Hidayah Hati

Kitab Suci sejak semula telah mencatat tentang kurban. Bahkan kehidupan dari manusia (Adam dan Hawa) di dunia, diawali dengan kurban. Kitab Suci Taurat, Kejadian 3:21 mencatat dengan jelas Allah harus "mengurbankan" seekor hewan untuk menutupi dosa ketelanjangan Adam dan Hawa kala itu.

Melambangkan apakah "kurban" yang disediakan Allah bagi Adam dan Hawa kala itu? Video berikut membantu menjelaskannya bagi Anda!

 

Allah sudah menyediakan kurban awal sebagai lambang untuk menutupi dosa manusia. Kurban itu diperingati dan diikuti oleh nabi-nabi yang hidup setelah Adam. Hingga pada zaman Nabi Ibrahim, Allah menguji imannya agar mempersembahkan anak kesayangannya sebagai kurban bakaran bagi Allah. Tapi kemudian Allah menebus anak itu dengan seekor domba jantan.

Melambangkan apakah domba jantan yang Allah berikan untuk menebus anak Ibrahim sebagai kurban? Video berikut membantu menjelaskannya bagi Anda!

Kisah Allah menebus anak Ibrahim dengan domba jantan terus diperingati nabi-nabi Allah dan umat-Nya, setiap kali mereka mempersembahkan kurban binatang. Mereka menanti-nantikan kedatangan "kurban" yang sempurna, "Anak Domba" yang disediakan Allah sendiri.

Siapakah Kurban Agung yang dijanjikan Allah itu? Video berikut membantu menjelaskannya bagi Anda!

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Saat manusia pertama, Nabi Adam dan Siti Hawa, tidak menuruti perintah Allah dan makan buah yang dilarang, mereka jatuh ke dalam dosa. Lalu apa yang dilakukan oleh Allah Al-Khalik untuk menutupi dosa ketelanjangan manusia tersebut?

  2. Iman Nabi Ibrahim diuji saat Allah meminta anak kesayangannya dijadikan kurban bakaran. Ibrahim berhasil melewati ujian itu dan Allah menebus anaknya dengan seekor domba jantan. Apakah arti dari semua kejadian ini?

  3. Allah menjanjikan "Kurban Agung" yang sempurna, yang selama ini dinanti-nantikan oleh umat Allah. Siapakah Kurban Agung yang dapat melunasi segala hutang manusia itu?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, "Isa, Islam dan Al-Fatihah."

Komentar (14)

  • Avatar

    Joko

    |

    ~
    Video yang sangat baik dan memberi wawasan baru. thanks staf IDI.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      Sdr. Joko,

      Terimakasih untuk komentar Anda. Semoga tiga video di atas dapat menambah pemahaman Anda mengenai pengertian “kurban” yang terdapat dalam Kitab Suci,
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Dompak Napitupulu

    |

    ~
    Kurban Agung yang dijanjikan Allah itu adalah Isa Al-Masih, keturunan Hawa yang dilahirkan oleh Maria yang dikandung dari Roh Kudus. Dia adalah Firman Allah.

  • Avatar

    Landam Elman BT Tambun

    |

    ~
    Jikalau manusia hanya mempercayai dan menerima karya penyelamatan Allah, hanya sampai pada kurban domba yang diberikan Allah pada Nabi Ibrahim sebagai pengganti anaknya, maka sia-sialah imannya. Karena dia tidak menerima karya penyelamatan manusia dari dosa oleh Sang Domba Agung yaitu Isa Almasih, penyelamatan untuk memperoleh hidup yang kekal.

  • Avatar

    E

    |

    ~
    Ceritanya aneh. Menafsirkan Al-Quran tidak boleh dikurang atau dilebihkan.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Menurut kami tidak ada yang aneh dalam video tersebut. Apa yang dilustrasikan dalam video di atas, adalah apa yang tertulis dalam Kitab Suci Allah.

      Jika Anda melihat video di atas seluruhnya dengan seksama, maka Anda akan mengerti makna yang disampaikan oleh video tersebut.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    tentara langit

    |

    ~
    Allah tidak akan mengurbankan manusia, apalagi kurban yang agung. Dalam Al-Quran tidak ada istilah kurban yang agung. Yakini saja imanmu dan Tuhanmu.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Benar yang Anda katakan. Allah tidak akan mengurbankan manusia untuk menolong manusia berdosa lainnya. Karena tidak mungkin ada manusia yang dapat menolong sesamanya.

