Ayat Al-Quran Memungkinkan Muslim Merayakan Natal

Tentang perayaan Natal menjadi pro dan kontra bagi masyarakat umum di Indonesia. Termasuk dengan memasang pernak-pernik Natal dan memutar lagu Natal di pusat perbelanjaan.

Bila kita mempelajari kitab suci, tahukah Anda bahwa Muslim juga pantas untuk merayakan Natal? Sebab, Isa Al-Masih adalah nabi Muslim yang nama-Nya sering disebut dalam Al-Quran, bukan? Isa juga disebut “Kalimat Allah.” Bahkan, Al-Quran menyebut Isa adalah Hakim akhir zaman.

Video “Lika-Liku Keluarga Ahmad Soeparno” kali ini mengangkat tema mengenai “Ayat Al-Quran Memungkinkan Muslim Merayakan Natal.” Lewat penjelasan pada video ini, Anda akan mengetahui begitu banyak alasan mengapa seorang Mukmin pantas merayakan Natal.

 

Focus Pertanyaan Untuk Dijawab Pembaca

Staf IDI berharap Pembaca hanya memberi komentar yang menanggapi salah satu pertanyaan berikut:

  1. Video di atas menjelaskan alasan-alasan mengapa Mukmin pantas merayakan Natal. Bagaimana pandangan Anda mengenai alasan-alasan yang dipaparkan pada video tersebut?
  2. Setelah mengetahui alasan yang tertulis dalam Al-Quran bahwa seorang Mukmin pantas merayakan Natal, setujukah Anda bahwa Mukmin pun seyogyanya merayakan Natal? Jelaskan alasannya!
  3. Pada kedatangan Isa kedua-kalinya, yaitu pada akhir zaman. Mengapa Isa yang menjadi Hakim atas semua manusia?

Komentar yang tidak berhubungan dengan tiga pertanyaan di atas, walaupun dari Kristen maupun Islam, maaf bila terpaksa kami hapus. Untuk pertanyaan singkat, dapat mengirimkan SMS ke: 0812-81000-718.

Untuk menolong para pembaca, kami memberi tanda ***** pada komentar-komentar yang kami rasa terbaik dan paling menolong mengerti artikel di atas. Bila bersedia, silakan juga mendaftar untuk buletin mingguan, “Isa, Islam dan Al-Fatihah.”

Komentar (4)

  • Avatar

    strange

    |

    ~
    Tuhan itu hidup atau mati? Mengapa jadi patung? Lalu, Tuhan yang asli berbentuk apa, patung/manusia?

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Strange,

      Anda memberikan pertanyaan yang menarik. Saya berpikir bahwa bila ada pemikiran bahwa Tuhan bisa mati, maka ia bukan Tuhan. Bagaimana mungkin Tuhan bisa mati? Tetapi bila tubuh jasmani yang mati, maka pemikiran tersebut adalah logis dan masuk akal. Bila kita mengakui bahwa Allah mahakuasa, maka seharusnya saudara mengakui bahwa Allah mampu menjadi manusia. Itu sebabnya, tubuh jasmani bisa mati, tetapi hakikat Ketuhanan tidak mungkin mati.

      Itu sebabnya, Isa Al-Masih nuzul ke dunia dan lahir menjadi manusia. Ini membuktikan kemahakuasaan Isa Al-Masih. Kami bertanya kepada saudara. Pada kedatangan Isa kedua-kalinya, yaitu pada akhir zaman. Mengapa Isa yang menjadi Hakim atas semua manusia?
      ~
      Solihin

  • Avatar

    Aceng

    |

    ~
    Menurut Bibel versi Lukas, Yesus lahir pada masa kekaisaran Augustus di mana pada masa sedang maraknya imigrasi ke Bethlehem. Kaisar Augustus melakukan sensus penduduk dan terdapat Maria yang hamil tua dan Yusuf yang mencari tempat untuk melahirkan. Maka ada seorang pemilik lumbung padi menerima Maria. Pada malam kelahiran Yesus, penggembala menggembalakan kambingnya di padang rumput yang subur. Sehingga Yesus tidak mungkin lahir pada Desember yang musim salju di Romawi yang seharusnya turun salju.

    • Avatar

      Staff Isa dan Islam

      |

      ~
      Aceng,

      Tepat sekali yang disampaikan oleh Anda bahwa Injil, Rasul Lukas mencatat tentang imigrasi ke Betlehem guna pendataan penduduk. Saya tidak ingin membahas tentang musim salju atau tidak, tetapi saya ingin menekankan fakta bahwa kelahiran Isa Al-Masih adalah fakta sejarah yang dicatat dalam Injil. Uniknya, Al-Quran pun mencatat demikian. Jika kita membaca kedua kitab tersebut, maka kita menemukan kelahiran Isa Al-Masih yang ajaib. Saya berpikir bahwa setiap Muslim seharusnya merayakan kelahiran Isa Al-Masih. Sebab Al-Quran amat memuliakan Isa Al-Masih dibandingkan nabi manapun.

      Oh ya, setiap kelahiran pasti akan berujung pada kematian. Kematian merupakan sesuatu yang tidak diharapkan manusia jika manusia belum mengetahui nasibnya di akhirat. Bolehkah Anda berbagi dengan kami, bagaimana cara Anda menghindari kematian agar Anda tidak masuk neraka?
      ~
      Solihin

Tinggalkan komentar


PEDOMAN WAJIB MEMASUKAN KOMENTAR

Bagi Penonton yang ingin memberi komentar, kiranya dapat memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Komentar harus menggunakan bahasa yang jelas, tidak melanggar norma-norma, tidak kasar, tidak mengejek dan bersifat menyerang.
  2. Komentar hanya diperbolehkan menjawab salah satu dari tiga pertanyaan fokus yang dimuat di bagian akhir video.
  3. Sebelum menuliskan jawaban, copy-lah pertanyaan yang ingin dijawab terlebih dahulu.
  4. tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
  5. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.
  6. Satu orang komentator hanya berhak menuliskan komentar pada satu kolom. Tidak lebih!

Komentar-komentar yang melanggar aturan di atas, kami berhak menghapusnya. Untuk pertanyaan/masukan yang majemuk, silakan mengirim email ke: [email protected].

Kiranya petunjuk-petunjuk di atas dapat kita perhatikan.

Wassalam,
Staf, Isa dan Islam


 huruf tersedia

Bulletin Berkala Isa dan Al-Fatihah

Mutiara Tersembunyi tentang Isa Al-Masih di Alkitab dan Al-Quran
 
 

Kami mengirim email berkala. Anda bisa keluar kapan saja
Kebijakan privasi kami melindungi keamanan email Anda 100%

Video Isa dan Islam di Facebook

Tweet Terbaru

Dalam Al-Quran, Isa Al-Masih disebut sebagai TANDA dari Allah. Tanda ini adalah Tanda untuk KESELAMATAN manusia. Perhatikan Tanda Allah ini dengan meng-klik: bit.ly/2ULHlvA