Empat Bukti Kematian Isa Al-Masih di Salib

Fakta tentang kematian Isa Al-Masih, memang tidak tertulis secara lugas dalam Kitab Suci umat Muslim. Sehingga, sering muncul pertanyaan dari mereka, “adakah bukti kematian Isa Al-Masih disalib?” Tentu ada! Setidaknya ada empat bukti kematian Isa Al-Masih yang perlu Anda ketahui.

Video berikut menjelaskan tentang “empat bukti kematian Isa Al-Masih di salib.” Mempelajari keempat bukti-bukti tersebut akan menolong Anda untuk mengerti dan memahami kebenaran kematian Isa Al-Masih. Bila Anda mempunyai pertanyaan atau pandangan lain, silakan mengemail staff kami atau kirimkan pertanyaan singkat Anda lewat WA/SMS ke 0812-8100-0718.

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana pandangan Anda tentang keempat bukti di atas? Menurut Anda, apakah keempat bukti tersebut dapat diterima sebagai kebenaran? Jelaskan alasan Anda!
  2. Setelah mempelajari keempat bukti tersebut, sekarang bagaimana pandangan Anda tentang kematian Isa Al-Masih?
  3. Selain keempat bukti di atas, adakah bukti lain menurut Anda yang menjadi fakta kematian Isa Al-Masih? Sebutkanlah bila ada!

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (4)

  • Avatar

    Edi Gunawan

    |

    Saya membaca Qur’an kitabnya manusia, Nabi Isa akan menemui ajalnya setelah berhasil membunuh Al-Masih, sang ~ Dajjal dan membenarkan hanya Islam agamaa dari awal sampai akhir dunia ini.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Adalah janggal bila Isa Al-Masih menemui ajalnya setelah membunuh Dajjal. Bukankah realitas kematian Isa Al-Masih pada abad pertama telah didokumentasikan oleh para ahli sejarah seperti Josephus dan Tacitus? Bagaimana mungkin Anda menyatakan bahwa Isa Al-Masih menemui ajal setelah membunuh Dajjal?

      Saya bertanya kepada Anda. Tertulis dimanakah kematian Isa Al-Masih setelah membunuh Dajjal dalam Al-Quran? Berharap Anda tidak sedang berasumsi.
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Nur Muhammad

    |

    ~
    Menurut saya, sebagai seorang penganut Jemaat Ahmadiyah bahwa Nabi Isa atau Yesus memang disalib namun tidak meninggal. Berikut ini buktinya:

    1. Nabi Isa disalib hanya beberapa jam saja dan bukan tiga hari sesuai hukum Romawi ketika itu.
    2. Nabi Isa tidak dipatahkan kakinya seperti dua pencuri lain yang disalib bersama Nabi Isa.
    3. Persamaan Nabi Isa dengan Yunus harus sama yakni Yunus dalam perut ikan 3 hari 3 malam dalam keadaan hidup, maka Nabi Isa pun ketika akan dimasukkan dalam kubur dalam.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Nur Muhammad,

      Saya menghargai pendapat Anda. Saya memberikan catatan pada pendapat pertama, yaitu Isa Al-Masih mengalami siksaan begitu hebat sebelum disalibkan dan kemudian menyerahkan nyawa-Nya setelah Ia berkata, “Sudah selesai” (Injil, Rasul Besar Yohanes 19:30).

      Saya memberikan catatan juga untuk pendapat ketiga, yaitu analogi tentang Yunus perlu ditinjau dari segi realita. Realitas yang terjadi adalah Isa Al-Masih mengalami kematian dan disaksikan banyak orang. Ini menjelaskan bahwa Isa Al-Masih nuzul ke dunia untuk menyerahkan nyawa-Nya agar manusia selamat di akhirat. Maukah Anda mengenal Isa Al-Masih lebih lanjut?
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Bertaubatlah sekarang, jangan tunggu nanti! Supaya tidak menyesal dikemudian hari. pic.twitter.com/lTFpa6H6c4