Benarkah Bahasa ‘Arab’ Bahasa Allah? – Gabungan

Bagi para Mukmin, khususnya Muslim di Indonesia, bahasa Arab mempunyai tempat istimewa dibandingkan bahasa-bahasa lain. Bahkan, sebagian besar dari mereka berpandangan kemurnian Al-Quran lebih terjamin dari kitab-kitab lain karena Al-Quran selalu ditulis dalam bahasa Arab.

Jauh sebelum Islam menggunakan satu bahasa yaitu Arab, orang Katolik Roma juga beribadah dengan menggunakan bahasa bahasa, yaitu Latin. Tapi akhirnya mereka menyadari bahwa sebagian besar umatnya tidak mengerti bahasa Latin. Akibatnya, saat ini ibadah Katolik Roma selalu diucapkan dengan memakai bahasa ibu umat yang dilayani.

Allah adalah Tuhan yang Maha Tahu. Ia bersifat universal dan memiliki semua bangsa di dunia ini. Sehingga Ia bukan Allah yang terbatas pada satu bahasa saja. Oleh karena itu kita perlu bertanya, “mengapa saya beribadah harus mutlak menggunakan satu bahasa tertentu saja?”

Pada episode ini, Video “Lika-Liku Keluarga Ahmad Soeparno” mengangkat tema mengenai “Benarkah Bahasa ‘Arab’ Bahasa Allah?” Lewat video di bawah ini Anda akan menemukan jawaban mengapa non-Muslim beribadah dalam berbagai bahasa, juga mengapa Kitab Suci mereka diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pandangan lain, silakan mengemail staff kami atau kirimkan pertanyaan singkat Anda lewat WA/SMS ke 0812-81000-718. Silakan simak video di bawah ini.

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Percayakah Anda bahwa Allah meninggikan satu bahasa di antara bahasa-bahasa lainnya? Jelaskan alasan Anda!
  2. Jika seseorang sholat tidak dengan bahasa Arab, menurut Anda apakah sholatnya diterima Allah? Jelaskan alasan Anda!
  3. Menurut Anda, apakah yang menghalangi ibadah seseorang tidak berkenan di hadapan Allah? Mengapa?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

“. . . Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi . . . !” (Injil, Sura Filipi 2:9-10).