan. Tentu dalam hal ini kita perlu menguji semuanya, bukan? Saya senang sekali bila Anda pun berkenan membaca Injil asli dan membandingkan dengan Injil palsu Barnabas. Bagaimana menurut Anda?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    koli kanae

    |

    ~
    Injil Barnabas itu asli, soalnya umat kristiani memalsukan Injil asli.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Koli Kanae,

      Terimakasih atas tanggapan saudara. Kami senang apabila saudara mau memberikan kami bukti dan menunjukan Injil yang asli itu kepada kami. Barangkali saudara sudah membaca dan membandingkan antara Injil yang asli dengan Injil yang palsu. Siapa tahu salah satunya yang saudara baca dan bandingkan itu adalah Injil yang saat ini ada.

      Hingga saat ini tidak ada pengikut Isa yang meyakini bahwa Injil Barnabas adalah Firman Allah.
      Selain itu kami menggundang saudara untuk membaca artikel kami lainya di https://tinyurl.com/yavvkmh4
      ~
      Noni

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Apakah Saya Pasti Masuk Sorga Bila Meninggal? bit.ly/3jP14Hb