      Itulah sebabnya Allah sendiri yang datang ke dunia untuk menolong manusia. Karena Allah suci, maka Dia perlu menutupi kesucian-Nya dalam daging (jasad) manusia. Agar Dia dapat tinggal dan berinteraksi dengan umat-Nya. Ketika di dunia, Ia dipanggil dengan sebutan Isa Al-Masih atau Yesus Kristus.

      Ketika Ia datang, Kitab Suci Injil menuliskan. “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” (Injil, Rasul Lukas 2:11).

      Untuk apa Tuhan harus repot-repot datang ke dunia dan hidup seperti manusia? Inilah tujuannya, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal [kata kiasan untuk Isa Al-Masih], supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
      ~
      Saodah

  • Avatar

    riyanti

    |

    ~
    Nabi Isa itu bukan domba yang dikorbankan Allah SWT. Nabi Isa itu nabi utusan Allah yang diutus ke bumi untuk memperingati hamba-hamba Allah agar berhati-hati dengan godaan iblis.

    Kalau hambanya tidak berhati-hati di dalam perjalanan menuju rumah Allah, maka kalian tidak akan selamat.

    Nabi Isa itu juru selamat yang diperintahkan dan disuruh oleh Allah untuk memperingati hambanya agar berhati-hati di perjalanan. Nabi Isa tidak dikurbankan oleh Allah SWT.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Sdri Riyanti,

      Untuk mengenal Pribadi Isa Al-Masih, Anda perlu membaca pada sumber yang benar. Dan sumbernya adalah Kitab Taurat, Kitab Injil, dan Kitab Nabi-Nabi. Bukan Al-Quran.

      Dan inilah kesaksian Nabi Yahya Pembaptis soal Isa Al-Masih, “Dan ketika ia [Nabi Yahya Pembaptis] melihat Yesus lewat, ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah!” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:36).

      Nabi Yahya Pembaptis adalah saksi mata tentang keberadaan Isa pada saat itu. Bukankah lebih layak mempercayai saksi mata daripada perkataan orang yang muncul ratusan tahun kemudian?
      ~
      Soadah

  • Avatar

    rhama

    |

    ~
    Videonya bagus. Video 1 dan 2 sering saya dengar. Banyak kesamaan cerita antara Islam dan Kristen. Namun untuk nomor 3 saya masih kurang tahu. Sebab di Al-Quran tidak seperti itu. Hanya ada satu kesamaan. Sama-sama mengagungkan Nabi Isa. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang bisa mengambil hikmahnya.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk apresiasi yang Anda berikan.

      Video pertama menceritakan tentang kejatuhan manusia pertama (Adam dan Hawa) dalam dosa. Islam maupun Kristen sama-sama setuju dengan hal ini.

      Video kedua menceritakan tentang Nabi Ibrahim yang mengorbankan anaknya sesuai perintah Allah. Umat Kristen dan Islam setuju pada akhirnya anak tersebut tidak jadi dikorban. Allah menggantinya dengan seekor domba. Bila Alkitab mengatakan dengan jelas anak yang dikorban itu adalah Ishak, sayangnya Al-Quran tidak mencatatnya. Sehingga umat Muslim mengambil asumsi sendiri bahwa anak tersebut adalah Ismail.

      Video ketiga merupakan salah satu kisah Isa Al-Masih yang diingkari Al-Quran. Sementara, Kitab Suci Injil menyatakan dengan tegas soal penyaliban Isa. Pun ahli sejarah mendukung fakta ini.

      Fakta tentang penyaliban Isa Al-Masih dapat Anda baca di sini: http://tinyurl.com/nku48ry.
      ~
      Saodah

  • Avatar

    Salam

    |

    ~
    Alangkah bagusnya kalau tiap-tiap agama ditampilkan ayat-ayat dari kitab sucinya mengenai qurban. Dan aplikasi dari masing-masing umatnya dalam melaksanakan qurban.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Terimakasih untuk masukan Anda.

      Setelah melihat video di atas, menurut Anda adakah hubungan antara qurban Nabi Ibrahim dengan pengorbanan Isa Al-Masih di kayu salib? Bila tidak keberatan, kiranya Anda dapat memberi tanggapan.
      ~
      Saodah

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru